Sebutkan Perbedaan Antara Wilayah Fungsional Dan Wilayah Formal

Fatih.co.id

Sebutkan Perbedaan Antara Wilayah Fungsional Dan Wilayah Formal
Sebutkan Perbedaan Antara Wilayah Fungsional Dan Wilayah Formal

apa perbedaan antara wilayah formal dan perwilayahan formal dan wilayah fungsional dan perwilayahan fungsional?

Daftar Isi

1. apa perbedaan antara wilayah formal dan perwilayahan formal dan wilayah fungsional dan perwilayahan fungsional?

Wilayah adalah istilah dari perwilayahan, tidak ada yang beda. Yang membedakan adalah wilayah formal dan fungsional. Wilayah fungsional adalah wilayah yang berpengaruh pada daerah sekitar dan terfokus pada aktivitas manusia, sedangkan wilayah formal adalah wilayah yang didasarkan keseragaman kenampakkan alam, etnis, bahasa dan suku

2. Sebutkan perbedaan wilayah fungsional dan wilayah formal

Jawaban:

Wilayah Formal: Wilayah formal adalah wilayah yang dicirikan berdasarkan keseeragaman dan homogenitas tertentu atau sering disebut wilayah seragam.

Wilayah Fungsional: Wilayah fungsional adalah wilayah yang dicirikan oleh adanya kegiatan yang saling berhubungan antara beberapa pusat kegiatan secara fungsional

3. Sebutkan perbedaan antara wilayah formal dengan wilayah fungsional

Wilayah Formal
Statis, Seragam, Memiliki Wil. Inti

Wilayah Fungsional
Dinamis, Beragam, Memiliki Wil. Nodal

“Klik Terima Kasih Jika Bermanfaat”
“Jangan Lupa Follow Juga Ya”

4. apa saja perbedaan antara wilayah formal dan wilayah fungsional?

Perbedaan Wilayah Formal dan Wilayah Fungsional

Definisi

• Wilayah Formal: Wilayah formal adalah wilayah yang dicirikan berdasarkan keseeragaman dan homogenitas tertentu atau sering disebut wilayah seragam.

• Wilayah Fungsional: Wilayah fungsional adalah wilayah yang dicirikan oleh adanya kegiatan yang saling berhubungan antara beberapa pusat kegiatan secara fungsional.

semoga bermanfaat

5. jelaskan perbedaan antara wilayah fungsional dan wilayah formal​

Jawaban:

#Wilayah fungsional mempunyai hubungan ketergantungan satu sama lain / interdepensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah formal.

#Wilayah formal bersifat keseragaman / homogenitas, sedangkan wilayah fungsional menekankan kemajemukan / heterogenitas.

6. Sebutkan dan jelaskan perbedaan wilayah formal dan fungsional !

Jawaban:

Wilayah Formal: Wilayah formal adalah wilayah yang dicirikan berdasarkan keseeragaman dan homogenitas tertentu atau sering disebut wilayah seragam. Wilayah Fungsional: Wilayah fungsional adalah wilayah yang dicirikan oleh adanya kegiatan yang saling berhubungan antara beberapa pusat kegiatan secara fungsional.

maaf kalau salah

7. Jelaskan perbedaan antara wilayah fungsional dan wilayah formal

wilayah formal dicirikan dengan adanya sesuatu yang melekat pada manusia dan.alam secara umum. sedangkan wilayah fungsional lebih menekankan pada aspek penggunaan atau perkembangan suatu wilayah.
semoga membantu

8. jelaskan perbedaan perwilayahan formal dan perwilayahan fungsional​

Jawaban:

Perwilayahan formal adalah perwilayahan yang didasarkan atas gejala atau objek yang ada di tempat tersebut atau perwilayahan berdasarkan administrasi pemerintahan. Adapun perwilayahan fungsional adalah wilayah geografis yang memperlihatkan suatu hubungan fungsional tertentu dan interpedensi antar bagian wilayah.

SEMOGA MEMBANTU

MAAF KALO SALAH

Jawaban:

Perwilayahan formal adalah perwilayahan yang didasarkan atas gejala atau objek yang ada di tempat tersebut atau perwilayahan berdasarkan administrasi pemerintahan.

perwilayahan fungsional adalah wilayah geografis yang memperlihatkan suatu hubungan fungsional tertentu dan interpedensi antar bagian wilayah.

Penjelasan:

Maaf kalo salah

9. sebutkan pengertian wilayah!jelaskan perbedaan wilyah formal dan wilayah fungsional​

Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.

Wilayah Formal (Uniform Region)

Wilayah formal adalah suatu wilayah/ kawasan yang dicirikan berdasarkan homogenitas atau keseragaman tertentu, misal kriteria fisik, alam, ataupun kriteria sosial budaya.

Contoh:

– Wilayah pegunungan kapur (karst)

– Wilayah beriklim dingin

– dll

Wilayah Fungsional (Nodal Region)

Wilayah Fungsional adalah suatu kawasan/ wilayah yang dicirikan dengan adanya kegiatan yang saling berhubungan dengan beberapa pusat kegiatan lain secara fungsional.

Contoh: wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi)

Perbedaan

1.Wilayah fungsional ditandai interaksi keruangan. Untuk wilayah formal ditandai asosiasi areal yang bersifat fisik/ biotik.

2.Wilayah fungsional merupakan suatu wilayah yang dinamis, aktif, dan terus berkembang. Wilayah formal merupakan suatu wilayah yang statis, seragam, dan tidak aktif.

3.Wilayah fungsional, kegiatannya diatur oleh pusat-pusat kegiatan yang saling berhubungan. Perbedaan kondisi fisik antar wilayah menjadi penyebab perkembangan wilayah formal.

4.Hubungan ketergantungan satu sama lain pada Wilayah fungsional (interdepensi) lebih tinggi dibandingkan wilayah formal.

5.Wilayah fungsional umumnya terletak di pusat kota, sedangkan wilayah formal di desa.

6.Wilayah funsional (kota) umumnya berfungsi sebagai pusat untuk melayani kebutuhan desa, baik untuk hasil industri ataupun bukan. Wilayah formal (desa) umumnya memasok bahan baku ke kota.

Semoga Membantu^_^

10. perbedaan wilayah formal dengan wilayah fungsional adalah​

Jawaban:

Wilayah formal bersifat pasif dan statis atau selalu berubah sedangkan wilayah fungsional bersifat aktif dan dinamis. 2. Wilayah fungsional mempunyai hubungan ketergantungan satu sama lain / interdepensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah formal.

Penjelasan:

semoga membantu..

11. perbedaan wilayah formal dan wilayah fungsional

Wilayah formal yaitu wilayah yang ditandai dengan asosiasi areal berupa alam fisik, biotik, dan sosial. Wilayah fungsional yaitu wilayah-wilayah penting yang sangat erat kaitannya dengan objek kejadian.

12. sebutkan perbedaan antara wilayah fungsional dan wilayah formal

Wilayah fungsional adalah suatu wilayah yang mempunyai ketergantungan antara daerah pusat dengan daerah belakangnya atau suatu wilayah yang dalam banyak hal diatur oleh beberapa pusat kegiatan yang saling dihubungkan dengan garis melingkar
Wilayah formal adalah wilayah yang dipandang dari satu aspek tertentu yang mempunyai sifat-sifat dan ciri-ciri yang relatif sama

13. perbedaan wilayah formal dengan wilayah fungsional adalah​

Jawaban:

1. Wilayah formal bersifat pasif dan statis atau selalu berubah sedangkan wilayah fungsional bersifat aktif dan dinamis. 2. Wilayah fungsional mempunyai hubungan ketergantungan satu sama lain / interdepensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah formal.

14. sebutkan perbedaan antara wilayah fungsional dan formal​

Jawaban:

Perbedaan wilayah formal dan fungsional: 1. Wilayah formal bersifat pasif dan statis atau selalu berubah sedangkan wilayah fungsional bersifat aktif dan dinamis. … 3. Wilayah formal bersifat keseragaman / homogenitas, sedangkan wilayah fungsional menekankan kemajemukan / heterogenitas.

semoga membantu

maaf kalo salah

Jawaban:

Perbedaan wilayah formal danfungsional: 1. Wilayah formalbersifat pasif dan statis atau selalu berubah sedangkan wilayah fungsional bersifat aktif dan dinamis. … 3. Wilayah formalbersifat keseragaman / homogenitas, sedangkan wilayah fungsional menekankan
kemajemukan / heterogenitas.

15. Sebutkan perbedaan antara wilayah formal dan wilayah fungsional !

Perbedaan yang dimiliki antara wilayah formal dengan wilayah fungsional adalah :

1. Wilayah formal bersifat pasif sedangkan wilayah fungsional bersifat dinamis.

2. Wilayah fungsional bersifat interdependensi yang lebih tinggi terhadap  suatu wilayah dibandingkan wilayah formal.

3. Wilayah formal bersifat homogenitas sedangkan wilayah fungsional bersifat heterogenitas

4. Wilayah formal cenderung memiliki ciri fisik yang lebih jelas dibandingkan wilayah fungsional.

Pembahasan:

Wilayah merupakan bagian dari suatu permukaan bumi yang memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya berbeda dengan wilayah lainnya. Wilayah biasa disebut juga dengan sebutan region. Wilayah dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

1. Wilayah Formal

Wilayah formal merupakan suatu wilayah yang dicirikan dengan keseragaman atau adanya sesuatu yang melekat pada manusia serta alam secara umum, misalnya adalah keseragaman iklim, budaya, bentuk lahan. Sebagai contoh ialah wilayah pegunungan kapur, wilayah hutan gambut, dan wilayah suku baduy.

2. Wilayah Fungsional

Wilayah fungsional merupakan suatu wilayah yang dicirikan dengan konsep heterogenitas serta adanya hubungan anatar beberapa pusat kegiatan secara fungsional. Wilayah fungsional juga lebih menekankan pada penggunaan serta perkembangan suatu wilayah. Contohnya Jogja, Bantul dan Sleman secara fisik berbeda satu sama lain tetapi secara fungsional mereka saling membutuhkan untuk mengembangkan wilayah.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang  materi wilayah formal dan wilayah fungsional  pada https://brainly.co.id/tugas/23363294

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

16. Perbedaan antara wilayah formal dengan wilayah fungsional adalah?

jika wilayah formal adalah wilayah yang tak terlalu digunakan SDAnya sementara yang fungsional afalah wilayah yang sangat dibutuhkan SDAnya
maaf kalau salah

17. Ditinjau dari pengertiannya, wilayah dapat dibedakan menjadi wilayah fungsional dan wilayah formal. Dilihat dari dinamikanya, wilayah fungsional lebih dinamis daripada wilayah formal karena wilayah fungsional ….

Jawaban:

karena wilayah fungsional pergerakan penduduk nya sangat cepat dan berusaha untuk berkembang

18. Perbedaan wilayah formal, wilayah fungsional, dan wilayah vernakuler

Jawaban:

perbedaan utama: wilayah formal digunakan untuk mengidentifikasi area spesifik yang ditentukan oleh karakteristik, seperti samudera atau benua, sedangkan wilayah fungsional digunakan untuk mendefinisikan area yang mengandung jenis layanan, seperti televisi kabel, atau titik-titik pada peta yang merupakan terminal untuk suatu kegiatan, seperti perjalanan atau komunikasi melalui telepon.

wilayah vernakuler tidak memiliki batas-batas antar wilayah yang resmi atau jelas karena terbentuk di atas presepsi atau pemikiran manusia. Meski begitu, wilayah vernakular tetap dianggap memiliki peran penting dalam identitas budaya

19. Beda dan contoh wilayah formal dan wilayah fungsional?

Halo  Farhanphame!

Wilayah adalah sebagai bagian dari permukaan bumi dengan satu atau banyak karakteristik serupa yang membuatnya unik dari daerah lain, seperti budaya, ekonomi, topografi, iklim, politik dan faktor lingkungan seperti spesies flora dan fauna yang berbeda.   Wilayah Formal Wilayah formal adalah wilayah yang seragam / homogen berdasarkan kriteria tertentu  dan dapat dibedakan dengan daerah tetangganya. Wilayah formal dicirikan oleh sesuatu yang dimiliki atau melekat pada manusia dan alam secara umum, seperti bahasa tertentu yang digunakan penduduk. Jadi, wilayah formal adalah suatu wilayah yang statis, seragam / homogen, dan pasif, seperti halnya pada wilayah desa. Kriteria yang digunakan dalam pembagian wilayah formal berupa kondisi fisik atau  sosial, seperti iklim, peta tanah, peta kepadatan penduduk, peta penggunaan lahan, dan lainnya. Kriteria ini kemudian berkembang menjadi kriteria kriteria ekonomi, misalnya industri-industri atau tipe pertanian bahkan digunakan kriteria sosial politik.
Wilayah formal berdasarkan proses klasifikasinya antara lain:
1.      Wilayah Menurut Kekhususannya. Klasifikasi wilayah ini merupakan daerah tunggal, mempunyai ciri-ciri geografi yang khusus. Jenisnya disebut specific region. Contohnya: Wilayah waktu Indonesia bagian Timur, di mana daerah ini merupakan daerah tunggal dan mempunyai ciri khusus, yaitu yang lokasinya di Indonesia bagian timur.
2.      Wilayah yang Menekankan Perbedaan Kepada Jenisnya disebut generic region. Dalam hal ini fungsi wilayah kurang diperhatikan, yang ditekankan adalah jenis perwilayahan saja. Contohnya: wilayah iklim, wilayah vegetasi, wilayah fisiografi, wilayah pertanian, dan wilayah yang menghasilkan hasil bumi.
 3.      Wilayah Berdasarkan Keseragaman atau Kesamaan Dalam Kriteria Tertentu. Wilayah seperti ini disebut uniform region. Contohnya: wilayah pertanian, di mana terdapat keseragaman atau kesamaan antara petani atau daerah pertanian dan kesamaan ini menjadi sifat yang dimiliki oleh elemen-elemen yang membentuk wilayah. Wilayah Fungsional Wilayah fungsional adalah wilayah geografik yang memperhatikan suatu hubungan fungsional menurut jenis dan kekususan antar wilayah formal yang interdependansi / saling berhubungan satu sama lain dan batas wilayah tersebut terkontrol oleh sebuah titik pusat. Misalnya adalah kota, kecamatan dan kelurahan yang saling berhubungan.

Oleh karena itu, wilayah fungsional merupakan wilayah yang dinamis serta aktif dan selalu berubah, biasanya wilayah seperti ini terdapat di kota atau wilayah sentral. Wilayah fungsional menekankan adanya heterogenitas, juga menekankan pada adanya sentralitas. Contoh wilayah desa dengan wilayah kota, keduanya mempunyai hubungan yang saling ketergantungan, desa berfungsi memasok bahan baku ke kota, sedangkan kota berfungsi sebagai pusat melayani kebutuhan berupa hasil industri ke penduduk desa. Contohnya adalah: Terjadinya gempa bumi tsunami di Aceh, wilayah yang paling parah adalah Meulaboh karena daerahnya dekat pantai, tanahnya relatif datar, dan dekat dengan pusat gempa bumi di dasar laut. Terjadinya kekeringan air di gunung seribu di Jawa Tengah Selatan, wilayah yang paling menderita adalah Kecamatan Parang Gupito dan Rongkop karena daerah topografi karst, air tanahnya sangat dalam. 
Berdasarkan penjelasan diatas, maka perbedaan wilayah formal dan wilayah fungsional adalah:
1.      Wilayah formal bersifat pasif dan statis / selalu berubah sedangkan wilayah fungsional bersifat aktif, dinamis / selalu berubah, dan sentralistik.
2.      Wilayah formal bersifat keseragaman / homogenitas, sedangkan wilayah fungsional menekankan kemajemukan  / heterogenitas.
3.      Wilayah fungsional mempunyai hubungan ketergantungan satu sama lain / interdepensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah formal.
4.      Wilayah formal umumnya
ditemukan di desa, sedangkan wilayah fungsional umumnya ditemukan di kota.
5.      Wilayah formal seperti desa berfungsi memasok bahan baku ke kota, sedangkan wilayah funsional seperti kota berfungsi sebagai pusat untuk  melayani kebutuhan desa berupa hasil industri.  

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat. NB: Maaf jika jawaban saya kurang rapi dikarenakan kesalahan sistem dalam situs ini yang sedang dalam perbaikan.

20. Sebutkan perbedaan antara wilayah formal dengan wilayah fungsional

Wilayah Formal
Statis, Seragam, Memiliki Wil. Inti

Wilayah Fungsional
Dinamis, Beragam, Memiliki Wil. Nodal

“Klik Terima Kasih Jika Bermanfaat”
“Jangan Lupa Follow Juga Ya”

Video Terkait

Bagikan: