Serum Yang Merupakan Antitoksin Dalam Darah Terdapat Di Dalam

Fatih.co.id

Serum Yang Merupakan Antitoksin Dalam Darah Terdapat Di Dalam
Serum Yang Merupakan Antitoksin Dalam Darah Terdapat Di Dalam

serum yang merupakan antitoksin dalam darah

Daftar Isi

1. serum yang merupakan antitoksin dalam darah

plasma darah…………

2. Serum yang merupakan antitoksin dalam darah terdapat di dalam… a. Eritrosit b. Trombosit c. Leukosit d. Plasma darah

b. trombosit semoga membantu

3. Serum yang merupakan antitoksin
dalan darah terdapat di dalam? A. Eritrosit B. Trombosit C. Leukosit D. Plasma darah

D. Plasma darah

semoga membantu
Jawaban: Plasma Darah
Pembahasan:
Plasma darah pada sistem transportasi sungguh penting karena sifatnya yang secara fisik berupa cairan. Tentu senyawa senyawa yang tidak bisa diangkut oleh sel darah merah kita , senyawa / zat itu akan diangkut oleh plasma darah. Maka Peran Plasma darah sangatlah bervariasi yaitu
berfungsi 1) mengangkut air
mengangkut mineral, ion ion misalnya ion karbonat. 2) mengangkut sari-sari makanan ke seluruh jaringan tubuh. 3) mengangkut panas hasil oksidasi , sehingga panas tubuh kita bisa merata dan bisa mempertahankan suhu tubuh itu (37o) dengan membuang panas yang berlebihan itu lewat keringat. 4) mengangkut hasil sisa oksidasi sel CO2 yang diangkut dalam bentuk HCO3. 5) mengangkut hormon
mengangkut antibody / zat immun. 6) mengangkut zat ekskresi dari jaringan tubuh ( urea) ke ginjal.
Karena plasma darah memiliki peran sebagai antibody/zat imun dalam tubuh sehingga plasma darah juga berfungsi sebagai antitoksin, sebab komposisi plasma darah adalah:
– Protein darah
– Sari makanan
– Garam mineral
– Getah sekskret sel seperti hormon
– Zat zat ekskresi
Nama lain plasma darah ada tiga yaitu:
1) Serum : Cairan darah /Plasma yang tidak mengandung fibrinogen (komponen pembeku darah)
2) Antibody : Protein yang dapat mengenali dan mengikat antigen ( protein asing) tertentu
Antigen : molekul Protein asing yang tidak dikenal yang masuk ke plasma darah , adanya
3) Antigen maka akan terbentuk antibody ( Antibody jumlahnya berbanding lurus dengan antigen yang ada) maka orang yang sakit karena adanya kuman ( antigen asing) , dan bisa sehat dipastikan di tubuhnya (plasma darahnya) banyak antibody special kuman tersebut sehingga ia sudah kebal terhadap kuman yang menyebabkan penyakit tersebut.

4. darah terdiri atas plasma dan sel darah,serum darah adalah

komponen yang bukan berupa sel darah, juga bukan faktor koagulasimatpel : IPA
jawaban nya adalah ;

serum adalah komponen yang bukan berupa sel darah, juga bukan faktor koagulasi; serum adalah plasma darah tanpa fibrinogen.

5. Serum bagian dari darah yang banyak mengandung antibodi terdapat pada…

Leukosit (sel darah putih)yaitu sel darah putih

6. Anak-anak dalam serum darahnya terdapat serum antibodi alfa dan beta dapat terlahir dari orang tua?

iya, karna anak yang terlahir akan menurunkan gen, sifat, maupun prilaku dari orang tuaIya, antibodi bisa berupa bawaan dari lahir yg artinya diturunkan dari orang tuanya, maka dari itu ada yg dinamakan penyakit keturuan yg menyerang sistem kekebalan seperti AIDS, dabetes melitus.

7. jika pada sel darah merahnya terdapat B, dan serum darahnya dapat membuat aglutini alfa , maka jenis golongan darahnya adalah………., Sedangkan aglutinogen yang terdapat di sel darah merah dari golongan darah AB adalah…………..

AB
aglutinogen A dan B

8. jelaskan bagaimana mendapatkan sampel serum dari darah penuh tiub

Phlebotomy yaitu pengambilan sample darah dengan cara melubangi pembuluh darah vena subcutis.

9. Hasil uji golongan darah dua siswa sebagai berikut.Siswa 1 : darah dengan serum α tidak menggumpal, darah dengan serum β menggumpal.Siswa 2 : darah dengan serum α menggumpal, darah dengan serum β menggumpal.Berdasarkan hasil uji tersebut maka golongan darah siswa 1 dan 2 adalah….

Berdasarkan hasil uji tersebut maka golongan darah siswa 1 dan 2 adalah A dan AB. Simak penjelasan berikut.

Pembahasan

Menurut Dr. Karl Landsteiner pada tahun 1901, darah dapat digolongkan berdasar sistem ABO. Golongan darah terbagi menjadi A, B, AB, dan O. Penggolongan darah ini mengacu pada zat yang terdapat pada komponen darah, yaitu aglutinogen dan aglutinin.

Aglutinogen adalah protein yang terdapat pada eritrosit manusia. Aglutinogen terbagi menjadi dua, yaitu aglutinogen A dan aglutinogen B. Zat ini disebut juga antigen.

Aglutinin adalah protein pada plasma darah. Aglutinin terbagi menjadi dua, yaitu aglutinin alfa (α) dan aglutinin beta (β). Zat ini merupakan zat anti aglutinogen. Aglutinin α akan menggumpal jika bercampur dengan aglutinogen A. Aglutinin β akan menggumpal jika bercampur dengan aglutinogen B.

Berikut keberadaan aglutinogen dan aglutinin pada golongan darah A, B, AB, dan O.

Golongan darah A: memiliki aglutinogen A, aglutinin β.Golongan darah B: memiliki aglutinogen B, aglutinin α.Golongan darah AB: memiliki aglutinogen A dan B, tidak memiliki aglutinin.Golongan darah O: tidak memiliki aglutinogen, memiliki aglutinin α dan  β.

Aglutinin α akan menggumpal jika bertemu dengan aglutinogen A. Aglutinin β akan menggumpal jika bertemu dengan aglutinogen B.

Aglutinin α dan β akan menggumpal jika dicampurkan pada darah orang dengan golongan darah AB.

Aglutinin α dan β tidak akan menggumpal jika dicampurkan pada darah orang dengan golongan darah O.

Siswa 1: Darah dengan serum α tidak menggumpal, darah dengan serum β menggumpal. Artinya, golongan darah tersebut memiliki zat anti B (aglutinin β) dan tidak memiliki zat anti A (aglutinin α). Maka, golongan darah siswa tersebut adalah A.  

Siswa 2: Darah dengan serum α menggumpal, darah dengan serum β menggumpal. Artinya, golongan darah tersebut memiliki zat anti A (aglutinin α) dan zat anti B (aglutinin β). Maka, golongan darah siswa tersebut adalah AB.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang gangguan dan penyakit pada sistem peredaran darah baik non keturunan dan keturunan: brainly.co.id/tugas/35979328Materi tentang mekanisme peredaran darah pada manusia: brainly.co.id/tugas/45177729Ciri-ciri pembuluh darah nadi (arteri) dan pembuluh darah balik (vena): brainly.co.id/tugas/14540046

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Sirkulasi pada Manusia

Kode: 8.4.5

#AyoBelajar

10. Mengapa pada Tes Golongan Darah menggunakan Serum? Apa yang membuat serum tersebut beraksi terhadap darah?

Pada tes golongan darah menggunakan serum karena di dalam serum terdapat protein penggumpal darah yang jika ada antigen masuk ke tubuh akan bereaksi. Serum identik dengan aglutinin, maka pengujian golongan darah (misal golongan darah A) harus menggunakan serum berbeda (anti-B) agar tidak terjadi penggumpalan. Yang membuat serum tersebut beraksi terhadap darah adalah adanya aglutinogen yang jika ada benda asing masuk akan dibunuhnya dengan aglutinasi/penggumpalan.

Pembahasan

Darah adalah sungai kehidupan dalam tubuh. Jika kita banyak kehilangan darah, nyawa akan terancam bahkan dapat menimbulkan kematian. Jika aliran darah ke otak ter
ganggu dalam 10 detik saja, maka seseorang akan pingsan. Darah adalah cairan yang bewarna merah dan agak kental. Komponen darah terdiri dari plasma darah dan sel-sel darah.

Pelajari lebih lanjut tentang macam dan sifat sel darah pada manusia di: brainly.co.id/tugas/3942730.

Fungsi darah antara lain:

Alat pengangkutan sari-sari makanan, oksigen ke seluruh tubuh serta mengangkut sisa hasil oksidasi (CO₂) dan jaringan tubuh ke alat – alat pengeluaran.Memperahankan tubuh dari infeksi kuman-kuma yang dilakukan leukosit.Mengedarkan hormon dari kelenjar endokrin ke organ-organ tertentu.Menjaga sabilitas suhu tubuh dengan memindahkan panas dari alat tubuh yang aktif ke yang kurang aktif.Mengatur keseimbangan asam basa untuk menghindari kerusakan jaringan tubuh.

Semua jenis darah tampak sama jika dilihat secara fisik, tapi kandungan proteinnya berbeda satu dengan lainnya. Apabila protein asing yang tidak sesuai masuk ke dalam tubuh akan berusaha membunuhya dengan cara penggumpalan darah (aglutinasi).  

Protein asing disebut dengan antigen atau aglutinogen yang terdapat dalam eristrosit. Adapun penyebab zat penolak disebut dengan aglutinin dan terdapat dalam plasma darah.  

Penentuan golongan darah ABO adalah dengan menggunakan serum anti-A dan anti-B. Saat diteteskan serum tersebut akan terjadi reaksi aglutinasi atau darah menyebar. Dari hasil tersebut dapat diketahui jenis golongan darah seseorang. Penggolongan darah ABO berperan penting dalam transfusi darah.

Berdasarkan perbedaan aglutinogen dan aglutinin, sistem penggolongan darah ABO terbagi menjadi empat golongan yaitu:

1. Golongan darah A

Aglutinogen AAglutinin β (anti-B)Golongan darah A tidak akan menggumpal jika ditetesi serum anti-B karena darahnya tidak memiliki aglutinogen B.Jika ditetesi serum anti-A akan menggumpal karena memiliki aglutinogen A dan serum tersebut identik dengan aglutinin a.  

2. Golongan darah B

Aglutinogen BAglutinin α (anti-A)Golongan darah A tidak akan menggumpal jika ditetesi serum anti-A.

3. Golongan darah AB  

Aglutinogen A dan BAglutinin tidak adaGolongan darah A akan menggumpal jika ditetesi serum anti-A dan serum anti-B.

4. Golongan darah O

Aglutinogen tidak adaAglutinin α (anti-A) dan β (anti-B)Golongan darah A tidak akan menggumpal jika ditetesi serum anti-A dan serum anti-B.

Penggolongan darah sistem ABO berperan dalam transfusi darah (pemidahan darah dari orang sehat ke orang sakit). Hal yang harus diperhatikan saat transfusi darah adalah jenis aglutinogen donor dan aglutinin resipien.  

Aglutinin mempunyai kemampuan untuk menggumpalkan eristrosit. Jadi, bila darah donor akan bercampur dengan aglutinin resipien yang mengakibatkan darah resipien menggumpal. Darah donor yang bercampur dalam tubuh resipien akan diaggap antigen oleh tubuh.

Pelajari lebih lanjut tentang mekanisme pembekuan darah di: brainly.co.id/tugas/882579.  

Seseorang bergolongan darah O disebut sebagai donor universal karena dapat ditransfusikan ke semua golongan darah (A,B,AB dan O). Adapun golongan darah AB disebut sebagai resipien universal karena dapat menerima semua golongan darah. Namun, pada praktiknya hal tersebut jarang dilakukan karena kemugkinan adanya ketidakcocokan darah diluar sistem ABO.

Pelajari lebih lanjut tentang transfusi darah di: brainly.co.id/tugas/13649732.  

Detil jawaban

Kelas: 2 SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem peredaran darah

Kode: 11.4.5

Kata kunci: tes golongan darah, serum

11. serum darah yang berfungsi menetralkan racun adalah A. Aglutinin B. Opisemin C. Lisin D. Antitoksin

zat tersebut adalah antitoksinFungsi plasma darah adalah mengangkut sari makanan ke sel-sel serta membawa sisa pembakaran dari sel ke tempat pembuangan serta menghasilkan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit atau zat antibodi.

Bagian plasma darah yang mempunyai fungsi penting adalah serum. Serum merupakan plasma darah yang dikeluarkan atau dipisahkan fibrinogennya dengan cara memutar darah dalam sentrifuge. Serum tampak sangat jernih dan mengandung zat antibodi. Antibodi ini berfungsi untuk membinasakan protein asing yang masuk ke dalam tubuh. Protein asing yang masuk ke dalam tubuh disebut antigen.

Berdasarkan cara kerjanya, antibodi dalam plasma darah dapat dibedakan sebagai berikut.

1) Aglutinin : menggumpalkan antigen.
2) Presipitin : mengendapkan antigen.
3) Antitoksin : menetralkan racun.
4) Lisin : menguraikan antigen.

12. protein darah yang merupakan zat antitoksin adalah

Protein darah (7%) , meliputi :

Fibrinogen       : untuk pembekuan darah (0,3%)

Albumin          : menjaga tekanan osmotik darah (4%)

Globulin          : membentuk zat kebal / zat antibodi (2,7%)

Serum protein merupakan salah satu dari tiga jenis protein di dalam tubuh yang terbentuk dari asam amino berupa larutan koloidal di dalam plasma darah.

Serum protein tidak mengandung fibrin (bukan merupakan fibrous protein) sehingga dapat terlarut. Total serum protein dalam darah sekitar 7,2 – 8 g/dl atau sekitar 7% dari volume darah keseluruhan dengan berbagai kegunaan :        

Sirkulasi molekul lipida, hormon, vitamin dan zat besi

Enzim, komponen komplemen, protease inhibitor dan kinin precursor

Regulasi aktivitas, fungsional non seluler dalam sistem kekebalan.

13. Apabila dalam sel darah merah terdapat aglutinogen b, dan serum darahnya darahnya bisa menghasilkan aglutinin,maka golongan darah tersebut berjenis

golongan darah tersebut berjenis AB

*maaf klo slh.. setau saya itu jwban nyagolongan darah AB
SEMOGA MEMBANTU

14. serum yang merupakan antioksida dalam darah terdapat di dalam

jawaban nya adalah….
➡pada plasma yang tidak mengandung fibrinogen dan terdapat beberapa jenis protein seperti albumin.

semoga bermanfaat bagi anda…

15. protein darah yang merupakan zat antitoksin adalah

Fibrinogen
Albumin
Globulin

16. apa yang di maksud serum darah?

serum darah = bagian dr plasma yg di dalamnya terlarut berbagai macam protein, diantaranya gamaglobulin yg berupa zat anti bodi dan berfungsi utkk mengebalkan seseorang dr gangguan penyakit.

^_^

17. Serum merupakan bagian dari darah yang banyak mengandung antibodi. Serum terdapat pada…. A. Sel darah putih B. Sel darah merah C. Keping darah D. Plasma darah

A. Sel darah putih

maaf klo slah

18. bagaimana cara mendapatkan serum dan plasma darah?

A. Langkah langkah untuk memperoleh serum :
1. Ambil sampel darah yg
diinginkan
2. Tampung sampel
darah ke tabung
penyimpanan
3. Diamkan hingga darah
membeku
4. Sentrifuge darah dg
ke
cepatan 300 rpm
selama 10 menit
5. Ambil cairan paling atas yang berwarna
kuning bening (Itu yang
disebut serum)

B. Langkah langkah untuk memperoleh plasma darah :
1. Ambil sampel darah yg
diinginkan
2. Tampung sampel
darah ke tabung
penyimpanan yang telah diberi EDTA 10%
3. Lalu, sentrifuge darah
dg kecepatan 300rpm
selama 10 menit
4. Plasma diambil dan
disimpan dalam almari es dan diberi label.

19. apa itu serum darah?

serum darah adalah komponen yang bukan berupa sel darah, juga bukan faktor koagulasi, serum adalah plasma darah tanpa fibrinogen

semoga bermanfaat 🙂 serum darah adalah komponen yang bukan berupa sel darah juga bukan faktor koagulasi,bonus buat kamu=serum adalah plasma darah tanpa fibrinogen

jangan lupa folow

#maaf kalau salah

bye

20. apa yang disebut dengan serum darah

Jawaban:

Penjelasan:

Serum darah adalah bagian darah yang cair berwarna kekuningan dan mengandung antibodi

Serum darah adalah bagian darah yang cair dan berwarna kekuningan yang yang mengandung antibodi

Video Terkait

Bagikan: