Pernyataan Umum Atau Klasifikasi Tonggeret

Fatih.co.id

Pernyataan Umum Atau Klasifikasi Tonggeret
Pernyataan Umum Atau Klasifikasi Tonggeret

apa klasifikasi tonggeret​

Daftar Isi

1. apa klasifikasi tonggeret​

Jawaban:

sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Homoptera

2. Tuliskan pernyataan umum/klarifikasi dari cerita tonggeret

Jawaban:

Tonggeret atau garengpung atau Keriang adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Homoptera. Serangga ini dikenal dari banyak anggotanya yang mengeluarkan suara nyaring dari pepohonan dan berlangsung lama.

Serangga ini mempunyai sepasang mata faset yang letaknya terpisah jauh di kepalanya dan biasanya juga memiliki sayap yang tembus pandang. Bentuknya kadang-kadang seperti lalat yang besar, meskipun ada tonggeret yang berukuran kecil. Tonggeret hidup di daerah beriklim sedang hingga tropis dan sangat mudah dikenali di antara serangga lainnya, terutama karena tubuhnya yang besar dan akustik luar biasa yang dihasilkan dari alat penghasil suara di bawah sayapnya.

Banyak tonggeret memiliki daur hidup yang dipengar
uhi musim. Di Indonesia, suara tonggeret garengpung yang nyaring akan muncul di akhir musim penghujan, saat serangga ini mencapai tahap dewasa, keluar dari bawah permukaan tanah untuk melakukan ritual musim kawin. Uir-uir dewasa baru keluar dari tanah di awal musim penghujan. Seusai kawin, betina meletakkan telur di tanah dan serangga ini mati. Tonggeret kadang-kadang dikira belalang atau lalat besar, meskipun mereka tidak mempunyai pertalian keluarga yang dekat. Tonggeret lebih mempunyai hubungan dekat secara taksonomi dengan wereng dan kutu loncat.

Beberapa jenis Tonggeret memiliki fase metamorfosa yang menakjubkan (biasanya yg berwarna hijau metalik terang dan yang berwarna merah), karena selama 17 tahun ia hidup dalam fase larva, sebelum akhirnya dalam 3 sampai 7 hari menjadi serangga dewasa dan segera memasuki fase repoduksi. Beberapa minggu setelah perkawinan Tonggeret akan mati.

3. Soal : bacalah kembali teks laporan observasi (lho) yang berjudul “tonggeret” lalu temukan strukturnya, meliputi : 1. pernyataan umum (klarifikasi) 2. deskripsi bagian 3. deskripsi manfaat atau kesimpulan​

Jawaban:

#tanya brainly

#jawaban terbaik

4. Tonggeret padi termasuk dalam kelas

Tonggeret atau garengpung adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordoCicadomorpha, ordo Homoptera. Serangga ini dikenal dari banyak anggotanya yang mengeluarkan suara nyaring dari pepohonan dan berlangsung lama.

Serangga ini mempunyai sepasang mata faset yang letaknya terpisah jauh di kepalanya dan biasanya juga memiliki sayap yang tembus pandang. Bentuknya kadang-kadang seperti lalat yang besar, meskipun ada tonggeret yang berukuran kecil. Tonggeret hidup di daerah beriklim sedang hingga tropis dan sangat mudah dikenali di antara serangga lainnya, terutama karena tubuhnya yang besar dan akustik luar biasa yang dihasilkan dari alat penghasil suara di bawah sayapnya.

Banyak tonggeret memiliki daur hidup yang dipengaruhi musim. Di Indonesia, suara tonggeret garengpung yang nyaring akan muncul di akhir musim penghujan, saat serangga ini mencapai tahap dewasa, keluar dari bawah permukaan tanah untuk melakukan ritual musim kawin. Uir-uir dewasa baru keluar dari tanah di awal musim penghujan. Seusai kawin, betina meletakkan telur di tanah dan serangga ini mati. Tonggeret kadang-kadang dikira belalang atau lalat besar, meskipun mereka tidak mempunyai pertalian keluarga yang dekat. Tonggeret lebih mempunyai hubungan dekat secara taksonomi dengan wereng dan kutu loncat.

Tonggeret memiliki fase metamorfosa yang menakjubkan, karena selama 17 tahun ia hidup dalam fase larva, sebelum akhirnya dalam 3 hari menjadi serangga dewasa dan segera memasuki fase repoduksi. Beberapa minggu setelah perkawinan Tonggeret akan mati.

Semoga bermanfaat dan jadikan yang paling terbaik

5. metamorfosis tonggeret

Tonggeret merupakan serangga yang siklus hidup nya dianggap tidak sempurna. Terdapat empat fase metamorfosis tonggeret, yaitu fase larva atau telur, nimfa, muda dan tonggeret dewasa.

6. apa yg dimaksud tonggeret , dan uzur

Tonggeret = sebutan untuk semua jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Hemiptera.
Uzur = Halangan(yang menyebabkan orang tidak dapat pergi,bekerja,dsb) ,lemah badan(karena tua) ; sakit-sakitan; berpenyakitanTonggeret adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Hemiptera.
Uzur adalah halangan (yang menyebabkan orang tidak dapat pergi,bekerja,dsb)

7. Petani kerap memanfaatkan suara keras tonggeret sebagai pertanda kemarau akan datang. Bunyi tonggeret ramai terdengar di penghujung musim hujan alias saat cuaca mulai panas. Saat tonggeret banyak bersuara, petani akan bersiap untuk bertanam palawija, seperti: jagung dan kacang, karena musim kemarau akan segera datang. Sayangnya, perubahan iklim menyebabkan suara tonggeret tidak lagi teratur sehingga tidak dapat lagi digunakan sebagai tanda musim kemarau akan datang. Meskipun begitu, tonggeret masih memiliki manfaat lain, yakni dijadikan santapan dengan cara digoreng atau dibakar.Penggalan teks tersebut merupakan struktur teks observasi bagian…  A. Pernyataan umum B. Deskirpsi bagian C. Deskripsi manfaat D. Penegasan ulang PenutupBantuin ya!!jangan ngasal​

Jawaban:

C.DESKRIPSI MANFAAT

DESKRIPSI MANFAATPenjelasan:

KARENATERDAPATKALIMATYANGMENUNJUKKANMANFAATDIBELAKANGDESKRIPSIBAGIANTERSEBUT

SEMOGAMEMBANTUYAKAKA:)

Jawaban:

A. pertanyaan umum

Penjelasan:

🙂 yahahaha

8. Tonggeret adalah salah satu jenis serangga (1). Tonggeret memiliki ukuran sangat lecil (2). Meskipun kecil, tonggeret dapat mengeluarkan suara seperti nyanyian musik rok (3). Suara yang dikeluarkan tonggeret ini berasal dari getaran hebat rangkaluar yang terletak di area abdomen (4). Ide pokok paragraf tersebut adalah

Jawaban:

4

Penjelasan:

Suara yang dikeluarkan tonggeret ini berasal dari getaran hebag rangka luar gang terletak di area abdomen

9. sembari adalahsenja adalahtonggeret adalahuzur adalah

tonggeret : serangga yg bsa hinggap dipohon pada senja …
uzur adalah : halangan…
sembari : sambil… gontai : lambat….
senja : waktu mulai gelap matahari terbenam

semoga membantu ^_^
sembari adalah dlm kamus besar bahasa indonesia artinya serta, atau sambil
senja adalah masa setelah terbenamnya matahari
tonggeret adalah sebutan untuk segala jenis serangga
uzur adalah halangan (seperti yg menyebabkan org tdk dpt pergi)

10. deskripsi manfaat /simpulkan tonggeret​

Tonggeret

Tonggeret atau garengpung atau Keriang adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Homoptera. Serangga ini dikenal dari banyak anggotanya yang mengeluarkan suara nyaring dari pepohonan dan berlangsung lama.

Serangga ini mempunyai sepasang mata faset yang letaknya terpisah jauh di kepalanya dan biasanya juga memiliki sayap yang tembus pandang. Bentuknya kadang-kadang seperti lalat yang besar, meskipun ada tonggeret yang berukuran kecil. Tonggeret hidup di daerah beriklim sedang hingga tropis dan sangat mudah dikenali di antara ser
angga lainnya, terutama karena tubuhnya yang besar dan akustik luar biasa yang dihasilkan dari alat penghasil suara di bawah sayapnya.

Banyak tonggeret memiliki daur hidup yang dipengaruhi musim. Di Indonesia, suara tonggeret garengpung yang nyaring akan muncul di akhir musim penghujan, saat serangga ini mencapai tahap dewasa, keluar dari bawah permukaan tanah untuk melakukan ritual musim kawin. Uir-uir dewasa baru keluar dari tanah di awal musim penghujan. Seusai kawin, betina meletakkan telur di tanah dan serangga ini mati. Tonggeret kadang-kadang dikira belalang atau lalat besar, meskipun mereka tidak mempunyai pertalian keluarga yang dekat. Tonggeret lebih mempunyai hubungan dekat secara taksonomi dengan wereng dan kutu loncat.

Beberapa jenis Tonggeret memiliki fase metamorfosa yang menakjubkan (biasanya yg berwarna hijau metalik terang dan yang berwarna merah), karena selama 17 tahun ia hidup dalam fase larva, sebelum akhirnya dalam 3 sampai 7 hari menjadi serangga dewasa dan segera memasuki fase repoduksi. Beberapa minggu setelah perkawinan Tonggeret akan mati.

Pembahasan :

Teks deskripsi merupakan suatu teks yang mengambarkan mengenai suatu objek secara jelas dan mendetail. Secara umum, suatu objek dari teks deskripsi bersifat khusus dan rinci. contohnya yaitu sapi adalah kewan peliharaanku.Adapun beberapa unsur teks deskripsi yang harus dipahami, diantaranya yaitu : identifikasi atau pernyataan umum, deskripsi bagian, dan bagian penutup.Beberapa ciri teks deskripsi, diantaranya yaitu objek yang dimiliki oleh teks deskripsi harus bersifat khusus atau terperinci, tujuan dari ditulisnya teks deskripsi yaitu untuk menjelaskan secara mendetail mengenai suatu objek dan berusaha memberikan sudut pandang penulis mengenai objek yang sedang dikaji, dan isi dari teks deskripsi yaitu memperinci suatu objek yang dijadikan bahan kajian.

Pelajari Lebih Lanjut

Mengenai materi pengertian teks deskripsi : brainly.co.id/tugas/3721165Materi tentang jenis jenis teks deskripsi berdasarkan objek : brainly.co.id/tugas/31687294Materi tentang ciri kebahasaan teks deskripsi : brainly.co.id/tugas/30579841

Detail jawaban

Kelas : IX SMP

Mapel : B. Indonesia

Bab : Bab 2 – Mendeskripsikan Sesuatu

Kode : 9.1.2

#AyoBelajar

#SPJ2

11. gambar tonggeret seperti apa​

Jawaban:

macam tsemoga membantu

12. mengapa tonggeret bertelur di dalam batang pohon​

Jawaban:

karena itu memang cara berkembang biak tonggeret,dan merupakan tempat yg aman untuk bertelur

Jawaban:

karena memang cara berkembang biak tonggeretnya seperti itu.

Penjelasan:

setelah musim kawin, tonggeret betina akan bertrlur dgn membuat celah pd batang pohon dan meletakkan telur telurnya melalui organ ovipositor di bagian belakang tubuhnya.

aktivitasnya tiap hari hanyalah upaya berkembang biak, dengan cara mengepakkan sayapnya sbg panggilan kawin buat tonggeret betina.

semoga membantu

13. apa arti kata Tonggeret ?

itu sebutan jenis serangga yang menghasilkan bunyian rer – ret dari ordo Hemiptera Tonggeret adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Hemiptera. Serangga ini dikenal dari banyak anggotanya yang mengeluarkan suara nyaring dari pepohonan dan berlangsung lama. Selain tonggeret, nama lain juga dikenal, biasanya dikaitkan dengan pola suara yang dihasilkan. Orang Sunda menyebutnya cengreret, orang Jawa menyebutnya garengpung atau uir-uir, tergantung suara yang dikeluarkan.

14. Tulis kan metamorfosis tonggeret!

Terdapat empat fase metamorfosis tonggeret, yaitu fase larva atau telur, nimfa, muda dan tonggeret dewasa.

15. apa makna kata uzur dan tonggeret?

pasti dari cerpen kupu kupu ibu

16. apa yang dimaksud dengan tonggeret?

Tonggeret adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Hemiptera, yang dikenal dengan suara nyaring yang dikeluarkan dari pepohonan dan berlangsung lama.tonggeret adalah sebutan untuk segala jenis serangga.

17. Apa arti tonggeret menurut kbbi

Tonggeret adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Hemiptera. Serangga ini dikenal dari banyak anggotanya yang mengeluarkan suara nyaring dari pepohonan dan berlangsung lama. Selain tonggeret, nama lain juga dikenal, biasanya dikaitkan dengan pola suara yang dihasilkan.

18. kalimat deskripsi tonggeret ​

Jawaban:

sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Homoptera

19. Apakah arti dari “Tonggeret”?

Tonggeret adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota subordo Cicadomorpha, ordo Hemiptera. Serangga ini dikenal dari banyak anggotanya yang mengeluarkan suara nyaring dari pepohonan dan berlangsung lama
serangga yang mengeluarkan suara nyaring dari pepohonan dan berlangsung lama

20. 1. Termasuk kata apa Tonggeret

kata ganti yg mengartikan serangga

Video Terkait

Bagikan: