Suara Yang Mempunyai Getaran Dan Ketinggian Tertentu Disebut

Fatih.co.id

Suara Yang Mempunyai Getaran Dan Ketinggian Tertentu Disebut
Suara Yang Mempunyai Getaran Dan Ketinggian Tertentu Disebut

suara yang mempunyai getaran dan ketinggian tertentu di sebut

Daftar Isi

1. suara yang mempunyai getaran dan ketinggian tertentu di sebut

jawabannya adalah nada

maaf kalo salah:)

2. suara yang mempunyai getaran tertentu dan ketinggian tertentu disebut?​

Jawaban:

nada kalau gk salah…

jawabanya adalah nada

3. 5. Jumlah getaran sebuah benda sedikit maka suara yang dihasilkan terdengarc. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat.1. Sebutkan tiga sifat-sifat bunyi yang kamu ketahui.Jawab: ..2. Apa yang dimaksud sumber bunyi?Jawab: …3. Medium apa saja yang bisa merambatkan bunyi?Jawab:Mengapa bunyi yang tinggi menyebabkan telinga sakit?Jawab:5. Sebutkan dua contoh sumber bunyi yang mempunyai frekuensi tinggi.Jawab:​

1) dapat dipantulkan

dapat menembus benda padat

dapat diredam

2)adalah sebuah objek atau benda yang menghasilkan bunyi

3)zat cair

4)karena bunyi merupakan sebuah getaran yang akan ditangkap gendang telinga

5) sinyal dari paus, bunyi pantul dari kelelawar

4. LEGENDA BATU GOLOGAmaq Lembain dan Inaq Lembain adalah sepasang suami-istri yang sangat miskin. Mereka dikaruniai dua anak yang masih kecil. Keluarga itu tinggal di Padamara, Nusa Tenggara Barat. Mereka tak punya sawah untuk digarap, tak ada kebun untuk ditanami, juga tak memiliki hewan ternak. Saking miskinnya, terkadang mereka tidak makan seharian. Setiap hari pasangan itu berjalan kaki berkeliling desa, mencari orang yang membutuhkan bantuan mereka.Suatu hari, seperti biasa Amaq Lembain dan Inaq Lembain pergi mencari pekerjaan beserta kedua anaknya. Setelah seharian berkeliling, akhirnya Amaq Lembain mendapatkan pekerjaan. Ia diminta membetulkan pintu rumah yang rusak. Tinggallah Inaq Lembain yang terus mencari pekerjaan. Sambil menggandeng kedua anaknya, ia mendatangi tiap rumah.“Permisi Bu, apakah ada yang bisa saga bantu?” tanya Inaq Lembain pada seorang wanita yang sedang menampi beras. Di rumah ibu itu, tampak beberapa wanita sedang menumbuk padi.Ibu itu memandang sekilas pada Inaq Lembain, “Aku tidak membutuhkan bantuanmu. Sudah banyak yang membantuku,” jawabnya.“Tolonglah Bu, kedua anak saya butuh makan. Ibu tak perlu membayar dengan uang, cukup dengan beras saja. Asal anak saya bisa makan, saya sudah senang,” kata Inaq Lembain memohon.Ibu itu merasa iba. Ia akhirnya memberi Inaq Lembain pekerjaan, yaitu menumbuk padi.Inaq Lembain berpesan pada kedua anaknya, “Jangan ganggu Ibu ya. Ibu harus bekerja. Kalian duduk saja di sini.”Anak-anaknya ia dudu
kkan di atas batu ceper, tak jauh dari tempatnya. Batu ceper itu biasa disebut batu golog. Inaq Lembain mulai bekerja. Ia bekerja dengan sungguh-sungguh, ia tak ingin mengecewakan ibu yang telah memberinya pekerjaan tersebut.Saat sedang sibuk menumbuk padi, terdengar suara kedua anaknya, “Ibu… Ibu… Iihatlah kami,” panggil mereka. Kedua anak itu memanggil ibunya karena merasa ada keanehan pada batu yang mereka duduki.Batu itu bergerak naik, semakin lama semakin tinggi. “Sssttt… diamlah, jangan ganggu Ibu!”sahut Inaq Lembain sambil terus menumbuk. Ia tak menoleh sedikit pun pada anak-anaknya.Batu itu bergerak semakin tinggi. Kedua anak itu sangat panik dan ketakutan. Mereka serentak berteriak lagi, “Ibu… Ibu… batu ini bergerak naik. Kami takut Bu….”Inaq Lembain tetap tak peduli. Ia pikir anak-anaknya hanya mencari perhatiannga saja. Ia terus melanjutkan pekerjaannya.“Ibu… Ibu… tolong… kami ada di atas Bu,” teriak anak-anak itu lagi. Kedua anak itu terus berteriak-teriak, namun Inaq Lembain tetap tak peduli. Lama-kelamaan, suara anak-anaknya itu semakin pelan dan menjauh. Inaq Lembain tak lagi mendengar teriakan anak-anaknya.“Baguslah, mereka pasti kecapekan. Tidurlah yang nyenyak ta, Nak. Ibu harus mengelesaikan pekerjaan ini,” gumamnya dalam hati.Inaq Lembain tak mengadari, batu golog telah membawa kedua anaknya ke atas, nyaris menyentuh awan. Setelah Inaq Lembain menyelesaikan pekerjaannya, ia lalu mencari anak- anaknya. Alangkah paniknya ia ketika melihat batu yang diduduki kedua anaknya sudah menjulang ke langit. Ujung batu itu sudah tak tampak, bahkan anak-anaknya pun tak kelihatan lagi. Inaq Lembain menangis kebingungan. Ia memohon pada Tuhan untuk menyelamatkan anak-anaknya.Dengan bantuan Tuhan, selendang yang dikenakan Inaq, Lembain mampu memenggal batu golog itu. Dengan sekali tebas, batu golog itu pecah menjadi tiga. Namun sayang, meski batu itu sudah pecah, kedua anak Inaq Lembain telah berubah menjadi dua ekor burung.Si sulung berubah menjadi burung kekuwo, sedangkan si bungsu berubah menjadi burung kelik. Inaq Lembain sangat menyesal, kini kedua anaknya berubah menjadi burung. Meski demikian, ia membawa pulang kedua burung itu dan merawatnya.Konon kabarnya, ketiga bagian batu golog yang terbelah itu terlempar ke tiga daerah. Lemparan batu golog yang pertama menyebabkan getaran yang sangat dahsyat di Desa Gembong. Bagian kedua batu golog itu terlempar dan jatuh di Dasan Batu. Nama ini diberikan karena ada orang yang menyaksikan saat batu itu jatuh. Batu yang terakhir, terlempar ke daerah yang kemudian dinamakan Montong Teker. Nama ini diberikan karena bagian terakhir batu golog ini menimbulkan suara gemuruh saat mendarat.Pertanyaan:1.Tentukan struktur dari legenda tersebut disertai dengan bukti/ contoh kalimatnya! (orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda)2.Tentukan jenis legenda tersebut!3.Jelaskan unsur intrinsik dari legenda tersebut!4.Apa amanat yang terkandung dari legenda tersebut?tolong yaa,ngasal report​

1. Struktur

Orientasi

Amaq Lembain dan Inaq Lembain adalah sepasang suami-istri yang sangat miskin. Mereka dikaruniai dua anak yang masih kecil. Keluarga itu tinggal di Padamara, Nusa Tenggara Barat. Mereka tak punya sawah untuk digarap, tak ada kebun untuk ditanami, juga tak memiliki hewan ternak. Saking miskinnya, terkadang mereka tidak makan seharian. Setiap hari pasangan itu berjalan kaki berkeliling desa, mencari orang yang membutuhkan bantuan mereka.

Klimaks

Suatu hari, seperti biasa Amaq Lembain dan Inaq Lembain pergi mencari pekerjaan beserta kedua anaknya. Setelah seharian berkeliling, akhirnya Amaq Lembain mendapatkan pekerjaan. Ia diminta membetulkan pintu rumah yang rusak. Tinggallah Inaq Lembain yang terus mencari pekerjaan. Sambil menggandeng kedua anaknya, ia mendatangi tiap rumah.

“Permisi Bu, apakah ada yang bisa saga bantu?” tanya Inaq Lembain pada seorang wanita yang sedang menampi beras. Di rumah ibu itu, tampak beberapa wanita sedang menumbuk padi.

Ibu itu memandang sekilas pada Inaq Lembain, “Aku tidak membutuhkan bantuanmu. Sudah banyak yang membantuku,” jawabnya.

“Tolonglah Bu, kedua anak saya butuh makan. Ibu tak perlu membayar dengan uang, cukup dengan beras saja. Asal anak saya bisa makan, saya sudah senang,” kata Inaq Lembain memohon.

Ibu itu merasa iba. Ia akhirnya memberi Inaq Lembain pekerjaan, yaitu menumbuk padi.

Inaq Lembain berpesan pada kedua anaknya, “Jangan ganggu Ibu ya. Ibu harus bekerja. Kalian duduk saja di sini.”

Anak-anaknya ia dudukkan di atas batu ceper, tak jauh dari tempatnya. Batu ceper itu biasa disebut batu golog. Inaq Lembain mulai bekerja. Ia bekerja dengan sungguh-sungguh, ia tak ingin mengecewakan ibu yang telah memberinya pekerjaan tersebut.

Saat sedang sibuk menumbuk padi, terdengar suara kedua anaknya, “Ibu… Ibu… Iihatlah kami,” panggil mereka. Kedua anak itu memanggil ibunya karena merasa ada keanehan pada batu yang mereka duduki.

Batu itu bergerak naik, semakin lama semakin tinggi. “Sssttt… diamlah, jangan ganggu Ibu!”sahut Inaq Lembain sambil terus menumbuk. Ia tak menoleh sedikit pun pada anak-anaknya.

Batu itu bergerak semakin tinggi. Kedua anak itu sangat panik dan ketakutan. Mereka serentak berteriak lagi, “Ibu… Ibu… batu ini bergerak naik. Kami takut Bu….”

Inaq Lembain tetap tak peduli. Ia pikir anak-anaknya hanya mencari perhatiannga saja. Ia terus melanjutkan pekerjaannya.

“Ibu… Ibu… tolong… kami ada di atas Bu,” teriak anak-anak itu lagi. Kedua anak itu terus berteriak-teriak, namun Inaq Lembain tetap tak peduli. Lama-kelamaan, suara anak-anaknya itu semakin pelan dan menjauh. Inaq Lembain tak lagi mendengar teriakan anak-anaknya.

“Baguslah, mereka pasti kecapekan. Tidurlah yang nyenyak ta, Nak. Ibu harus mengelesaikan pekerjaan ini,” gumamnya dalam hati.

Inaq Lembain tak mengadari, batu golog telah membawa kedua anaknya ke atas, nyaris menyentuh awan. Setelah Inaq Lembain menyelesaikan pekerjaannya, ia lalu mencari anak- anaknya. Alangkah paniknya ia ketika melihat batu yang diduduki kedua anaknya sudah menjulang ke langit. Ujung batu itu sudah tak tampak, bahkan anak-anaknya pun tak kelihatan lagi. Inaq Lembain menangis kebingungan. Ia memohon pada Tuhan untuk menyelamatkan anak-anaknya.

Dengan bantuan Tuhan, selendang yang dikenakan Inaq, Lembain mampu memenggal batu golog itu. Dengan sekali tebas, batu golog itu pecah menjadi tiga. Namun sayang, meski batu itu sudah pecah, kedua anak Inaq Lembain telah berubah menjadi dua ekor burung.

Resolusi

Si sulung berubah menjadi burung kekuwo, sedangkan si bungsu berubah menjadi burung kelik. Inaq Lembain sangat menyesal, kini kedua anaknya berubah menjadi burung. Meski demikian, ia membawa pulang kedua burung itu dan merawatnya.

Konon kabarnya, ketiga bagian batu golog yang terbelah itu terlempar ke tiga daerah. Lemparan batu golog yang pertama menyebabkan getaran yang sangat dahsyat di Desa Gembong. Bagian kedua batu golog itu terlempar dan jatuh di Dasan Batu.

Koda

Nama ini diberikan karena ada orang yang menyaksikan saat batu itu jatuh. Batu yang terakhir, terlempar ke daerah yang kemudian dinamakan Montong Teker. Nama ini diberikan karena bagian terakhir batu golog ini menimbulkan suara gemuruh saat mendarat.

2. termasuk legenda masyarakat

3. legenda tersebut memiliki bahasa yangbaku dan kalimat konjungsi yang benar

4. harus memperhatikan keadaan orang lain/peduli

semoga membantu

5. 1. Harmoni merupakan unsur musik yg berkaitan dengan = A. Jatuhnya ketukan dan datangnya tekanan kuat secara beraturan B. Pergantian panjang pendeknya nada C. Pergantian naik turunnya suara atau
tinggi rendahnya nada dalam suatu lagu/musik D. Keselarasan atau keserasian di antara nada – nada yg ada dalam lagu/musik 2. Melodi adalah unsur musik yg berkaitan erat dengan = A. Jatuhnya ketukan dan datangnya tekanan kuat secara beraturan B. Pergantian panjang pendeknya nada. Lagu daerah di Indonesia mempunyai irama yg berbeda – beda C. Pergantian naik turunnya suara atau tinggi rendah nada dalam suatu lagi/musik D. Keselarasan atau keserasian di antara nada – nada yg ada dalam lagu/musik 3. Bunyi yg getarannya teratur dan enak didengar disebut = A. Irama B. Nada C. Syair D. Birama 4. Lagu yg memiiki ciri serta karakter tersendiri sesuai daerah setempat disebut lagu = A. Nasional B. Anak – anak C. Daerah D. Barat 5. Rangkaian sejumlah nada atau bunyi berdasarkan perbedaan tiggi rendah atau naik turunnya disebut = A. Melodi B. Tempo C. Irama D. Notasi 6. Alat musik yg berfungsi untuk mengiringi melodi lagu adalah alat musik = A. Ritmis B. Harmonis C. Ansambel D. Melodis 7. Lagu daerah bersifat kedaerahan maksudnya = A. Pengajarannya bersifat turun – temurun dari orang tua kepada anakya atau dari nenek kepada cucunya B. Tidak diketahui penciptanya,tidak tertulis,dan sifatnya bukan semata – mata untuk tujuan kormesial C. Tangga nada yg digunakan kebanyakan tangga nada pentatonik D. Lirik syair lagu daerah setempat sesuai dengan daerah atau dialek setempat yg bersifat loka 8. Orang yg mengaransemen lagu disebut = A. Komposer B. Gitaris C. Musikur D. Penyanyi 9. Indonesia mempunyai banyak lagu daerah karena = A. Indonesia pernah dijajah Jepang B. Memiliki berbagai macam agama C. Wilayah Indonesia sangat luas D. Indonesia mempunyai banyak suku 10. Fugsi musik dalam masyarakat Indonesia adalah sebagai sarana berikut,kecuali = A. Ekspresi B. Demonstrasi C. Upacara ritual D. Hiburan 11. Keras lembut lagu dan perubahannya disebut = A. Notasi B. Irama C. Tempo D. Dinamik ❤ Tolong di jawab ya….. Pliss… ❤

nomor 1 sepertinya D kalau ga salah1.D
2.B
3.A
4.C
5.B
6.D
7.B
8.A
9.C
10.B
11.B

6. Lamanya sebuah nada harus dibunyikan disebut…. * Pernapasan dengan cara menambah volume udara sehingga dapat diatur oleh diafragma disebut…. * Ketepatan jangkauan nada disebut…. * Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu disebut…. * Bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya disebut…. * Usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya disebut…. * CRESCENDO adalah ….. * Lagu “BOLELEBO” berasal dari daerah…. * Lagu Daerah “APUSE” berasal dari…. * Luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang disebut… * Keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan disebut… * Lagu “ANGING MAMIRI” berasal dari…. * Usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan disebut…. * Usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan disebut…. * Pernapasan dengan cara mengisi udara dalam paru-paru bagian atas disebut…. * Lagu “BUNGONG JEUMPA” berasal dari…. * Pernapasan dengan cara membuat perut berongga besar disebut pernapasan…. * Lagu “HALO-HALO BANDUNG” diciptakan oleh…. * Lagu “RAYUAN PULAU KELAPA” diciptakan oleh…. * Posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu disebut…. * Rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang mempunyai susunan tinggi nada yang teratur disebut…. * Cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas disebut…. * Aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku disebut…. * Warna suara yang berbeda tiap-tiap orang disebut…. * STACCATO adalah ….. * Tolong kak harus dikumpulkan hari ini

Jawaban:

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.Crescendo adalah sebuah perubahan dinamika dalam musik yang dibuat secara bertahap

8.Lagu Bolelebo berasal dari daerah / provinsi Nusa Tenggara Timur.

9.Papua Irian Jaya

10.Ambitus yang berusal dari bahasa Latin.

11.interval nada

12.Anging Mammiri, lagu daerah Sulawesi Selatan

13.

14.

15.

16.aceh

17.pernafasan diafragma

18.ismail Marzuqi

19.ismail Marzuqi

20. frasering

21.skala diatonik

22.artikulasi

23.phrasering

24.timbre

25.Stakato adalah sebuah istilah musik, yaitu cara memainkan atau menyanyikan atau memperdengarkan suatu nada atau serangkaian nada pendek-pendek, terputus-putus

Penjelasan:

maap ada yg blm

semoga membantu

jadikan jawaban ini yang tercerdas

arigatou

#banyakjugayasoalnya

#hehe

#wkwkwwk

7. 1. Harmoni merupakan unsur musik yg berkaitan dengan =<br /> A. Jatuhnya ketukan dan datangnya tekanan kuat secara beraturan<br /> B. Pergantian panjang pendeknya nada<br /> C. Pergantian naik turunnya suara atau tinggi rendahnya nada dalam suatu lagu/musik<br /> D. Keselarasan atau keserasian di antara nada – nada yg ada dalam lagu/musik<br />2. Melodi adalah unsur musik yg berkaitan erat dengan =<br /> A. Jatuhnya ketukan dan datangnya tekanan kuat secara beraturan <br /> B. Pergantian panjang pendeknya nada. Lagu daerah di Indonesia mempunyai irama yg berbeda – beda<br /> C. Pergantian naik turunnya suara atau tinggi rendah nada dalam suatu lagi/musik<br /> D. Keselarasan atau keserasian di antara nada – nada yg ada dalam lagu/musik<br />3. Bunyi yg getarannya teratur dan enak didengar disebut =<br /> A. Irama <br /> B. Nada <br /> C. Syair<br /> D. Birama<br />4. Lagu yg memiiki ciri serta karakter tersendiri sesuai daerah setempat disebut lagu =<br /> A. Nasional<br /> B. Anak – anak<br /> C. Daerah<br /> D. Barat<br />5. Rangkaian sejumlah nada atau bunyi berdasarkan perbedaan tiggi rendah atau naik turunnya disebut =<br /> A. Melodi<br /> B. Tempo<br /> C. Irama<br /> D. Notasi<br />6. Alat musik yg berfungsi untuk mengiringi melodi lagu adalah alat musik =<br /> A. Ritmis<br /> B. Harmonis<br /> C. Ansambel<br /> D. Melodis<br />7. Lagu daerah bersifat kedaerahan maksudnya =<br /> A. Pengajarannya bersifat turun – temurun dari orang tua kepada anakya atau dari nenek kepada cucunya<br /> B. Tidak diketahui penciptanya,tidak tertulis,dan sifatnya bukan semata – mata untuk tujuan kormesial<br /> C. Tangga nada yg digunakan kebanyakan tangga nada pentatonik <br /> D. Lirik syair lagu daerah setempat sesuai dengan daerah atau dialek setempat yg bersifat loka<br />8. Orang yg mengaransemen lagu disebut =<br />A. Komposer<br />B. Gitaris<br />C. Musikur<br />D. Penyanyi<br />9. Indonesia mempunyai banyak lagu daerah karena =<br />A. Indonesia pernah dijajah Jepang <br />B. Memiliki berbagai macam agama<br />C. Wilayah Indonesia sangat luas<br />D. Indonesia mempunyai banyak suku<br />10. Fugsi musik dalam masyarakat Indonesia adalah sebagai sarana berikut,kecuali =<br />A. Ekspresi<br />B. Demonstrasi<br />C. Upacara ritual<br />D. Hiburan<br />11. Keras lembut lagu dan perubahannya disebut =<br />A. Notasi<br />B. Irama<br />C. Tempo<br /&
gt;D. Dinamik<br />❤ Tolong di jawab ya…..<br />Pliss… ❤ notasi musik berfungsi sebagai?

1.C
2.D
3.A
4.C
5.GK TAU
6.D
7.B(kalokgksalah)
8.A
9.D
10.A
11.GK TAU

8. 5. jumlah getaran sebuah benda sedikit maka suara yang dihasilkan terdengarc. jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat.1. sebutkan tiga sifat-sifat bunyi yang kamu ketahui.jawab: ..2. apa yang dimaksud sumber bunyi?jawab: …3. medium apa saja yang bisa merambatkan bunyi?jawab:mengapa bunyi yang tinggi menyebabkan telinga sakit?jawab:5. sebutkan dua contoh sumber bunyi yang mempunyai frekuensi tinggi.jawab:​

Jawaban:

1. -Bunyi Bisa Merambat Melalui Zat Padat, Zat Cair, dan Gas. Getaran bunyi merambat dalam bentuk gelombang

-Bunyi Bisa Diserap dan Dipantulkan.

-Bunyi Bisa Dibiaskan

2. sumber bunyi adalah benda yang menghasilkan bunyi….. bunyi adalah gelombang mekanik yang merambat dalam medium,Getaran itu menimbulkan gelombang bunyi di udara. Semua benda yang dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi,

3. Jadi, media atau perantara perambatan bunyi adalah benda padat, cair, gas.

4. karena telinga manusia hanya mampu menerima maksimal dengan intensitas 40 dB. Suara apapun di atas 40 dB akan merusak pendengaran kita. Seperti contoh suara kapal jet dan suara tembakan

5. 1.pita suara manusia:ketika seorang manusia berbicara,pita suaranya akan bergetar dan menghasilkan suara.frekuensi getaran dan amplitudo yang menghasilkan suara berbeda.

2.alat musik:ketika alat musik di tabuh atau dipetik,maka alat musik akan bergetar dan menghasilkan gelombang bunyi.

9. 1. Karya musik mampu memberikan hiburan bagi publiknya …. 2. Bentuk penyajian musik terbagi suara supran, alto, tenor, bas disebut …. 3. Koes Plus membawakan lagu bergenre …. 4. Instrumen musik yang ditiup, kecuali …. 5. Berikut adalah Instrumen musik kardofon yang dipetik, kecuali …. 6. Cabang seni yang dapat dinikmati secara audi – visual …. 7. Musik sebagai pelengkap proses interaksi hidup masyarakat menunjukkan musik tradisional mempunyai nilai …. 8. Jenis instrument musik yang sumber bunyinya berasal dari daya listrik,disebut …. 9. Berikut adalah ciri-ciri musik tradisional, kecuali …. 10. Yang termasuk instrument musik idiofon bentuk tabung,adalah …. 11. Menyajikan karya seni musik dihadapan masyarakat disebut …. 12. Kelompok Paduan Suara Campuran terdiri dari suara …. 13. Kelompok musik D Masiv merupakan salah satu conto hbentuk musik vokal …. 14. Insrumen musik kordofon yang digesek,kecuali …. 15. Karya musik mampu menampilkan gagasan-gagasan baru yang orisinal dan murni …. 16. Fungsi music tradisi yang tidak terdapat pada fungsi seni secara umum adalah sebagai …. 17. Warna /kesan yang membedakan sebuah bunyi dengan bunyi yang lain, disebut …. 18. Yang termasuk intrumen musik idiofon bentuk khusus,kecuali …. 19. Bentuk penyajian musik vokal terdiri dari 5 sampai 8 orang disebut …. 20. Jenis instumen musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran membrane,baik terbuat dari kulit maupun sintetis,disebut. …. 21. Modernisasi dari electone,adalah …. 22. Suatu karya musik yang berasal dari daerah disebut …. 23. Karya musik mampu memberikan pelajaran dan pendidikan berharga bagi publiknya …. 24. Fungsi seni yang menjadi penekanan khusus pada fungsi musik tradisi adalah …. 25. Yang termasuk instrument musik idiofon bentuk bilah,adalah …. 26. Instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari getar dawai/senar,disebut …. 27. Berikut adalah unsur seni music, kecuali …. 28. Bentuk penyajian musik vokal oleh satu orang disebut …. 29. Jenis instrument musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara,disebut …. 30. Rongga mulut danlangit-langit selain berfungsi sebaga iresonansi suara vocal yang bernada tinggi, juga dapat membentuk suara …. Please, tolong bantu saya sih?

Karya musik mampu memberikan hiburan bagi publiknya disebut rekreatif Bentuk penyajian musik terbagi suara supran, alto, tenor, bas disebut paduan suaraKoes Plus membawakan lagu bergenre popInstrumen musik yang ditiup, kecuali cymbalBerikut adalah Instrumen musik kardofon yang dipetik, kecuali drumCabang seni yang dapat dinikmati secara audiovisual adalah tariMusik sebagai pelengkap proses interaksi hidup masyarakat menunjukkan musik tradisional mempunyai nilai pola hidup masyarakatJenis instrument musik yang sumber bunyinya berasal dari daya listrik,disebut ElektrofonBerikut adalah ciri-ciri musik tradisional, kecuali dilindungi oleh undang undangYang termasuk instrument musik idiofon bentuk tabung,adalah angklungMenyajikan karya seni musik dihadapan masyarakat disebut pementasanKelompok Paduan Suara Campuran terdiri dari suara sopran, alto, tenor dan bassKelompok musik D Masiv merupakan salah satu contoh bentuk musik vokal grupInsrumen musik kordofon yang digesek,kecuali gitarKarya musik mampu menampilkan gagasan-gagasan baru yang orisinal dan murni adalah kreatif Fungsi music tradisi yang tidak terdapat pada fungsi seni secara umum adalah sebagai saran ritual Warna /kesan yang membedakan sebuah bunyi dengan bunyi yang lain, disebut timbreYang termasuk intrumen musik idiofon bentuk khusus,kecuali calung Bentuk penyajian musik vokal terdiri dari 5 sampai 8 orang disebut vokal grupJenis instumen musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran membrane,baik terbuat dari kulit maupun sintetis,disebut MembranofonModernisasi dari electone,adalah OrganSuatu karya musik yang berasal dari daerah disebut Musik TradisionalKarya musik mampu memberikan pelajaran dan pendidikan berharga bagi publiknya adalah edukasi Fungsi seni yang menjadi penekanan khusus pada fungsi musik tradisi adalah sarana ritual Yang termasuk instrument musik idiofon bentuk bilah,adalah SimbalInstrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari getar dawai/senar,disebut kordofon Berikut adalah unsur seni music, kecuali Grafis Bentuk penyajian musik vokal oleh satu orang disebut soloJenis instrument musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara,disebut Aerofon Rongga mulut dan langit-langit selain berfungsi sebaga iresonansi suara vocal yang bernada tinggi, juga dapat membentuk suara besar

Pembahasan:Karya musik sebagai rekreatif maksudnya adalah sebagai hiburan bagi pendengarnya. Paduan suara campuran (yaitu dengan suara wanita dan suara pria). Jenis ini mungkin merupakan yang paling lazim, biasanya terdiri atas suara sopran, alto, tenor dan bass, sering disingkat sebagai SATB.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang media ragam seni musik https://brainly.co.id/tugas/3040530

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

10. 1. Getaran suara dalam vocal, juga dikenal dengan istilah?A. VibrasiB. MediasiC. AgitasiD. Akusisi2. Bersenandung merupakan jenis nyanyian yang menggunakan vocal grup?A. AkapelaB. Nas
yidC. KhosidahD. Kanon3. Perbedaan karya seni 2D dan 3D terlihat jelas pada?A. LebarB. PanjangC. VolumeD. Tinggi4. Relief merupakan salah satu peninggalan zama sejarah yang sebagian besar menggunakan ragam hias?A. Alam bendaB. GeometrisC. FloraD. Figuratif5. Berikut ini tergolong dalam proses finishing dalam pembuatan karya seni rupa, kecuali?A. PengeringanB. Pembuatan SketsaC. PewarnaanD. Pengemasan6. Karya seni rupa 2D ataupun 3D harus memiliki unsur?A. DinamisB. EstetikaC. ErgonomisD. Ekonomis7. Salah satu kelemahan dari ZPA untuk penerapan seni rupa adalah?A. Banyak tersedia di alamB. Pengolahan yang rumitC. Mudah di dapatD. Harganya murah8. Untuk melatih kekuatan suara, dapat dilakukan dengan latihan?A. BerteriakB. Tarikan nafasC. ArtikulasiD. Meniup9. Lagu nasyid sering kali dinyanyikan dalam bentuk?A. UnisonoB. Dua SuaraC. Vocal GrupD. Ansambel10. Texere berasal dari bahasa ….?A. SansakertaB. LatinC. KunoD. Yunani11. Untuk mendapatkan kesan gelap terang pada gambar, dapat menggunakan teknik?A. DusselB. ArsirC. LinessD. Pointless12. Susunan nada yang dimainkan bersama disebut?A. Alat musikB. ChordC. IntonasiD. Irama13. Batas wilayah nada yang dapat disuarakan oleh seseorang disebut dengan?A. Kejernihan suaraB. Ambitus suaraC. Kekuatan suaraD. Kualitas suara14. Berikut ini adalah macam macam ragam hias, kecuali?A. DekoratifB. FiguratifC. GeometrisD. Alam Benda15. Ragam hias geometris menggunakan bentuk dasar?A. Titik dan garisB. Garis dan objekC. Garis dan bidangD. Titik dan bidang16. Stilasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendapatkan?A. Pewarnaan objekB. Penebalan garis bidangC. Penggayaan bentukD. Pembuatan sketsa17. Paduan suara merupakan teknik bernyanyi secara?A. TrisambelB. AnsambelC. VocalD. Unsambel18. Perbedaan paduan suara dengan vocal grup terletak pada adanya?A. VokalisB. PenyanyiC. PemusikD. Dirigen19. Chordofone adalah sumber bunyi yang berasal dari?A. DawaiB. TekananC. KulitD. Sentuhan20. Alat musik yang tidak mempunyai nada, disebut dengan?A. RitmisB. AkuatisC. MelodisD. Harmonis”tolong jawab dengan benar kalau tidak saya laporkan”​

Jawaban:

5d pengemasan

7b pengolahan yang rumit

8b tarikan nafas

11d pointilis

14a dekoratif

15 c garis dan bidang

17b ansambel

18d dirigen

semoga membantu*)

11. 1. Indra penikmat dalam cabang seni tari adalah.a. Penglihatanb. Pendengaranc. Penglihatan dan Pendengarand. Penglihatan dan perabaane. Perabaan2. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan seni. Di bawah ini adalah beberapa ahli yang mendefinisikan seni kecuali.a. Ensiklopedi Indonesiab. Achiat Kartamiharjac. Leo Tolstoyd. Thomas Munroe. Bagong Kusudiharjo3. Tekstur yang apabila dilihat dan diraba tidak mempunyai kesamaan disebut.a. Tekstur Nyatab. Tekstur semuc. Analogusd. Monokromatike. Tekstur kontras4. Berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali.a. Titikb. Lukisanc. Garisd. Bidange. Ruang5. Bentuk yang berasal dari bentuk nyata, atau sama dengan aslinya dinamakan bentuk.a. Abstraktifb. Abstrakc. Figuratifd. Pointilismee. Filosof6. Bentuk media dari seni tari adalah.a. Tubuh manusia, gerak dan musikb. Gerak dan musikc. Suara,gerak dan prosesd. Manusia, benda dan alame. Acting, adegan, suara dan musik7. Ciri-ciri musik dari daerah Riau dan sekitarnya kecuali.a. Bertangga nada minor ziganab. Pemusik sekaligus bernyanyic. Lirik bernafaskan Islamd. Pengaruh lagu gerejae. Berinstrumen gambus, rebana dan biola8. Nama gamelan dari daerah Jawa, yang cara memainkannya dipetik adalah.a. Saronb. Siterc. Genderd. Rebabe. Gambang9. Nama gamelan dari daerah Jawa, yang cara memainkannya digesek adalah.a. Saronb. Siterc. Genderd. Rebabe. Gambang10. Nama gamelan dari Jawa,yang bilahnya bukan terbuat dari logam, tetapi dari kayu adalah .a. Saronb. Siterc. Genderd. Rebabe. Gambang11. Alat musik yang suaranya berasal dari getaran tubuh alat musik itu sendiri,digolongkan dalam kelompok.a. Idiofonb. Membranofonc. Kordofond. Aerofone. Elektrofon12. Alat musik yang sumber suaranya berasal dari dawai digolongkan dalam kelompok.a. Idiofonb. Membranofonc. Kordofond. Aerofone. Elektrofon13. Suara tinggi wanita adalah.a. Sopranb. Mezzo sopranc. Tenord. Altoe. Bariton14. Suara sedang pria adalah.a. Sopranb. Mezzo sopranc. Tenord. Altoe. Bariton15. Suara tinggi pria adalah.a. Sopranb. Mezzo sopranc. Tenord. Altoe. Bariton16. Musik yang lahir karena budaya daerah setempat, dan bersifat turun temurun disebut.a. Musik Popularb. Musik daerahc. Musik non tradisionald. Musik tradisionale. Musik barat17. Biasanya musik daerah menggunakan jenis musik.a. Mayorb. Pentatonikc. Minord. Perubahane. Diatonis18. Musik gamelan dari Jawa Tengah sebagian besar merupakan alat musik.a. Harmonib. Tiupc. Ritmisd. Petike. Perkusi/pukul19. Titi laras yang digunakan dalan gamelan jawa adalah.a. Mayorb. Kromatisc. Ziganad. Pelog dan Slendroe. Minor20. Alat musik dari bambu yang berasal dari Jawa Barat adalah.a. Kecapib. Talempongc. Tifad. Calunge. SaronJawablah soal-soal di bawah ini secara lengkap !1. Sebutkan 5 cabang seni dan indra penikmatnya!2. Jelaskan dan berilah contoh istilah instrumen alat musik di bawah ini !a. Idiofonb. Kordofonc. Membranofond. Aerofon3. Bentuk dibagi dalam 3 macam. Sebutkan dan jelaskan artinya serta berilah contohnya !4. Tuliskan solmisasi/urutan nada di bawah ini !a. C = dob. G = do5. Gambarkan dalam bentuk akor gitar dari kunci di bawah ini!a. Gb. Cc. D

1. c
2. d
3. b
4. b
5. c
6.b
7.c
8.d
9.b
10.e

12. 1. Harmoni merupakan unsur musik yg berkaitan dengan = A. Jatuhnya ketukan dan datangnya tekanan kuat secara beraturan B. Pergantian panjang pendeknya nada C. Pergantian naik turunnya suara atau tinggi rendahnya nada dalam suatu lagu/musik D. Keselarasan atau keserasian diantara nada – nada yg ada dalam lagu/musik 2. Melodi adalah unsur musik yg berkaitan erat dengan = A. Jatuhnya ketukan dan datangnya tekanan kuat secara beraturan B. Pergantian panjang pendeknya nada. Lagu daerah di Indonesia mempunyai irama yg berbeda -beda C. Pergantian naik turunnya suara atau tinggi rendahnya nada dalam suatu lagu/musik D. Keselasaran atau keserasian di antara nada – nada yg ada dalam lagu/musik 3. Bunyi yg getarnya teratur dan enak didengar disebut = A. Irama B. Nada C. Syair D. Birama 4. Lagu yg memiliki ciri serta karakter tersendiri sesuai daerah setempat disebut lagu = A. Nasional B. Anak – anak C. Daerah D. Barat 5. Rangkaian sejumlah nada atau bunyi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya dsebut = A. Melodi B. Tempo C. Irama D. Notasi 6. Alat musik yg berfungsi untuk mengiringi melodi lagu adalah alat musik = A. Ritmis B. Harmonis C. Ansambel D. Melodis Tolong di jawab ya…pliss…

1.D
2.D
3.B
4.C
5.C
6.D
JAWABAN INI ADALAH JAWABAN YG SUNGGUH AKU HAYATI

13. 1. Karya seni rupa dapat berwujud dua dimensi (panjang dan lebar) dan tiga dimensi (panjang,lebar,dan tinggi), yang termasuk karya seni rupa tiga dimensi adalah … A. Patung Sisingamangaraja ke-XII yang ada di kota MedanB. Lukisan pemandangan danau toba dari cat acrilikC. Gambar vas bunga yang harganya mahalD. photo ukiran hiasan rumah adat dari bahan kayu jati2. Pernapasan dalam teknik vocal dikelompokkan dalam tiga jenis , yaitu terdiri dari pernapasan…….. A. Diafragma, hidung, tenorB. Perut, hidung, paru-paruC. Dada, Diafragma, perutD. Sopran, dada, difragma3. Ragam Hias Figuratif adalah bentuk ragam
hias yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara ……….. A. Mencontoh bentuk yang sebenarnya tanpa merubahB. Penggayaan bentuk (stilasi)C. Membuat gambar yang simetrisC. Bentuk yang murni4. Kalian sudah sering melihat gambar ornament atau ragam hias, oleh karena itu yang dimaksud dengan ornamen atau ragam hias ialah … A. Ornamen adalah hiasanB. Ornamen adalah menghiasC. Ornamen atau ragam hias menghias sesuatu pada bidang atau bendaD. Ornamen adalah dihias agar indah5. Menggambar merupakan kegiatan manusia yang melibatkan koordinasi …A. Antara penglihatan dengan sentuhan akhirB. Antara objek dengan arsiran untuk menghadirkan gelap terangC. Antara pembuatan gambar sampai selesaiD. Antara penglihatan dengan gerakan tangan yang halus6. Tekstur merupakan sifat atau kualitas nilai raba benda, seperti benda tersebut kasar, halus, licin atau berkerut. Kesan tidak sama antara penglihatan dan rabaan terhadap suatu benda disebut … A. Tekstur semuB. Tekstur nyataC. Gelap terangD. Ruang7. Pernapasan dalam teknik vocal seperti pernapasan perut dilakukan …. A. Dengan cara membuat rongga leher tetap lurus sehingga udara bebas keluar masuk.B. Dengan cara mengisi udara dalam paru-paru bagian bawahC. Dengan cara membuat perut berongga besar sehingga udara luar dapat masuk.D. Dengan cara menarik napas 8. panjang kemudian ditahan agar tidak cepat habisDalam seni musik sering kita menemukan resonansi dalam masalah vokal. Jadi Resonansi adalah bagian dari hal … A. Getaran suara yang mempunyai fungsi untuk mempertinggi suara penyanyiB. Getaran suara yang mempunyai fungsi untuk memperindah suara agar menjadi lebih merduC. Pemenggalan kalimat bahasa atau music agar lebih pendekD. Deretan kuat atau lunaknya 9. lagu dinyanyikanMenggambar tidak hanya mengenal aktivitas fisik semata tetapi juga mental, yang tidak berhubungan dengan mental adalah …. A. Peralatan menggambarB. Daya ciptaC. KarsaD. Rasa10. Prosedur yang harus dilakukan dalam menggambar harus mengikuti kaidah seni rupa yang lugas, imajinatif, kreatif, dan menyenangkan. Yang termasuk prinsip-prinsip dalam seni rupa adalah …. A. Titik, garis, warna, dan bidangB. Proporsi, komposisi, dan keseimbanganC. Garis, bidang, warna, dan titikD. Komposisi, titik, garis, dan teksturbantu jwb plis……(^_^)​

Jawaban:

1.A. Patung Sisingamangaraja ke-XII yang ada di kota Medan

2.C. Dada, Diafragma, perut

3.C. Membuat gambar yang simetris

4.C. Ornamen atau ragam hias menghias sesuatu pada bidang atau benda

5.

6.A. Tekstur semu

7.C. Dengan cara membuat perut beronggabesar. sehingga udara luar dapat masuk.

8.

Video Terkait

Bagikan: