Penambahan Unsur Hara Untuk Mencukupi Kebutuhan Tanaman Disebut

Fatih.co.id

Penambahan Unsur Hara Untuk Mencukupi Kebutuhan Tanaman Disebut

Penambahan unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman disebut​

Daftar Isi

1. Penambahan unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman disebut​

Jawaban:

pemupukan

Penjelasan:

pemupukan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan pada tanaman sayur maupun tamanan lainnya supaya tumbuh subur dan menambah unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman tersebut.

2. Penambahan unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman, disebut dengan istilah

Jawaban:

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, penambahan unsur hara untuk mencukupi kebutuhan tanaman dinamakan pemupukan

Penjelasan:

jangan lupa follow jadikan jawaban tercerdas

3. Penambahan unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman, disebut dengan istilah…. ​.

Jawaban:

Pemupukan

Penjelasan:

Penambahan unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman, disebut dengan istilah Pemupukan

4. kebutuhan unsur hara oleh tanaman dapat dipenuhi dalam dua bentuk Sebutkan dan jelaskan masing-masing

Seperti manusia, tanaman memerlukan makanan yang sering disebut hara tanaman. Berbeda dengan manusia yang menggunakan bahan organik, tanamana menggunakan bahan anorganik unruk mendapatkan energi dan pertumbuhannya.Dengan fotosintesis, tanaman mengumpulkan karbon yang ada di atmosfir yang kadarnya sangat rendah, ditambah air yang diubah menjadi bahan organik oleh klorofil dengan bantuan sinarmatahari. Unsur yang diserap untuk pertumbuhan dan metabolisme tanaman dinamakan hara tanaman. Mekanisme perubahan unsur hara menjadi senyawa organik atau energi disebut metabolsime.    Dengan menggunakan hara, tanaman dapat memenuhi siklus hidupnya. Fungsi hara tanaman tidak dapat digantikan oleh unsur lain dan apabila tidak terdapat suatu hara tanaman, maka kegiatan metabolisme akan terganggu atau berhenti sama sekali. Disamping itu umumnya tanaman yang kekurangan atau ketiadaan suatu unsur hara akan menampakkan gejala pada suatu orrgan tertentu yang spesifik yang biasa disebut gejala kekahatan.Unsur hara yang diperlukan tanaman adalah Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Sulfur (S), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Seng (Zn), Besi (Fe), Mangan (Mn), Tembaga (Cu), Molibden (Mo), Boron (B), Klor (Cl), Natrium (Na), Kobal (Co), dan Silikon (Si)

5. unsur hara apa yang dibutuhkan tanaman untuk memproduksi biji pada buah-buahan?​

Jawaban:

1. Nitrogen (N)

Peranan utama nitrogen (N) bagi tanaman adalah untuk merangsang pertumbuhan secara keseluruhan, khususnya batang, cabang, dan daun. Selain itu, nitrogen pun berperan penting dalam pembentukan hijau daun yang sangat berguna dalam proses fotosintesis. Fungsi lainnya ialah membentuk protein, lemak, dan berbagai persenyawaan organik lainnya.

2. Fosfor (P)

Unsur fosfor (P) bagi tanaman berguna untuk merangsang pertumbuhan akar, khususnya akar benih dan tanaman muda. Selain itu, fosfor berfungsi sebagai bahan mentah untuk pembentukan sejumlah protein tertentu; membantu asimilasi dan pernapasan; serta mempercepat pembungaan, pemasalan biji, dan buah.

3. Kalium (K)

Fungsi utama Kalium (K) ialah membantu pembentukan protein dan karbohidrat. Kalium pun berperan dalam memperkuat tubuh tanaman agar daun, bunga, dan buah tidak mudah gugur. Yang tidak bisa dilupakan ialah Kalium pun merupakan sumber kekuatan bagi tanaman dalam menghadapi kekeringan dan penyakit.

4. Kalsium (Ca)

Bagi tanaman, Kalsium (Ca) bertugas untuk merangsang pembentukan bulu-bulu akar, mengeraskan batang tanaman, dan merangsang pembentukan biji. Kalsium yang terdapat pada batang dan daun ini berkhasiat untuk menetralisasikan senyawa atau suasana yang tidak menguntungkan pada tanah.

5. Magnesium (Mg)

Agar tercipta hijau daun yang sempurna dan terbentuk karbohidrat, lemak, dan minyak-minyak, magnesiumlah biangnya. Magnesium (Mg) pun memegang peranan penting dalam transportasi fosfat dalam tanaman. Dengan demikian, kandungan fosfat dalam tanama dapat dinaikkan dengan jalan menambah unsur magnesium.

6. Belerang/Sulfur (S)

Belerang (S) berperan dalam pembentukan bintil-bintil akar. Sulfur ini merupakan unsur yang penting dalam beberapa jenis protein seperti asam amino. Unsur ini pun membantu pertumbuhan anakan. Selain itu, sulfur merupakan bagian penting pada tanaman-tanaman penghasil minyak, sayuran seperti cabai, kubis, dan lain-lain.

7. Klor (Cl)

Memperbaiki dan meninggikan hasil kering tanaman seperti tembakau, kapas, kentang, dan tamanam sayuran umumnya adalah peran dari klor (Cl). Unsur ini pun banyak ditemukan dalam air sel semua bagian tanaman.

8. Besi (Fe)

Untuk pernapasan tanaman dan pembentukan hijau daun merupakan peran dari besi (Fe). Kehadirannya tidak boleh dianggap enteng. Sekali tidak ada, terutama pada tanah yang mengandung banyak kapur, tanaman akan langsung merana.

9. Mangan (Mn)

Peran mangan (Mn) tak jauh beda dengan unsur besi. Selain sebagai komponen untuk memperlancar proses asimilasi, unsur ini pun merupakan komponen penting dalam berbagai enzim.

10. Tembaga (Cu)

Fungsi tembaga (Cu) ini pun baru sedikit diketahui. Kehadirannya dapat mendorong terbentuknya hijau daun dan dapat menjadi bahan utama dalam berbagai enzim.

11. Boron (B)

Boron (B) berfungsi mengangkut karbohidrat ke dalam tubuh tanaman dan mengisap unsur kalsium. Selain itu, boron berperan dalam perkembangan bagian-bagian tanaman untuk tumbuh aktif. Pada tanaman penghasil biji, unsur ini pun berpengaruh terhadap pembagian sel. Dan, yang paling nyata ialah perannya dalam menaikkan mutu tanaman sayuran dan tanaman buah.

12. Molibdenum (Mo)

Sama halnya dengan tembaga, hingga kini diketahui masih sedikit peranan molibdenum (Mo) bagi tanaman. Unsur ini sangat berguna bagi tanaman jeruk dan sayuran. Untuk tanaman pupuk hijau, molibdenum membantu mengikat nitrogen dari udara bebas. Ini disebabkan unsur ini merupakan bagian dari komponen penyusun enzim-enzim pada bakteri nodula akar tanaman pupuk hijau.

13. Seng (Zn)

Seng (Zn) memberi dorongan terhadap pertumbuhan tanaman karena diduga Zn dapat berfungsi membentuk hormon tumbuh

Penjelasan:

#maaf klo slh

6. 9.Penyulaman pada tanaman hias adalah?(4 Poin)Memperluas lahan untuk penanaman kembaliPenambahan unsur hara untuk mencukupi kebutuhan tanamanMenanam kembali tanaman yang mati,rusak,atau pertumbuhan yang tidak normalMemperbaiki aerasi tanahPenggabungan dua tanaman yang berlainan​

Jawaban:

menanam kembali tanaman yang mat
i , rusak , atau pertumbuhan yang tidak normal

Penjelasan:

karena yang namanya penyulaman itu memperbaiki bukan merusak

7. kesanggupan tanah untuk menyediakan unsur hara atau makanan bagi tanaman dalam jumlah yang cukup sehingga dapat menghasilkan produksi yang tinggi disebut​

Jawaban:

Kesuburan tanah

Penjelasan:

semoga membantu^^(●´∀`●)(≧∇≦)/

8. material yang ditambahkan pada lahan tanaman dengan tujuan untuk melengkapi unsur hara disebut

Pupuk adalah material yang ditambahkan pada lahan tanaman dengan tujuan untuk melengkapi unsur hara. Proses pemberian pupuk ini disebut dengan pemupukan. Tujuan dari pemupukan adalah agar unsur hara pada tanah atau media tanam dari suatu tanaman bisa tercukupi sehingga proses pertumbuhan tanaman

Pembahasan

Pupuk merupakan salah satu komponen penentu dalam proses penanaman tanaman. Pupuk terbagi menjadi beberapa macam yaitu organik dan anorganik, berikut ini macam-macam pupuk yang sering kita jumpai

Jenis pupuk organik

Pupuk komposPupuk hijauPupuk kandang

Jenis pupuk anorganik

Pupuk NitrogenPupuk FosforusPupuk KaliumPupuk Urea

Dari jenis-jenis pupuk diatas, kita bisa memilih menggunakan jenis pupuk apa untuk tanaman kita. Sebelum memberikan pupuk, kita harus membaca cara penggunaannya, terutama dalam penggunaan pupuk anorganik.

Pelajari lebih lanjut

Demikian pembahasan mengenai pemberian pupuk dan pengertian pupuk, pupuk diberikan untuk melengkapi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pupuk atau usaha budidaya tanaman dapat dibaca pada link berikut

1. Pupuk yang berasal dari sampah organik yang dipendam dalam tanah sampai membusuk https://brainly.co.id/tugas/5657607

2. Kandungan yang ada pada pupuk urea https://brainly.co.id/tugas/7736793

3. Jenis pupuk yang berasal dari campuran daun dan kotoran hewan https://brainly.co.id/tugas/4750400

Detil jawaban

Kelas: 8 SMP

Mapel: Wirausaha

Bab: Proses pemupukan pada usaha tanaman pangan

Kata Kunci: Pengertian pupuk, pemberian pupuk kepada tanaman

9. Material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupiunsur hara yang diperlukan tanaman agar mampu berproduksi dengan baikdisebut….a media tanamc. bibitb. pestisidad. pupuk​

Jawaban:

D.Pupuk

Penjelasan:

_____________________________

✨SEMOGA BERMANFAAT ✨

Jawaban:

D. pupuk

Penjelasan:

Pemupukan adalah pemberian pupuk terhadap tanaman. Sedangkan pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik. Material pupuk dapat berupa bahan organik ataupun non-organik (mineral).

semoga membantu

10. Bagaimana menentukan kebutuhan unsur hara suatu tanaman? Dengan metode apa saja?

Menurut Bastari dalam Wijaya (2010) tanaman untuk dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik membutuhkan unsur hara yang selalu tersedia selama siklus hidupnya mulai dari penanaman hingga panen. Ketersediaan hara dalam tanah dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor pemberian konsentrasi pupuk yang tepat akan mempengaruhi hasil suatu tanaman. Upaya-upaya untuk menjaga ketersediaan hara dalam tanah selain pemberian konsentrasi pupuk, dapat juga melalui frekuensi pemberian pupuk, cara pemberian dan bentuk pupuk digunakan secara tepat.

Pertumbuhan dan hasil tanaman yang optimum dapat dicapai dengan pemberian larutan hara sesuai dengan kebutuhan tanaman. Meskipun unsur hara tanaman sangat kompleks, namun demikian kebutuhan dasar terhadap hara dalam budidaya tanaman secara hidroponik telah diketahui. Terdapat 14 unsur hara essensial untuk pertumbuhan tanaman. Air (H2O) dan karbon dioksida (CO2) juga essensial untuk tanaman. Hidrogen, Karbon dan Oksigen juga diperlukan untuk pertumbuhan tanaman mengakibatkan total hara essensial sebanyak 16 elemen. Unsur hara yang utama dibutuhkan oleh tanaman sayuran adalah N, P, dan K. Nitrogen adalah unsur hara yang paling dinamis di alam. Menurut Mattason dan Schjoerring (2002) dalam Suwandi (2009), unsur N mudah hilang dari tanah melalui volatilisasi atau perkolasi air tanah, mudah berubah bentuk, dan mudah pula diserap tanaman. Tanaman menyerap unsur N dalam bentuk ammonium (NH4+) dan nitrat (NO3-). Keberadaan NH4+ sangat dinamis karena mudah berubah bentuk menjadi NO3- akibat proses nitrifikasi.

11. untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman adalah

Jawaban:

air

Penjelasan:

maaf kalau salah hehehehehehe ;D

12. penambahan unsur hara untuk mencapai kebutuhan tanaman tersebut….​

agar tumbuhan mudah berkembang

agar tanaman cepat tumbuh dan kualitasnya bagus

13. Bagaimana menentukan kebutuhan unsur hara suatu tanaman? Dengan metode apa saja?

1. Selidiki gejala kekurangan unsur hara pada tanaman
2. Analisa tanahnya untuk mengerti unsur-unsur hara apa saja yang terdapat dalam kandungan tanah tersebut
3. Analisa jaringan tanaman tersebut untuk menwerti banyak unsur hara yang diperlukan.
4. Percobaan pemberian pupuk untuk tahu berapa jumlah/banyak pupuk yang dibutuhkan.

Semoga membantuu 🙂

14. Sebutkan unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan produksi tanaman ubikayu​

Jawaban:

Unsur-unsur yang dibutuhkan tumbuhan :

a. Unsur makro

– Kalsium (Ca)

– Kalium (K)

– Fosfor (P)

– Belerang (S)

– Nitrogen (N)

– Magnesium (Mg)

b. Unsur Mikro

– Besi (Fe)

– Tembaga (Cu)

– Zeng (Zn)

– Boron (B)

– Klorida (Cl)

– Kobalt (Co)

– Molibden (Mo)

– Natrium (Na)

– Silikon (Si)

– Nikel (Ni)

Penjelasan:

semoga membantu folow ya

15. penambahan unsur hara untuk menyuburkan tanaman di sebut​

Jawaban:

Penambahan unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman disebut dengan istilah Pupuk.

Jawabannya pupuk

Penjelasan:

Maaf kalau salah

16. jenis mineral(unsur hara) apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman?

tumbuhan memerlukan 2 jenis unsur hara yaitu Unsur Hara Makro (N, P, K, Ca, Mg, S) dan Unsur Hara Mikro (Fe, Mn, B, Mo, Cu, Zn, Cl)unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman adalah Karbo
n, hidrogen, oksigen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, belerang, besi, mangan, boron, tembaga, seng dan klor.

17. material yg ditambahkan pada media tanam untuk mencukupi k3butuhan hara yg di perlukan tanaman ialah​

material yg ditambahkan pada media tanam untuk mencukupi k3butuhan hara yg di perlukan tanaman ialah pupuk

18. penambahan unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman disebut dengan istilah

Pemupukan

Semoga MembantuPenambahan unsur hara pada tanah untuk mencukupi kebutuhan tanaman disebut dengan istilah Pupuk.

Semoga membantu.

19. Pertumbuhan tanaman akan baik bila kandungan unsur hara tanah cukup tersedia. Hampir semua tanamanmemerlukan unsur hara makro (nitrogen, fosfor, kalium) dan mikro mineral. Kebutuhan unsur hara bisadidapat dariA bibitC benihB. pupukD media tanam​

Jawaban:

B.Pupuk

Penjelasan:

Pupuk mempunyai kandungan unsur hara yang baik untuk pertumbuhan pada tanaman

20. Pertumbuhan tanaman obat akan baik bila kandungan unsur hara tanah cukup tersedia, hampir semua tanaman memerlukan unsur hara makro dan mikro mineral. Kebutuhan unsur hara bisa didapat dari pupuk organik dan anorganik. Pupuk tanaman obat dianjurkan dari bahan alami seperti… *a.MPKb. Ureac.Komposd.Pestisida​

c. pupuk kompos

semoga membantu

Video Terkait

Bagikan: