Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran Meliputi

Fatih.co.id

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran Meliputi
Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran Meliputi

Ruang lingkup administrasi perkantoran meliputi !

Daftar Isi

1. Ruang lingkup administrasi perkantoran meliputi !

Jawaban:

Ruang lingkup administrasi perkantoran mencakup dari kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran. Proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan meninjau kembali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan kantor.

Penjelasan:

semoga bermanfaat ya min:)semangat ya min:)jadikan jawaban tercerdas
ya min:)

Jawaban:

Pada dasarnya, ruang lingkup administrasi meliputi aktivitas tulis menulis, mengirim, dan juga menyimpan keterangan. Seperti yang kita ketahui bahwa administrasi adalah suatu kegiatan penyusunan dan juga pencatatan data ataupun informasi yang dilakukan oleh perusahaan.

Ruang Lingkup Administrasi

Tugas pegawai yang bekerja pada bagian administrasi adalah melayani, mengarahkan dan mengatur semua aktivitas organisasi sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan secara tertib dan efektif. Kegiatan ini disebut ruang lingkup administrasi dan meliputi:

Kegiatan pengumpulan, dimana karyawan mencari dan mengumpulkan data, informasi yang detail, lalu kemudian menyimpannya agar dapat digunakan di lain waktu pada saat dibutuhkan. Kegiatan pencatatan, yaitu setelah berhasil mengumpulkan data, karyawan mencatat, menyimpannya dengan baik, dan mengirimkannya ke bagian lain untuk diproses jika diperlukan. Kegiatan administrasi, yaitu karyawan menganalisis data administrasi yang ada guna memperoleh hasil atau kesimpulan dari data tersebut. Kegiatan penyimpanan, yaitu karyawan melindungi data-data tersebut dengan cara menyimpannya pada dokumen atau arsip sehingga suatu saat dapat dengan mudah ditemukan kembali jika ada yang membutuhkan. Pengiriman aktivitas, yaitu karyawan mengirimkan data atau file dari pemangku kepentingan internal dalam organisasi atau pemangku kepentingan eksternal di luar organisasi ke departemen lainnya.

2. ruang lingkup administrasi meliputi​

Jawaban:

jakarta selatan………

memiliki ruang lingkup yang lebih luas dari pada Manajemen dan kepemimpinan.

semoga membantu Maaf kl salah

3. Ruang lingkup administrasi meliputi ….

Mengagendakan surat masuk dan surat keluar.

Mengarsip surat masuk dan surat keluar.

Mengentri data surat masuk dan surat keluar kedalam komputer

Memfilekan surat masuk dan surat keluar.

Mencatat dan mengetik surat-surat ke buku agenda surat masuk dan keluar.

Mendistribusikan surat masuk dan surat keluar.

-maaf kalau salah:)

4. 1. a. pengertian kantor secara statis dan dinamisb. fungsi kantor2. a. pengertian administrasi perkantoranb. ruang lingkup administrasi perkantoranc. tujuan administrasi perkantoran

Sedangkan secara statis kantor diartikan sebagai tempat kerja, kamar kerja, ruang kerja, biro, markas, instansi, badan, perusahaan maupun tempat untuk menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan serta pendistribusian data.

Adapun secara etimologis istilah Kantor berasal dari bahasa Belanda yaitu Kantoor yang memiliki arti ruangan tempat bekerja, tempat instansi dan lain-lain.

5. Ruang lingkup administrasi perkantoran mencakup

Ruang lingkup administrasi perkantoran mencakup kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran.

6. pengertian ruang lingkup administrasi perkantoran

Ruang lingkup administrasi perkantoran mencakup kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran.

7. Kesimpulan Ruang Lingkup administrasi perkantoran

yaitu rangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan, mengawasi (melakukan kontrol), serta menyelenggarakan secara tertib berbagai pekerjaan perkantoran atau pekerjaan pertatausahaan.

8. Jelaskan tentang Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran dan Tujuan Administrasi Perkantoran !!

Tujuan Administrasi Perkantoran
Tujuan dari proses manajemen administrasi perkantoran adalah tercapainya tujuan secara efisien yang artinya dapat memenuhi persyaratan dari segi teknis, ekonomi dan psikologis.

Ekonomis, artinya pantas dan sesuai atau bukan berarti murah dari segi biaya.
Teknis. Dalam arti berdaya guna atau bermanfaat.
Psikologis. Dalam arti terdapat kepuasan.
Tujuan bisa dicapai dengan cara menerapkan fungsi manajemen dengan baik. Jadi, secara lengkap tujuan administrasi perkantoran adalah sebagai berikut:

Memberikan seluruh keterangan dengan lengkap bagi pihak-pihak yang membutuhkan untuk pelaksanaan tugas organisasi secara efektif dan efisien.
Memberikan catatan dan laporan yang bermanfaat dan biaya yang sesuai.
Membantu perusahaan/organisasi dalam memelihara dan memenuhi kebutuhan perusahaan.
Memberikan pekerjaan tata usaha yang cermat dan memberikan pelayanan secara efektif kepada rekan (mitra) kerja atau pelanggan.
Membuat catatan yang relevan, up to date (terbaru) akurat dan bisa dipertanggung jawabkan sehingga laporan tersebut akan dianggap lengkap.
Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran
Ruang lingkup administrasi perkantoran terdiri dari

1. Aktivitas kantor
Aktivitas manajemen kantor sangat dipengaruhi oleh luasnya tujuan dari badan usaha itu sendiri, semakin luas tujuan yang mesti dicapat maka akan semakin luas pula aktivitas perkantorannya. Aktivitas kantor biasanya terdiri dari aktivitas yang berhubungan dengan, Perencanaan perkantoran (Office Planning), Pengorganisasian perkantoran (Office Organizing) dan Pengawasan perkantoran (Office Controling).

a) Perencanaan Perkantoran (Office Planning), terdiri dari perencanaan tentang :

Gedung, letak dan bentuk gedung
Tata warna
Tata ruang kantor
Tata suara
Ventilasi
Penerangan / cahaya
Anggaran (Budgeting) perkantoran
Perlengkapan perabotan kantor dan peralatan kantor
Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor
b) Pengorganisasian Perkantoran (Office Organizing)

Bidang pengorganisasian bertugas untuk menghubungkan macam-macam fungsi organisasi beserta pelaksana (orang) yang melaksanakan fungsi-fungsi tersebut.

c) Pengawasan Perkantoran

Objek pengawasan dalam bidang manajemen perkantoran meliputi:

Kualitas pekerjaan kantor,
Biaya perkantoran,
Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor,
Waktu pekerjaan kantor,
Pengawasan dokumentasi,
Alat perlengkapan dan perabotan kantor
Pelayanan kantor
2. Sarana / Fasilitas Kerja Perkantoran
Uraian dibawah ini akan menjelaskan tentang kantor beserta seluruh sarana yang terkait di dalamnya seperti:

a) Lokasi

Faktor lokasi yang diperhatikan diantaranya adalah

Faktor lingkungan tetangga.
Faktor dekat.
Faktor harga.
Faktor dekat labour market.
Faktor jalan keluar masuk pegawai.
Faktor keamanan.
b) Gedung

Hal yang perlu diperhatikan dari gedung adalah:

Dapat memberikan fasilitas.
Menjamin kesehatan
Berkesan yang baik.
Fleksibel.
Keseimbangan biaya keuntungan.
c) Peralatan

dalam hal peralatan bisa kita kelompokkan menjadi dua yaitu:

Perabotan kantor (office furniture), diantaranya seperti meja, kursi, rak dan lainnya yang bersifat menampung pekerjaan kantor dalam bidang administratif.
Bekal kantor (office supplies), diantaranya seperti pena, tinta, kertas, komputer, mesin tik dan lainnya.
d) Interior

Interior adalah perangkat kantor yang sifatnya menunjang pelaksanaan kerja dalam kantor seperti hiasan kantor, plafon, jendela, lampu (penerangan) dan ventilasi.

e) Mesin-mesin Kantor

Mesin kantor dalam hal ini menyesuaikan dengan prosedure dan kebutuhan masing-masing kantor.

9. 14.Administrasi merupakan proses ataurangkaian kegiatan yang sambung-menyambung dalam melaksanakanpengendalian. Hal ini merupakan salahsatu dari ….a. karakteristik administrasi perkantoranb. ruang lingkup administrasi per-kantoranc. pengertian administrasi per-kantoraand. batasan administrasi perkantorane. asas-asas administrasi perkantoran​

Jawaban:

Jawabannya adalah A. Karakteristik administrasi perkantoran

Maaf kalau salah,semoga membantu ^^

10. Pengertian ruang lingkup administrasi perkantoran

Ruang lingkup administrasi perkantoran mencakup kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran.
*maafin yes kalo salah*
Menurut William Spriegel dan Ernest Davies, dalam bukunya yang berjudulPrinciples of Bussiness Organization and Operation, manajemen kantor adalah pengarahan menyeluruh terhadap kegiatan-kegiatan seperti transportasi, manufakturing, pengudangan dan penjualan.

11. Tulislah aktvitas penyimpanan barang dalam ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana kantor.

Jawaban:

yaitu dengan memeriksa status administrasi

Penjelasan:

sampai disini saja oh ya maaf kalau salah

12. Ruang lingkup administrasi meliputi kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran. Berikut ini yang termasuk salah satu kegiatan kantor adalah​

perencanaaan perkantoran

maaf kalok salah

13. Ruang lingkup administrasi perkantoran di lihat dari segi fasilitas terdiri atas

1.menghimpun
2.mencatat
3.mengelola
4.mengganda
5.mengirim
6.menyimpan
informasi

14. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ruang lingkup administrasi sarana prasarana kantor​

Jawaban:

Ruang Lingkup Administrasi Sarana dan Prasarana kantor :

1. Perencanan Pengadaan (Planning Programming)

Adalah pengetrapan secara sistematik dari pada pengetahuan yang tepat guna mengontrol dan menentukan arah kecenderungan perubahan menuju pada tujuan yang telah ditetapkan.

2. Prakualifikasi Rekanan

Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan melaui pembelian dilakukan dengan system lelang yang diikuti oleh para rekanan untuk menghindari berbagai kemuingkinan yang tidak diinginkan. Rekanan yang mengikuti tender adalah rekanan yang bonafite atau terpercaya saja (mengetahuinya dengan melakukan kegiatan prakualifikasi).

Langkah kegiatan prakualifikasi:

a) Persiapan.

b) Pelaksanaan

• Pemeriksaan dan penelitian terhadap calon rekanan secara administrative dan teknis.

• Menetapkan dan mengumumkan hasil prakualifikasi serta member sertifikat/tanda halus.

• Menyampaikan laporan tentang pelaksanaan prakualifikasi kepada DEPDIKBUD.

3. Pengadaan Barang

Pengadanan merupakan segala kegiatan untuk menyediakan sedmua keperluan barang/jasa /benda bagi keperluan pelaksanaan tugas.

a) Pengadaan Tanah, dapat dilakukan dengan membeli, menerima hibah, menerima hak pakai atau menukar.

b) Pengadaan Bangunan, dapat dilaksanakan dengan membangun atau mendirikan banguan baru, membeli, menyewa atau menerima hibah/menukar.

c) Pengadaan Perbot, dapat dilakuakn dengan membeli, membuat sendiri atau menerima hibah.

d) Pengadaan Kendaraan/Alat Transportasi, sejauh ini pengadaan kendaraan untuk sekolah telah dilakukan oleh pemerintah pusat.

e) Pengadaan Sarana Pendidikan, Alat Kantor, Alat Tulis Kantor (ATK). Untuk jumlah yang besar dapat dilakukan lelang dengan rekanan. Kekurangan ATK dalam jumlah kecil dapat dilakukan dengan dibeli melalui dana taktis. Pengadaan buku atau benda grafis lainnya dapat diadakan dengan membuat sendiri, bantuan, atau hibah.

4. Penyimpanan

Penyimpanan yaitu menampung hasil pengadaan barang demi keamanan baik yang belum atau akan didistribusikan. Kegiatan penyimpanan meliputi menerima barang, menyimpan barang, dan mengeluarkan/mendistribusikan barang.

5. Inventarisasi

Merupakan kegiatan untuk mencatat dan menyusun daftar barang/bahan yang ada secara teratur menurut ketentuan yang berlaku. Inventarisasi dilakukan dalam rangka usaha penyempurnaan pengurusan dan pengawasan yang efektif terhadap barang milik Negara (atau swasta). Inventarisasi juga memberikan input yang sangat berharga dan berguna bagi efektifitas pengelolaan sarana dan prasarana.

6. Penyaluran

Merupakan kegiatan yang menyangkut pemindahan barang dan tanggung jawab dari instansi/pemegang yang satu pada yang lain. Dalam lingkungan sekolah atau fakultas kegiatan penyaluran dapat berwujud pendistribusian atau kegiatan membagi/mengeluarkan barang sesuai kebutuhan guru/dosen/seksi bagian dalam instansi/sekolah/fakultas tersebut untuk keperluan KBM serta perkantoran.

7. Pemeliharaan

Agar setiap barang yang kita miliki dapat berfungsi dan digunakan secara lancar tanpa banyak menimbulkan hambatan/gangguan maka barang tersebut harus dirawat secara baik dan continue untuk menghindarkan adanya unsure pengganggu/perusak. Kegiatan rutin ini diusahakan agar barang tetap dalam keadaan baik dan berfungsi baik pula disebut pemeliharaan/perawatan (service).

8. Rehabilitasi

Merupakan kegiatan untuk memperbaiki barang dari kerusakan dengan tambal sulam atau penggantian suku cadang agar barag tersebut dapat dipergunakan lagi sehingga punya daya yang lebih lama.

9. Penghapusan

Bila besarnya biaya rehab suatu barang inventaris telah tidak sesuai dengan daya pakainya, artinya bila biaya rehab terlalu besar sedang daya pakainya terlalu singkat maka barang tersebut lebih baik tidak dipakai lagi dan disingkirkan/dikeluarkan dari daftar inventaris Negara berdasar peraturan UU yang berlaku. Pelaksaan penghapusan dilakukan oleh panitia penelitian/penghapusan barang inventaris dengan keputusan unit utama masing-masing mewakili unsure keuangan, perlengkapan, dan bidang teknis. Panitia tersebut bertugas meneliti, menilai barang yang ada dan perlu dihapuskan, membuat berita acara, melaksanakan penghapusan, sampai melelang atau memusnahkan barang tersebut.

10. Pengendalian

Seluruh kegiatan diatas tidak dapat berjalan sendiri-sendiri tanpa kendali, artinya setiap kegiatan akan tidak lepas dari monitoring setiap saat oleh pimpinan organisasi serta senantiasa diperhatikan kerjasama satu dengan yang lainnya. Sebab bagaimanapun seluruh kegiatan pengelolaan tersebut harus selalu kompak, serempak, dan terpadu.

15. jelaskan ruang lingkup administrasi perkantoran di kementerian kesehatan​

Jawaban:

kak itu soalnya kok gak ada sama dengan

16. Tuliskan aktiva penyimpanan dalam ruang lingkup administrasi perkantoran

Suatu kantor memiliki berbagai kegiatan yang berbeda antara s
atu kantor dengan kantor yang lainnya. Apabila suatu tujuan yang ingin dicapai suatu kantor semakin luas, maka akan semakin besar pula kegiatan yang akan dilakukan

Kegiatan kantor pada umumnya terdiri dari kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan kantor (Office Planning), pengorganisasian kantor (Office Organizing), Pengarahan kantor (Office Actuating), serta pengawasan kantor (Office Controlling) yang sering disingkat dengan POAC. Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan dibawah ini

A# Perencanaan kantor (Office planning)

Perencanaan kantor merupakan proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan cara meninjau kembali faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan suatu kantor.

Perencanaan tersebut meliputi :

Perencanaan gedung

Tata ruang kantor

Penerangan atau pencahayaan

Ventilasi

Perlengkapan peralatan dan perabotan kantor

Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor

Anggaran (budgeting) perkantoran

Standar kualitas kerja

Sistem informasi dan telekomunikasi

B# Pengorganisasian kantor

Pengorganisasian kantor merupakan pengaturan berbagai macam fungsi organisasi dengan pelaksanaan yang melaksanakan fungsi-fungsi organisasi tersebut antar lalin :Pembagian tugas dan pekerjaan yang berfungsi agar lebih efisien dalam organisasi atau instansi perusahaan.

Pemeliharaan hubungan kerja yang baik dengan seluruh anggota kantor antara lalin dengan atasan atau pun bawahan.

Penyediaan peralatan atau perlengkapan yang tepat, berdasarkan jenis pekerjaan untuk memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan.

C# Pengarahan kantor (Office actuating)

Pengarahan ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal sesuai dengan target dan sasaran yang telah ditentukan untuk menciptakan suatu lingkungan kerja yang sehat dan dinamis. Hal ini meliputi :

Penggunaan teknik yang efektif dalam melaksanakan pengawasan terhadap bawahan.

Penggunaan teknik yang efektif dalam memberikan motivasi terhadap bawahan.

Memberikan bantuan kepada karyawan yang telah menghadapi kesulitan untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan.

Menyatukan visi misi karyawan dan organisasi.

Perancangan cara komunikasi karyawan, agar komunikasi yang efektif antara karyawan dengan atasan dapat berjalan sesuai tujuan dan lancar.

Menggunakan tolak ukur yang adil dalam memberikan upah atau gaji kepada karyawan.

D# Pengawasan kantor (Office Controlling)

Pengawasan kantor merupakan kegiatan yang memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai rencana atau target.

Objek pengawasan kantor, antara lain :

Penggunaan peralatan dan perabot kantor

Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor

Kualitas suatu pekerjaan kantor

Waktu

Biaya yang dikeluarkan kantor

17. ruang lingkup administrasi perkantoran itu diuraikan oleh berapa ahli pliss jawab dong​

Jawaban:

10 ahli

maaf kalau salah ya

18. ruang lingkup administrasi meliputi kegiatan kantot dan sarana fasilitas kerja perkantoran.berikut ini yg termasuk salah satu kegiatan kantor adalah …. a.tata usaha b.tata hubungan c.kepegawaian d.perencanaan perkantoran e.analisis

a tata usaha
itu setau saya

19. ruang lingkup administrasi perkantoran terbagi menjadi dua yaitu?

ruang lingkup kerja dan kinerja

maaf kalau salah

20. ruang lingkup administrasi perkantoran mencangkup…. sebutkan dan jelaskan?

1. ruang lingkup kegiatan spt: perencanaan, pengorganisasian,dll
2. ruang ligkup seperti: surat menyurat,mencatat,dll.
3. ruang lingkup seperti: bagian tata usaha, dll
4. peralatan, seperti: komputer,dll

Video Terkait

Bagikan: