Sejarah Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Fatih.co.id

Sejarah Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Sejarah Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara

sejarah penetapan pancasila sebagai dasar negara?

Daftar Isi

1. sejarah penetapan pancasila sebagai dasar negara?

1 juni 1945 pada pidato sidang BPUPKI dan baru bisa menyusun konsepnya saja.pada tgl 29 mei rapat di buka dan pembahasan di mulai.setelah tidak ada titik terang dari itu pada 1 juni 1945 bung karno mendapatkan giliranya untuk menyampaikan gagasan nya tersebut.yg berisi tentang dasar negra indonesia merdeka.setelah melalui proses yang sangat panjang dan akhirnya BPUPKI menyatakan usulan IR.SOEKARNO sebagai dasar negara indonesia pada tanggal 18 agustus 1945 oleh bpupki.”semoga membantu”

2. bagaimana sejarah penetapan pancasila sebagai dasar negara???

1 juni 1945 pada,para anggota bpupki bersidang, dan setelah tidak dapat titik terang tidak menemukan kesepakatan yg tepat,lalu pada tgl 29 mei rapat di buka lagi dan pembahasan dimulai ir.soekarno menyampaikan gagasanya tentang dasar negara indonesia dan di adakan di gedung pancasila,pada tgl 18 agustus 1945 setelah hari kemerdekaan bpupki mengesahkan pancasila.

sej
ar panca sila dimulai pada tgl 29 mei1945 pada sidang bpupki 1 yang diusulkan oleh m yamin .
pada siang tgl 30 mei1945 tidak ada yang mengusukan .
pada sidang tgl 31 mei 1945 diusulkan oleh mr soepomo
lalu pasa tgl1 juni di usulkan oleh ir soekarno sekaligus memnamakannya pancasila lalu pada 1juni di sebut hari kelahiran pancasila

3. sejarah penetapan pancasila sebagai dasar negara​

Jawaban:

Pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 salahsatu keputusannya adalah mengesahkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pada alenia keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tercantum rumusan sila-sila Pancasila sebagai Dasar Negara.

4. Sejarah perumusan Pancasila hingga ditetapkan sebagai dasar negara indonesia

Sejarah Pancasila

Seperti apa sejarah perumusan Pancasila dari mulai awal dirumuskan hingga resmi ditetapkan sebagai dasar negara Republik Indonesia? Berikut adalah sejarah Pancasila lengkap.

Sejarah Perumusan Pancasila

Sejarah perumusan Pancasila tak bisa dilepaskan dari sejarah kemerdekaan Indonesia itu sendiri. Bermula dari pembentukan lembaga BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945 yang diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat. BPUPKI adalah singkatan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang dipersiapkan salah satunya adalah rumusan dasar negara Indonesia. Diadakanlah sidang BPUPKI yang dipimpin langsung oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat mulai tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945.

Rumusan Mohammad Yamin (29 Mei 1945)

Pada sidang pertama BPUPKI, Mohammad Yamin mengusulkan rumusan dasar negara yang disampaikan dalam pidato di antaranya peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan dan kesejahteraan rakyat. Setelah itu, ia juga mengusulkan rumusan Lima Dasar yang merupakan gagasan tertulis naskah rancangan UUD Republik Indonesia, yaitu:

Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kebangsaan Persatuan Indonesia.

Rasa Kemanusian yang Adil dan Beradab.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Rumusan Soepomo (31 Mei 1945)

Pada sidang BPUPKI tanggal 31 Mei 1945, Mr. Soepomo mengemukakan usulan mengenai rumusan dasar negara Indonesia yang meliputi:

Paham Persatuan.

Perhubungan Negara dan Agama.

Sistem Badan Permusyawaratan.

Sosialisasi Negara.

Hubungan antar Bangsa yang Besifat Asia Timar Raya

Rumusan Soekarno (1 Juni 1945)

Pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Soekarno juga turut memberi usulan terkait dasar negara. Soekarno juga menamakan usulannya dengan istilah ‘Pancasila’, sehingga tanggal 1 Juni kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Adapun rumusan dasar negara versi Soekarno adalah sebagai berikut:

Kebangsaan Indonesia

Internasionalisme atau Perikemanusiaan

Mufakat atau Demokrasi

Kesejahteraan Sosial

Ketuhanan yang Berkebudayaan

Panitia Sembilan dan Piagam Jakarta

Pada akhirnya, usulan dari Mohammad Yamin, Soepomo dan Soekarno pada sidang BPUPKI tersebut ditampung dan kemudian dibahas lagi. Dibentuklah panitia kecil untuk membahas rumusan dasar negara Indonesia lebih lanjut yang bernama Panitia Sembilan yang beranggotakan 9 orang.

Nama-nama anggota Panitia Sembilan terdiri dari Soekarno (ketua), Mohammad Hatta (wakil ketua), Achmad Soebarjo, Mohammad Yamin, H. Agus Salim, Wachid Hasyim, Abdoel Kahar Moezakir, Abikoesno Tjokrosoejoso dan Alexander Andries Maramis.

Panitia yang beranggotakan sembilan orang ini berhasil merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD yang dikenal sebagai Piagam Jakarta. Adapun rumusan Pancasila yang termaktub dalam Piagam Jakarta adalah sebagai berikut:

Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya

Kemanusiaan yang adil dan beradab

Persatuan Indonesia

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksan dalam permusaywaratan/perwakilan

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

BPUPKI kemudian mengadakan sidang kedua dengan beberapa agenda, salah satunya adalah untuk membahas hasil kerja Panitia Sembilan. Akhirnya dihasilkan sejumlah kesepakatan termasuk kesepakatan dasar negara Indonesia yakni Pancasila seperti yang tertuang dalam Piagam Jakarta.

Sejarah Lahirnya Pancasila

Indonesia kemudian memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sehari setelahnya diadakan sidang PPKI. PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, yang dibentuk untuk menggantikan tugas BPUPKI setelah dibubarkan pada 7 Agustus 1945.

Sidang PPKI diadakan selama tiga kali, yakni pada tanggal 18 Agustus, 19 Agustus dan 22 Agustus 1945. Pada sidang pertama PPKI, diputuskan perubahan pada sila pertama yang semula berbunyi ‘Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya’, kemudian diubah menjadi ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’. Usulan ini disampaikan oleh Mohammad Hatta.

Sehingga kemudian bunyi teks Pancasila menjadi sebagai berikut:

Ketuhanan Yang Maha Esa

Kemanusiaan yang adil dan beradab

Persatuan Indonesia

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Putusan mengenai rumusan Pancasila ini kemudian ditetapkan kembali lewat instruksi presiden nomor 12 thun 1968 oleh presiden Soeharto untuk menegaskan pembacaan, penulisan atau pengucapan teks pancasila.

Pada tanggal 1 Juni 2016, presiden Joko Widodo kemudian menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan ditetapkan juga sebagai hari libur nasional. Keputusan ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

5. Sejarah penetapan pancasila sebagai dasar negara?

1 juni 1945 pada,para anggota bpupki bersidang, dan setelah tidak dapat titik terang tidak menemukan kesepakatan yg tepat,lalu pada tgl 29 mei rapat di buka lagi dan pembahasan dimulai ir.soekarno menyampaikan gagasanya tentang dasar negara indonesia dan di adakan di gedung pancasila,pada tgl 18 agustus 1945 setelah hari kemerdekaan bpupki mengesahkan pancasila.”semoga membantu”

6. Sejarah di ditetapkannya pancasila sebagai dasar negara oleh PPKI

1. Pembentukan BPUPKI (29 April 1946)

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) bertujuan untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan tata pemerintahan Indonesa, termasuk dasar negara. Sidang BPUPKI inilah yang menjadi sejarah Pancasila sebagai dasar negara.  Sidang BPUPKI ini diketuai oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat dengan 33 pembicara pada sidang pertama BPUPKI (29 Mei-1 Juni 1945).

   Mohammad Yamin (29 Mei 1945)    Ketuhanan Yang Maha Esa.    Kebangsaan Persatuan Indonesia.    Rasa Kemanusian yang Adil dan Beradab.    Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam      Permusyawaratan/Perwakilan.    Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.    Soepomo (31 Mei 1945)    Paham Persatuan.    Perhubungan Negara dan Agama.    Sistem Badan Permusyawaratan.    Sosialisasi Negara.    Hubungan antar Bangsa yang Besifat Asia Timar Raya.Soekarno (1 Juni 1945)    Kebangsaan Indonesia    Internasionalisme atau Perikemanusiaan    Mufakat atau Demokrasi    Kesejahteraan Sosial    Ketuhanan yang Berkebudayaan

2. Panitia Se
mbilan (22 Juni 1945)

Panitia yang beranggotakan sembilan orang ini berhasil merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD yang dikenal sebagai Piagam Jakarta (Jakarta Charter). Adapun rumusan Pancasila yang termaktub dalam Piagam Jakarta:

   Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya    Kemanusiaan yang adil dan beradab    Persatuan Indonesia    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksan dalam permusaywaratan/perwakilan    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

3. Sidang BPUPKI II(10-16 Juli 1945)

Untuk membahas hasil kerja panitia sembilan, BPUPKI mengadakan sidang yang kedua dan menghasilkan beberapa keputusan, yang meliputi: pertama, kesepakatan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila seperti yang tertuang dalam Piagam Jakarta. Kedua, negara Indonesia berbentuk negara Republik, hsail ini merupakan kesepakatan 55 suara dari 64 orang yang hadir. Ketiga, kesepakatan mengengai wilayah Indonesia yang meliputi wilayah Hindia Belanda, Timor Timur, sampai Malaka (Hasil kesepakatan 39 suara). Dan yang terakhir, pembentukan tiga panitia kecil sebagai: Panitia Perancang UUD, Panitia Ekonomi dan Keuangan, Panitia Pembela Tanah Air.

Akhirnya, pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia secara resmi memproklamasikan kemerdekaannya. Sehari setelah kemerdekaan, BPUPKI diganti oleh PPKI yang bertujuan untuk menyempurnakan rumusan Pancasila yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

4. Sidang PPKI (18 Agustus 1945)

Dalam sejarah Pancasila, sidang PPKI yang dilakukan sehari setelah Indonesia merdeka masih saja terjadi perubahan pada sila pertama yang diusulkan oleh Muhammad Hatta. Sila pertama yang semula berbunyi ”Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”, kemudian diubah menjadi lebih ringkas, yaitu”Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sehingga Pancasila menjadi:

   Ketuhanan Yang Maha Esa    Kemanusiaan yang adil dan beradab    Persatuan Indonesia    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Penghapusan sembilan kata dari sila pertama tersebut sering menjadi isu yang kontroversial pada saat itu, bahkan hingga kini. Namun yang harus kita tanamkan dan catat untuk diri masing-masing dari materi sejarah Pancasila ini, sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa berlaku untuk semua rakyat Indonesia.

Seharusnya apabila kita meresapi sejarah Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, segala permasalahan yang menyangkut dengan sila pertama tidak harus dan tidak patut untuk terjadi lagi. Karena hal tersebut akan bertentangan dengan Pancasila.

5. Instruksi Presiden No. 12 Tahun 1968

Semakin berkembangnya zaman, Pancasila dinilai mengalami beberapa keragaman baik dalam rumusan, pembacaan atau pun pengucapannya. Untuk mengantisipasi terhindarnya keragaman tersebut, Presiden Suharto pada tahun 1968 mengeluarkan Instruksi Presiden tentang rumusan Pancasila yang benar, yaitu sebagai berikut:

   Ketuhanan Yang Maha Esa    Kemanusiaan yang adil dan beradab    Persatuan Indonesia    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

7.  Jelaskan sejarah penetapan Pancasila sebagai dasar negara​

Jawaban:

Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara. Pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 salahsatu keputusannya adalah mengesahkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pada alenia keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tercantum rumusan sila-sila Pancasila sebagai Dasar Negara

8. Bagaimana sejarah tentang penetapan pancasila sebagai dasar negara? Bagaimana sejarah tentang perumusan pancasila?? bagaimana semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dasar negara?? tolong jelaskan!!!!

semangat dan komitmen para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara adalah a).toleransi
b).mementingkan kepentingan bangsa dari pada kepentingan golongan
c).rela berkorban
d).suka bermusyawarah

9. sejarah perumusan & penetapan pancasila sebagai dasar negara

republik indonesia sebagai dasar negara

10. Bagaimana sejarah perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara ?

pada tanggal 18 agustus 1945 penetapan akhir rumusan dasar pancasila tentang sidang BPUPKI

11. Tuliskan Resume/Ringkasan materi Bab 1 tentang “Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar” : Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.

SejarahlahirnyaPancasila bermula dari pembentukanBPUPKI. Kepanjangan dari BPUPKI adalah BadanPenyelidikanUsaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Pancasiladirumuskan sebagai dasar negara Indonesia pada sidang BPUPKI pertama, yaitu pada 29 Mei – 1 Juni 1945. Selama sidang BPUPKI ada beberapa tokoh bangsa yang mengajukan rumusan dasar negara Indonesia. Namun hasil dari sidang tersebut menyetujui usulan dari Soekarno yang disampaikan pada 1 Juni 1945. Ide dan gagasan dasar negara yang disampaikan oleh Soekarno pada sidang BPUPKI pertama kemudian diterima dan disepakati sebagai rancangan dasar negara Indonesia. Pancasila kemudian ditetapkan secara sah sebagai dasar negara Indonesia pada 18 Agustus 1945 oleh PPKI.

Pembahasan

Hari lahir Pancasila diperingati pada 1 Juni. Hal ini disebabkan ide dan gagasan Pancasiladisampaikan pertama kali oleh Soekarno pada sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945. Isi dari Pancasila adalah nilai-nilai yang menjadi pedoman seluruh rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia

Pancasila adalah usulanSoekarno yang disepakati oleh BPUPKI sebagai rancangandasarnegaraIndonesia. Rancangan dasar negara yang diberi nama Pancasila tersebut kemudian disahkan pada 18 Agustus 1945 oleh PPKI. Selain Pancasila, PPKI juga mengesahkan Pembukaan UUD 1945 sebagai konstitusinegaraIndonesia pada 18 Agustus 1945.

KedudukanPancasila dan PembukaanUUD1945 sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara rakyat Indonesia. Seluruh hukum yang berlaku dan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah harus sejalan dengan nilainilaiPancasila dan Pembukaan UUD 1945. Dengan kata lain, Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 merupakan inspirasi dan sumberhukumtertinggi dari semua hukum yang berlaku di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut:Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila https://brainly.co.id/tugas/42152005Sejarah Pembentukan Pembukaan UUD 1945 https://brainly.co.id/tugas/7784653Contoh Pengamalan Nilai-nilai Pancasila https://brainly.co.id/tugas/760042Detail jawaban

Kelas: VII

Mapel: PPKN

Bab: Pembelajaran Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kode: 7.9.1

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

12. sejarah ditetapkan nya Pancasila sebagai dasar Negara oleh PPKI

tanggal 22 juni 1945 piagam jakarta sudah dibentuk dan diganti namanya menjadi pancasila (lima dasar) pada tanggal 18 agustus 1945,ppki mengubah isi piagam jakarta dari “ketuhanan dengan menjalankan syariat islam bagi pemeluk nya” menjadi “ketuhanan yang maha esa” agar agama lain tidak marah.

13. Tuliskan sejarah penetapan Pancasila sebagai dasar negara

Pancasila ditetapkan sebagai dasar Negara ketika tiga tokoh yaitu soekarno bung hata dan muh yamin memberikan pendapatnya dan pada akhirnya tempat soekarnolah yang diambil dan dicetuskan pada tanggal 1 Juli diambilnya pendapat soekarno karena pendapat itu sudah mencakupi semuanya mulai dari agama hingga kehidupan berbangsa dan bernegara, lalu waktu itu Indonesia memiliki dasar negara yaitu pancasila yang berarti 5 sila

14. sejarah penetapan pancasila sebagai dasar negara.

yang menentukan dasar negara adalah BPUPKI.
BPUPKI menyelenggarakan sidang selama 2 kali,yang pertama tentang rancangan dasar negara,pada tanggal 29 mei – 1 juni.
pada tanggal 29 mei,mohammad yamin mengusulkan dasar negara indonesia sebagai berikut :
-peri ketuhanan
-peri kemanusiaan
-peri kebangsaan
-peri kerakyatan
-peri kesejahteraan rakyat
usulan ke 2 disampaikan tanggal 31 mei oleh DR.soepomo,yaitu:
-persatuan
-kekeluargaan
-keseimbangan lahir dan batin
-musyawarah
-keadilan rakyat
usulan ke 3 diusulkan oleh Ir soekarno pada tanggal 1 juni,yang berisi :
-kebangsaan indonesia
-internasionalisme atau peri kemanusiaan
-mufakat atau demokrasi
-kesejahteraan sosial
-ketuhanan yang maha esa
namun,BPUPKI juga membuat panitia kecil yang disebut dengan panitia 9
panitia ini di ketuai oleh Ir soekarno.
panitia 9 menghasilkan rancangan dasar negara yang bernama jakarta charter
yang berisi :
-ketuhanan dengan ewajiban menjalankan syariat syariat islam bagi pemeluknya
-kemanusian yang adil dan beradab
– persatuan indonesia
-kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
-keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
namun,usulan ini di tolak oleh bagian indonesia bagian timur  dan rakyat yang bukan beragama islam yang karena kurang setuju dengan sila yang pertama.akhirnya pancasila sebagai dasar negara di tetapkan dengan terbuatnya pembukaan UUD pada alinea 4 yang berisi tentang sila sila pada pancasila yang kita kenal sekarang,

15. jelaskan sejarah perumusan pancasila sampai penetapan pancasila sebagai dasar negara

jawab donk aku lupa hahah

16. carilah sejarah perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara

Dasar  negara  adalah  landasan  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara  yang keberadaannya  wajib  dimiliki  oleh  setiap  negara  dalam  setiap  detail  kehidupannya. Dasar  negara  bagi  suatu  negara  merupakan  suatu  dasar  untuk  mengatur  semua penyelenggaraan yang terbentuk dalam sebuah  negara. Negara tanpa dasar negara berarti  negara  tersebut  tidak  memiliki  pedoman  dalam  penyelenggaraan  kehidupan bernegara,  maka  akibatnya  negara  tersebut  tidak  memiliki  arah  dan  tujuan  yang jelas, sehingga memudahkan munculnya kekacauan. Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup norma bernegara, cita-cita negara, dan tujuan negara.

Pada awal tahun 1945, Indonesia masih dijajah oleh Jepang. Jepang menjajah Indonesia selama tiga tahun. Jepang menjajah Indonesia sejak tahun 1942. Penjajahan itu dimulai setelah mereka berhasil mengusir Belanda. Jepang juga berhasil menjajah beberapa negara di Asia Tenggara. Beberapa negara tersebut antara lain Filipina, Burma (Myanmar), dan Vietnam. Saat itu, tentara Jepang termasuk yang paling kuat di dunia.

17. Sejarah ditetapkannya pancasila sebagai dasar negara oleh PPKI

tanggal 22 juni 1945 piagam jakarta sudah di nentuk dan diganti namanya menjadi pancasila(lima dasar) pada tgl 18 agustus 1945 PPKI mengubah isi pertama piagam jakarta dari “ketuhanan dengan menjalankan syariat islam bagi pemeluknya” menjadi ” ketuhanan yg maha esa” sebab agar agama lain tidak marahAwalnya sila pertama itu bertentangan dengan agama lain jadi di ganti dengan yang sekarang

18. jelaskan sejarah ditetapkannya pancasila sebagai dasar negara oleh ppki​

Dalam sejarah Pancasila, sidang PPKI yang dilakukan sehari setelah Indonesia merdeka masih saja terjadi perubahan pada sila pertama yang diusulkan oleh Muhammad Hatta. Sila pertama yang semula berbunyi ”Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”, kemudian diubah menjadi lebih ringkas, yaitu”Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sehingga Pancasila menjadi:

Ketuhanan Yang Maha Esa

Kemanusiaan yang adil dan beradab

Persatuan Indonesia

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Penghapusan sembilan kata dari sila pertama tersebut sering menjadi isu yang kontroversial pada saat itu, bahkan hingga kini. Namun yang harus kita tanamkan dan catat untuk diri masing-masing dari materi sejarah Pancasila ini, sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa berlaku untuk semua rakyat Indonesia.

Seharusnya apabila kita meresapi sejarah Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, segala permasalahan yang menyangkut dengan sila pertama tidak harus dan tidak patut untuk terjadi lagi. Karena hal tersebut akan bertentangan dengan Pancasila.

*maafkalosalah

19. Jelaskan sejarah penetapan pancasila sebagai dasar negara!

di sidang BPUPKi rumusan dasar negara dalam jakarta chater berbunyi;
1.ketuhanan dan kewajiban bagi pemeluk pemeluknya
2. kemanusiaan yang adil dan beradab
3. persatuan indonesia
4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebikjasanaan dalam permusyawaratan indonesia
5.keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
Namun dalam sidang PPKI Drs. Muh. Hatta menyatakan tidak setuju atas Sila ke-1 karena sila itu hanya mengikat agama islam saja dan yang lainnya tidak maka dari itu dikenakan lah perubahan pada sila ke1 dari menjalankan syriat islam bagi pemeluk pemeluknya menjadi ketuhanan yang maha esa . itu dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan RI

20. Jelaskan sejarah singkat ditetapkannya Pancasilasebagai dasar negara?​

Jawaban:

1

Řay191411102004

15.08.20
17

PPKn

Sekolah Menengah Pertama

+5 poin

Terjawab

Jelaskan secara singkat proses penetapan pancasila sebagai dasar negara

2

LIHAT JAWABAN

Masuk untuk menambahkan komentar

Jawaban

4.239/5

282

AyraDanisha

Pakar

327 jawaban

95.8 rb orang terbantu

Sidang pertama BPUPKI tgl 29 Mei 1945 s/d 1 Juni 1945 membahas tentang rancangan dasar negara

Pada tgl 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan usulan dasar negara Indonesia merdeka yg dinamai Pancasila

Pada tgl 22 Juni 1945, Panitia Sembilan meyepakati naskah Piagam Jakarta / Jakarta Charter yg berisi rancangan pembukaan UUD 1945

Sidang kedua BPUPKI tgl 10 Juli 1945 s/d 16 Juli 1945 menghasilkan kesepakatan rumusan dasar negara yg termuat dlm naskah piagam Jakarta

Pancasila telah menjadi kesepakatan nasional yg diterima secara luas oleh seluruh rakyat Indonesia

Kaneppeleqw dan 553 orang menganggap jawaban ini membantu

TERIMA KASIH

282

4.239

(272 pilih)

5

abey25abeypdw7p0 avatar

salah

FaraAlans avatar

knp kamu yg sewot jawaban jawaban dia bukan kamu

Penetapan ya bro bukan pembuatan

diam

Iya penetapan

Masuk untuk menambahkan komentar

Jawaban

3.7609/5

38

RezaMaulana1471

Ambisius

56 jawaban

8.2 rb orang terbantu

Pancasila sebagai dasar negara adalah pondasi untuk membangun negara indonesia yang terlihat dalam makna lambang burung garuda,yaitu sebagai berikut:

☆Jumlah bulu sayapnya ada 17 yang menandakan bahwa tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.

☆Jumlah bulu ekornya ada 8 yang menandakan bahwa bulan kemerdekaan Republik Indonesia.

☆Jumlah bulu di bawah ada 19 dan bulu di leher ada 45 yang menandakan bahwa tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

☆Bintang berwarna kuning emas yang menandakan bahwa Ketuhanan Yang Maha Esa.

☆Rantai Baja berwarnà kuning emas yang menandàkan bahwa kemanusiaan yang adil dan beradab.

☆Pohon beringin berwarna hijau yang menandakan bahwa persatuan indonesia.

☆Kepala benteng berwarna hitàm yang menandakan bahwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

☆Padi berwarna kuning emas dan kapas berwarna putih yqng menandakan bahwa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

☆Garis melintang dan membujur pada perisai yang menandakan bahwa Indonesia dilalui Garis Khatulistiwa.

☆Bhinneka Tunggal Ika yang berarti Berbeda-beda tetapi satu jua.

Sehingga Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara.

Semoga membantu

Video Terkait

Bagikan: