Perbedaan Meiosis 1 Dan Meiosis 2

Fatih.co.id

Perbedaan Meiosis 1 Dan Meiosis 2
Perbedaan Meiosis 1 Dan Meiosis 2

Perbedaan dan persamaan antara: -Mitosis dengan meiosis 1 -Meiosis 1 dengan meiosis 2 -Meiosis 2 dengan mitosis

1. Perbedaan dan persamaan antara: -Mitosis dengan meiosis 1 -Meiosis 1 dengan meiosis 2 -Meiosis 2 dengan mitosis

Mitosis adalah pembelahan sel anakan dgn materi genetika yg identik sedangkan mitosis adalah pembelahan yg menghasilkan sel anakan dgn jumlah kromosom setengah kromosom sel induk.

2. perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2

Meiosis sama mitosis palingpembelahan meiosis 2 lebih banyak dari meiosis 1 🙂

3. apa perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2?

Perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2 terletak pada kondisi kromosom, hasil anakan dan peristiwa crossing over untuk rekombinasi gen. Pada meiosis 1, kromosom masih homolog, hasil anakan adalah 2 sel diploid dan terjadi crossing over. Pada meiosis 2, kromosom bersifat haploid, menghasilkan 4 sel anakan haploid, dan tidak terjadi crossing over.  

Pembahasan  

Pembelahan meiosis merupakan jenis pembelahan sel yang terjadi dalam dua tahap. Disebut juga pembelahan reduktif karena terjadi pengurangan jumlah kromosom pada sel anak. Jumlah kromosom sel induk diploid (2n) akan dihasilkan sel anakan yang haploid (n). Jika terjadi fertilisasi antara kelamin jantan (n) dan sel kelamin betina (n)
yang dihasilkan melalui meiosis, akan dihasilkan zigot (2n) yang nantinya tumbuh menjadi individu diploid (2n).  

Fase-fase pada meiosis menyerupai mitosis, hanya pada meiosis terjadi dua kali pembelahan berturut-turut yaitu meiosis I dan meiosis II. Pada meiosis I merupakan tahap pemisahan kromosom homolog atau pembelaha reduksional yag menghasilkan dua sel haploid dari satu sel diploid. Adapun meiosis II merupakan tahap pemisahan kromatid saudara kromosom haploid.  

Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan meiosis dan mitosis di: https://brainly.co.id/tugas/23516250.  

Tahapan meiosis I

a. Profase I

Leptoten

Tahap ini kromatin berubah menjadi kromosom. Pada beberapa organisme krmosomnya mengandung manik-manik yang menyerap warna disebut kromomer.  

Zigoten

Sentrosom membelah dua menjadi dua sentriol dan bergerak ke kutub berlawanan. Kromosom terdiri dari dua kromatid berpasangan dengan homolognya disebut dengan sinapsis.  

Pakinema atau Pakiten

Tiap kromosom melakukan replikasi menjadi dua kromatid (lengan hasil perbanyakan kromosom) dengan sentromer (pertengahan kromosom) yang masih menyatu. Setiap kromosom berpasangan mengandung empat kromatid disebut dengan bivalen atau tetrad.

Pelajari lebih lanjut tentang pembelahan pakiten di: https://brainly.co.id/tugas/17146446.  

Diploten  

Kromosom homolog saling menjauh sehingga terbentuk pelekatan berbentuk X disebut kiasma, dimana kiasma merupakan tempat terjadinya pindah silang atau crossing over (saling tukar-menukar gen).

Diakinesis

Sentrosom yang membentuk dua sentriol dan masing masing membentuk benang gelendong pembelahan.

Pelajari lebih lanjut tentang diakinesis di: https://brainly.co.id/tugas/17145303.  

b. Metafase I

Pasangan kromosom homolog mengatur diri dan saling berhadapan di daerah ekuator.  

c. Anafase I

Tiap kromosom homolog masing-masing mulai ditarik oleh benang spindel menuju ke kutub pembelahan yang berlawanan.

d. Telofase I

Kromatid memadat, selubung inti terbentuk, dan nukleolus muncul kembali, kemudian sitokinesis berlangsung. Akhir telofase I terbentuk dua sel anak. Setiap sel anak mengandung n kromosom sehingga pada akhir meiosis I terbentuk dua sel anak yang haploid.

Antara meiosis I dan meiosis II terjadi interkinase (periode antara) dan pada waktu antara ini tidak terjadi replikasi DNA.  

Tahapan meiosis II

a. Profase II

Sentrosom membentuk dua sentriol yang terletak pada kutub yang berlawanan dan dihubungkan oleh benang gelendong. Membran inti dan nukleolus lenyap, kromatin berubah menjadi kromosom yang terjerat oleh benang gelendong.

b. Metafase II

Kromosom berada di bidang ekuator, kromatid berkelompok dua-dua. Pada tahap ini belum terjadi pembelahan sentromer.

c. Anafase II

Kromosom melekat pada kinetokor benang gelendong, lalu ditarik oleh benang gelendong, lalu ditarik oleh benang gelendong ke arah kutub yang berlawanan yang menyebabkan sentromer terbelah. Sebagai akibatnya tiap kromatidnya bergerak ke arah yang berlawanan.

d. Telofase II

Kromatid berkumpul pada kutub pembelahan lalu berubah menjadi kromatin kembali. Bersamaan dengan itu membran inti dan anak inti terbentuk lagi, dan sekat pemisah semakin jelas sehingga akhirnya terjadilah empat sel anakan.

Detil jawaban

Kelas: 12

Mapel: Biologi

Bab: Pembelahan Sel

Kode: 12.4.4

Kata kunci: perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2

4. apa saja perbedaan anafase mitosis, anafase 1 meiosis, anafase 2 meiosis?

MEIOSIS
pada pembentukan sel kelamin (gamet), terjadi pembelahan sel dua ank berturut2 sehingga dari satu sel induk dihasilkan empat sel anak. pembelahan semacam ini disebut amitosis dan meiosis. sel-sel ank hasil pembelahan secara meiosis memiliki separuh jumlah kromosom sel induknya. sel yang demikian dinamakan haploid.

5. carilah persamaan dan perbedaan dari pembelahan sel secara meiosis 1 dan meiosis 2

Jawaban:

Persamaan antara pembelahan mitosis dan meiosis adalah berupa pembelahan tidak langsung, diawali dengan tahap-tahap pembelahan, dan melalui tahapan interfase. Mitosis dan meiosis keduanya dapat terjadi dalam proses gametogenesis.

perbedaan

Mitosis merupakan bagian dari pembelahan sel, dimana kromosom di dalam nukleus terbelah jadi 2 set kromosom yang identik, serta masing – masing mempunyai nucleus. … Meiosis merupakan pembelahan sel yang mengurangi jumlah kromosom menjadi setengahnya. Proses ini terjadi di setiap reproduksi seksual.

6. jelaskan perbedaan antara tahap tahap pada meiosis 1 dan meiosis 2

Meiosis 1, pada fase profasenya terbagi menjadi 5 tahap yaitu leptonema, zigonema, pakinema, diploma, dan diakinesis sedangkan meiosis 2 pada fase profasenya mirip dengan fase profasenya mitosis. Pada tahap Selanjutnya meiosis 1&2 tahapannya sama

7. jelaskan perbedaan fase metafase dari meiosis 1 dan meiosis 2mohon bantuannya kak​

Jawaban:

Perbedaan utama antara meiosis I dan meiosis II adalah meiosis I adalah pembelahan sel pertama dari meiosis yang menghasilkan dua sel haploid dari sel diploid sementara meiosis II adalah pembelahan sel kedua yang melengkapi meiosis dengan memproduksi empat sel haploid.

Penjelasan:

Maaf kalau salah

8. Jelaskan apa itu meiosis 1 dan meiosis 2 pada meiosis​

Meiosis 1 menghasilkan 2 sel anak sedangkan meiosis 2 menghasilkan 4 sel anak. Pada meiosis 1, pembelahan terjadi secara reduksi dimana jumlah kromosom anak yang dihasilkan setengah dari jumlah kromosom induknya.

9. apa perbedaan antara profase,metafase,anafase dan telofase pada meiosis 1 dan meiosis 2 ? ​

Jawaban:

Perbedaan metafase pada meiosis 1 dan 2

Ringkasan – Metafase 1 vs 2

Mereka adalah profase, metafase, anafase dan telofase. Metafase 1 milik meiosis 1, dan metafase 2 milik meiosis 2. Selama metafase 1, pasangan kromosom homolog mengatur di tengah sel sedangkan dalam metafase 2, kromosom tunggal mengatur di tengah.

Penjelasan:

MAAF KALO SALAH

FOLLOW AKU YA KAK

10. Jelaskan tentang perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2

meosis 1 disebut pemebelahan sel ttp meoisis 2 disebut pembelahan reduksi.. Knp reduksi? Kromosom tdk menduplikasi saat pertengahan meiosis 1 menuju ke 2

11. jelaskan perbedaan antara pembelahan meiosis 1 dengan meiosis 2

pada meiosis 1 jumlah anak sel ada 2 dengan jumlah kromosom sama dengan sel induk sedangkan meiosis 2 jumlah sel anak ada 4 dengan jumlah kromosom setengah jumlah kromosom induk

12. peristiwa gagal berpisah dapat terjadi pada saat meiosi
s 1 maupun meiosis 2 jelaskan perbedaannya

Jawaban:

Proses gagal terpisahnya kromosom pada pembelahan sel secara meiosis disebut dengan  

Aneuploidi yang terjadi pada meiosis 1 dan meiosis 2 dengan perubahan kromosom yang terjadi yaitu pasangan dari kromosom tertentu gagal membelah. Perbedaaan kegagalan pembelahan kromosom pada meiosis 1 yaitu jika individu yang kehilangan satu kromosom dengan menempel pada pasangan kromosom lain pada tahap anefase 1 sehingga menghasilkan 4 gamet dengan gamet 2n+1 dan gamet 2n-1 sedangkan pada pembelahan pada meiosis 2 kromosom sel anakan akan kehilangan 1 kromosom pada fase anafase 2 sehingga akan menghasilkan 4 gamet yaitu 1gamet n+1 1gamet n-1 dan 2 gamet n.

Penjelasan:

Kegagalan pembelahan sel secara meiosis dapat terjadi dengan adanya perubahan jumlah kromosom. Perubahan kromosom ini terjadi dengan dua cara yaitu euploidi dan aneuploidi.  

1. Euploidi merupakan kegagalan pembelahan yang terjadi karena jumlah kromosom pada seluruh pasangan kromosomnya. Jumlah kromosom yang akan dihasilkan pada pembelahan secara euploidi akan menjadi berlipat ganda dari jumlah kromosom haploidnya. Jika berdasarkan jumlah kromosomnya maka makhluk hidup yang mengalami euploidi akan dapat dibedakan atas monoploid (n/haploid), diploid (2n), dan poliploid ( lebih dari 2n) contoh makhluk hidup yang mengalami kegegalan pembelahan adalah lebah madu jantan memiliki kromosom monoploid merupakan dari hasil sel telur yang tidak dibuahi. Makhluk hidup yang memiliki kromosom diploid adalah manusia dan kebanyakan makhluk hidup eukariotik.  

2. Aneuploidi adalah kegagalan pembelahan yang terjadi akibat perubahan jumlah kromosom yang terjadi hanya pada pasangan kromosom tertentu saja. Berdasarkan pada jumlah kromosom yang akan mengalami perubahan aneuploid dibedakan menjadi:

– Monosomi (2n-1) yang terjadi pada proses meiosis 1 pada tahap anafase 1 dimana sel individu yang mengalami kehilanhan satu kromosom pada salah satu pasangan kromosom pada nomor tertentu. Maka gamet yang akan dihasilkan ada dua macam yaitu gamet n dan gamet n-1.

– Nulisomi (2n-2) yang terjadi juga pada proses meiosis 1 pada tahap anafase 1 dimana sel individu akan kehilangan 2 kromosom pada salah satu pasangan kromosom yan akan kehilangan masing-masing 1 kromosom. Maka gamet yang dihasilkan akan menjadi gamet n-1 atau n dan gamet n-1.

– Trisomo (2n+1) yang terjadi pada proses meiosis 2 pada tahap anafase 2 dimana sel individu akan memproleh tambahan satu kromosom pada salah satu dari pasangan kromosom pada nomor tertentu. Maka gamet yang akna dihasilkan pada kegagalan pembelahan ini memiliki gamet n dan gamet n+1.  

Pelajari lebih lanjut  

Identifikasi kelainan akibat kegagalan pembelahan meiosis https://brainly.co.id/tugas/19876223

Sindrom klinefelter terjadi akibat kegagalan pembelahan sel https://brainly.co.id/tugas/18176095

Proses kontrol pembelahan sel https://brainly.co.id/tugas/18258211

Detail jawaban  

Kelas: 12 (XII) SMA  

Mata pelajaran: BIOLOGI  

Kode: 12.4.6

Kata kunci: aneuploidi, meiosis 1 dan 2  

13. jelaskan persamaan dan perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2​

Jawaban:

persamaan dan perbedaan meosis I & II

1.persamaannya

membran inti mulai terbentuk kembali

2.perbedaannya

a) meosis I ; kromosom homolog memisah dan bergerak ke kutub-kutub yang berlawanan, terbentuk nya 2 sel anakan yang bersifat haploid

b) meosisi II ; terbentuknya 4 anakan yang bersifat haploid

14. Uraikan perbedaan antara fase pembelahan meiosis 1 dan meiosis 2

perbedaan dari kedua fase tersebut iyalah Meiosi I yaitu sebelum sel memasuki tahap pembelahan, terlebih dahulu terjadi tahap interfase. Pada fase S interfase terjadi replikasi DNA yang menghasilkan duplikasi kromosom. Tahap meiosis I terdiri atas profase I, metafae I, anafase I, dan telofase I. sedangka meiosis II yaitu Dua sel haploid hasil meiosis I sekarang memasuki meisosis II. Tedapat perbedaan dalam siklus sel meiosis II ini. Pada interfase II, tidak terjadi replikasi DNA sehingga kromosom dalam kedua sel tersebut berada dalam keadaan dupleks. Oleh karena, kemiripannya dengan mitosis, tahap meiosis II ini secara keseluruhan dapat dikatakan sebagai mitosis haploid.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/8046323#readmore

semoga membantuMeiosi I yaitu sebelum sel memasuki tahap pembelahan, terlebih dahulu terjadi tahap interfase.

meiosis II yaitu Dua sel haploid hasil meiosis I sekarang memasuki meisosis II.

Semoga bermanfaat…

15. perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2 dalm bentuk tabel?

Jawaban terlampir.

#semogamembantu

16. jelaskan perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2

meiosis 1 , 1 sel  membelah menjadi 2.. 46 Kromosom 92 Kromatid
meiosis 2,  2 sel masing-masing membagi lagi.46 Kromatid 23 Kromosom

17. Apakah perbedaan pembelahan meiosis 1 dan meiosis 2?

perbedaan pembentukann sel dan jumlah sel

18. jelaskan apa perbedaan antara peofase ,metafase ,anafase dan telofase pada meiosis 1 dan meiosis 2​

gak tau kakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

Penjelasan:

Perbedaan utama antara telofase 1 dan 2 adalah bahwa telofase I adalah fase terminasi divisi nuklir pertama meiosis dan menghasilkan dua sel anak sedangkan telofase II adalah fase terminasi dari divisi nuklir kedua meiosis dan menghasilkan empat anak perempuan sel pada akhir proses

19. perbedaan meiosis 1 dan meiosis 2 apa aja sihh? yg tau answer dong:)

cuma beda bahan dan hasilnya aja

20. apa perbedaan anafase pada meiosis 1 dan pada meiosis 2

1. Anafase pada meiosis I
Benang gelendong pembelahan dari masing-masing kutub menarik kromosom homolog sehingga setiap pasangan kromosom homolog berpisah bergerak ke arah kutub berlawanan. Setiap kutub memperoleh campuran acak kromosom dari ibu bapak.

2. Anafase pada meiosis II
Kromosom melekat pada kinetokor benang gelendong, lalu ditarik oleh benang gelendong ke arah kutub yang berlawanan yang menyebabkan sentromer terbelah.• Anafase meiosis 1 :
Kromosom homolog mulai tertarik menuju kutub pembelahan. Tujuan fase ini adalah untuk membagi kromosom diploid menjadi haploid.

• Anafase meiosis 2 :
Kromatin mulai tertarik ke kutub pembelahan yang berlawanan arah. Kromatid yang terpisah ini disebut kromosom.

================
Mapel : Biologi
Kata kunci : Pembelahan meiosis
Kelas : IX
Bab : Sistem Reproduksi Manusia

Video Terkait

Bagikan: