sebutkan empat perwujudan sila persatuan indonesia di lingkungan sekolah
1. sebutkan empat perwujudan sila persatuan indonesia di lingkungan sekolah
Tidak memilih-milih teman; semua manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika ada teman kita yang memiliki kekurangan, janganlah hal itu menjadi penghalang persatuan di lingkungan sekolah.Menghindari merendahkan golongan minoritas; jika kita memiliki teman yang termasuk golongan minoritas di sekolah, kita tidak boleh mengejek atau menjauhinya. Terkadang minoritas ini membuat kita enggan berteman dengannya; hal itu tentu harus dihilangkan.Tidak membuat perpecahan; sebagai warga sekolah yang baik kita harus menciptakan kerukunan di lingkungan sekolah. Jangan membuat masalah seperti memfitnah, adu domba, atau menimbulkan kebencian.Melerai teman yang berkelahi. Setiap perpecahan yang bisa dicegah, kita harus cepat melakukan hal yang mempersatukan kembali kerukunan.
2. sebutkan empat perwujudan sila persatuan indonesia di lingkungan sekolah
Jawaban:
piket kelas, menghormati perbedakan pendapat seorang teman, menghormati hasil karya teman, tidak boleh membedakan teman
semoga bermanfaat
3. Sebutkan empat sikap baik sebagai perwujudan sila sila persatuan Indonesia di lingkungan sekolah
Jawaban:
•IKUT PIKET KELAS
•MEMBANTU TEMAN
•MENOLONG TEMAN
•MENGHARGAI TEMAN
Penjelasan:
MAAFKLOSALAH
Jawaban:
Persatuan = sila ke 3 yang berbunyi persatuan indonesia nah dalam ini contohnya adalah:
– membantu teman walau berbeda bangsa bahasa dan agama( karena indonesia terdiri dari keberagaman yang banyak yaitu bahasa bangsa suku budaya dan agama.
-ikut kerja bakti membersihkan sampah nah kalau ini saya setuju karna persatuan itu bisa saling tolong menolong
-ya bisa jadi kalau misalnya kita gak paham misalnya mtk fisika nah ini ya kebanyakan nah bisa tanya guru tanya teman karna kan ada pepatah atau apapun itu “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”
– menghargai teman apa adanya nah misalnya teman itu beda suku agama atau bangsa jgn dibedakan karena berbeda beda tetap satu jua
Sekian, terima kasih
Mohon maaf jika salah ya ^•^
4. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berkut dengan tepat1.Sebutkan tiga talaan nila dalam ideologi Pancasila menurut Moerdiono! Jawab:2.Sebutkan perkembangan perkembangan pancasila pada era reformasi Jawab: 3. Jelaskan 5 (lima) nilai yang terkandung dalam sita katunanan Yang Maha Esa” Jawab: 4. Jelaskan arti penting pandangan hidup bagi bangsa indonesia! Jawab: 5. Terangkan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara! Jawab:6. Sebutkan fungsi dasar negara bagi kehidupan bernegara! Jawab: 7. Mengapa Pancasila dijadikan sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia? Jawab: 8. Apa saja rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Muhammad Yamin? Jawab:9. Jelaskan makna sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan Jawab: 10. Jelaskan 4 (empat) perwujudan sila “Persatuan Indonesia di lingkungan sekolah Jawab:please tolong mau dikumpulin
Jawaban:
1. Menurut Moerdiono, ideologi dipandang secara harfiah sebagai a system of idea.
Faktor-faktor yang mendorong pemikiran Pancasila sebagai ideologi terbuka menurut Moerdiono, adalah:
1. Perkembangan dinamika masyarakat Indonesia amat cepat, tidak semua persoalan hidup dapat ditemukan jawabannya secara ideologis dalam pemikiran ideologi-ideologi sebelumnya.
2. Runtuhnya ideologi tertutup seperti marxisme-Leninisme/Komunisme. Ideologi ini akan bertahan dengan tradisi lama yang tertutup atau menjadi ideologi terbuka.
3. Pengalaman sejarah politik Indonesia dengan pengaruh komunisme. Pancasila terancam menjadi dogma (dalil, ajaran) yang kaku.
4. Tekad bangsa Indonesia untuk menjadikan Pancasila satu -satunya azas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai satu – satunya asas telah dicabut oleh MPR pada tahun 1999.
2. 1. adanya kebebasan yg berlebihan, mengakibatkan timbulny: pergaulan bebas, maraknya peredaran narkoba, miras, aksi anarkis, dll
2. menurunnya akhlak moral
3. menurunnya rasa persatuan dan kesatuan
4. perkembangan dan perubahan dunia yg semakin cepat dengan era globalisasi
3. 1.Keyakinan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan
Dalam nilai sila pertama ini dikatakan bahwa setiap warga negara Indonesia harus memiliki pandangan atau keyakinan bahwa mereka adalah ciptaan Tuhan. Negara Indonesia juga memiliki hukum yang berasal dari adaptasi kitab-kitab suci dari agama yang diakui. Apabila ada warga negara yang tidak mengakui adanya Tuhan, maka negara juga tidak akan mengakuinya sebagai bagian dari negara; karena telah melanggar nilai dalam Pancasila.
2. Dilarang melakukan segala tindakan melawan hukum Tuhan
Setelah menyadari bahwa kita adalah makhluk ciptaan Tuhan, maka haruslah setiap kita menuruti hukum yang berlaku dalam agama masing-masing. Seperti yang ada tertulis misalnya dalam Kitab Suci, bahwa kita tidak boleh membunuh, maka perintah itu harus dituruti sebagaimana kita menuruti hukum nasional.
3. Adanya kebebasan beribadat bagi setiap warga negara
Ketuhanan memiliki makna keyakinan mengenai adanya Tuhan. Setiap manusia memiliki pandangan berbeda mengenai keberadaan Tuhan. Setiap warga negara Indonesia berhak menganut keyakinan masing-masing, tetapi hanya yang sudah diakui seperti Kristen, Islam, Katolik, Buddha, Hindu, dan Kong Hu chu. Selain daripada itu, masyarakat dianggap sama seperti atheis.
p>
4. Menjadi pemersatu masyarakat yang majemuk
Negara Indonesia terdiri dari berbagai macam latar belakang sejarah budaya. Perbedaan ini menyebabkan masing-masing daerah memiliki keyakinan yang berbeda, tergantung pengaruh dari zaman dahulu. Negara memberi kebebasan untuk memilih agama, dan hendaklah perbedaan masing-masing bukanlah menjadi pemecah bangsa, melainkan sebaliknya. Dengan perbedaan ini hendaklah kita saling menghargai dan melengkapi satu sama lain.
5. Negara membantu mengatur kehidupan beragama
Karena keagamaan diatur dalam Pancasila, itu berarti negara juga harus turun tangan membantu mengatur kehidupan beragama. Segala kegiatan politik harus pula berlandaskan keagamaan. Peraturan yang terkandung dalam Undang-Undang juga harus memperhatikan nilai keagamaan
4. Arti penting pandangan hidup bagi bangsa indonesia adalah sebagai pegangan dan pedoman hidup bagi seluruh rakyat indonesia untuk mencapai cita cita bangsa, serta sebagai pemecah masalah-masalah politik agar tidak menimbulkan perpecahan
5. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Dalam kedudukannya yang demikian Pancasila menempati kedudukan yang paling tinggi, sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata hukum di Indonesia.
5. 18. Prinsip kerja sama dalam kegiatan ekonomi diatur dalam UUD 1945 yang menyatakan perekonomian disususn sebagai usahabersama berdasarkan asas…..a. Manfaat b. kekeluargaanc. uasaha bersamad. efektif dan efisien19. Perbuatan yang tidak melakai perasaan orang lain adalah………a. Mengutamakan pikiran dari pada perasaanb. menghargai pendapat dan pikiran orang lainc. Memperlakukan semua manusia samad. membedakan manusia sesuai statusnya20. Hidup bersama-sama orang lain tidak boleh memaksakan kehendak pribadi, tetapi harus berdasarkan pada…….a. kebiasaan yang adac. kepentingan harga dirib. kehendak pemimpind. kepentingan umum21. Dalam merumuskan atau menyelesaikan suatu permasalahan bangsa Indonesia menggunakan cara……a. pawaib. kampanyec. demonstrasid. musyawarah mufakat22. Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa yang satu dengan yang lain adalah kecuali……..Agama maye tasb. bahasa daerahc. keseniand. adat istiadat23. Bentuk perilaku kehidupan dalam keberagaman agama dapat diwujudkan seperti berikut kecuali…..a. Menghormati agama orang lainb. Tetap berteman meski berbeda agamac. Ikut merayakan hari besar agama laind. Tidak memaksakan keyakinannnya kepada orang lain24. Golongan bangsa yang berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan disebut…a. etnikC. sukud.. antargolongan25. Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras, hal ini disebabkan oleh kecuali….a. Kedatangan bangsa asing ke Indonesiac. sejarah penyebaran ras di duniab. Kondisi geograifs Indonesiad. jumlah penduduk yang banyak26. Masyarakat Indonesia cenderung menunjukkan pada kelompok ras……a. Asiatic Mongoloidb. Malayan Mongoloid c. Melanesoidd. Kaukasoid27. Setiap warga Indonesia harus menjunjung tinggi rasa persaudaraan, kekkerabatan, dan persahabatan sehingga tewujudperdamaian. Hal ini sesuai dengan Pancasila yaitu sila……..a. Pertamab. keduac. ketigad. keempat28. Perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa dapat dilaksanakan dengan,kecuali……….a. Menguasai salah satu seni budayac. menyaring budaya asing yang masukb. Bangga terhadap budaya bangsa sendirid. suka meniru gaya barat29. Contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah adalah…….a. Menghargai pendapat temanc. mentaati tata tertib sekolahb. Taat dan patuh terhadap orang lain
Jawaban:
18. b) kekeluargaan
19. b) menghargai pendapat dan pikiran orang lain
20. d) kepentingan umum
21. d) musyawarah mufakat
22. d) adat istiadat
23. c) ikut merayakan hari besar agama lain
24. b) ras
25. d) jumlah penduduk yang banyak
26. b) Malayan Mongoloid
27. b) kedua
28. d) suka meniru gaya barat
29. b) mentaati tata tertib sekolah
Penjelasan:
-semoga membantu-
Jawaban:
18.b
19.b
20.a
21.d
22.b
23.d
24.d
25.c
26.a
27.b
28.b
29.b
Penjelasan:
maaf ya klo slh
6. 1. Hak seorang siswa disekolah adalah…. * A.Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, B.Melengkapi diri dengan keperluan sekolah. C.Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya D.Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid 2. Setiap siswa harus menjaga sarana pendidikan yang ada di sekolah dengan baik. Ketika sarana tidak dijaga dengan baik maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu. Supaya kegiatan belajar berjalan dengan baik maka siswa harus menjalankan….Sebagai siswa dengan penuh taggung jawab. * A.Kewajiban B.Hak C.Sikap D.Norma 3. Keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain disebut… * A.Tanggung jawab Kewajiban B.Hak D.Norma 7. Sikap yang baik terhadap keragaman budaya uang ada di dalam masyarakat adalah… * A.ikut melestarikan budaya yang ada B.Membeda-bedakan antar budaya C.Tidak senang melihat pertunjukan acara adat. D.Menentang kebudayaan dari orang lain. satu hak warga negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ….S * A.Membayar pajak B.Membela tanah air C.Memperoleh pendidikan dan pengajaran D.Mengikuti pendidikan dasar satu hak warga negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ….S * A.Membayar pajak B.Membela tanah air C.Memperoleh pendidikan dan pengajaran D. Mengikuti pendidikan dasar 16. Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan seharihari dapat terwujud jika setiap anggota masyarakat menyadari…. * A. keutamaan hak B. Tugas dan tanggung jawab C. epentingan umum untuk golongan D. Keutamaan kewajiban 17. Salah satu bentuk tanggung jawab warga negara adalah melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila sila keempat dalam kehidupan sehari-hari adalah …. * A. Tidak marah ketika pendapat kita ditolak B. Tidak merusak fasilitas umum C. Mendirikan panti asuhan D. Mengorbankan harta untuk pembangunan jalan Apabila anggota masyarakat tidak Melaksanakan tanggung jawabnya maka …. * A.Kehidupan menjadi rukun dan damai B.Dapat terjadi permasalahan sosial C.Dapat terhindar dari masalah D.Akan menciptakan masyarakat yang adil 19. Orang yang membuang sampah sembarangan adalah orang yang … terhadap lingkungan. * A. Memenuhi haknya B. Memenuhi kewajibannya C. Bertanggung jawab D. Tidak bertanggung jawab 20. Gambar di bawah ini menunjukkan sebuah trotoar di pinggir jalan raya. Trotoar merupakan hak bagi …. * A.Pedagang kaki lima untuk berdagang B.Pengendara sepeda motor C.Pengendara mobil untuk parkir D.Pedestrian untuk berjalan
Jawaban:
1. D
2. A
3. A
7. A
C
16. B
17. A
B
19. D
20. D
7. TOLONG BANTU YA1. Tono berasal dari suku Jawa. Lubis berasal dari suku Batak. Meskipun berbeda asal daerah sikap mereka sebaiknya *a. bertengkarb. tetap rukunc. bermusuhand. saling meng
ejek2. Perhatikan bentuk kerja sama berikut ini !(1) Gotong royong mendirikan pos kamling.(2) Kerja bakti membersihkan halaman sekolah.(3) Kerja sama saat mengerjakan ulangan.(4) Kerja sama untuk berbohong pada guru.Bentuk kerja sama yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan oleh …. *a. (1) dan (2)b. (2) dan (3)c. (2) dan (4)d. (3) dan (4)3. Menerapkan sikap saling menghormati, menghargai, dan menyayangi antara sesama manusia dapat menciptakan …. *a. perpecahanb. perselisihanc. kerukunand. keributan4. Contoh peran serta siswa untuk ikut memperkuat persatuan bangsa Indonesia adalah …. *a. membantu korban bencana alamb. menjadi duta sekolah ke sekolah lainc. mengikuti upacara budaya asing yang masuk ke Indonesiab. membina kerukunan hidupbenderad. ikut serta dalam komponen pertahanan Negara5. Salah satu tindakan yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa adalah …. *a. menyaring budaya asingb. menghargai adat istiadatc. menganggap sukunya lebih tinggi dari suku laind. mempelajari budaya asing yang sesuai6. Pohon beringin merupakan lambang Pancasila sila …. *a. pertamab. keduac. ketigad. keempat7. Tono, Lubis, Ali, dan Melky berasal dari daerah yang berbeda-beda. Sehari-hari mereka berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Mereka juga selalu rukun saat bermain bersama. Sikap yang ditunjukkan oleh mereka merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan …. *a. pertikaianb. persatuanc. permusuhand. pertengkaran8. Apabila kamu berbeda agama dengan temanmu, maka kamu harus …. *a. menghardikb. menghormatic. mengganggud. membentak9. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah …. *a. mengadakan belajar bersamab. menghormati bapak dan ibu guruc. bertengkar dengan temand. bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah10. Cara menjaga keutuhan negara Indonesia adalah dengan menjaga persamaan yang ada. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda adalah …. *a. agamab. bahasa daerahc. warna kulitd. tumpah darah11. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !(1) Menumbuhkan rasa kepedulian.(2) Menimbulkan keributan.(3) Meningkatkan kerukunan.(4) Memicu konflik.Manfaat hidup bersatu di lingkungan keluarga ditunjukkan oleh nomor …. *a. (1) dan (2)b. (1) dan (3)c. (2) dan (3)d. (2) dan (4)12. Berikut ini merupakan contoh perilaku yang menerapkan persatuan dan kesatuan dimasyarakat adalah …. *a. piket membersihkan kelasb. kerja bakti membuat taman sekolahc. gotong royong membangun pos kamlingd. kerja sama membersihkan halaman rumah13. Berikut ini yang bukan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah …. *a. tidak membeda-bedakan temanb. meningkatkan kerukunan antarwargac. menumbuhkan rasa menghargai temand. menciptakan rasa peduli terhadap teman14. Menjaga keutuhan bangsa serta menghindari adanya perpecahan merupakan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan …. *a. keluargab. masyarakatc. bangsa dan negarad. sekolah15. Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui …. *a. pengorbanan jiwa, raga, dan harta seluruh rakyatb. pemberian pemerintah Jepangc. hasil perjuangan para pemimpin terdahulud. perjuangan para pahlawan semata16. Berikut ini yang tidak termasuk kata tanya adalah …. *a. siapab. adapunc. apad. kapan17. Kata tanya untuk menanyakan keadaan tentang suatu hal adalah *a. di manab. bagaimanac. mengapad. kapan18. Sebuah kalimat tanya diakhiri dengan tanda …. *a. (.)b. (!)c. (?)d. (,)19. Fungsi kalimat tanya dalam bahasa Indonesia adalah …. *a. untuk menanyakan sesuatu, baik berupa benda, perbuatan, atau situasib. untuk meminta orang lain melakukan kegiatan sesuai dengan permintaanc. sebagai penjelas dalam sebuah kalimatd. memenuhi unsur dari sebuah kalimat sempurna20. Indra “… sistem bercocok tanam yang baik?”Petani: “Harus mengolah tanah secara baik dan memilih bibit yang berkualitas.”Kata tanya yang tepat diucapkan oleh Indra dalam percakapan tersebut adalah …. *a. Bagaimanab. Apakahc. Mengapad. Di mana21. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri pada pilihan jawaban yang benar pada kalimat efektif adalah ….a. ketegasanb. kecermatanc. kepaduand. ketidaksesuaian22. Keseimbangan antara gagasan dan struktur bahasa yang digunakan disebut juga …. *a. kesejajaranb. kesepadananc. kecermatand. kehematan
Jawaban:
b. tetap rukuna. (1) dan (2)c. kerukunana. membantu korban bencana alamc. menganggap sukunya lebih tinggi dari suku lainc. ketigab. persatuanb. menghormatic. bertengkar dengan temanb. bahasa daerahb. (1) dan (3)c. gotong royong membangun pos kamlingb. meningkatkan kerukunan antarwargab. masyarakatc. hasil perjuangan para pemimpin terdahulub. adapunb. bagaimanac. (?)a. untuk menanyakan sesuatu, baik berupa benda, perbuatan, atau situasia. Bagaimanad. ketidaksesuaianc. kecermatan
Penjelasan:
THANK YOU
8. Hak yang susuai dengan kodrat manusia sebagai insan merdeka yang berakal budi dan berperi kemanusiaan di sebut … *5 poinHak alamiahHak merdekaHak kebangsaanHak asasiHak kejujuranSalah satu ciri-ciri hak asasi manusia adalah … *5 poinKepribadiannyaHakikinyaKodratnyaKewajibannyaKerja bakti dan bergotongroyong bersama-sama dengan anggota masyarakat merupakan bentuk … *5 poinPartisipasi masyarakatPerwujudan kewajiban asasi manusiaTanggungjawab bersamaCiri khas bangsa IndonesiaNilai kemanusiaanMenjamin hak kemerdekaan untuk memeluk agama, melaksanakan ibadah, dan kewajiban untuk menghormati perbedaan agama dapat dijabarkan … *5 poinSila kedua pancasilaSila pertama dalam pancasilaSila keempat pancasilaSila kelima pancasilaSila ketiga pancasilaMengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban antara sesama manusia dapat diwujudkan dalam pancasila … *5 poinSila ketigaSila pertamaSila keduaSila kelimaSila keempatPenyebab pelanggaran hak asasi manusia disebabkan oleh faktor-faktor berikut … *5 poinFaktor kesengajaanFaktor kebiasaanFaktor kebebasanFaktor keturunanFaktor internal dan eksternalPenyelesaian kasus pelanggaran HAM yang tidak tuntas akan menjadi pemicu bagi munculnya kasus-kasus lain merupakan … *5 poinKetidaktegasan aparat penegak hukumPenghianatan bangsaSangat bertentangan dengan pancasilaPelanggaran HAMPelanggaran UUD 1945Dorongan untuk melakukan pelanggaran HAM yang berasal dari diri perilaku pelanggaran HAM adalah … *5 poinFaktor internalFaktor eksternalFaktor kemauanFaktor keturunanFaktor kepribadianKemajuan teknologi yang tidak sesuai aturan menyebabkan timbulnya pelanggaran HAM misalnya dalam bidang produksi dapat menimbulkan dampak negatif , contohnya … *5 poinPencemaran lingkunganPencemaran udaraPencemaran hama baikPencemaran tanahPencemaran airPemerintah indonesia dalam proses penegakkan HAM telah melakukan langkah-langkah diantaranya … *5 poinPembentukan pancasilaPembentukan instrumen HAMPembentukan UUDPembentukan HAMPembentukan hukumPerilaku yang dapat ditampilkan sebagai bentuk upaya untuk mengharmonisasikan hak dan kewajiban asasi manusia dalam lingkungan sekolah adalah … *5 poinSaling menegur satu sama lainMenghormati guruMenghargai pendapat temanTidak memaksakan kehendakMenghormati teman sekolahKata Demokrasi berasal dari dua kata dalam bahasa yunani yaitu Demos yang berarti Rakyat dan Kratos/crateinys berarti Pemerintah. Sehingga Dekokrasi dapat diartikan … *5 poinPemerintah demokrasiPemerintah rakyatPemerintah parlementerPemerintah yang berdaulatPemerintah persidensilDalam pilar demokrasi ada tiga kekuasan yaitu, Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif disebut dengan prinsip … *5 poinGotong royongDemokrasiTrias politica idiologiUUD dasarMenurut cara penyaluran kehendak rakyat demokrasi dapat dibedakan kedalam dua bentuk yaitu … *5 poinDemokrasi langsung dan tidak langsungDemokrasi langsung dan terpimpinDemokrasi parlementer dan
langsungDemokrasi langsung dan persidensilParlementer dan persidensil
Jawaban:
demokrasi langsung dan terpimpin
Penjelasan:
semoga membantu maaf kalau salah
9. 20. Hidup bersama-sama orang lain tidak boleh memaksakan kehendak pribadi, tetapi harus berdasarkan pada…….a. kebiasaan yang adab. kehendak pemimpinc. kepentingan harga dirid. kepentingan umum21. Dalam merumuskan atau menyelesaikan suatu permasalahan bangsa Indonesia menggunakan cara……a. pawaib. kampanyec. demonstrasid. musyawarah mufakat22. Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa yang satu dengan yang lain adalah kecuali……..a. Agama mayc..tasb. bahasa daerahc. keseniand. adat istiadat23. Bentuk perilaku kehidupan dalam keberagaman agama dapat diwujudkan seperti berikut kecuali…..a. Menghormati agama orang lainb. Tetap berteman meski berbeda agamac. Ikut merayakan hari besar agama laind. Tidak memaksakan keyakinannnya kepada orang lain24. Golongan bangsa yang berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan disebut..a. etnikb. rasc. sukud.. antargolongan25. Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras, hal ini disebabkan oleh kecuali………a. Kedatangan bangsa asing ke Indonesiac. sejarah penyebaran ras di duniab. Kondisi geograifs Indonesiad. jumlah penduduk yang banyak26. Masyarakat Indonesia cenderung menunjukkan pada kelompok ras..a. Asiatic Mongoloidb. Malayan Mongoloid c. Melanesoidd. Kaukasoid27. Setiap warga Indonesia harus menjunjung tinggi rasa persaudaraan, kekkerabatan, dan persahabatan sehingga tewujudperdamaian. Hal ini sesuai dengan Pancasila yaitu sila…..a. Pertamab. keduac. ketigad. keempat28. Perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa dapat dilaksanakan dengan,kecuali…….a. Menguasai salah satu seni budayac. menyaring budaya asing yang masukb. Bangga terhadap budaya bangsa sendirid. suka meniru gaya barat29. Contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah adalah…….Menghargai pendapat temanc. mentaati tata tertib sekolahb. Taat dan patuh terhadap orang tuad. tidak mengganggu ibadah orang lain30. Sebagai siswa harus dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara…..a. menyerang neagra penjajahc. melawan negara lainb. menghancurkan negara laind. belajar dengan tekun31. Bentuk kerjasama dapat bersifat materil, seperti di bawah ini kecuali……a. Mengumpulkan danac. menyumbangkan bahan makananb. Memberikan pakaiand. menjadi tenaga sukarelawan32. Kerjasama dalam C Gang ekonomi dapat diwujudkan dengan………a. Menjadi anggota koperasic. menjadi kader bela negarad. membuka usaha kecilb.Membuat CV
Jawaban:
20. d) kepentingan umum
21. d) musyawarah mufakat
22. d) adat istiadat
23. c) ikut merayakan hari besar agama lain
24. b) ras
25. d) jumlah penduduk yang banyak
26. b) Malayan Mongoloid
27. b) kedua
28. d) suka meniru gaya barat
29. b) mentaati tata tertib sekolah
30. d) belajar dengan tekun
31. d) menjadi tenaga sukarelawan
32. a) menjadi anggota koperasi
Penjelasan:
-semoga membantu-
10. 3. Cara menjaga keutuhan negara Indonesia adalah dengan menjaga persamaan yang ada. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda adalah …. a. Agamab. Bahasa daerahc. Warna kulitd. Bangsa Indonesia4. Sejak dahulu ada pihak yang tidak suka dengan kekayaan alam, keragaman dan persatuan Indonesia. Oleh karena itu mereka berusaha sekuat tenaga agar Indonesia hancur yaitu dengan cara mengadu domba rakyat Indonesia. Dibawah ini merupakan tindakan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia adalah… a. Berbagi makanan kepada orang yang membutuhkanb. Tidak mengganggu ibadah yang dilakukan oleh agama lainc. Menghina suku, ras dan kebudayaan orang laind. Ikut menjaga keamanan di lingkungan sekitar rumah5. Menghina teman yang berkulit hitam (bullying) merupakan sikap… a. Tidak terpujib. Terpujic. Muliad. Toleransi6. Sikap yang menunjukkan pengamalan sila pertama adalah… a. Membuang sampah di selokanb. Melakukan penebangan hutan secara ilegalc. Merawat tumbuhan seperti merawat diri sendirid. Memetik bunga sembarangan7. Aura, Amira, Putri, Sagita, dan Solihah berasal dari daerah yang berbeda-beda. Sehari-hari mereka berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Mereka juga selalu rukun saat bermain bersama. Sikap yang ditunjukkan oleh mereka merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan… a. pertikaianb. persatuanc. permusuhand. pertengkaaran8. Hormat kepada guru merupakan sikap mengamalkan pancasila sila ke… a. Duab. Satuc. Empatd. Tiga9. Makna dari semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” adalah …. a. perbedaan menjadikan bangsa lebih berpisah-pisahb. mensyukuri perbedaan yang ada di pulau Jawac. keragaman adat yang dimiliki masyarakat Indonesiad. walaupun berbeda-beda tetapi tetap bersatu10. Menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan merupakan sikap mengamalkan pancasila sila ke… a. Satub. Duac. Tigad. Empat11. Tindakan yang mencerminkan pengamalan sila ketiga adalah… a. Memanfaatkan sumber daya alamb. Mengikuti ronda malam di lingkungan sekitarc. Tercukupinya kebutuhan air bersihd. Menikmati udara yang segar12. Pemberian sanksi terhadap pelanggaran di masyarakat bertujuan menumbuhkan sikap… a. Empatib. Pedulic. Disiplind. Ramah13. Salah satu manfaat kerjasama dalam keberagaman adalah… a. Terjadi persatuan dan kesatuanb. Pekerjaan cepat selesaic. Terpecah belahd. Hidup masa bodo14. Agama Islam merupakan agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Kita sebagai masyarakat yang beragama Islam harus menjunjung tinggi toleransi yaitu dengan cara… a. Ikut beribadah bersama merekab. Memasang bom di tempat ibadah agama lainc. Tidak mengganggu ibadah orang yang berbeda agamad. Menghina keyakinan dan kepercayaan orang lain15. Sikap terhadap adanya keberagaman antar anggota keluarga adalah… a. Acuh tak acuhb. Mencari tahuc. Membencid. Menghargai16. Alasan dari perlunya keterbukaan sesama anggota keluarga adalah …. a. Agar tercipta kerukunan dalam keluargab. Agar keluarga merasa amanc. Agar keluarga hidup bersihd. Agar tercipta perselisihan dalam keluarga17. Salah satu contoh sikap saling menghargai perbedaan terhadap masyarakat adalah… a. Berteman dengan yang pintar sajab. Berteman tanpa membeda-bedakanc. Tidak mau berteman dengan siapa pund. Berteman dengan yang memiliki kesamaan hobi18. Sikap menghargai dan menghormati perasaan orang lain disebut… a. Toleransib. Kasih sayangc. Bekerja samad. Tenggang rasa19. Keragaman suku, agama, budaya dan ras masyarakat Indonesia pada hakikatnya bisa untuk dijadikan sebagai… a. Alat pemisah golonganb. Pembeda di masyarakatc. Alat pemersatu bangsad. Penguatan antar suku20. Sikap yang menunjukkan cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah… a. Menghormati teman yang sedang beribadahb. Membeda-bedakan teman yang berbeda sukuc. Tidak mendengarkan teman yang sedang menyampaikan pendapatd. Meninggalkan budaya sendiri dan mempelajari budaya negara lain21. Kerjasama yang tidak boleh dilakukan di lingkungan sekolah adalah… a. Mengerjakan ulangan bersamab. Membersihkan kelasc. Membuat majalah dindingd. Menghias kelas22. Kehidupan manusia akan berjalan dengan baik apabila setiap manusia menerapkan prinsip… a. Hidup modernb. Mencari kekayaanc. Mementingkan diri sendirid. Saling menghargai dan bekerja sama23. Perbedaan suku dapat menjadi pemicu konflik apabila kita tidak menerapkan sikap… a. Bekerjasama dan membeda-bedakan temanb. Tenggang rasa dan toleransic. Tanggung jawab dan tidak menghargaid. Menghargai da
n memusuhi teman24. Keragaman budaya bangsa sebaiknya… a. Dipermasalahkan karena dapat menimbulkan pertikaianb. Dibina sebagai modal dasar pembangunan bangsac. Diseragamkan agar tercipta kedamaiand. Dihapus karena menghambat kemajuan25. Pemilihan ketua kelas dengan cara bermusyawarah merupakan pengamalan pancasila sila ke… a. Satub. Duac. Tigad. Empattolong jangan ngasal, ngasal RAPORT !!!!!
Jawaban:
3. (D) Bangsa Indonesia
4. (C) Menghina suku, ras dan kebudayaan orang lain
5. (A) Tidak terpuji
6. (C) Merawat tumbuhan seperti merawat diri sendiri
7. (C) Persatuan
8. (A) Dua
9. (D) Walaupun berbeda-beda tetapi tetap bersatu
10. (B) Sila kedua
11. (B) Mengikuti ronda malam di linkungan sekitar
12. (C) Disiplin
13. (A) Terjadi persatuan dan kesatuan
14. (C) Tidak menganggu di ibadah orang
15. (D) Menghargai
16. (A) Agar tercipta kerukunan dalam keluarga
17. (B) Berteman dengan siapa pun
18. (D) Tenggang rasa
19. (C) Alat pemersatu bangsa
20. (A) Menghormati teman yang sedang beribadah
21. (A) Mengerjakan ulangan bersama
22. (D) Saling menghargai dan bekerja sama
23. (B) Tenggang rasa dan toleransi
24. (D) Diseregamkan agar tercipta kedamaian
25. (D) Sila keempat
Penjelasan:
Semoga membantu!
11. Korban bencana alan, dllLKS (2):1. Sebutkan 2 aspek yang termuat di dalam alinea pertama pembukaan UUD 1945!2. Sebutkan keempat pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945!3. Sebutkan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila Ke-tiga Persatuan Indonesia!4. Jelaskan hubungan antara Pembukaan UDD 1945 dengan Proklamasi kemerdekaan!5. Sebutkan contoh sikap sebagai perwujudan persatuan dan keastuan bangsa dalam:Lingkungan keluargab. Lingkungan sekolahLingkungan masyarakatd. Lingkungan bangsa dan Negaraa.C.a.6. Sebutkan contoh sikap sebagai perwujudan ketuhanan menurut dasar kemanusian dalam :Lingkungan keluargab. Lingkungan sekolahLingkungan masyrakatd. Lingkungan bangsa dan NegaraC.”Selamat bekerja sem ga suksess.”
Jawaban:
mamatuhi aturan yg ada dlm keluarga
12. 1 2 3 Suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang disebut dengan 4 Keberagaman masyarakat Indonesia terjadi karena kondisi negara kepulauan, ini merupakan tinjauan dari faktor. 5 Suku bangsa disebut juga dengan. 6 Di bawah ini suku yang berasal dari Papua yaitu 7 Suku Bugis dan Suku Manado berasal dari daerah… 8 Ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan yang lainnya antara lain… 9 Walaupun bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman sku, agama, budaya, ras, dan antar golongan, tetapi hal tersebut tidak menghalangi bangsa indonesia untuk Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia akan bisa terwujud meskipun bangsa Indonesia memiliki keberagaman apabila rasa 10 11 Di bawah ini merupakan agama yang diakui di Indonesia, kecuali… 12 Kitab suci Agama Katholik adalah. 13 Tempat Ibadah Agama Islam yaitu 14 Hari Raya Waishak merupakan hari besar keagamaan umat 15 Kesadaran beragama merupakan perwujudan keyakinan manusia kepada 16 Salah satu sikap menghormati dalam rangka membina kerukunan umat beragama di lingkungan sekolah adalah. 17 Apabila tidak ada rasa saling menghargai dan menghormati antar pemeluk agama maka dampak negatifnya adalah 18 19 Bangsa Indonesia meyakini bahwa kemerdekaan yang diraih selain atas Rahmat Allah Yang Maha Kuasa juga merupakan hasil. Salah satu tujuan kerjasama antara masyarakat Indonesia yaitu untuk 20 Di bawah ini merupakan tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke-4, kecuali… 21 Dalam kehidupan masyarakat Indonesia, istilah “kerjasama” dikenal juga dengan sebutan 22 Sesungguhnya, gotong royong/ kerjasama dalam masyarakat Indonesia merupakan perwujudan pengamalan Pancasila, yaitu sila ke Sila ke empat Pancasila menegaskan kerjasama masyarakat Indonesia dalam bidang. 23 24 Dengan adanya pajak, koperasi, transaksi jual beli, hal ini menunjukkan kerjasama masyarakat Indonesia dalam bidang 25 26 Pasal 33 ayat 1 UUD 1945: Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan”. Wujud badan usaha yng sesuai bunyi pasal tersebut adalah. Pasal 30 ayat 1 UUD”Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”. Hal ini menunjukkan kerjasama dalam bidang Salah satu sikap yang dapat ditunjukkan oleh siswa di lingkungan sekolah sebagai wujud dasar bela negara yaitu 27 28 Sikap saling menghormati antar umat beragama untuk menjaga kerukunan merupakan kerjasama 29 30 Salah satu sikap yang bisa dilakukan siswa di sekolah sebagai wujud kerjasama antar umat beragama adalah Sifat yang lebih mendahulukan kepentingan diri sendiri disebut 31 Sifat yang merasa diri sendiri paling benar disebut 32 Perasaan kesukuan yang berlebihan disebut 33 Arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan bagi diri sendiri di bawah ini adalah. 34 Arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan bagi masyarakat di bawah ini, adalah 35 Arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan bagi bangsa dan negara di bawah ini, adalah 36 Di bawah ini merupakan peribahasa atau ungkapan yang sesuai dengan istilah kerjasama yaitu 37 Semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akhirnya terwujud dengan terbentuknya suatu negara yaitu 38 Di bawah ini merupakan contoh kerjasama dalam kehidupan sekolah adalah 39 Di bawah ini merupakan contoh kerjasama dalam kehidupan beragama adalah 40 Di bawah ini merupakan contoh kerjasama dalam kehidupan masyarakat adalah 41 Di bawah ini merupakan contoh kerjasama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah 42 Di bawah ini merupakan contoh kerjasama dalam kehidupan ekonomi adalah. 43 Bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa asing di bawah ini, kecuali. 44 Yang paling lama menjajah negara Indonesia adalah bangsa 45 Drs. Moh. Hatta dan Ir. Sukarno disembunyikan oleh para pemuda ke daerah 46 Yang membacakan naskah Proklamasi 17 Agustus 1945 adalah. 47 Yang mengetik naskah Proklamasi adalah 48 Naskah Proklamasi di bacakan oleh Ir. Sukano tepatnya di 49 Yang menandatangani naskah Proklamasi adalah. 50 Proklamasi merupakan pernyataan bahwa hukum kolonial diganti hukum nasional merupakan makna proklamasi dari aspek 51 Di bawah ini merupakan salah satu upaya seorang siswa dalam upaya mempertahankan NKRI di lingkungan sekolah adalah 52 Di bawah ini merupakan salah satu upaya mempertahankan NKRI dalam lingkungan masyarakat adalah 53
Jawaban:
kita sebagai warga negara kita harus berfikir positif dalam segala hal dan saling mendukung dalam bentuk apapun itu yang setara dengan satu atau beberapa sekutu
13. Pernyataan di bawah ini yang bukan penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 adalah… *Membubarkan DPR hasil Pemilu 1955MPRS diangkat dan diberhentikan PresidenMelaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan rakyatPresiden Soekarno ditetapkan sebagai presiden seumur hidup2. Visi utama Pemerintahan Orde Baru tertera di bawah ini …. *Mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri.Menjalin persahabatan dengan negara di duniaMenumpas setiap gerakan yang mau mengganti ideologi PancasilaMelaksanakan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 secara murni dan konsekuen3. Presiden pengotrol utama lembaga negara. Kebebasan berpolitik di batasi Kebebasan pers d
an kebebasan berpendapat di batasi. Muncul beberapa peristiwa pelanggaran hak asasi manusia. Pernyataan di atas adalah keadaan yang terjadi pada masa….Awal KemerdekaanOrde Lama.Orde Baru.Masa Reformasi.4. Penyelenggaraan Pemilihan Umum secara lansung umum bebas rahasia jujur dan adil ( luberjurdil ) adalah upaya pemerintah mewujudkan nilai Pancasila dalam aspek …. *Politik.Ekonomi.SosialBudaya5. Menghargai karya orang lain , tidak memaksakan kehendak , mematuhi tata tertib. Pernyataan ini adalah upaya mewujudkan nilai Pancasila di lingkungan…. *Keluarga.Masyarakat.SekolahBangsa6.Pancasila merupakan gagasan atau ide – ide yang dijadikan sebagai pedoman atau arah dalam mencapai cita-cita bangsa. Dengan demikian Pancasila adalah sebagai …. *Dasar negaraIdeologi Negara.Pengamalan hidupSumber Hukum7. Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung tiga nilai diantaranya nilai instrumental. Nilai instrumental adalah bahwa penjabaran nilai dasar ideologi berupa …. *Tujuan yang nyata.Program pembangunanPeraturan perundanganRancangan berkesinambungan8. Setiap bangsa mempunyai hak mutlak untuk merdeka . Hai ini adalah makna yang terkandung di dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 alinea …. *12349. Indonesia mengakui percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berlaku adil terhadap setiap manusia. Hal ini adalh makna yang terkandung pada pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 alinea …. *123410. Upaya bangsa Indonesia (Pemerintah) dalam melaksanakan tujuan negara ” mencerdaskan kehidupan bangsa ” diantaranya adalah …. *Membangun sekolah dan fasilitasnya.Membuka lapangan pekerjaanMembentuk UU dan lembaga penegak hukumMemberi jaminan kesehatan11. Konflik antar suku di beberapa daerah , tawuran antar pelajar dan tindak kekerasan sebagai tanda menurunnya …. *Kepedulian pada diri sendiri.Pemahaman sejarah.Persatuan dan kesatuan.Pengawasan pemerintah12.Koperasi merupakan salah satu perwujudan nilai nilai Pancasila di bidang …. *PolitikEkonomiSosialBudaya13. Perwujudan sila Pancasila dalam bidang pertahanan dan keamanan diatur dalam UUD NRI Tahun 1945. Yang menyatakan bahwa ” Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.” Hal ini diatur dalam pasal…. *3031323314. Bangsa Indonesia meyakini bahwa tercapainya kemerdekaan bangsa Indonesia bukan semata-mata hasil usaha manusia melainkan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini merupakan makna yang terkandung dalam alinea pembukaan UUD NRI Tahun1945 yang …. *PertamaKeduaKetigaKeempat15. Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan. Pernyataan ini adalah isi pokok pikiran pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang …. *PertamaKeduaKetigaKeempat16. Membayar pajak terpat waktu , membiasakan mengantri di tempat umum, menerapkan hukum secara adil merupakan perwujudan pokok pikiran keadilan sosial di lingkungan …. *KeluargaMasyarakatSekolahBangsa dan Negara17. Ikut serta memilih RT/RW, Kepala Desa, Kepala Daerah, dan Anggota Legislatif merupakan perwujudan sikap positif terhadap pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 …. *PersatuanKeadilan SosialKedaultan RakyatKetuhanan18. Pokok pikiran yg terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dijabarkan dalam pasal-pasalnya. Pokok pikiran Ketuhanan menurut Dasar Kemanusiaan dijabarkan dalam pasal …. *2728293019. Demokrasi tidak berlandaskan Pancasila tetapi pada kekuasaan Presiden Soekarno. Demokrasi pada masa itu disebut …. *LiberalReformasiTerbukaTerpimpin20. Penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa menghadapi berbagai masalah. Ada upaya mau mengganti Pancasila, upaya itu dapat dilihat dari munculnya pemberontakan . Pemberontakan yang bertujuan mengganti Pancasila adalah …. *Pemberontakan tentara PETAPemberontakan PKIPemberontakan PRRI / PERMESTAPemberontakan Aceh merdeka
Jawaban:
1.melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat
14. 1. Jelaskan empat perwujudan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah!Jawab:2. Jelaskan tahapan proklamasi kemerdekaan dalam tahap-tahap pembinaan persatuanbangsa Indonesia!Jawab:Jelaskan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia!Jawab:4. Sebutkan makna persatuan dan kesatuan!Jawab:5. Sebutkan landasan ideal dalam Pancasila sila ke-3!Jawab:
Jawaban:
1 jangan bertengkar dan membully yang lemah .
cuma itu aja yang gue bisa jawab sorry misalnya salah
Jawaban:
1. Menghargai pendapat teman,tidak membedakan teman,patuh pada perintah guru, menghargai hasil karya teman.
2. Menjelaskan pernyataan kemerdekaan dan tindakan-tindakan setelah proklamasi.
3. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan,maka bangsa Indonesia akan mudah terpecah belah.
4. Persatuan dan kesatuan merupakan perwujudan dari paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi paham perseorangan.
15. 1. Jelaskan empat perwujudan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah!Jawab:Jelaskan tahapan proklamasi kemerdekaan dalam tahap-tahap pembinaan persatuanbangsa Indonesia!Jawab:3. Jelaskan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia!Jawab:4. Sebutkan makna persatuan dan kesatuan!Jawab:Sebutkan landasan ideal dalam Pancasila sila ke-3!Jawab:
Jawaban:
1. menoleransi agama yang ada
2. proklamasi di ucapkan pertama kali oleh ir.soekarno, dan beliau pencetus saat mengumumkan kemerdekaan indonesia di monas.
3. persatuan dan kesatuan sangat penting bagi kehidupan pada bangsa ini, jika tak ada persatuan dan kesatuan maka negara kita sudah hancur dan banyak yang referendum(pisah negara)
4.makna nya supaya tidak terpecah belah dan kita bisa menjaga NKRI
5. pancasila adalah ideologi bangsa indonesia karena kandungan dalam pancasila mencerminkan kepribadian masyarakatnya.
16. 1.mengapa kerjasama diperlukan dalam kehidupan manusia?2.apa yang dimaksud dengan sambatan!3.jelaskan arti penting semangat persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara!4.jelaskan prinsip sila ke empat Pancasila dalam bidang kerjasama politik dan sosial!5.apa tujuan kerjasama ekonomi internasional dilakukan bangsa Indonesia?6.mengapa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk merdeka dapat terwujud saat itu?7.sebutkan sikap yang perlu dihindari dalam mengembangkan kerjasama di berbagai bidang kehidupan masyarakat?8.apa yang dimaksud dengan sikap fanatik sempit!9.sebutkan manfaat dari kerjasama!10.sebutkan bentuk kerjasama di lingkungan sekolah!
Jawaban:
1.supaya pekerjaan manusia menjadi lebih mudah
2.sambatan adalah istilah yang biasa digunakan masyarakat desa untuk mendirikan atau memperbaiki rumah warga secara gotong royong
3.mengembangkan sikap tegang rasa dan saling semangati dalam hidup bermasyarakat dan memperkuat persatuan tali silaturahmi
4.mengambil keputusan bersama agar tidak terjadinya bermusuhan
5.agar menguat tali silaturahmi dan pekerjaan negara menjadi lebih mudah
6.supaya negara Indonesia tidak diambil oleh bangsa lain
7.tidakmengambil keputusan yang berbeda,tidak terjadi nya tawuran antar warga
8.sikap fanitik sempit adalah secara sederhana dapat dimaknai sebagai pandangan
9.mendapat hasil bersama,merasa senang karena bekerja sama
10.gotong royong membersihkan lingkungan sekolah, bekerja sama mengerjaka
n tugas kelompok, bekerja sama untuk menjaga lingkungan sekolah
semoga bermanfaat dan jawaban ini yang terbaik bagi kalian dan jangan lupa like
17. Jelaskan karakteristik pemerintahan Indonesia setelah dilakukan perubahan UUD negara republikIndonesia tahun 1945!JawabJelaskan pentingnya keberadaan pemerintah daerah dalam proses penyelenggaraan pemerintahanrepublik Indonesia!JawabJelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara!Jawab:Jelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa!Jawab:Jelaskan arti penting pandangan hidup bagi bangsa Indonesia!Jawab:Sebutkan asas-asas umum pemerintahan yang baik berdasarkan UU No. 28 Tahun 19991awababarkan pengertian penyelenggara negara dalam Pasal 1 Ayat 1 UU Nomor 28 Tahun 1999awabelaskan pengertian good governance menurut pengertian World Bankawabebutkan empat perwujudan sila Persatuan Indonesia di lingkungan sekolah!wab
Jawaban:
bermain dengan rukun tidak mengejek teman menoling yeman yg membutuhkan bantuan
18. 1. Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk atau lahir pada ….. a. 6 Agustus 1945 b. 9 Agustus 1945 c. 14 Agustus 1945 d. 17 Agustus 1945 2. Proklamasi menyatakan bahwa bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat dan mempunyai kedudukan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Hal tersebut merupakan makna proklamasi yang dilihat dari aspek …. a. Politis b. Hukum c. Sosiologis d. Kultural 3. Proklamasi merupakan titik akhir sejarah penjajahan di bumi Indonesia sekaligus menjadi titik awal Indonesia sebagai negara yang merdeka bebas dari penjajahan bangsa lain. Hal tersebut merupakan makna proklamasi yang dilihat dari aspek …. a. Hukum b. Historis c. Sosiologis d. Politis 4. Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengatur persatuan dan kesatuan dalam beberapa ketentuan, yaitu sebagai berikut kecuali ….. a. Sila ke-3 Pancasila b. Pembukaan UUD 1945 alinea IV c. Pasal 1 ayat (1) UUD 1945 d. Pasal 1 ayat (2) UUD 1945 5. Suatu bentuk negara tunggal yang hanya mempunyai satu bentuk pemerintahan pusat yang mengatur seluruh wilayah atau daerah dan tidak ada wilayah atau daerah yang bersifat seperti negara disebut ….. a. Negara federal b. Negara serikat c. Negara kesatuan d. Negara protektorat 6. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal tersebut ditegaskan dalam UUD 1945 yaitu pasal ….. a. 1 ayat (1) b. 1 ayat (2) c. 2 ayat (1) d. 2 ayat (2) 7. Berikut ini daerah di Indonesia yang tidak menyandang status otonomi khusus atau istimewa, yaitu ….. a. Nanggroe Aceh Darussalam b. DKI Jakarta c. Jawa Barat d. Papua Barat 8. Kepala daerah tingkat Kabupaten dipimpin oleh ….. a. Walikota b. Bupati c. Gubernur d. Camat 9. Yang bukan merupakan kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat yaitu ….. a. Bersama tetangga membicarakan kejelekan orang b. Kerja bakti memperbaiki jalan yang rusak c. Bergotong royong membersihkan lingkungan d. Membantu tetangga yang sedang ada hajatan 10. Di bawah ini yang merupakan bentuk partisipasi pelajar dalam menjaga keutuhan NKRI yaitu ….. a. Menjauhi teman yang nakal b. Menaati tata tertib sekolah c. Bekerja sama dalam mengerjakan ulangan d. Membantu teman agar dipuji guru 11. Salah satu contoh sikap yang mencerminkan cinta NKRI yaitu ….. a. Memilih teman hanya dari satu daerah saja b. Mengejek budaya daerah lain c. Berkelahi dengan teman yang berbeda suku d. Berteman dengan orang dari daerah manapun 12. Bentuk negara kesatuan dimana segala sesuatu dalam negara tersebut diatur langsung dan diurus pemerintah pusat sedangkan daerah – daerah tinggal melaksanakannnya adalah bentuk negara kesatuan dengan sistem …. a. Desentralisasi b. Otonomi c. Demokrasi d. Sentralisasi 13. Berdasatkan pasal 18 ayat (1) UUD 1945 Amandemen, negara kesatuan yang dianut adalah negara kesatuan dengan sistem ….. a. Sentralisasi b. Terpusat c. Desentralisasi d. Kesatuan 14. Tujuan pembentukan negara indonesia sejalan dengan cita-cita negara kesatuan republik indonesia yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945 alinea.. a. Pertama b. Kedua c. Ketiga d. Keempat 15. Berikut ini yang bukan termasuk peran daerah dalam negara kesatuan Republik Indonesia adalah.. a. Memajukan bangsa melalui inovasi dan kreativitas aparatur sipil negara di daerah b. Membantu pemerintahan pusat dalam menjalankan urusan politik dan keamanan dalam negeri c. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidanh kesehatan, pendidikan dan pendapatan masyarakat d. Mempertahankan bentuk dan keutuhan negara kesatuanrepublik indonesia 16. Salah satu bentuk komitmen warga negara terhadap keutuhan NKRI adalah…. a. Membayar pajak bumi dan bangunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku b. Hanya mematuhi peraturan bila diperlukan c. Lebih mementingkan kepentingan suku, golongan dan ras sendiri d. Sikap acuh terhadap situasi yang berkaitan dengan keamanan 17. Upaya mempertahankan NKRI dilingkungan sekolah dapat dilakukan melalui sikap.. a. Menjaga kelestarian alam indonesia b. Berperan aktif dalam kegiatan pramuka dan pmr c. Berpastisipasi dalam siskamling d. Ikut bergotong royong dalam masyarakat 18. Kepala daerah tingkat satu disebut… a. Bupati b. Presiden c. Gubernur d.Walikota 19. Contoh sikap menjaga persatuan dan kesatuan dilingkungan sekolah adalah… a. Memilih milih teman b. Berteman dengan siapa saja tanpa memandang SARA c. Berteman karena memiliki kepentingan tertentu d. Berteman dengan sedaerah saja 20. Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi Indonesia dikarenakan indonesia merupakan .. a. Negara sekuler yang memisahkan urusan agama dan negara b. Negara hukum c. Negara berkembang d. Negara majemuk yang terdiri dari berbagai suku, ras , agama dan lain lain
Jawaban:
1).D
2).A
3).A
4).D
5).C
7).C
8).B
9).A
10).B
11).D
12).D
13).C
14).D
15).B
16).A
17).B
18).C
19).B
20).D
19. 10. Contoh sikap yang dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa adalah …. *4 poinsuka meremehkantidak memiliki empatimemaksakan kehendakmenjaga kerukunan11. Peristiwa yang menjadi tonggak adanya persatuan dan kesatuan dengan mengesampingkan segala macam perbedaan adalah…. *4 poinSumpah PemudaProklamasi KemerdekaanDekrit PresidenRengasdengklok12. Contoh peran serta siswa untuk ikut memperkuat persatuan bangsa Indonesia adalah… *4 poinmembantu korban bencana alammenjadi duta sekolah ke sekolah lainmengikuti upacara benderaikut serta dalam komponen pertahanan negara13. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah …. *4 poinmengadakan belajar bersamamenghormati Bapak dan Ibu gurubertengkar dengan temanbersama-sama membersihkan lingkungan sekolah14. Bersatu dalam keragaman merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam sila Pancasila. Lambang yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah… *4 poinabcd15. Gambar di bawah ini menunjukkan contoh pengamalan salah satu nilai pancasila yang harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu…. *4 poinGambar Tanpa Teksgotong royong di sekolahgotong royong di masyarakatgotong royong di rumahgotong royong dengan tetangga16. Perilaku seperti gambar di bawah ini mencerminkan perwujudan … di sekolah. *4 poinGambar Tanp
a Tekspersatuan dan kesatuanhidup bergotong-royongpersaudaraanhidup toleransi17. Kegiatan berikut yang dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat adalah…. *4 poinmelakukan kegiatan yang dapat mengharumkan nama bangsasuka bergotong royong menjaga kebersihan lingkunganmembeli hasil produksi dalam negeriberani membela kebenaran dan keadilan18. Contoh perbuatan meneladani sikap pahlawan membina persatuan dan kesatuan saat di sekolah adalah …. *4 poinmengerjakan soal ujian bersama-samamembantu teman mengerjakan soal ulangan harianmembersihkan lingkungan sekolah bersama-samabersama-sama memperbaiki jembatan19. Yang dimaksud dengan hak adalah …. *4 poinsesuatu yang harus kita ikutisesuatu yang harus kita hindarisesuatu yang harus kita laksanakansesuatu yang harus kita peroleh atau rasakan20. Perhatikan gambar di bawah ini! Hal yang patut kita lakukan adalah…. *4 poinGambar Tanpa Teksmelihat sajamembersihkanmembiarkanlapor polisi21. Kesadaran manusia untuk menanggung sesuatu akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja disebut…. *4 pointanggung jawabpengorbanankesadarankewajiban22. Contoh kewajiban manusia terhadap dirinya sendiri adalah ….4 poinmenjaga kebersihan diri seperti menggosok gigimengenakan pakaian yang mahal-mahalberbicara sopan santun kepada orang lainmerapikan kamar tidur sendiri23. Di bawah ini yang bukan merupakan kewajiban anak dalam lingkungan keluarga adalah…. *4 poinmelaksanakan tugas sebagai anggota keluargamendapatkan kesempatan pendidikan dan pengajaranMembantu pekerjaan orang tua di rumahberpamitan dengan orang tua ketika akan pergi ke sekolah24. Di bawah ini yang merupakan hak yang kita terima di lingkungan keluarga adalah ….4 poinBekerja untuk mendapatkan penghasilanmembantu ibu membersihkan rumahmendapatkan rasa aman dan kasih sayangbelajar bersama dengan keluarga25. Gambar di bawah ini merupakan contoh tanggung jawab di lingkungan… *4 poinGambar Tanpa Teksmasyarakatrumahsekolahrukun tetangga
Jawaban:
10. D. menjaga kerukunan
11. B. proklamasi kemerdekaan
12. C. mengikuti upacara bendera
13. C. bertengkar dengan teman
14. Persatuan indonesia lambang:pohon beringin
15. B. gotong royong di masyarakat
16. A. persatuan dan kesatuan
17. B. suka bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan
18. C. membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
19. D.sesuatu yang harus kita peroleh atau rasakan
20. B. membersihkan
21. A. tangung jawab
22. D. merapikankamar tidur sendiri
23. B. mendapatkan kesempatan pendidikan dan pengajaran
24. C. mendapatkan rasa aman dan kasih sayang
25. B. MASYRAKAT
Penjelasan:
MOHON MAAF KALAU SALAH YANG GAMBAR TANPA TEKS YA
20. 1. Sikap dan tindakan menjaga persatuandan kesatuan di berbagai lingkungan6. Berikut beberapa wujud perilaku kerjamenggambarkan pengamalan Pancasilasama di lingkungan masyarakat,sila ….kecuali ….a. pertamaa. acuh tak acuh kepada sesamab. keduab. gotong royongc. ketigac. menjenguk tetangga yang sakitd. ronda malamd. keempat7. Berikut manfaat menjaga persatuan dan2. Contoh sikap yang menggambarkan kesatuan, kecuali ….sikap persatuan dan kesatuan di sekolah a, membentuk pribadi yang lebih baikadalah ….b. kurangnya tenggang rasaa. mengikuti upacara setiap hari Senin c. hidup menjadi damaib. menyirami bunga di sekolahd. adanya sikap menolongc. memberi contoh jawaban ke teman 8. Modal utama dalam mencapai masyarakatd. tidak mengikuti jadwal piketsejahtera adalah ….3. Berikut sikap yang harus dikembangkan a. rasa pedulidengan adanya perbedaan, kecuali …. b. persatuan dalam keberagamana. toleransic. saling mencemoohb. menghargaid. berteman dengan sesama ras sajac. menghormati9. Berikut contoh hidup rukun di sekolah,d. memusuhikecuali …4. Dalam kegiatan gotong royong terkandung a. bermain bersama temannilai-nilai berikut, kecuali …..b. memilih berteman dengan orangtertentua, kebersamaanc. tidak berkelahib. persatuand. saling membantuc. pertentangan10. Berikut contoh sikap yang menunjukkand. tolong-menolongpersatuan dan kesatuan bangsa5. Bunyi sila Pancasila yang menyatakanIndonesia, kecuali ….kerukunan dalam perbedaan di Indonesiaa. adanya rasa kebersamaan dalamadalah ….menghadapi permasalahana. Ketuhanan Yang Maha Esab. menolong orang lain yang sedangb. Kemanusiaan yang Adil danmengalami kesusahanBeradabc. toleransi ketika orang lain menjalankanc. Persatuan Indonesiaibadahd. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyatd. bersikap tidak peduli kepada orangIndonesiayang tidak dikenal5 lagi kak1. apakah lambang sila ketiga Pancasila?2. apakah yang dimaksud dengan kerukunan dalam perbedaan?3. sebutkan manfaat hidup hidup rukun dalam perbedaan!4. sebutkan tiga makna penting persatuan dan kesatuan!5. apakah maksud semboyan “bersatu kita teguh”?tolong dijawab y kkak² brainly mau dikumpulin jam 13.30
Jawaban:
ga tau kok tanya saya tidak tahu apa itu pulsa elektrik termurah di Eropa era revolusi eyeliner adalah alat untuk