Prestasi Ali Bin Abi Thalib

Fatih.co.id

Prestasi Ali Bin Abi Thalib
Prestasi Ali Bin Abi Thalib

prestasi ali bin abi thalib

Daftar Isi

1. prestasi ali bin abi thalib

-termasuk salah satu sahabat yang dijamin masuk surga.
-sangat adil.
-sukses menjadi pemimpin
-Sukses menjadi seorang ayah.
-sukses dalam.babul ilmu, zulfikar karna pedangnya disebut”asadullah” yg di setiap pertempuran ali mengalami kemenangan,karamallahu wajhu yang dimulian oleh allah, imamul masakin pemimpi bagi org2 miskin

2. apa prestasi ali bin abi thalib?

1.menghadapi pemberontakan Muawiyyah bin Abi Sufyan.
2.pemberontakan Kaum Khawarij.
3.membenahi keuangan negara(Baitul Mal)
4.memajukan ilmu bahasa.
5.memajukan bidang pembangunan1. mengganti pejabat yg kurang cakap
2. membenahi baitul mal
3. memajukan bidang bahasa
4. memajukan bidang pembangunan

3. apa prestasi Ali bin Abi Thalib​

Jawaban:

•Melengkapi tanda baca pada huruf hijaiyah sehingga tidak terjadi kesalahan pada pembacaan al quran dan hadist

•Memperbaiki keuangan Negara yang mana pada waktu pemerintahan usman bin affan terjadi pemberian fasilitas Negara pada beberapa kerabatnya

•Mengganti orang – orang yang kurang bagus di pemerintahan

Penjelasan:

semogamembantu

4. Sebutkan 4 prestasi Ali Bin Abi
Thalib​

Jawaban:

Prestasi Ali bin Abi Thalib sebagai Khalifah

1. Mengganti Pejabat yang Kurang Cakap.

2. Membenahi Keuangan Negara (Baitul Mal)

3. Memajukan Bidang Ilmu Bahasa.

4. Bidang Pembangunan.

Ali bin Abi Thalib adalah Khalifah yang ke empat

5. prestasi ali bin abi Thalib dalam bidang pemerintahan​

mengembangkan ilmu bahasa

dan menumpas kaum pemberontak an

6. Apa saja prestasi yang telah diraih selamapemerintahan Ali bin Abi Thalib!​

Jawaban:

Menggantikan Para Pejabat Yang Kurang Cakap.Memperbaiki dan Membenahi Sistem Keuangan Negara. Membangun Bidang Infrastruktur Negara. Mengembangkan Ilmu Bahasa / Sastra.

Penjelasan:

maaf kalo salah

Jawaban:

1. mengganti pejabat yg kurang cakap

2. membenahi keuangan negara (baitul mal)

3. memajukan bidang ilmu bahasa

4. bidang pembangunan

Penjelasan:

semoga membantu:)

7. prestasi ali bin abi thalib

mengembangkan agama islam

8. prestasi khalifah ali bin abi thalib

a. Mengganti Pejabat Yang Kurang Cakap
b. Membenahi Keuangan Negara ( Baitul Mal )
c. Memajukan Bidang Ilmu Bahasa
d. Melakukan Pembangunan- pembangunan

9. Prestasi yang di capai ali bin abi thalib

1. Menghadapi pemberontakan Muawiyyah Bin Abi Sufyan.
2. Menghadapi Pemberontakan Kaum Khawarij.
3. Memajukan Ilmu Bangsa.

maaf kalu salah,semoga membantu:)memajukan ilmu bangsa maaf klo salah
follow me di brainly

10. a.tulislah biografi khalifah ali bin abi thalib b.sebutkan sifat yang menonjol dari khalifah ali bin abi thalib c. Sebutkan keistimewaanj khalifah ali bin abi thalib! d. Sebutkan prestasi khalifah ali bin abi thalib pada masa pemerintahannya!

Jawaban:

A. Ali bin Abi Thalib adalah khalifah rasyid yang keempat setelah Utsman bin Affan. Beliau adalah sepupu dari nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan setelah menikah dengan Fatimah az-Zahra, ia menjadi menantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ali bin Abi Thalib adalah salah seorang pemeluk Islam pertama.

Nasabnya

Ali bin Abi Thalib bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin an-Nadhar bin Kinanah. Rasulullah memberinya kun-yah Abu Turab. Ia adalah sepupu sekaligus menantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ibunya bernama Fathimah binti Asad bin Hasyim bin Qushay bin Kilab. Ali memiliki beberapa orang saudara laki-laki yang lebih tua darinya, mereka adalah: Thalib, Aqil, dan Ja’far. Dan dua orang saudara perempuan; Ummu Hani’ dan Jumanah.

Ayahnya, Abu Thalib yang nama aslinya adalah Abdu Manaf. Abu Thalib adalah paman kandung Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sangat menyayangi Nabi, namun ia wafat dalam agama jahiliyah.

Kelahiran

Ali dilahirkan di Mekkah, daerah Hejaz, Jazirah Arab, pada tanggal 13 Rajab. Menurut sejarawan, Ali dilahirkan 10 tahun sebelum dimulainya kenabian nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sekitar tahun 599 Masehi atau 600(perkiraan). Usia Ali terhadap nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam masih diperselisihkan hingga kini, sebagian riwayat menyebut berbeda 25 tahun, ada yang berbeda 27 tahun, ada yang 30 tahun bahkan 32 tahun.

Beliau bernama asli Haydar bin Abu Thalib. Haydar yang berarti Singa adalah harapan keluarga Abu Thalib untuk mempunyai penerus yang dapat menjadi tokoh pemberani dan disegani di antara kalangan Quraisy Mekkah. Setelah mengetahui sepupu yang baru lahir diberi nama Haydar, Nabi SAW memanggil dengan Ali yang berartiTinggi(derajat di sisi Allah).

Ali dilahirkan dari ibu yang bernama Fatimah binti Asad, dimana Asad merupakan anak dari Hasyim, sehingga menjadikan Ali, merupakan keturunan Hasyim dari sisi bapak dan ibu. Bersama istri beliau Khadijah, nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengasuh Ali sejak kecil dan menjadikannya putra angkat.

B. 1) amanah dan jujur

2) berani dan gigih

3) sederhana

4) adil

C. Ali bin abi thalib adalah orang yg sangat cerdas sehingga disebut pintu ilmu dan rosul adalah kota ilmunya,ketika banyak orang yg mau melamar fatimah (ali pun termasuk) rasul meminta orang yg menikahi fatimah harus hafal 30juz,ketika para pelamar yg lain sibuk menghafal 30juz alquran,ali hanya membacakan pada rosul surat al iklas 3x dan berkata “membaca 3x surah al iklas sama dengan 30 juz alquran”

D. 1.membenahi keuangan negara(baitul mal)

2.memajukan bidang ilmu bahasa

3.berwawasan luas dalam bidang pembangunan

4. Melengkapi tanda baca pada huruf hijaiyah sehingga tidak terjadi kesalahan pada pembacaan al quran dan hadist

Jawaban: a. Ali bin Abi Thalib adalah putra Abu Thalib, paman Nabi saw. jadi, beliau adalah saudara sepupu dengan Nabi Muhammad saw. Ali bin Abi Thalib lahir 32 tahun setelah kelahiran Rasulullah saw. jadi, ketika Muhammad mendapat wahyu pertama, beliau baru berusia 8 tahun. Ali Bin Abi Thalib dilahirkan d Makkah pada tahun 602 M. Beliau diberi nama Haidarah oleh ibunya, Fatimah binti As’ad bin Hasyim bin Abdu Manaf. Nama itu kemudian diganti oleh ayahnya dengan Ali.

b. Sederhana, peberani, zuhud dan tegas.

c. Seorang yang ceras dan menguasai banyak ilmu.

d. mengganti pejabat yang kurang cakap, membenahi sistem keuangan Negara (Baitul Mal), memindahkan pusat pemerintahan dari Madinah ke Kufah, memajukan bidang ilmu bahasa.

11. prestasi Khalifah Ali bin Abi Thalib​

Jawaban:

1. Mengganti pejabat yang kurang cakap

2. Membenahi Keuangan Negara ( Baitul Mal )

3. Memajukan Bidang Ilmu Bahasa

4. Bidang Pembangunan

Penjelasan:

1. Mengganti Pejabat yang Kurang Cakap.

Khalifah Ali bin Abi Thalib menginginkan sebuah pemerintahan yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, beliau kemudian mengganti pejabat-pejabat yang kurang cakap dalam bekerja. Akan tetapi, pejabat-pejabat tersebut ternyata banyak yang berasal dari keluarga Khalifah Usman bin Affan ( Bani Umayah ). Akibatnya, makin banyak kalangan Bani Umayyah yang tidak menyukai Khalifah Ali bin Abi Thalib. Adapun gubernur baru yang diangkat Khalifah Ali bin Abi Thalib antara lain: a. Sahl bin Hanif sebagai gubernur Syiria

b. Usman bin Hanif sebagai gubernur Basrah

c. Qays bin Sa’ad sebagai gubernur Mesir

d. Umrah bin Syihab sebagai gubernur Kufah

e. Ubaidaillah bin Abbas sebagai gubernur Yaman

2. Membenahi Keuangan Negara ( Baitul Mal ).

Pada Masa Khalifah Utsman bin Affan, banyak kerabatnya yang diberi fasilitas negara. Khalifah Ali bin Abi Thalib memiliki tanggung jawab untuk membereskan permasalahan ftersebut. Beliau menyita harta para pejabat tersebut yang diperoleh secara tidak benar. Harta tersebut kemudian disimpan di Baitul Mal dan digunakan untuk kesejahteraan

Kebijakan tersebut mendapat tantangan dan perlawanan dari matan penguasan d
an kerabat Utsman bin Affan. Mereka mengasut para shahabat yang lain untuk menentang kebijakan Ali bin Abi Thalib. Dan melakukan perlawanan terhadap Khalifah Ali bin Abi Thalib. Akibatnya terjadi peperangan seperti perang Jamal dan perang Shiffin.

3. Memajukan Bidang Ilmu Bahasa.

Pada saat Khalifah Ali bin Abi Thalib memegang pemerintahan , Wilayah Islam sudah mencapai India. Pada saat itu , penulisan huruf hijaiyah belum dilengkapi dengan tanda baca, seperti kasrah, fathah, dhommah dan syaddah. hal itu menyebabkan banyaknya kesalahan bacaan teks Al-Qur’an dan Hadits di daerah-daerah yang jauh dari Jazirah Arab. Untuk menghindari kesalahan fatal dalam bacaan Al-Qur’an dan Hadits. Khalifah Ali bin Abi Thalib memerintahkan Abu Aswad ad Duali untuk mengembangkan pokok-pokok ilmu nahwu, yaitu ilmu yang mempelajarai tata bahasa Arab. Keberadaan ilmu nahwu diharapkan dapat membantu orang-orang non Arab dalam mempelajari sumber utama ajaran islam, yaitu Al-Qur’an dan Hadits.

4. Bidang Pembangunan.

Khalifah Ali bin Abi Thalib membangun Kota Kuffah secara khusus. Pada awalnya kota Kufah disiapkan sebagai pusat pertahanan oleh Mu’awiyah bin Abi Sufyan. Akan tetapi Kota Kufah kemudian berkembang menjadi pusat ilmu tafsir, ilmu hadits,ilmu nahwu dan ilmu pengetahuan lainya. Setelah mengamati prestasi keempat khalifah memiliki persamaan prestasi pada penyebaran daerah Islam. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain:

a. Islam mengajarkan semua sendi kehidupan, baik agama, sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

b. Kewajiban dakwah bagi pemeluknya merupakan pendorong utama bagi para shahabat untuk menyebarkan Islam

c. Byzantium dan Persia mulai melemah membuat Islam bisa berkembang dengan cepat

d. Kebebasan beragama bagi masyarakat di Byzantium membuka peluang untuk mengajarkan ajaran Islam

e. Penyebaran Islam dilakukan secara simpatik dengan penuh kedamaian. Kekerasan diperlukan dalam kondisi yang tidak ada pilihan.

f. Bangsa Arab lebih dekat dengan bangsa-bangsa jazirah

g. Mesir, Syiria, dan Irak merupakan daerah kaya yang ingin membebaskan diri dari penjajahan Romawi dan persia. Sekaligus menjadi penyokong dana dalam menyebarkan

12. Sebutkan prestasi yang diraih oleh Ali Bin Abi Thalib?​

Jawaban:

Menggantikan pejabat yang kurang cakap.

Memperbaiki dan membenahi sistem keuangan negara.

Membangun bidang Infrastruktur Negara.

Jawaban:

melengkap tanda baca huruf ijaiah sehingga tidak terjad kesalaha pada alquran dan hadits.

mengganti orang orang yg kurang bagus di pemerintahan

13. hambatan ali bin abi thalib saat mencapai prestasinya

pemberontakan dari ummat islam yang menuntut supaya kasus pembunuhan usman di selesaikan

14. 1.tuliskan secara singkat riwayat hidup ali bin Abi Thalib? 2.sebutkan kepribadian ali bin Abi Thalib beserta pengertiannya? 3.jelaskan bagaimana diangkatnya khalifah ali bin Abi Thalib? 4.perang apa saja yang terjadi selama khalifah ali bin Abi Thalib? 5.apa saja prestasi prestasi ali bin Abi Thalib selama menjadi khalifah? 6.tuliskan nilai nilai keteladan ali bin Abi Thalib?

Jawaban:

1. Ali bin Abi Thalib adalah sepupu Rasulullah yang menjadi orang paling awal memeluk agama Islam (assabiqunal awwalun). Ali dilahirkan pada tanggal 13 Rajab di Mekkah, daerah Hijaz, Jazirah Arab. Menurut sejarawan, Ali dilahirkan 10 tahun sebelum dimulainya kenabian Muhammad, sekitar tahun 600 Masehi.

2. Berani : tidak takut ketika tidak bersalah

semangat : tidak pernah menyerah sampai tujuan tercapai

Disiplin : seseorang yang tidak pernah lalai akan pekerjaanya

3. Awal pengangkatan Ali bin Abi Thalib didahului oleh terbunuhnya khalifah sebelumnya, Usman bin Affan. awalnya Ali berusaha menolak, namun Zubair bin Awwam dan Talhah bin Ubaidillah memaksa dia, sehingga Ali akhirnya menerima amanah mereka. Ali adalah satu-satunya khalifah yang diba’iat / dipilih secara masal.

4 . siffin

5. Menggantikan para pejabat yang kurang cakap. …

Memperbaiki dan membenahi sistem keuangan negara. …

Membangun bidang Infrastruktur negara.

Mengembangkan ilmu bahasa / sastra

6. Keteladanan dari Ali bin Abi Thalib adalah

Bersikap tawadhu walaupun memiliki jabatan. Pemimpin yang peduli terhadap rakyat. Senantiasa mengingatkan sesama terhadap kebaikan

Penjelasan:

maaf klo tidak tepat

15. prestasi ali bin abi thalib saat menjadi khalifah?

1. Mengganti Pejabat yg kurang cakap
2 baitul mal
3 memajukan bidang bahasa
4 bidang pembangunan

16. apa prestasi yang diraih Ali bin Abi Thalib

Prestasi Ali bin Abi Thalib dalam Membenahi Keuangan Negara ( Baitul Mal )
Pada Masa Khalifah Utsman bin Affan, banyak kerabatnya yang diberi fasilitas negara. Khalifah Ali bin Abi Thalib memiliki tanggung jawab untuk membereskan permasalahan tersebut. Beliau menyita harta para pejabat tersebut yang diperoleh secara tidak benar. Harta tersebut kemudian disimpan di Baitul Mal dan digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

Kebijakan tersebut mendapat tantangan dan perlawanan dari matan penguasan dan kerabat Utsman bin Affan. Mereka menghasut para Sahabat yang lain untuk menentang kebijakan Ali bin Abi Thalib. Dan melakukan perlawanan terhadap Khalifah Ali bin Abi Thalib. Akibatnya terjadi peperangan seperti perang Jamal dan perang siffin

17. prestasi yang diraih oleh Ali Bin Abi Thalib

1. Kebijakan Khalifah Ali bin Abi Thalib dalam Mengganti Pejabat yang Kurang Cakap
2. Prestasi Ali bin Abi Thalib dalam Membenahi Keuangan Negara ( Baitul Mal )
3. Prestasi Ali bin Abi Thalib dalam Memajukan Bidang Ilmu Bahasa
. Prestasi Ali bin Abi Thalib dalam Bidang Pembangunan
Prestasi yng prnh diraih :
1.menghadapi pemberontakan Muawiyyah bin
Abi Sufyan.
2.pemberontakan Kaum Khawarij.
3.membenahi keuangan negara(Baitul Mal)
4.memajukan ilmu bahasa.
5.memajukan bidang pembangunan.

*Maaf klo salah

18. Prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh khalifah Ali Bin Abi Thalib adalah

Jawaban:

Khalifah Ali bin Abi Thalib adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam. Ia menjadi khalifah keempat setelah wafatnya Khalifah Utsman bin Affan. Beberapa prestasi yang dicapai oleh Khalifah Ali antara lain:

1. Memperkuat pemerintahan Islam dan memperbaiki tata cara pengambilan keputusan dalam pemerintahan.

2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan memperluas masjid-masjid sebagai pusat pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

3. Meningkatkan peran perempuan dalam kehidupan sosial dan politik.

4. Menyelesaikan konflik yang terjadi dalam kekuasaan sebelumnya, seperti permasalahan pembunuhan Khalifah Utsman.

5. Memperkuat hubungan dengan negara-negara tetangga dan memperluas wilayah kekuasaan Islam.

6. Menegakkan keadilan sosial dengan cara menolong orang miskin dan memberikan hak-hak mereka.

7. Meningkatkan keamanan dan memperkuat sistem pertahanan.

Prestasi-prestasi ini menu
njukkan keberhasilan Khalifah Ali dalam memimpin umat Islam, dan menjadikan namanya diabadikan dalam sejarah Islam sebagai tokoh yang patut dicontoh.

19. Apa saja prestasi dari khalifah ali bin abi thalib?

Melengkapi tanda baca pada huruf hijaiyah sehingga tidak terjadi kesalahan pada pembacaan al quran dan hadist.

Memperbaiki keuangan Negara yang mana pada waktu pemerintahan usman bin affan terjadi pemberian fasilitas Negara pada beberapa kerabatnya.

20. tulisakan 4 macam prestasi ali bin abi thalib

Jawaban:

Beberapa prestasi yang pernah di capai oleh khalifah ali bin abi thalib di antaranya ialah

•Melengkapi tanda baca pada huruf hijaiyah sehingga tidak terjadi kesalahan pada pembacaan al quran dan hadist

•Memperbaiki keuangan Negara yang mana pada waktu pemerintahan usman bin affan terjadi pemberian fasilitas Negara pada beberapa kerabatnya  

•Mengganti  orang – orang yang kurang bagus di pemerintahan

Jawaban:

membenahi keuangan negara (baitul mall)

memajukan bidang ilmu bahasa.

berwawasan luas dalam bidang pembangunan.

Video Terkait

Bagikan: