Pengaruh Perubahan Dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Sosial

Fatih.co.id

Pengaruh Perubahan Dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Sosial
Pengaruh Perubahan Dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Sosial

Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Ekonomi………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Sosial ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Budaya………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Politik………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Pendidikan……………………………………………………………………………………………………………………………………….​

Daftar Isi

1. Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Ekonomi………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Sosial ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Budaya………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Politik………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… Jelaskan Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Pendidikan……………………………………………………………………………………………………………………………………….​

Jawaban:

Pengaruh Interaksi Negara ASEAN bidang Ekonomi

Disamping itu ada dua pengaruh perubahan ruang dan interaksi antar ruang terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi di Negara-negara ASEAN, yaitu terbentuknya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang diwujudkan sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2015. Selain itu, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing ASEAN, sehingga bisa menyaingi Tiongkok dan India guna menarik perhatian investasi asing.

Pengaruh Interaksi Negara ASEAN bidang Sosial

Jika melihat dari pengaruh perubahan ruang dan interaksi antar ruang terhadap kehidupan sosial maka ada dua, yaitu munculnya pertentangan sosial yang diakibatkan sebuah perbedaan sosial seperti status sosial dan kondisi masyarakat yang berbeda dan hidup berdampingan. Interaksi sosial yang masih bercampur dengan sekat-sekat kepentingan yang menimbulkan masalah kemanusian.

Pengaruh Interaksi Negara ASEAN bidang Budaya

Sejak konfrensi ASEAN di kota Hue, Vietnam yang mengusung tema kebudayaan maka sudah banyak kegiatan yang dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan dalam bidang kebudayaan. Dimana, kegiatan tersebut antara lain pembangunan kota budaya ASEAN, perkemahan pemuda ASEAN, dan Jaringan kota kuno ASEAN. Selain itu, dalam interaksi dalam bidang budaya ini juga bertujuan sebagai cara mendapatkan devisa dari sektor pariwisata.

Pengaruh Interaksi Negara ASEAN bidang Politik

Salah satu dampak dari perubahan interaksi antarruang adalah pada kehidupan politik. Ada beberapa kasus yang menjadi sorotan antara lain ; adanya sengketa perbatasan wilayah menjadi persoalan di beberapa negara ASEAN. Contohnya pulau Natuna yang diklaim oleh Tiongkok, Pulau Sipadan dan Legitan diklaim oleh Malaysia.

Dengan adanya kasus klaim Pulau Sipadan dan Legitan oleh Malaysia menjadi sebuah pembelajaran agar Indonesia lebih baik dalam aspek ketertiban dan ketegasan dalam melakukan inventarisasi batas wilayah terutama di pulau-pulau terluar Indonesia.

Pengaruh Interaksi Negara ASEAN bidang Pendidikan

Dalam menghadapi MEA, seluruh negara ASEAN berupaya memberikan kesempatan kepada lembaga pendidikan melakukan reformasi menyeluruh dalam sistem pendidikan. Dimana, hal yan
g dititikberatkan adalah kualitas pendidikan dan lulusan yang kompeten, sehingga mengubah paradigma pendidikan di setiap negara.

Interaksi dalam bidang pendidikan juga diperuntukan mempermudah pelajar di negara-negara ASEAN dalam meningkatkan kualitas pendidikan seperti mengakses informasi dan belajar dengan menggunakan metode dan objek pelajaran serta guru-guru yang kompeten.

maaf jika salah semogah bisa membantu anda !

2. Perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial memberikan pengaruh positif maupun negatif. Apakah pengaruh negatif dari perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

Jawaban:

positif nya bisa menjadikan kita mempunyai pengalaman baru dan memperluas ilmu dan pengetahuan. sdgkan dampak negatif nya sangat sulit untuk memulai kehidupan intraksi antarnegara trhdp lingkungan sosial apa lgi untuk org yg pendiam dan trik mudah bergaul dgn org baru. Ok trimksih maaf klok slh.

iyaa aku mau promosi dulu yaa jangan lupa follow Ig aku irna1424 dan subscribe YouTube aku Ir Na Cha Nell siapa tau kalian dpt pnglamn baru Oke trimksih

3. Pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

Jawaban:

Terhadap kehidupan sosial, berikut adalah beberapa bentuk pengaruh dari perubahan yang terjadi akibat interaksi antarruang antarnegara:

-Meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya pertukaran informasi. -Meningkatnya kegiatan interaksi manusia lintas negara dengan kemudahan komunikasi.

Penjelasan:

maaf kalo salah 🙂

4. Contoh pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

Jawaban:

Wisatawan Dari Negara Lain Yg Datang Ke Indonesia

Maaf Yah Kalo Salah:)

5. menyebutkan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

pengaruhnya adalah adanya hubungan sosial antar negara, timbulnya kerja sama antar negara, timbulnya perdamaian dunia, keamanan dan kenyaman akan terjadi dimana-mana.

#semoga membantu.

6. 1.pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial​

Jawaban:

pengaruh positif

•Tenaga kerja profesional akan mudah bergerak antarnegara

•Investasi dari negara-negara anggota ASEAN dapat masuk dan diterima Indonesia untuk mengembangkan berbagai industri maupun jasa di Indonesia.

• Pangsa pasar bagi produk-produk Indonesia terbuka lebar di negara-negara ASEAN

pengaruh negatif

•Semakin banyaknya tenaga kerja asing yang berasal dari ASEAN masuk di bursa tenaga kerja di Indonesia.

•Kemungkinan akan terbukanya ekploitasi sumber daya alam

•Serbuan barang-barang yang berasal dari negara-negara anggota

(maaf kalo salah)

Jawaban:

semoga membantu《▪︎_■》

dan jgn lupa beri terbaik

tq

7. kesimpulan dari pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial​

Jawaban:

pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan adalah banyak nya peningkatan kecerdasan manusia, banyak nya teknologi yg yg mempengaruhi zaman dan masuknya budaya asing ke suatu negara

8. menyebutkan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara kehidupan sosial

Perubahan ruang dan interaksi antarruang dapat terjadi dalam berbagai lingkup atau skala. Dalam lingkup yang sempit, perubahan ruang dan interaksi ruang dapat terjadi antara desa dengan kota, dan dalam skala luas dapat terjadi antarnegara dan benua.

9. menyebutkan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

Kehidupan sosial sangatlah dinamis. Masalah-masalah kemanusiaan banyak terjadi akibat interaksi sosial yang masih dipengaruhi sekat-sekat kepantingan. Pada tahun 2015, ribuan pengungsi Myanmar membanjiri negara-negara tetangga, yaitu Malaysia, Thailand, dan Indonesia dengan menggunakan perahu. Migran ini berpengaruh terhadap dinamika jumlah kependudukan suatu negara baik bagi yang mengungsi ataupun negara tujuan pengungsi.

10. pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan ekonomi sosial budaya

melemahnya pendapatan ekonomi negara

11. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

ada beberapa faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang yaitu:
1. faktor iklim
2. faktor geologi
3. faktor ketersediaan sumber

beberapa pengaruh interaksi antar ruang:
1. ekonomi
2. sosial budaya
3. politik
4. pendidikan

semoga membantu

12. bagaimana pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial budaya​

Jawaban:

Pengaruh Interaksi Ruang Antar Negara di Berbagai Aspek Kehidupan

Ruang merupakan tempat di permukaan bumi, yang keseluruhan maupun sebagiannya dijadikan tempat tinggal oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Tiap ruang memiliki karakteristik berbeda dengan lainnya. Tidak ada ruang yang sama persis dengan tempat lainnya.

Perbedaan satu ruang dan ruang lainnya itu bisa menimbulkan interaksi. Proses interaksi itu juga dapat memicu perubahan ruang, seperti terlihat pada kasus urbanisasi yang memicu kemunculan permukiman kumuh warga miskin di perkotaan. Di sisi lain, perubahan ruang pun dapat memicu interaksi keruangan, semacam alih fungsi lahan yang mendorong urbanisasi.

Berdasarkan catatan Iwan Setiawan dan kawan-kawan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (2018:79-80), dengan teknologi informasi dan komunikasi serta transportasi yang maju, masyarakat lebih cepat memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia. Mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain juga menjadi semakin mudah terjadi.

Komunikasi, transportasi dan mobilitas penduduk merupakan bentuk-bentuk interaksi antarruang. Interaksi itu bisa berpengaruh terhadap beberapa aspek kehidupan manusia, mulai dari ekonomi, sosial, budaya, politik, hingga pendidikan. Penjelasan mengenai sejumlah pengaruh tersebut bisa dicermati dalam rincian di bawah ini.

1. Pengaruh interaksi ruang antarnegara di bidang ekonomi

Masing-masing negara di dunia pasti memiliki barang atau jasa yang tidak mampu diciptakannya sendiri. Oleh karena itu, interaksi antarruang terjadi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seperti dalam bentuk perdaganga
n. Dari interaksi yang dilakukan, masing-masing negara dengan produk khasnya akan mendapatkan keuntungan ekonomi dengan cara menjual atau menyediakan jasanya.

2. Pengaruh interaksi ruang antarnegara di bidang sosial

Manusia sebagai makhluk sosial menjadi pemeran utama di dalam interaksi antarruang. Interaksi antarnegara dan benua juga melibatkan manusia sebagai pelakunya. Interaksi sosial antarmanusia yang memiliki kehidupan sosial berbeda kemudian terjadi. Interaksi itu dapat terjadi dengan saling bertemu atau melalui media komunikasi. Kehidupan sosial dapat berubah karena adanya pengaruh dari interaksi tersebut. Hal ini mengingat interaksi antarwarga beda negara memicu pertukaran ide maupun pengetahuan, dan pengalaman.

3. Pengaruh interaksi ruang antarnegara di bidang budaya

Sebelumnya disebutkan bahwa manusia dari sebuah ruang berkomunikasi dengan manusia dari ruang lain. Dari interaksi tersebut, budaya yang dibawa masing-masing individu (sesuai budaya di ruang awal) akan bertemu dengan budaya lain.

Secara langsung atau tidak langsung pertemuan budaya ini dapat mempengaruhi satu sama lain, entah akan terjadi pelunturan budaya di salah satunya atau terjadi kolaborasi (akulturasi) antara kedua budaya yang bertemu.

Kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi membuat interaksi ruang dapat terjadi lebih intensif. Kondisi ini membuat interaksi antarmasyarakat dengan budaya yang berbeda semakin sering terjadi, baik secara langsung maupun tidak. Peristiwa budaya dari suatu masyarakat dengan mudah dapat disaksikan oleh masyarakat di daerah yang berbeda.

Karena itu, budaya masyarakat dari suatu negara bisa dengan mudah diketahui warga negara lain. Pengaruh suatu budaya pun bisa melebar ke banyak negara. Sebagai contoh tren berpakaian di Korea Selatan bisa ditiru banyak warga Indonesia karena faktor “globalisasi” K-Pop.

4. Pengaruh interaksi ruang antarnegara di bidang politik

Interaksi ruang bisa mempengaruhi sistem pemerintahan berbagai negara. Sebagai contoh, sistem demokrasi yang semula berkembangan di barat kini diadopsi mayoritas negara di dunia.

Selain itu, pengaruh interaksi ruang antarnegara di bidang politik ini juga bisa membuat perubahan pada kebijakan pemerintahan di banyak wilayah. Peristiwa politik tertentu di suatu negara, dapat mempengaruhi kebijakan negara lain. Sebagai contoh, konflik Israel dan Palestina mempengaruhi kebijakan pemerintah Indonesia dalam melakukan hubungan dengan Israel maupun Palestina.

5. Pengaruh interaksi ruang antarnegara di bidang pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu unsur penting yang diperlukan untuk mencapai kemajuan negara. Bidang ini pun bisa dipengaruhi oleh interaksi ruang antarnegara.

Selama ini, banyak kerja sama antarnegara dalam bidang pendidikan. Banyak negara berkembang mengirim pelajar dan mahasiswa ke negara-negara maju. Tujuannya, mengerek kualitas sumber daya manusia di negara-negara berkembang.

Proses interaksi ruang antarnegara, dengan demikian memicu transfer pengetahuan dari negara maju ke negara berkembang. Hal ini lantas turut memajukan bidang pendidikan di negara-negara berkembang. Sementara sektor pendidikan negara-negara maju juga turut berkembang pada saat banyak peserta didik datang dari berbagai penjuru dunia.

Penjelasan:

Plissjadiinjawabantercerdas

maafkalosalah:(

13. Sebutkan masing-masing 3 contoh :: 1. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara Terhadap Kehidupan Ekonomi 2. Pengaruh Perubahan dan Interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial 3. Pengaruh Perubahan dan Interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan budaya 4. Pengaruh Perubahan dan Interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan politik 5. Pengaruh Perubahan dan Interaksi ruang antarnegara terhadap pendidikan Bantu ya kak, pliss mau di kumpulin tugasnya…

Jawaban:

1. Kehidupan ekonomi

Dengan adanya perubahan interaksi antar ruang dalam bidang ekonomi berdampak pada terjadi krisis ekonomi, terjadinya konsumtivisme, dan materialisme.

2.Kehidupan Sosial

Dengan adanya perubahan interaksi antar ruang pada kehidupan sosial berdampak pada penurunan tingkat kekerabatan antar manusia.

3. Kehidupan budaya

Dengan adanya perubahan interaksi antar ruang menyebabkan terjadinya percampuran budaya, dan terjadinya budaya lokal akibat masuknya budaya asing.

4. Kehidupan Politik

Dengan adanya perubahan interaksi antar ruang pada kondisi politik berdampak dapat memicu timbulnya konflik sosoal dan integrasi sosial. Bahkan memicu terjadinya perang dingin antara negara tetangga.

5. Kehidupan pendidikan

Dengan adanya perubahan interaksi antar ruang pada pendidikan berpengaruh pada perubahan cara atau sistem pendidikan

14. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial adalah …..

Jawaban:

Meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya pertukaran informasi. Meningkatnya kegiatan interaksi manusia lintas negara dengan kemudahan komunikasi.

Penjelasan:

semangat bentar lgi jdi ANIMEK

15. 1. Jelaskan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial2. Jelaskan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan budaya! ​

Jawaban:

1. Pengaruhnya adalah penduduk dari desa yg bekerja di kota sebagian tidak sukses.

2. Pengaruhnya adalah perbedaan budaya dalam cara berpakaian.

Semoga membantu

16. Jelaskan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial??​

Jawaban:

penduduk dari desay yang bekerja di kota sebagian tidak sukses karena banyaknya persaingan

17. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

Perubahan tingkah laku dan perubahan budaya

18. pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

Terjadinya kesenjangan Sosial

Terjadinya Kesenjangan Sosial

19. jelaskan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap Kehidupan Sosial

Jawaban:

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang yaitu :

1. Faktor Iklim, ASEAN berada didaerah yang kawasannya memiliki iklim yang sulit untuk diramalkan. Hal ini terjadi karena adanya pemanasan global, yang sedikit banyak memicu munculnya bencana alam. sehingga negara-negara ASEAN saling membantu dalam mengatasinya

2. Faktor Geologi, Kawasan Asia tenggara masuk kedalam kawasan yang sangat rawan dengan bencana karena terletak pada tumbukan lempengan di sirkum pasifik dan sirkum mediterania, ada banyak jajaran gunung api yang masih aktif

3. Faktor ketersediaan sumber daya alam yang beaneka ragam antar negara di kawasan Asia tenggara. Seperti potensi hutan dan laut.

Dari beberapa faktor ini, maka memicu timbulnya perubahan ruang dan interaksi antar ruang. Beberapa pengaruh interaksi ini antara lain :

1. Ekonomi : Kondisi perokonomian yang tidak merata di Kawasan Asia tenggara, memicu mobilitas penduduk antar negara ke negara lain. Negara yang maju dengan pendapatan tinggi cenderung akan menjadi tujuan dari mobilitas ini. Sedangkan bagi negara-negara di Kawasan Asia tenggara, pemiliki modal, maka akan memolisasi dananya ke daerah yang punya potensi alam besar namun minim Sumber daya manusia

2. Sosial  Budaya : adanya pengaruh globalisme yang saling memberikan pengaruh antar sosial budaya masing-masing negara. Setiap negara berusaha untuk menyebarkan pengaruh sosial budayanya, sehingga timbul pluralisme di tengah masyarakat, baik pluralisme dalam beragam, sosial atau budaya.

3. Politik : Interaksi ruang dan perubahan ruang dapat memicu timbulnya konflik sosoal dan integrasi sosial. Bahkan memicu terjadinya perang dingin antara negara tetangga.

4. Pendidikan : perubahan ruang mendorong negara-negara berkembangng dalam satu Kawasan Asia tenggara, untuk meningkatkan taraf pendidikannya dengan sedikit banyak mengadopsi dari negara tetangga.

Penjelasan:

Jawaban:

kehidupan sosial : penduduk dari desa yg bekerja di kota sebagian tidak sukses

Penjelasan:

dalam sosial budayanya, adanya pengaruh globalisme yang saling memberikan pengaruh antar sosial budaya masing-masing negara. setiap negara berusaha untuk menyebarkan pengaruh sosial budayanya, sehingga timbul pluralisme di tengah masyrakat, baik pluralisme dalam beragam, sosial atau budaya.

20. Jelaskan pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial

pengaruhnya adalah ekonomi yg akan mengecil

Video Terkait

Bagikan: