Perbedaan Artikel Ilmiah Dan Artikel Populer

Fatih.co.id

Perbedaan Artikel Ilmiah Dan Artikel Populer
Perbedaan Artikel Ilmiah Dan Artikel Populer

Perbedaan antara artikel ilmiah dan artikel populer ​

1. Perbedaan antara artikel ilmiah dan artikel populer ​

Artikel ilmiah merupakan artikel yang ditulis dengan menggunakan teknik penulisan yang terdiri dari abstrak, latar belakang, kajian literatur, kesimpulan, saran serta kepustakaan seperti catatan pustaka dan daftar pustaka. Artikel ilmiah juga menggunakan bahasa yang sesuai dengan EYD. Sedangkan, artikel populer merupakan tulisan yang berisi rangkuman dari artikel ilmiah yang ditulis secara ringkas dan menggunakan teknik penulisan yang bebas dan runtut serta bahasa yang ringan.

Pembahasan

Artikel merupakan karangan faktual yang dibuat dengan secara lengkap dengan panjang tertentu untuk di duplikasikan di berbagai media baik media online maupun cetak (koran, majalah, buletin). Artike memiliki fungsi dan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yag dapat meyakinkan dan menghibur. Jenis-jenis artikel sendiri sangat banyak, contoh yang mudah kita temukan adalah jenis artikel ilmiah dan artikel populer.

Artikel ilmiah merupakan artikel yang menggunakan teknik penulisan yang terdiri dari abstrak, latar belakang, kajian literatur, kesimpulan, saran serta kepustakaan seperti catatan pustaka dan daftar pustaka.Artikel populer merupakan artikel yang menggunakan teknik penulisan bebas, runtut, singkat dan jelas serta menggunakan bahasa yang rin
gan. Secara sederhananya artikel populer ini merupakan tulisan yang berisi rangkuman dari artikel ilmiah.

Dari penjelasan kedua jenis artikel di atas dapat disimpulkan bahwa artikel ilmiah merupakan artikel yang memuat infromasi detail dan menggunakan bahasa sesuai EYD, sedangkan untuk artikel populer merupakan artikel yang berisikan informasi yang ditulis secara ringkas dan menggunakan teknik penulisan yang bebas dan runtut serta bahasa yang ringan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian artikel brainly.co.id/tugas/2714652Materi tentang karya ilmiah & karya ilmiah populer brainly.co.id/tugas/3095385Materi tentang karya tulis ilmiah brainly.co.id/tugas/21052917

Detail jawaban

Kelas: X (Sepuluh)

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: 3

Kode: 10.1.3

#AyoBelajar #SPJ2

2. karya ilmiah artikel ilmiah artikel populer dapat di bedakan

tidak dapat dibedakan

3. Perbedaan artikel penelitian,artikel konseptual dan artikel ilmiah populer

Jawaban:

Artikel konseptual adalah hasil pemikiran penulis atas suatupermasalahan, yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dalam upaya untukmenghasilkan artikel jenis ini penulis terlebih dahulu mengkaji sumber-sumberyang relevan dengan permasalahannya, baik yang sejalan maupun yangbertentangan dengan apa yang dipikirkan oleh penulis.

4. Apa yang dimaksud dengan artikel ilmiah populer​

Artikelilmiahpopuleradalahsebuahpenulisanyangmenyajikanfaktadanfiksidalamsatutulisanyangditulisdenganbahasakonkretdanformal,katakatanyateknisdandidukungdenganfaktaumumyangdapatdibuktikankebenarannya.Contoh : komik, novel, cerpen, dll.

Semoga membantu!^^

5. jenis artikel ilmiah populer

Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah

1. Artikel (Jurnal Ilmiah)

Dalam istilah jurnalistik, artikel adalah tulisan berisi pendapat subjektif penulis nya tentang suatu masalah atau peristiwa. Dalam konteks ilmiah, artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati. Artikel ilmiah diangkat dari hasil penelitian, pemikiran dan kajian pustaka atau hasil pengembangan proyek.

Sistematika Artikel (Jurnal Ilmiah):

   Judul

   Nama Penulis -> tanpa gelar akademik

   Abstrak -> ringkasan tulisan, gambaran umum isi artikel.

   Kata Kunci -> 3-5 kata yang menjadi kunci pokok artikel.

   Pendahuluan -> latar belakang masalah dan rumusan singkat (1-2 kalimat) pokok bahasan dan tujuannya.

   Kerangka Teori (Kajian Teori) -> dasar teori yang menjadi acuan.

   Pembahasan -> kupasan, analisis, argumentasi, komparasi, keputusan, dan pendirian atau sikap penulis

   Penutup -> simpulan dan saran

   Daftar Pustaka

6. apa bedone artikel ilmiah lan artikel populer?

Artikel IlmiahJudul artikel ilmiah berisi bahasa baku sesuai (EYD) Ejaan yang Disempurnakan serta cukup menarik minat orang untuk membaca isi tulisan namun bahasa dan tulisan tetap formal.

Artikel PopulerJudul artikel populer menggunakan bahasa menarik dan tidak dibatasi pada bahasa baku atau bisa menggunakan bahasa yang non-formal yang dapat menarik hati pembaca.

7. Artikel ilmiah populer

Jawaban:

teknologi,penelitian,ekonomi,managemen,kesehatan

semoga membantu

8. Betulkah artikel ilmiah dapat dirinci menjadi artikel penelitian dan artikel konseptual? lalu, bagaimana dengan artikel ilmiah populer ?​

[tex]{\underline{\mathbb{\pmb{\purple{JAWABAN}}}}}[/tex]

Dalam sebuah artikel ilmiah, para ilmuwan mempresentasikan pertanyaan penelitian mereka, metode pendekatan pertanyaan tersebut, dan hasil yang mereka capai dengan menggunakan metode tersebut. Selain itu, mereka menyajikan analisis data dan menjelaskan beberapa interpretasi dan implikasi dari pekerjaan mereka. Karena artikel-artikel ini melaporkan karya baru untuk pertama kalinya, mereka disebut literatur primer. Sebaliknya, artikel atau berita yang mengulas atau melaporkan penelitian ilmiah yang telah diterbitkan di tempat lain disebut sebagai sekunder.

Artikel dalam jurnal ilmiah berbeda dengan artikel berita dalam hal lain – artikel harus menjalani proses yang disebut peer review, di mana ilmuwan lain (rekan profesional penulis) mengevaluasi kualitas dan manfaat penelitian sebelum merekomendasikan apakah penelitian tersebut harus atau tidak. diterbitkan (lihat modul Tinjauan Sejawat kami). Ini adalah proses yang jauh lebih panjang dan lebih ketat daripada pengeditan dan pengecekan fakta yang dilakukan di organisasi berita. Alasan evaluasi menyeluruh oleh rekan-rekan ini adalah bahwa artikel ilmiah lebih dari sekadar gambaran tentang apa yang terjadi pada waktu tertentu dalam penelitian seorang ilmuwan. Sebaliknya, itu adalah bagian dari apa yang secara kolektif disebut literatur ilmiah, arsip global pengetahuan ilmiah. Ketika diterbitkan, setiap artikel memperluas perpustakaan literatur ilmiah yang tersedia untuk semua ilmuwan dan berkontribusi pada basis pengetahuan keseluruhan dari disiplin ilmu.

9. Buatlah sebuah artikel ilmiah populer​

Jangan Takut Untuk Meditasi

Oleh: Wida Kurniasih

Meditasi adalah cara untuk melatih dan memahami pikiran, perasaan, dan sensasi fisik sehingga kita bisa memahaminya lebih baik. Meditasi bukanlah ritual agama ataupun ibadah, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Meditasi melatih untuk fokus kepada satu titik, di sana kita akan mendapatkan petunjuk atau jawaban-jawaban dari apa yang kita pertanyakan, selain itu kita akan mendapat energi positif yang dapat membantu kontrol emosi.

Tujuan dari meditasi adalah menghubungkan pikiran sadar dan pikiran alam bawah sadar, meningkatkan kesadaran, mengendalikan pernapasan, mengakibatkan terjadinya relaksasi yang menenangkan, membebaskan pikiran sambil memfokuskan kesadaran pada sesuatu yang sedang dilakukan, melepas semua beban atau pikiran negatif, dan paling utama adalah menjadi rileks.

10. tolong bikinin artikel ilmiah populer 🙂

zalo

zalo adalah anak yatim piatu ia selalu di ejek oleh teman temannya karena pakaian yang kusut atau tidak rapi tetapi zalo tidak mau berbalas dendam kepada teman temanya .

11. yang dimaksud artikel ilmiah populer adalah

Artikel mmerupakan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya (KBBI 2002: 66), atau bisa juga sebuah karangan/prosa yang di muat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugasArtikel mmerupakan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya.
Atau bisa juga sebuah karangan/prosa yang di muat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas.

12. Deskripsikan minimal lima perbedaan antara artikel ilmiah dan karangan ilmiah populer

Perbedaan artikel karya ilmiah dan karya ilmiah populer :

Karya ilmiah menggunakan bahasa baku sesuai EYD, sedangkan katya ilmiah populer menggunakan bahasa sehari-hari.Karya ilmiah mengungkapkan laporan dengan detail, sedangkan karya ilmiah populer hanya mengungkapkan dengan sangat ringkas.Karya ilmiah menuliskan laporan dengan terikat pada aturan penulisan, sedangkan karya ilmiah populer tidak terikat.

Pembahasan

Karya ilmiah merupakan karya yang ditulis dengan tujuan melakukan penelitian terhadap sebuah masalah. Karya ilmiah mengandung fakta, serta solusi terhadap suatu masalah yang dibahas. Karya ilmiah isinya dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis atau pemuat laporan tersebut. Karya ilmiah menyajikan sebuah teori atau penelitian ilmiah dengan laporan yang sangat ringkas untuk diperkenalkan pada publik. Terkadang ditambahkan bagaimana pendapat dari penulis.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang Kerangka karya ilmiah dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/21052917

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

13. Betulkah artikel ilmiah dapat di rinci menjadi artikel konseptual? Lalu,bagaimana dengan aertikel ilmiah populer?

1.artikel ilmiah populer merupakan suatu artikel khusus di buat dalam waktu tertentukarena ada nya suatu berita atau kejadian populer di kalangan manyarakat

14. apa yang dimaksud dengan artikel ilmiah populer

pembahasan tentang ilmu pengetahuan di masa modern

ilmiah populer merupakan karya ilmiah yang bentuk, isi, dan bahasanya menggunakan kaidah-kaidah keilmuan, serta disajikan dalam bahasa yang santai dan mudah dipahami oleh masyarakat awam.

15. Bagaimana cara kita membedakan artikel itu termasuk ke dalam karya tulis ilmiah atau tulisan populer?​

Jawaban:

Berdasarkan sumbernya, secara umum karya tulis dapat di klasifikasikan menjadi dua yaitu karya fiksi (tidak ilmiah) dan non fiksi (ilmiah). Karya fiksi merupakan karya tulis yang sumbernya semata-mata imajinasi, fantasi, atau rekaan dari si penulis. Tujuan orang menulis fiksi biasanya untuk menghibur atau bisa jadi untuk mengungkapkan isi hati penulis. Contoh dari karya tulis ini adalah karya sastra : novel, cerpen, puisi, dan lain-lain.

Karya tulis ilmiah adalah suatu hasil pemikiran yang didasarkan pada fakta, peristiwa dan gejala yang disampaikan secara akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Tulisan ilmiah harus memenuhi tiga syarat, yakni:

Isi kajiannya berada pada lingkup pengetahuan ilmiah.

Langkah pengerjaannya dijiwai serta menggunakan metode (berpikir) ilmiah.

Sosok tampilannya sesuai dan telah memenuhi persyaratan sebagai sosok tulisan ilmiah.

16. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara: (a) Artikel Populer, (b) Artikel Ilmiah, (c) Artikel Ilmiah Jurnal, serta tampilkan masing-masing contohn
ya. Tunjukan perbedaannya dalam sistematika/tata penulisannya.

1. Persamaan:

Berasal dari rumpun nonfksi.Fakta yang obyektif.

2. Perbedaan:

Artikel ilmiah dan Artikel Ilmiah Jurnal harus sesuai dengan aturan atau standar baku kaidah kebahasaan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Sedangkan Artikel Populer dalam sistematika penulisannya tidak memiliki ketentuan yang baku (asalkan logis, sistematis dan mudah dipahami).

Penjelasan:

Artikel ilmiah didefinisikan sebagai karya tulis nonfiksi yang berbentuk artikel dan ditulis demi kepentingan akademik maupun kepentingan kedinasan. Contohnya skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, dll.

Artikel populer didefinisikan sebagai sautu karya tulis nonfiksi yang bentuknya artikel dan ditulis demi kepentingan publik atau khalayak luas. Contohnya koran, majalah, web, blog, dll.

Artikel Jurnal ilmiah didefinisikan sebagai tulisan yang isinya artikel informatif dan akademis mengenai topik yang diterbitkan secara periodik.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang artikel iliah dan artikel populer pada

https://brainly.co.id/tugas/45295266

#BelajarBersamaBrainly

17. Jenis-jenis artikel ilmiah populer

bahasa media,bahasa jurnalistik

maaf kalo salah

18. jelaskan pengertian dan perbedaan dari artikel ilmiah , artikel populer dan buku ilmiah serta jelaskan ciri-cirinya

artikel ilmiah adalah artikel yang membahas tentang penelitian.

artikel populer adalah artikel yang membahas tentang sesuatu yang sedang hangat dibicarakan saat ini

19. pengertian artikel ilmiah populer

sebuah artickle yang dibuat dengan
karya ilmiah seperti tulisan yang sedang
populer atau terkenal

20. carilah artikel ilmiah populer ​

Artikel ilmiah sangat diperlukan dalam kajian dan teorinya. Artikel ini berkaitan dengan sistem pendidikan, pengelolaan pendidikan, serta metode efektif yang bisa dipergunakan dalam memajukan pendidikan, baik di Indonesia ataupun diseluruh dunia.

[su_box title=”Artikel Ilmiah Pendidikan”]

Sistem Sekolah BATIK (Berkarakter, Aktif, Kreatif, Kompetitif) Untuk Membentuk Generasi Indonesia yang Unggul

Karya; Andri Kosiret, dan Chindy Listia Utami

Pendidikan menjadi salah satu sarana yang berpengaruh besar dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas. Melalui pendidikan, dapat tercipta generasi berkarakter yang mampu mengaktualisasikan diri menjadi ujung tombak kemajuan peradaban.

Sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, tujuan nasional pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang pada akhirnya akan menopang kesejahteraan rakyat. Bila ditinjau ke dalam realita pendidikan Indonesia saat ini, indikator keberhasilan dari tujuan tersebut masih sangatlah jauh dari kata tercapai. Belum bangkitnya pendidikan Indonesia dari keterpurukan sejatinya menimbulkan satu masalah besar, akan dibawa kemana peradaban negeri ini kelak?

Hasil PISA (Programme for International Student Assessement) yang menguji pelajar sedunia dalam keterampilan membaca, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika menempatkan Indonesia di posisi ke-64 dari 65 negara partisipan.

Jawaban:

kesehatan

Penjelasan:

maaf klo salah

Video Terkait

Bagikan: