Pengurangan Bersusun Panjang Dengan Cara Meminjam

Fatih.co.id

Pengurangan Bersusun Panjang Dengan Cara Meminjam
Pengurangan Bersusun Panjang Dengan Cara Meminjam

Pengurangan dengan tehnik meminjam Cara bersusun panjang 153-39=

Daftar Isi

1. Pengurangan dengan tehnik meminjam Cara bersusun panjang 153-39=

153-39

= 114

Semoga membantu ☺

144 kalau gak salah ya

2. pengurangan cara panjang dengan teknik meminjam

contoh
35
16 –
___
19
karena 5-6 itu =15-6 hasinya kan 9
jadi 3 nya itu di ganti jadi 2
jadi 2-1 hasilnya 1

3. pengurangan bersusun tanpa teknik meminjam​

Berapakah 2.765 – 1.548 ?

Jawab:

(a) Dengan cara susun panjang

2.765  = 2000 + 700 + (50+10) + 5  = 2.000 + 700 + 50+15

1.548  = 1.000+ 500 + 40 + 8               

  = 1.000 + 500 + 40 + 8 _

                                                = 1.000 + 200 + 10 + 7

                                                = 1.217

Jadi 2.765 – 1.548 = 1.217

(b) Dengan cara bersusun pendek:

5 15

2.765

1.548 _

1.217

Langkah-langkah:

·         Satuan, 5 – 8  tidak bisa, maka pinjam 1 puluhan dari 6 menjadi (10 + 5) – 8 =7, tulis 7

·         Puluhan, 6 telah dipinjam 1 sisanya tinggal 5. Maka 5 – 4 = 1, tulis 1

·         Ratusan, 7 – 5 = 2, tulis 2

·         Ribuan, 2 – 1 = 1, tulis 1Jadi, 2.765 – 1.548 = 1.217.

·         Hasilnya 1.217

4. contoh pengurangan bilangan cacah tanpa meminjam​

Jawaban:

45

23

_____ _

Penjelasan dengan langkah-langkah:

45

23

_____ _

22

5. selesaikan pengurangan dengan tehnik meminjam 3.257 1.075-​

Jawaban:

3.257-1.075=2.082

Penjelasan dengan langkah-langkah:

MAAF KALO SALAH

6. Sebagai seorang guru pastilah kita pernah mengajarkan pengurangan bilangan cacah. Pernahkah Saudara mengajarkan konsep pengurangan bilangan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam? Jika pernah, coba ceritakan pengalaman Saudara dan bagaimana caranya? Jika belum pernah, coba rancang cara mengajarkan pengurangan bilangan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam!

Jawaban:

Blok Dienes adalah salah satu alat peraga yang dapat digunakan menanamkan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pengurangan bilangan cacah, maka digunakanlah Blok Dienes dengan cara tanpa teknik meminjam. Teknik ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep pengurangan bilangan, yakni dalam menentukan bilangan pengurang dengan bilangan yang akan dikurang, serta besar kecilnya bilangan yang akan dikurang dengan bilangan pengurang.

Langkah-Langkah Peragaan

-Tempatkan alat peraga block dienes pada tabel nilai tempat yang sesuai.

-Siswa menyebutkan bilangan yang ditunjukkan oleh alat peraga Block Dienes.

-Siswa memindahkan atau mengambil unit Block Dienes sebanyak bilangan pengurangan pada masing-masing kotak dalam tabel nilai tempat.

-Siswa kemudian menghitung unit Block Dienes yang masih tersisa pada tabel nilai tempat dan menuliskan hasil yang diperoleh pada jawaban.

Semogamembantu,Maafklausalah

7. pengurangan bilangan dengan teknik meminjam​

Cari google lebih baik:)

8. OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT Operasi hitung bilangan bulat ada 4 jenis yaitu : penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Hari ini kita akan mempelajari operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Teknik penjumlahan maupun pengurangan ada 3 cara yaitu bersususun mendatar, bersusun panjang dan bersusun pendek. Di operasi penjumlahan ada teknik menyimpan dan operasi pengurangan ada teknik meminjam. Untuk lebih memahami maka kerjakan latihan di bawah ini : Latihan Hitunglah operasi penjumlahan menggunakan teknik bersusun mendatar, bersusun panjang dan bersusun pendek 35 + 7 = … 48 + 27 =…135 + 5 = … 257 + 82 =…​

Jawaban:

35 + 7 = 42

48 + 27 = 75

135 + 5 = 140

257 + 82 = 339

Jadikan jawaban tercerdas!

semoga membantu ka!

9. cara pengurangan bersusundengan teknik meminjam​

Berapakah 2.765 – 1.548 ?

Jawab:

(a) Dengan cara susun panjang

2.765  = 2000 + 700 + (50+10) + 5  = 2.000 + 700 + 50+15

1.548  = 1.000+ 500 + 40 + 8               

  = 1.000 + 500 + 40 + 8 _

                                                = 1.000 + 200 + 10 + 7

                                                = 1.217

Jadi 2.765 – 1.548 = 1.217

(b) Dengan cara bersusun pendek:

5 15

2.765

1.548 _

1.217

Langkah-langkah:

·         Satuan, 5 – 8  tidak bisa, maka pinjam 1 puluhan dari 6 menjadi (10 + 5) – 8 =7, tulis 7

·         Puluhan, 6 telah dipinjam 1 sisanya tinggal 5. Maka 5 – 4 = 1, tulis 1

·         Ratusan, 7 – 5 = 2, tulis 2

·         Ribuan, 2 – 1 = 1, tulis 1Jadi, 2.765 – 1.548 = 1.217.

·         Hasilnya 1.217

10. rumus dari pengurangan cara panjang dengan teknik meminjam

jika ad angka yg dikurangkan lebih kecil maka harus meminjam dgn cara:
1.angka yg kecil/tdk dpt di kurang maka coret dan angkanya di tambahkan puluhan.
2.lalu kita meminjam depannya,jadi angka depan di kurang satu

11. cara mengajarkan pengurangan bila
ngan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam

Jawaban:

Blok Dienes

Penjelasan dengan langkah-langkah:

semoga membentu

12. 8.675 – 5.328pengurangan tanpa meminjam​

Jawaban:

8.675 -5.328= 3347

Penjelasan dengan langkah-langkah:

………………

Jawaban:

3.347

Macam Ni kah oiiiiii

13. bagaimana cara menghitung pengurangan pecahan yang harus meminjam?

dengan Cara dikurangnkan Saturday barisan Angka pengurangan yang may dikurangkan apabila tidak cukup maka pinjam kesamping Dari atas

14. 8.326-5.786 hasil dari pengurangan meminjam adalah

Jawaban:

2.538

Penjelasan dengan langkah-langkah:

8.324 – 5.786 = 2.538

MAAF KALAU SALAH, SEMOGA BISA MEMBANTU

15. Kegiatan Belajar 1 Sebagai seorang guru pastilah kita pernah mengajarkan pengurangan bilangan cacah. Pernahkah Saudara mengajarkan konsep pengurangan bilangan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam? Jika pernah, coba ceritakan pengalaman Saudara dan bagaimana caranya? Jika belum pernah, coba rancang cara mengajarkan pengurangan bilangan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam!

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Konsepnya memakai batang lidi

1 batang lidi mewakili 1 angka

Jadi jika angka 5 banyak batang lidi = 5

16. cara menyelesaikan perkalian ada dua, yaituA. perkalian bersusun panjangB. perkalian bersusun pendekC. perkalian dengan meminjamD. jawaban A dan B benar​

Jawab:

A. Perkalian bersusun panjang

Penjelasan :

yang B juga bisa kalao kamu mengerti 🙂

sesuai kemampuan kamu aja 🙂

trims 🙂

D. jawaban A dan B benar

Penjelasan dengan langkah-langkah:

langkah langkah bersusun panjang

Langkah pertama perhatikan bilangan yang akan di kalikan.

Langkah kedua setelah satuan habis di kalikan dengan bilangan yang lain, di lanjutkan puluhan di kalikan dengan bilangan yang lain, mulai dari satuan sampai dengan bilangan puluhan.

Langkah ketiga adalah menjumlahkan hasil perkalian untuk mendapatkan hasil perkalian yang kita cari.

langkah langkah bersusun pendek

contoh soal 57 x 2

Hitung terlebih dulu angka 7 x 2 = 14

Selanjutnya tulis angka 4 saja, sedangkan angka 1 dijumlahkan dengan hasil perhitungan selanjutnya.

Selanjutnya hitung angka 5 x 2 = 10 (jangan lupa menambahkan dengan angka 1)

Langkah 11 sudah menjadi langkah terakhir, maka teman-teman bisa menuliskannya di depan angka 4.

Hasilnya diketahui 114.

17. 1.Sebagai seorang guru pastilah kita pernah mengajarkan pengurangan bilangan cacah. Pernahkah Saudara mengajarkan konsep pengurangan bilangan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam? Jika pernah, coba ceritakan pengalaman Saudara dan bagaimana caranya? Jika belum pernah, coba rancang cara mengajarkan pengurangan bilangan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam!

Jawab:

Blok Dienes adalah salah satu alat peraga yang dapat digunakan menanamkan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pengurangan bilangan cacah, maka digunakanlah Blok Dienes dengan cara tanpa teknik meminjam. Teknik ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep pengurangan bilangan, yakni dalam menentukan bilangan pengurang dengan bilangan yang akan dikurang, serta besar kecilnya bilangan yang akan dikurang dengan bilangan pengurang.

Langkah-Langkah Peragaan

Tempatkan alat peraga block dienes pada tabel nilai tempat yang sesuai.Siswa menyebutkan bilangan yang ditunjukkan oleh alat peraga Block Dienes. Siswa memindahkan atau mengambil unit Block Dienes sebanyak bilangan pengurangan pada masing-masing kotak dalam tabel nilai tempat. Siswa kemudian menghitung unit Block Dienes yang masih tersisa pada tabel nilai tempat dan menuliskan hasil yang diperoleh pada jawaban. Ulangi peragaan tersebut beberapa kali hingga siswa benar-benar paham.

Pelajari lebih lanjut tentang materi Blok Dienes https://brainly.co.id/tugas/6824152

#BelajarBersamaBrainly

18. Sebagai seorang guru pastilah kita pernah mengajarkan pengurangan bilangan cacah. Pernahkah Saudara mengajarkan konsep pengurangan bilangan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam? Jika pernah, coba ceritakan pengalaman Saudara dan bagaimana caranya? Jika belum pernah, coba rancang cara mengajarkan pengurangan bilangan cacah tanpa menggunakan istilah meminjam!

Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Konsepnya memakai batang lidi

1 batang lidi mewakili 1 angka

Jadi jika angka 5 banyak batang lidi = 5

19. pengurangan dengan meminjam 5.860-3.755 =​

Jawaban:

jawabannya 2.105

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf klo slh

20. contoh pengurangan pecahan meminjam

193
157
___ –
36
Maaf kalo ada yg salah1 1/5 – 3/5 = 6/5 – 3/5
= 3/5

Video Terkait

Bagikan: