Peran Mahasiswa Dalam Melindungi Nkri Dari Athg Secara Fisik

Fatih.co.id

Peran Mahasiswa Dalam Melindungi Nkri Dari Athg Secara Fisik
Peran Mahasiswa Dalam Melindungi Nkri Dari Athg Secara Fisik

Peran mahasiswa dalam melindungi nkri dari athg

Daftar Isi

1. Peran mahasiswa dalam melindungi nkri dari athg

Jawaban:

Peran mahasiswa dalam melindungi NKRI dari ATHG seperti contohnya mahasiswa berperan sebagai agen perubahan dengan cara mendorong motivasi berprestasi, berpikir positif, kreatif serta inovatif.

Menguatkan kepada masyarakat untuk tetap berpegang teguh terhadap NKRI dengan cara sosialisasi warga seperti halnya KKN.

Penjelasan:

ATHG merupakan singkatan dari ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan. Kita sebagai warga negara yang baik seharusnya menjaga NKRI dari ancaman, ancaman dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi ATHG pada https://brainly.co.id/tugas/39759247

#BelajarBersamaBrainly

2. Mahasiswa dapat melindungi negara athg fisik non fisik apa jawabnya

Jawaban:

Melindungi negara secara fisik :

Ikut berpatisipasi dalam pembelaan negara dan mempertahankan bangsa.

Melindungi negara secara nonfisik :

Dengan cara rajin belajar.

Penjelasan:

Semoga membantu

3. Peran mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan Republik Indonesia dari ATHG baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik​

Jawaban:

Peran mahasiswa untuk melindungi negara dari Ancaman, Tantangan, Hambatan dan gangguan yang berasal dari dalam dan luar negeri:

Saling mengingatkan atau menghidupkan nilai-nilai yang terkandung pada pancasila dalam organisasi kemahasiswaan.

Mempersiapkan diri dengan belajar dengan tekun supaya dapat mengatasi tantangan dan gangguana di masa yang akan datang.

Mengikuti dan selalu update berita-berita internasional maupun nasional serta aktif memberikan tanggapan terhadap isu yang sedang terjadi guna meningkatkan daya berpikir kritis, kreatif dan inovasi.

Melakukan penyuluhan kepada anak-anak SD , SMP, SMA pentingnya menjaga kedaulatan , kedamaian, keharmonisan antar masyarakat melalui pengajaran kandungan nilai-nilai yang ada pada Pancasila

Pembahasan :

Dalam menjaga kedaulatan dan membangun integrasi nasional, bangsa Indonesia dihadapkan pada Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG). Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang dimaksud dengan ATHG adalah:

Ancaman adalah suatu hal atau usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara tujuan yang di kehendaki atau konsepsional, kriminal serta politik. bisa berasal dari dalam maupun luar. misal dari dalam negeri adalah munculnya gerakan separatisme kedaerahan.

Tantangan adalah suatu hal atau usaha bersifat menggugah kemampuan dalam negara, dengan tantangan yang ada apakah kita kemampuan kita dapat mengatasi tantangan tersebut. misal seperti tantangan era serba digital pada saat ini, negara dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cepat.

Hambatan adalah suatu hal atau usaha berasal dari diri sendiri yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional atau tidak sesuai dengan kehendak kita. contohnya hambatan dari dalam negara adalah budaya kebodohan, keterbelakang dan kejumudan.

Gangguan secara umum berasal dari luar tubuh yang bertujuan melemahkan atau menghalangi yang tidak sesuai dengan kehendak kita atau tidak konsepsional. misal gangguan dari negara asing dll.

Maaf kalau salah, semoga membantu

4. 2. uraikan peran anda sebagai mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan republik indonesia dari (athg) baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik!

Jawaban:

saling mengingatkan atau menghidupkan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila.mempersiapkan diri dengan belajar dengan tekun supaya dapat mengatasi tantangan dan gangguan di masa yang akan datang

5. Sebagai warga negara Indonesia kita harus bisa ikut berpatisipasi secara aktif dalam melindungi berbagai bentuk Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) agar dapat mewujudkan ketahanan nasional. Ganguan tersebut bisa berasal dari dalam dan luar negeri serta bisa berupa fisik dan non fisik. Uraikan peran Anda sebagai mahasiswa agar dapat melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari (ATHG) baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik!

Peran mahasiswa untuk melindungi negara dari Ancaman, Tantangan, Hambatan dan gangguan yang berasal dari dalam dan luar negeri:

Saling mengingatkan atau menghidupkan nilai-nilai yang terkandung pada pancasila dalam organisasi kemahasiswaan.Mempersiapkan diri dengan belajar dengan tekun supaya dapat mengatasi tantangan dan gangguana di masa yang akan datang.Mengikuti dan selalu update berita-berita internasional maupun nasional serta aktif memberikan tanggapan terhadap isu yang sedang terjadi guna meningkatkan daya berpikir kritis, kreatif dan inovasi.Melakukan penyuluhan kepada anak-anak SD , SMP, SMA pentingnya menjaga kedaulatan , kedamaian, keharmonisan antar masyarakat melalui pengajaran kandungan nilai-nilai yang ada pada PancasilaPembahasan

Dalam menjaga kedaulatan dan membangun integrasi nasional, bangsa Indonesia dihadapkan pada Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG). Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang dimaksud dengan ATHG adalah:

Ancaman adalah suatu hal atau usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara tujuan yang di kehendaki atau konsepsional, kriminal serta politik. bisa berasal dari dalam maupun luar. misal dari dalam negeri adalah muncul
nya gerakan separatisme kedaerahan.Tantangan adalah suatu hal atau usaha bersifat menggugah kemampuan dalam negara, dengan tantangan yang ada apakah kita kemampuan kita dapat mengatasi tantangan tersebut. misal seperti tantangan era serba digital pada saat ini, negara dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cepat.Hambatan adalah suatu hal atau usaha berasal dari diri sendiri yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional atau tidak sesuai dengan kehendak kita. contohnya hambatan dari dalam negara adalah budaya kebodohan, keterbelakang dan kejumudan.Gangguan secara umum berasal dari luar tubuh yang bertujuan melemahkan atau menghalangi yang tidak sesuai dengan kehendak kita atau tidak konsepsional. misal gangguan dari negara asing dll.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang Proses perumusan UUD 1945 https:// brainly.co.id/tugas/1080003Materi tentang Macam-macam ideologi yang tersebar di dunia https:// brainly.co.id/tugas/12342539Materi tentang Apa itu Demokrasi Pancasila https:// brainly.co.id/tugas/631319

Detil Jawaban:

Kelas: XI

Mapel: PPKN

Bab: Bab 7 – Menatap Tantangan Integrasi Nasional

Kode: 11.9.7

#JadiRankingSatu

6. sebutkan kepanjangan NKRI dan ATHG​

NKRI adalah singkatan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia

ATHG adalah singkatan dari Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan

Semoga Membantu 🙂

Jadikan Jawaban Yang Terbaik Ya Kak 🙂 ♡

By : ♡

Jawaban:

NKRI adalah kepanjangan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia

ATHG adalah kepanjangan dari Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan

penjelasan:

NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) adalah sebutan khas untuk negara Indonesia.Dikatakan negara kesatuan karena Indonesia terdiri atas berbagai macam suku,agama,ras,dan antargolongan yang saling bersatu menjadi negara Indonesia.Selain itu Indonesia terdiri atas beribu ribu pulau yang saling dipisahkan oleh hamparan laut yang luas,pulau pulau tersebut tidak memecahbelahkan Indonesia tetapu menyatukannya menjadi negara kesatuan Republik Indonesia.Dikatakan negara republik karena kepala pemerintahan dan kepala negara di Indonesia dipimpin oleh presiden.Tidak seperti Malaysia,Thailand,dan Brunei yang dipimpin oleh seorang raja.

ATHG (Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan) merupakan singkatan untuk selalu waspada terhadap ancaman yang mengganggu negara Indonesia,baik dari luas negri maupun dalam negri,baik itu ancaman kudeta,politik,dan moral.Seperti yang kita ketahui Indonesia sering dilanda berbagai macam ancaman,mulai dari agresi militer Belabda,pemberontakan pki,pengkudetaan dan lain sebabagainya.Tetapi jaman sekarang ancaman yang tengah melanda Indonesia yaitu ancaman moral mulai dari orang yang tidak beretika terhadap orang tua,vandalisme,pencemaran nama baik dan sebagainya.

7. berbagai macam ATHG terhadap NKRI

agresi,infiltrasi,spaniose

8. Uraikan peran anda sebagai mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan republik indonesia dari (athg) baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik!

Jawaban:

dgn menjaga budaya dan tradisi Indonesia dan menjadi pelajar yg tekun rajin dan ttp mengedepankan nilai pancasila

9. Soal 2 (Skor 25) Sebagai warga negara Indonesia kita harus bisa ikut berpatisipasi secara aktif dalam melindungi berbagai bentuk Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) agar dapat mewujudkan ketahanan nasional. Ganguan tersebut bisa berasal dari dalam dan luar negeri serta bisa berupa fisik dan non fisik. Uraikan peran Anda sebagai mahasiswa agar dapat melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari (ATHG) baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik! (Petunjuk: silahkan baca dan pahami terlbih dahulu tentang landasan, dan asas Ketahanan Nasional yang ada di BMP MKDU4111)

Jawaban:

soal nya mana!!!!!!?!!?

10. Apa ATHG terhadap NKRI yang apa yang sedang berkembang sekarang ini?

Jawaban:

Contoh Ancaman

1. Disintegrasi bangsa melalui gerakan separatisme

2. Keresahan sosial akibat kesenjangan ekonomi

3. Makar atau penggulingan pemerintahan yang sah

4. Potensi konflik antar kelompok atau antar golongan

5. Masuknya ideologi asing seperti liberalisme, komunisme dan lain – lain.

Contoh Tantangan

1. Pemerataan Pendidikan hingga ke daerah terpencil

2. Memberantas tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme

3. Mengurangi Kesenjangan ekonomi penduduk

4. Mengurangi kriminalitas dalam masyarakat

5. Meningkatkan teknologi komunikasi dan transportasi agar mempermudah mobilitas masyarakat.

Contoh Hambatan

1. Keanekaragaman budaya di Indonesia. Dapat mengakibatkan konflik

karena perbedaan pola pemikiran

2. Wilayah negara Indonesia yang terlalu luas dan terpisah oleh lautan

3. Masih besarnya ketimpangan dan kesenjangan dalam hal perekonomian maupun sosial

4. Adanya paham etnosentrisme dari beberapa suku bangsa yang mengganggap kebudayaan nya lebih baik dari kebudayaan suku bangsa lainnya

5. Melemahnya kebudayaan nasional yang disebabkan karena kontak dengan kebudayaan asing.

Contoh Gangguan

1. Kesenjangan perekonomian yang dapat menyebabkan kecemburuan sosial

2. Tingkat pendidikan yang rendah akan mudah untuk dipengaruhi oleh orang atau bangsa lain

3. Rendahnya pemahaman masyarakat tentang ideologi bangsa menyebabkan mudahnya ideologi baru untuk berkembang

4. Masuknya kebudayaan asing yang membawa serta ideologi yang berbeda dengan ideologi bangsa

5. Perbedaan pendapat dalam berpolitik.

Penjelasan:kalo salah benerin sendiri,ok

11. Mahasiswa agar bisa melindungi negara indonesia dari athg baik yang berasal dalam dan luar negri berupa fisik dan non fisik

Jawaban:

memakai produk dalam negerimembela negara kesatuan republik Indonesiabangga jadi anak bangsarela berkorban demi kepentingan masyarakat

bantu follow:

Ig: crhxyz._

12. Bagaimana peran mahasiswa dalam mempertahankan NKRI

dengan belajar mengisi kemerdekaaan. menjaga lingkungan dengan menjunjung prestasi yang tinggi

13. Uraikan peran Anda sebagai mahasiswa agar dapat melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari (ATHG) baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik!​

Jawaban:

Fungsi dan peran mahasiswa sangatlah penting dalam menjaga ikatan yang kokoh antar sesama komponen bangsa yang pada akhirnya akan memperkokoh ketahanan nasional.

Demikian dikatakan Menhan, Ryamizard Ryacudu saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa se Kabupaten Garut, Jumat (12/6) di Graha Bela Negara, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kuliah umum bagi Mahasiswa se-Kabupaten Garut tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Garut, beserta jajaran Muspida Kabupaten Garut., Kalangan akademisi, Pimpinan Pondok Pesantren, Tokoh Masyarakat, serta para Tokoh Agama.

Menhan mengungkapkan pemuda atau mahasiswa juga selalu berkontribusi secara faktual sebagai bentuk implementasi “semangat bela negara”, yang selalu memberikan andil besar menggerakkan heroisme. Hal ini terbukti dalam perjalanan sejarah Indonesia, mulai gerakan 1908, 1928, 1945, 1966, hingga 1998.

Sehubungan dengan hal tersebut, menurut Menhan cerminan sikap dan pola pikir warga negara termasuk mahasiswa sangat dipengaruhi bagaimana pemahaman terhadap kebangsaan.

Pada Kesempatan tersebut, Menhan menyampaikan gambaran dinamika perkembangan lingkungan strategis dunia dewasa ini telah berubah dan sangat terbuka. Diantaranya termasuk dimensi ancaman dari waktu ke waktu semakin kompleks sebagai dampak kemajuan pengetahuan manusia.

Dengan itu, Menhan menyatakan konsekuensinya adalah, setiap bangsa termasuk Indonesia harus menyesuaikan dalam menganalisa dimensi ancaman yang terjadi.

“ Secara umum, setiap negara berpotensi menghadapi ancaman militer, dan non militer termasuk ancaman hibrida (hybrid warfare) atau gabungan ancaman militer dan non militer sebagai dampak dari kemajuan teknologi komunikasi dan informasi,” Jelas Menhan.

Menhan berpendapat semua ancaman itu jika terjadi terhadap suatu negara dapat dipastikan berpengaruh terhadap ketahanan nasional di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan serta Teknologi. Disana terdapat ongkos social (social cost) dan kerugian negara sebagai dampak negatif yang ditimbulkan.

Oleh karena itu, Menhan menekankan, bahwa fenomena Inilah yang menjadi tugas mahasiswa sebagai generasi intelektual untuk melakukan penelitian dan aktif mencegah agar tidak berkembang menjadi beban bangsa dan negara ini.

Di kesempatan ceramahnya, Menhan berharap mahasiswa dapat memberikan ketauladanan sebagai pemuda yang berpendidikan dengan mengedepankan toleransi dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. ”Mahasiswa harus mampu mengembangkan inovasi dan menghargai kearifan lokal agar bangsa ini tidak ketergantungan terhadap nilai-nilai asing” Ujar Menhan.

Ditambahkan Menhan, Mahasiswa dapat menunjukkan moralitas dan karakter yang kuat, dengan demikian seorang mahasiswa harus pandai merasa bukan merasa pandai. Karena dalam kepemimpinan, karakter menempati prosentasi tertinggi yaitu 80% sementara ilmu 5%, pengetahuan umum 5% dan pengambilan keputusan 10%.

” Persiapkan diri kalian menjadi manusia Indonesia seutuhnya, peka dan cermat terhadap hal-hal yang menyimpang dari jati diri dan nilai-nilai kebangsaan” Kata Menhan.

14. Cara mahasiswa melindungi nkri dari aght dari dalam dan luar negeri.

Jawaban:

ancaman, Gangguan,Hambatan,dan tantangan (AGHT)dalambela negara......dan mengabdi kepada tanah air nya serta melindungidari berbagai (AGHT)

15. Peran mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan republik indonesia dari ancaman tantangan,hambatan ,gangguan baik yang berasal dari dalam dan luar negri serta berupa fisik dan non fisik

Jawaban:

Lebih memajukan Indonesia dengan menciptakan teknologi yang canggih yang berasal dari Indonesia

Penjelasan:

Terima kasih .

Answer by : christinhutabarat786

Penjelasan:

Di era kini, peran mahasiswa dalam menghadapi ancama-ancaman tersebut sangatlah penting. Menurutnya, ada beberapa peran yang dapat diaplikasikan oleh mahasiswa dalam menghadapi hal tersebut. Diantaranya mahasiswa berperan sebagai agen perubahan dengan cara mendorong motivasi berprestasi, berpikir positif, kreatif serta inovatif. Tak hanya itu peranan mahasiswa dalam control sosial (idealisme) pun tak kalah pentingnya.

“Karena kelak, merekalah yang akan memimpin bangsa ini di masa depan. Untuk itu mereka harus oercaya diri dan mempersiapkan diri sematang mungkin, guna menghadapi persaingan yang sehat dan globalisasi yang semakin pesat,”

maaf kalo kurang tepat!

16. Raikan peran anda sebagai mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan republik indonesia dari (athg) baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik!

Jawaban:

Mahasiswa memiliki peran sebagai generasi penerus bangsa serta diharapkan untuk memiliki kemampuan, akhlak yang mulia serta keterampilan untuk mampu menjadi calon pemimpin di masa depan demi bangsa. Mahasiswa dianggap sebagai aset, cadangan sekaligus harapan untuk bangsa di masa depan.

17. jelaskan peran mahasiswa dalam menjaga keutuhan nkri

Jawaban:

Sebab  mahasiswa telah menguasai pengetahuan dan mampu mengaplikasikan sebagai kader bela Negara. Mahasiswa punya tanggungjawab untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI, sesuai UUD 1945 pada pasal 27 dan 30.

Penjelasan:

Semoga membantu ^^

#jadikanjawabanterbaik ya

Jawaban:

Peran mahasiswa sangatlah dibutuhkan dalam menjaga keutuhan NKRI. Hal tersebut dikatakan Kasiter Korem 131/Santiago, Kolonel Inf Saripuddin SIP, mewakili Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Sabar Simanjuntak SIP MSc. Saat memberikan materi tentang Pembinaan Teritorial kepada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), yang sedang melaksanakan latihan Kepemimpinan Manajemen, di Cornelia Park, Desa Suwaan, Minahasa Utara (Minut), Sabtu (26/08/2017).

Penjelasan:

maaf klu salah dan terlalu panjang

18. peran mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan republik Indonesia dari ATHG baik yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri​

Jawaban:

•Sebagai agen perubahanSebagaikontrolsosialSebag
a
ikekuatanmoralSebagainilailuhur

Penjelasan:

Jadikan jawaban tercerdas

Semoga bermanfaat

19. Peran mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan republik indonesia dari ancaman tantangan,hambatan ,gangguan baik yang berasal dari dalam dan luar negri serta berupa fisik dan non fisik

Jawaban:

Mahasiswa menjadi garda terdepan dalam menjaga nilai luhur dan mulia. Kejujuran, gotong royong, keadilan dan empati menjadi beberapa nilai yang perlu dijaga. Mahasiswa juga memiliki sikap kritis ketika nilai keadilan tidak ditegakan. Dalam hal ini, mahasiswa memiliki peran untuk menjaga nilai untuk kemajuan bangsa

bntu follow

Ig: crhxyz._

Mahasiswa adalah generasi muda penerus bangsa memiliki kekayaan intelektual, produktivitas, dan kekuatan moral. Mahasiswa memiliki peran yang strategis dalam menjaga jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini yaitu menjaga kesatuan, persatuan, dan keutuhan bangsa Indonesia. Peran mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan republik indonesia dari ancaman tantangan, hambatan, gangguan baik yang berasal dari dalam dan luar negri serta berupa fisik dan non fisik adalah:

Sebagai agen perubahan (agent of change): mahasiswa dapat memberikan perubahan dan pergerakan ke arah positif melalui penciptaan invoasi-inovasi.Sebagai kontrol sosial: mahasiswa memberikan saran dan masukan serta kritikan kepada pemerintah dan kebijakan-kebijakan yang dibuat agar sesuai dan menyejahterakan masyarakat.Sebagai kekuatan moral: mahasiswa dengan intelektualitas harus memiliki etika, moral, dan tata krama dalam kehidupannya dan tidak dengan mudha terpengaruh budaya asing.Sebagai penjaga nilai luhur bangsa seperti nilai gotong royong, mendahulukan kepentingan umum, saling membantu, bekerja jujur dan beretos kerja tinggi, serta musyawarah untuk mufakat.

Pembahasan

Contoh-contoh dari peran mahasiswa yang dapat menjaga keutuhan negara RI antara lain:

Sebagai agen perubahan: mahasiswa membuat inovasi sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki dan ditekuni di berbagai bidang kehidupan. Inovasi yang dibuat harus mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Contohnya melakukan penelitian dan membuat prototipe untuk kemajuan transportasi.Sebagai kontrol sosial: mahasiswa dalam organisasi eksekutif universitas atau fakultas melakukan analisis atau kajian dan memberikan kritik saran dan masukan mengenai rancangan undang-undang atau kebijakan pemerintah apakah sesuai dengan kondisi negara, tidak ada penyimpangan, dan menguntungkan kesejahteraan warga. Contohnya dengan melakukan dialog interaktif dengan anggota DPR, atau melakukan demonstrasi damai dan cara yang patut.Sebagai kekuatan moral: mahasiswa dapat berperilaku yang sopan dan penuh etika. Misalnya dalam menyampaikan masukan dan pendapat dengan bahasa yang sopan dan santun dan bahasa yang bernilai intelektual, serta berperilaku menghormati siapapun termasuk bangsa lain sehingga bangsa kita tidak dihina oleh bangsa lain. Menjaga nilai luhur dengan melakukan kegiatan gotong royong apabila diadakan di lingkungan masyarakat. Selain itu menjaga etos kerja dan kejujuran dalam mengemban tugas sehingga menghindari konflik.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang definisi komitmen kebangsaan di brainly.co.id/tugas/15615269Materi tentang penerapan semangat dan komitmen kebangsaan di kehidupan sehari-hari di brainly.co.id/tugas/10224555Materi tentang nilai yang terkandung dalam Pancasila di brainly.co.id/tugas/741821

Detil Jawaban

Kelas: 9

Mapel: PPKn

Bab: Pembelaan negara

Kode : 9.9.1

#TingkatkanPrestasimu

20. Peran mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan republik indonesia dari (athg) baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik!

Peran mahasiswa agar dapat melindungi negara kesatuan yaitu

Dengan saing mengingatkan maupun menghidupkan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila dalam oragnisasi kemahasiswaan. Dengan mempersiapkan diri dalam berlajar dan tekun, agar dapat mengatasi tantangan dan gangguan dimasa yang akan datang. Dengan cara mengikuti bahkan selalu update berita-berita internasiona dan nasional serta aktif memberikan tanggapan terhadap isu yang sedang terjadi guna meningkatkan daya berpikir kritis, kreatif bahkan inovasi. Dengan cara melakukan penyuuhan kepada anak-anak SD, SMP, SMA pentingnya menjaga kedaulatan, kedamaian, keharmonisan bahkan antar msyarakat melalui pengajaran kandungan nilai-nilai yang ada pada Pancasila.

Pembahasan

Dengan menjaga kedaulatan maupun membangun integrasi nasional bangsa Indonesia dihadapkan pada Ancaman, Tantangan, Hambatan bahkan Gangguan (ATHG). Oleh karena itu,  yang dimaksud dengan ATHG adalah:

Ancaman adalah salah satu hal atau usaha yang bersifat mengubah maupun merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara tujuan yang di kehendaki atau konsepsional, kriminal dan politik. Tantangan adalah suatu hal atau usaha bersifat menggugah kemampuan dalam negara, dengan tantangan yang ada apakah kita kemampuan kita dapat mengatasi tantangan tersebut.Hambatan adalah suatu hal atau usaha berasal dari diri sendiri yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional atau tidak sesuai dengan kehendak kita.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang perumusan UUD 1945 https://brainly.co.id/tugas/1080003

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Video Terkait

Bagikan: