Riba Dalam Transaksi Ekonomi Syariah Diganti Dengan

Fatih.co.id

Riba Dalam Transaksi Ekonomi Syariah Diganti Dengan
Riba Dalam Transaksi Ekonomi Syariah Diganti Dengan

Riba dalan transaksi ekonomi syariah diganti dengan

Daftar Isi

1. Riba dalan transaksi ekonomi syariah diganti dengan

Diganti dg Mudharabah/bagi hasil

2. Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan sistem …

Jawabanmu :

Mudharabah

Penjelasan :

Perniagaan (mudharabah) menyerupai riba, karena masing-masing pemilik uang pada kedua transaksi ini menyerahkan uang kepada orang lain, dan kemudian menerima kembalian yang lebih banyak. Akan tetapi, hukumnya sangat berbeda, mudharabah hukumnya halal, sedangkan riba adalah haram. Seorang pemakan riba berusaha mengeruk keuntungan, akan tetapi ia tidak sudi menanggung kerugian.

3. Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan..a.mudharabahb.muakkadahc.murabahahd.gharar​

Jawaban:

A mudharabah

Penjelasan:

Mudh
arabah adalah bentuk kerja sama antara dua atau lebih pihak di mana pemilik modal (shahibul amal) mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola (mudharib) dengan suatu perjanjian di awal. Bentuk ini menegaskan kerja sama dengan kontribusi seratus persen modal dari pemilik modal dan keahlian dari pengelola.

maaf kalo salah:)

4. Mengapa ekonomi syariah melarang adanya sistem riba

Ekonomi

Ekonomi Syariah

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

⇒ Ekonomi Syariah merupakan salah satu cabang dari ilmu yang pada dasarnya sama seperti ilmu ekonomi yang digunakan untuk menyelesailan permasalahan ekonomi, hanya saja ekonomi syariah ini dalam menyelesaikan permasalahan perekonomiannya didasarkan/ berlandaskan pada kitab Al-Qur’an dan Hadits.

Di dalam al-qur’an dan hadits, allah telah mengharamkan riba. Maka dari itu tentunya ekonomi syariah juga tidak akan menerapkan sistem riba di dalam kegiatannya (berbeda dengan ekonomi konvensional yang menerpkan riba). Namun, dalam sistem kegiatannya ekonomi syariah ini menerapkan sistem bagi hasil.

5. ekonomi syariah melarang adanya riba karena

karena di AGAMA islam kita dilarang ribakarna riba dalam agama itu dosa,dan riba merupakan uang lebihan dari penjualan yang tidak seharusnya ada.

6. Ekonomi Syariah melarang adanya Riba dalam kegiatan perekonomian.jelaskan alasan pelarangan tersebut

karena tidak sesuai dengan al-quran dan ajaran baginda rasulullah

7. mengapa dalam ekonomi syariah melarang adanya riba

Dalam ekonomi syariah melarang adanya riba karena tidak sesuai dengan ajaran islam.

PembahasanEkonomi syariah Kegiatan Ekonomi yang berlandaskan ajaran islam. Maka ekonomi syariah akan dengan tegas melarang adanya riba. Hal ini sesuai dengan aturan yang sudah diatur dalam UU No. 21 Tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah yaitu melarang riba. Sebab riba itu haram dan jelas bertentangan dengan ajaran Islam.Alasan lainnya adalah bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berlandaskan ajaran Islam sebagai prinsip syariah dan tidak akan bertentangan dengan ajaran islam.

Dengan kata lain, kegiatan Ekonomi berbasis syariah harus tetap konsisten (istiqamah) dalam menjalankan perbankan sesuai prinsip syariah secara menyeluruh (kaffah). Karena seperti kita ketahui bahwa sebelum adanya Islam Riba telah menjadi kegiatan yang dianggap biasa di antara masyarakat. Dan ini membahayakan sebab akan merugikan masyarakat kecil. Karena itulah Islam melarang adanya riba.

Pelajari Lebih Lanjut

Pengertian Riba: brainly.co.id/tugas/30782294

DETAIL JAWABAN

Mapel: Ekonomi

Materi: Kegiatan ekonomi

Kelas: 10

Kata Kunci: Ekonomi syariah, Riba, Dilarang riba

8. jelaskan alasan larangan riba di ekonomi syariah

Karena riba menurut syariah itu tidak boleh/di larang
Riba adalah sifat yang tidak baik

9. Salah satu yang membedakan bank syariah dan bank konvensional adalah bahwa setiap transaksi di bank syariah bebas dari unsur riba. Di bawah ini yang bukan termasuk transaksi bebas riba adalah A.Mudharabah B.Musyarakah C.Wadi’ah D.Qardhul Hasan E. Gharar

E. Gharar
Al Gharar artinya “ketidakpastian” adalah adanya sesuatu yg ingin disembunyikan oleh sebelah pihak & hanya boleh menimbulkan rasa ketidakadilan serta penganiayaan kod pihak yang lain.

10. Jelaskan alasan pelarangan riba dalam ekonomi syariah?

Jawaban:

karena akan merugikan kedua belah pihak.

mengapa?

pihak yang meminjam akan dirugikan karena harus membayar lebih dari yang seharusnya dibayar.

dan pihak yang meminjami akan dirugikan karena dia akan menunggu lama uang tersebut dikembalikan serta dia akan mendapat dosa karena ribanya

Penjelasan:

terimakasih…..

♪ ♬ ヾ(´︶`♡)ノ ♬ ♪

11. apakah ekonomi syariah murni dari riba? jelaskan​

Bank syariah dalam praktiknya menggunakan prinsip-prinsip sesuai syariat islam. Yakni adil dalam bertransaksi, investasi yang beretika, mengedepankan nilai kebersamaan dan persaudaraaan.

Banyak masyarakat yang menilai bank syariah dalam menjalankan bisnisnya sama dengan bank konvensional.

semoga membantu 🙂

12. kenapa ekonomi syariah melarang adanya riba?

karena riba itu haram hukumnya dan jika kita memakan harta riba tidak akan berkahlah hidup kita

13. Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan… a. Mudharabah b. Muakkadah c. Murabahah d. Gharar e. Maesyir

Insyaallah yang A jawabannya

14. alasan ekonomi syariah melarang adanya riba dalam kegiatan perekonomian

Karena riba merugikan orang lain, dan riba adalah uang yang di lipat gandakan untuk keuntungan diri sendiri

15. jelaskan mengapa dalam ekonomi syariah melarang adanya sistem riba

karena haram hukumnya bagi orang islam

16. apakah transaksi di bank syariah memiliki bunga seperti bank pada umumnya jika ada apakah bunga tersebut termasuk riba? dan jelaskan perbedaan bunga dengan riba dalam bank syariah ​

Jawaban:

Transaksi di bank syariah seharusnya tidak memiliki bunga seperti bank pada umumnya. Dalam prinsip syariah, bunga atau riba dianggap sebagai tindakan yang tidak etis dan melanggar hukum Islam. Sebaliknya, bank syariah menggunakan prinsip bagi hasil atau profit sharing dalam melakukan transaksi. Hal ini berarti bank syariah berpartisipasi dalam keuntungan atau kerugian bisnis yang didanai oleh nasabah.

Perbedaan utama antara bunga dengan riba dalam bank syariah adalah bahwa bunga dianggap sebagai suatu biaya tambahan atau keuntungan yang dibebankan kepada nasabah tanpa adanya risiko atau tanggung jawab dalam bisnis yang dikelola oleh nasabah. Sementara itu, bagi hasil dalam bank syariah didasarkan pada prinsip berbagi risiko, di mana bank dan nasabah berbagi keuntungan atau kerugian secara adil.

Dalam bank syariah, penghasilan yang diperoleh dari transaksi bukan hanya terbatas pada bunga, tetapi juga termasuk keuntungan bisnis yang dikelola oleh bank atau nasabah. Dalam prakteknya, bank syariah memberikan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil atau profit sharing, musyarakah (kerjasama), mudharabah (bagi hasil), dan murabahah (jual beli dengan markup). Semua transaksi tersebut mengikuti
prinsip syariah dan tidak melibatkan bunga atau riba.

17. ekonomi syariah melarang adanya riba karena

Ekonomi syariah melarang adanya riba karena tidak sesuai dengan ajaran islam.

Pembahasan

Ekonomi syariah di Indonesia melarang adanya riba. Hal ini berdasarkan aturan yang sudah diatur dalam UU No. 21 Tahun 2008 mengenai Perbankan Syariah yang melarang riba dikarenakan riba itu bertentangan dengan ajaran Islam.

Alasan lainnya bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan usaha berlandaskan Islam sebagai prinsip syariah dan tidak akan bertentangan dengan ajaran islam yaitu syariah.

Dengan kata lain, kegiatan Ekonomi berbasis syariah harus tetap konsisten (istiqamah) dalam berpegang pada prinsip syariah secara menyeluruh (kaffah).

Seperti kita tahu bahwa Riba telah menjadi kegiatan yang dianggap biasa di antara masyarakat sebelum adanya Islam. Dan ini membahayakan bagi masyarakat. Karena itulah Islam melarang adanya riba.

Pelajari Lebih Lanjut

Pengertian Riba: brainly.co.id/tugas/30782294

DETAIL JAWABAN

Mapel: Ekonomi

Materi: Kegiatan ekonomi

Kelas: 10

Kata Kunci: Ekonomi syariah, Riba, Dilarang riba

18. apa dalam ekonomi syariah melarang adanya riba

Karena riba merugikan orang lain, dan riba adalah uang yang di lipat gandakan untuk keuntungan diri sendiri

19. Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan… a. Mudharabah b. Muakkadah c. Murabahah d. Gharar e. Maesyir

Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan…  a. Mudharabah b. Muakkadah c. Murabahah d. Gharar e. MaesyirJawabanPendahuluan

Dalam konteks syariah (hukum Islam) memakan riba termasuk salah satu dosa besar. Namun pada praktiknya masih banyak masyarakat yang bingung dengan praktik riba tersebut dalam kehidupan sehari-hari khususnya yang terkait dengan transaksi perbankan. Riba secara bahasa bermakna tambahan atau meminta kelebihan uang dari nilai awal. Secara lebih spesifik lagi riba adalah meminta tambahan uang dari pinjaman awal baik dalam transaksi jual beli maupun pinjam meminjam yang bertentangan dengan prinsip syariah Islam. Dalam hal ini pinjam meminjam atau jual beli tersebut masuk kategori transaksi yang haram.

Pembahasan

Perniagaan (mudharabah) menyerupai riba, karena masing-masing pemilik uang pada kedua transaksi ini menyerahkan uang kepada orang lain, dan kemudian menerima kembalian yang lebih banyak. Akan tetapi, hukumnya sangat berbeda, mudharabah hukumnya halal, sedangkan riba adalah haram. Seorang pemakan riba berusaha mengeruk keuntungan, akan tetapi ia tidak sudi menanggung kerugian.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang tepat untuk Riba dalam transaksi ekonomi syariah diganti dengan…  

A. Mudharabah

Pelajari lebih lanjutMateri tentang  ekonomi syariah dalam menjalankan perekonomiannya berdasarkan pada prinsip maslahah dan falah https://brainly.co.id/tugas/17177982Materi tentang ekonomi syariah brainly.co.id/tugas/5879996Materi tentang  tujuan dari ekonomi syariah brainly.co.id/tugas/12248487Detil Jawaban

Kelas : iX (3 SMP)

Mapel : IPS

Bab : uang dan  Lembaga Keuangan Lainnya

Kode : 9.10.6

Kata Kunci ; RIba, Mudharabah.

20. alasan pelarangan riba pada ekonomi syariah

karna mendzolimi orang yang berhutang
kalau ngakk salah jawabannya sih itu maaf ya kalau jawabannya salah

Video Terkait

Bagikan: