Peran Pancasila Dalam Perkembangan Iptek

Fatih.co.id

Peran Pancasila Dalam Perkembangan Iptek
Peran Pancasila Dalam Perkembangan Iptek

bagaimana peran pancasila didalam menghadapi perkembangan iptek

1. bagaimana peran pancasila didalam menghadapi perkembangan iptek

Pancasila digunakan sebagai filter atau saringan pengaruh baik dan buruk dalam perlembangan iptek

ITU KALAU MENURUT SAYA YA
SALAM PELAJAR
FabianzzLearnzz

2. bagaima peran pancasila dalam perkembangan iptek di indonesia menutut anda?

menurut saya peran pancasila dalam pengembangan iptek sangat berpengaruh positif karena pengembangan iptek jaman sekarang dapat di gunakan secara sembarangan dan banyak sekali di jaman sekarang banyak sekali kejahatan iptek ( seperti hacker dll ) dan di pancasila banyak sekali uud untuk menghukum para penjahat cyber
mohon maaf jika jawaban saya salah karena jawaban ini menurut saya sendiri tanpa melihat google dan ini merupakan tanggapan saya sendiri
semoga berguna ^_^

3. peran pancasila untuk menyikapi pengaruh perkembangan iptek yaitu sebagai​

1. Dalam pengembangan iptek , pancasila dijadikan sebagai tolok ukur, sebagai penyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia, dan sebagai alat kontrol.

2. Pancasila juga di jadikan sumber motivasi serta dijadikan dasar dalam pengembangan iptek dan ini sudah dibuktikan.

Penjelasan:

Pancasila penting untuk digunakansebagai par
adigma pengembangan IPTEKkarena nilai-nilai yang terkandung dalamsetiap sila pancasila mengandung hal-hal yang penting dalam pengembangan IPTEK dan menunjukkan sistem etika dalampengembangan IPTEK.

4. bagaimana peran pancasila dalam mengatasi berbagai pengaruh positif dan negatif dari perkembangan IPTEK ini

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin pesat memberikan berbagai dampak dalam berbagai segi kehidupan. Banyak sekali problem yang terjadi akibat penggunaan IPTEK yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang diterapkan di Indonesia. Dengan adanya fenomena ini, kita sebagai pihak yang berada dalam era ini seharusnya mampu menjadi filter antara yang baik dan yang buruk. Karena jika tidak, besar kemungkinan ada beberapa hal negatif yang masuk dan pada akhirnya merusak moral bangsa dan kebudayaan Indonesia. Untuk bisa menjalankan fungsi penyaringan, diperlukan peranan Pancasila sebagai dasar negara. 

5. peran pancasila untuk menyikapi pengaruh perkembangan iptek yaitu sebagai……​

Jawaban:

pancasila dijadikan sebagai tolok ukur, sebagai penyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia, dan sebagai alat kontrol. Pancasila juga di jadikan sumber motivasi serta dijadikan dasar dalam pengembangan iptek dan ini sudah dibuktikan.

Jawaban:

peran pancasila untuk menyikapi pengaruh perkembangan iptek yaitu sebagai……​

1. Sebagai penyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia

2. Sebagai alat untuk tetap bertoleransi antar sesama manusia

3.  Pancasila dapat dijadikan sumber motivasi

4. Sebagai alat untuk menggunakan teknologi untuk kepentingan manusia

5. Supaya kita tetap saling bergotong royong meskipun teknologi semakin maju

6. bagaimana peran pancasila dalam menghadapi perkembangan dunia terutama di bidang teknologi dan iptek​

Pancasila dalah ideologi bangsa Indonesia yang akan terus ada sepanjang riwayat bangsa Indonesia karena sifatnya yang abadi, universal dan dinamis. Maksud dinamis adalah bahwa Pancasila fleksibel sehingga ia bisa mengikuti perubahan zaman sebab nilai-nilainya universal. Pancasila dengan nilainya yang universal mampu menghadapi perkembangan dunia utamanya pada bidang teknologi juga IPTEK dengan cara menjadi landasan dan acuan bagi pengguna teknologi dalam memanfaatkan teknologi.

Pembahasan

Pancasila adalah dasar negara Indonesia sekaligus pedoman hidup dan ideologi bangsa. Ketiganya merupakan fungsi pokok Pancasila. Pancasila sendiri terdiri atas 5 nilai dasar yang digali dari dalam diri bangsa Indonesia. Nilai-nilai ini sebenarnya merupakan nilai yang sifatnya universal sehingga bisa diterima oleh negara lain dan bisa pula mengimbangi perkembangan zaman termasuk perkembangan dalam bidang teknologi.

Pancasila hidup dan mengakar kuat dalam diri bangsa Indonesia dan menjadi acuan dan landasan dalam berpikir dan berperilaku. Ini juga berlaku dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi dalam bidang IPTEK. Pancasila diposisikan sebagai filter atau penyaring hal-hal buruk yang datang dari luar Indonesia termasuk karena adanya arus informasi masif yang dibawa oleh globalisasi.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang penjelasan 9 fungsi Pancasila https://brainly.co.id/tugas/472492Materi tentang Pengertian pancasila sebagai dasar negara https://brainly.co.id/tugas/330724Materi tentang contoh perilaku yang mencerminkan perwujudan nilai dasar Pancasila! https://brainly.co.id/tugas/42266568

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Detail Jawaban

Kelas      : SMA

Mapel    : PPKN

Bab        : –

Kode      : –

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

7. peran pancasila sebagai tameng menangkal dampak negatif perkembangan iptek​

Jawaban:

pancasilasebagailandasanhukumdandasarnegaraindonesia

Penjelasan:

maafkaloksalahya

8. apa peran kimia dalam perkembangan Iptek?

peranan kimia dalam bidang iptek banyak sekali, misalnya: a.         Dengan bantuan kimia, mampu diciptakannya alat pencuci darah (hemodialisis) yang berguna untuk pasien yang menderita penyakit yang berhubungan dengan darah, atau ginjal. b.         Penemuan para ahli kimia dalam mempelajari silikon yang merupakan bahan dasar pembuatan mikroprosesor untuk komputer. c.         Peningkatan kualitas produk pertanian memerlukan dukungan kimia, misalnya pembuatan bibit unggul melalui rekayasa genetika, pembuatan pupuk, serta pembuatan pestisida. d.         Melalui Sidik jari DNA dapat dilakukan identifikasi dalam kasus kejahatan, dan kriminalitas, serta kasus kebakaran yang wajahnya tak dapat dikenali. Untuk identifikasi, diperlukan ahli kimia. e.         Penemuan foto berwarna juga tidak terlepas dari peranan ahli kimia dalam membuat zat warna yang peka terhadap cahaya. f.          Ilmu kimia juga berperan dalam membuat efek visual pada pertunjukkan hiburan, misalnya es kering untuk membuat kabut, kembang api, dan efek khusus yang melibatkan bahan peledak. g. dan lain-lain

9. Apa peran Pancasila dalam kemajuan iptek?

Jawaban:

pancasila adlah;Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu panca dan sila. Panca memiliki arti lima dan sila berarti dasar. … Sila-sila yang terdapat dalam Pancasila telah diterapkan oleh kedua kerajaan itu sekaligus masyarakatnya

peran pancasila dalam kemajuan IPTEK;Pancasila dijadikan sebagai dasar pengembangan IPTEK diharapkan memberi dampak luas pada kemaslahatan kehidupan bangsa Indonesia. IPTEK boleh berkembang dan maju, namun harus diimbangi dengan menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur ideologi bangsa di seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila telah dijadikan das
ar nilai bagi pengembangan IPTEK demi kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Pengembangan IPTEK sebagai hasil budaya masyarakat Indonesia harus didasarkan pada nilai moral ketuhanan dan kemanusiaan yang adil dan beradab

semoga membantu dan jadikan jawaban tercerdas ya

10. Bagaimana peran IPTEK dalam perkembangan biologi

dalam bidang industri: pemanfaatan mikroorganisme untuk membuat nata de coco
-bidang kedokteran : transplantasi (pencangkokan) organ seperti : mata,jantung
-bidang pertanian : inseminasi buatan

11. bagaimana peran Pancasila dalam mengontrol dan mengendalikan perkembangan IPTEK?berikan contoh IPTEK yang ditolak dan berikan alasannya​

Jawaban:

Pancasila mengontrol dan mengendalikan perkembangan IPTEK dengan hanya menerima dan mendorong perkembangan IPTEK yang selaras dengan nilai luhurnya.

Salah satu perkembangan IPTEK yang ditolak adalah teknologi kloning manusia. Hal ini karena teknologi ini dianggap bertentangan dengan nilai ketuhanan dan kemanusiaan dalam Pancasila.

Penjelasan:

Perkembangan IPTEK merupakan hal yang wajar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, perkembangan tersebut harus tetap berjalan selaras dengan Pancasila. Hal ini karena teknologi pada dasarnya harus digunakan untuk mencapai peradaban yang luhur.

Pelajari lebih lanjut tentang materi peran Pancasila pada https://brainly.co.id/tugas/437386

#BelajarBersamaBrainly

12. Bagaimana peran pemerintah dalam perkembangan iptek

Jawaban:

pemerintah memegang peranan penting dalam perkembangan iptek, utamanya mulai dari ketersediaan sarana dan prasarana minimal berupa gedung sekolah yang layak.

Penjelasan:

maaf kalau salah

13. Apa peran mahasiswa tentang perkembangan iptek

Jawaban:

perannya adalah

Penjelasan:

untuk mempelajari perkembangan iptek

14. Sebutkan peran pancasila dalam keragaman budaya dan perkembangan iptek! Tolong di jawab ygy

Jawaban:

peran pancasila dalam keragaman budaya dan perkembangan iptek : Pancasila menyatukan perbedaan suku, ras, etnis, agama, budaya, dan geografis dalam satu titik dan membangun kebhinekaan pada masing-masing sila. Dengan pancasila, keberagaman bukanlah perbedaan yang membatasi, melainkan sebagai hal yang melengkapi dalam persatuan, kesatuan, dan kemajuan bangsa Indonesia. Dalam pengembangan iptek , pancasila dijadikan sebagai tolok ukur, sebagai penyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia, dan sebagai alat kontrol. 2. Pancasila juga di jadikan sumber motivasi serta dijadikan dasar dalam pengembangan iptek dan ini sudah dibuktikan.

Penjelasan:

pancasila mempersatukan perbedaan suku, ras, etnis, agama, budaya, dan geografis dalam satu titik dan mebangun kebhinekaan pada setiap silanya. Sehingga seluruh keberagaman dan perbedaan dipersatukan oleh Pancasila sebagai dasar negara.

15. Peran iptek dalam perkembangan biologi

nah perkembangan cabang2 biologi tdk terlepas dr perkembangan ilmu dan teknologi lain seperti penemuan alat pembesar, thermometer, elektronika dll.  bbrp peran iptek dlm prkembangan bio. yaitu:
a. bidang rekayasa genetika termasuk didalamnya pengkloningan d
b. pemuliaan tanaman dalam bioteknologi 
c. pengendalian hama dan sbgnya termasuk didlm nya penggunaan pupuk buatan 
d. pengembangan senjata biologi dinegara2 besar tertentu. 

^_^Dalam bidang industri : pemanfaatan mikroorganisme untuk membuat nata de coco dan tempe. Bidang Kedokteran : transplantasi organ. Bidang pertanian : inseminasi buatan dan teknik fertilisasi in verto

16. Peran kimia dalam perkembangan iptek

peranan kimia dalam bidang iptek banyak sekali, misalnya:
a. Dengan bantuan kimia, mampu diciptakannya alat pencuci darah (hemodialisis) yang berguna untuk pasien yang menderita penyakit yang berhubungan dengan darah, atau ginjal.
b. Penemuan para ahli kimia dalam mempelajari silikon yang merupakan bahan dasar pembuatan mikroprosesor untuk komputer.
c. Peningkatan kualitas produk pertanian memerlukan dukungan kimia, misalnya pembuatan bibit unggul melalui rekayasa genetika, pembuatan pupuk, serta pembuatan pestisida.
d. Melalui Sidik jari DNA dapat dilakukan identifikasi dalam kasus kejahatan, dan kriminalitas, serta kasus kebakaran yang wajahnya tak dapat dikenali. Untuk identifikasi, diperlukan ahli kimia.
e. Penemuan foto berwarna juga tidak terlepas dari peranan ahli kimia dalam membuat zat warna yang peka terhadap cahaya.
f. Ilmu kimia juga berperan dalam membuat efek visual pada pertunjukkan hiburan, misalnya es kering untuk membuat kabut, kembang api, dan efek khusus yang melibatkan bahan peledak.
g. dan lain-lain

17. peran perkembangan IPTEK bagi produsen

Sebagai tempat yang mempermudah pendistribusian barang / penyaluran barang dari produsen ke konsumen. Selain itu IPTEK juga berfungsi menambah nilai guna suatu barang

SEMOGA MEMBANTU 🙂

18. Sebutkan peran Pancasila dalam keberagaman budaya dan perkembangan Iptek​

Jawaban:

Peran Pancasila dalam keberagaman budaya dan perkembangan Iptek​ :

Sebagai alat untuk mempersatukan bangsa.Sebagai alat untuk menjadikan kita lebih menghargai budaya.Sebagai alat untuk penyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Pembahasan:

Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diambil dari nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Pancasila :

Sebagai dasar Negara Republik Indonesia, artinya bahwa nilai-nilai di dalam pancasila dipergunakan sebagai dasar dalam mengatur kegiatan penyelenggaraan Negara.Sebagai ideologi bangsa Indonesia, artinya bahwa nilai-nilai di dalam pancasila adapah pandangan sekaligus pedoman hidup masyarakat Indonesia.Sebagai jiwa bangsa Indonesia, artinya adalah bahwa pancasila adalah semangat, dasar aspirasi serta motivasi perjuangan dari bangsa Indonesia.Sebagai tujuan bangsa Indonesia, artinya adalah bahwa nilai-nilai pancasila adalah nilai-nilai luhur yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia.Sebagai sumber dari segala sumber hukum, artinya semua instrument hukum yang ada di Indonesia harus sejalan dengan nilai-nilai pancasila.Sebagai sumber nilai, artinya bahwa semua tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan juga Negara menggunakan nilai yang ada di dalam pancasila sebagai dasar atau tolak ukur norma atau moral  mengenai baik buruknya atau benar salahnya sesuatu.Sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia, artinya bahwa pancasila merupakan kesepakatan yang diambil oleh para pendiri bangsa.Sebagai kepribadian bangsa, artinya pancasila melekat utuh pada bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari indentitas bangsa Indonesia.

Pelajari lebih lanjut:Materi tentang sila ketiga Pancasila : https://brainly.co.id/tugas/49980739Materi tentang sila kedua Pancasila : https://brainly.co.id/tugas
/44587015Materi tentang arti Pancasila : brainly.co.id/tugas/49274918

Detail jawaban:

Mapel : Ppkn

Kelas : VIII

Bab : 1 – Pengertian dan Pengamalan Nilai-nilai Pancasila

Kode : 8.9.1

Kata kunci : Peran Pancasila dalam keberagaman budaya dan perkembangan Iptek​

19. Jelaskan Peran Perkembangan IPTEK!

-tmpt mnyalurkan barang dari produsen kpd konsumen
-kebutuhan masyarakat akn barang/jasa terpenuhi
-agar hasil prosuksi lebih berguna bagi msyrkt

20. Bagaimana peran iptek terhadap ideologi pancasila..?​

Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada beberapa jenis pemahaman. Pertama, bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Kedua, bahwa setiap iptek yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai Pancasila sebagai faktor internal pengembangan iptek itu sendiri.

Ketiga, nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan iptek di Indonesia, artinya mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia. Keempat, bahwa setiap pengembangan iptek harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah indegenisasi ilmu (mempribumian ilmu).

Video Terkait

Bagikan: