Tari Ondel Ondel Merupakan Tarian Khas Dari Daerah

Fatih.co.id

Tari Ondel Ondel Merupakan Tarian Khas Dari Daerah
Tari Ondel Ondel Merupakan Tarian Khas Dari Daerah

tari ondel-ondel adalah tarian khas yang berasal dari daerah…

Daftar Isi

1. tari ondel-ondel adalah tarian khas yang berasal dari daerah…

ondel-ondel terdiri dari daerah Jawa barat Indonesia

2. Tari ondel-ondel adalah tarian khas yang berasal dari daerah?

Jawaban:

Betawi

Penjelasan:

Properti:

1. Boneka Ondel-ondel

Bahan utama pembuatan boneka Ondel-ondel adalah bambu yang dianyam membentuk sosok Ondel-ondel. Ijuk digunakan sebagai bahan untuk membuat rambut, kemudian dilengkapi dengan ornamen hiasan kembang kelapa khas Melayu di kepalanya.

2. Pakaian Penari

Untuk menarikan Ondel-ondel, terdapat penari laki-laki dan penari perempuan. Pakaian yang dikenakan penari bebas, walaupun masih memiliki unsur pakaian khas Betawi. Atasan yang kenakan pun bisa bebas, baik bermodel baju kurung, maupun kaos.

Kemudian, penari wanita juga akan dilengkapi dengan selendang yang diikatkan di bagian pinggang. Sedangkan penari laki-laki menggunakan sarung yang dilipat dan disampirkan di leher. Selain itu, para penari laki-laki juga umumnya memakai ikat pinggang lebar khas Betawi.

3. Hiasan Kepala

Untuk hiasan kepalanya, penari laki-laki hanya mengenakan peci yang seringkali berwarna hitam. Sementara itu, penari perempuan masih mempertahankan hiasan berbentuk kembang kelapa seperti yang ada pada boneka Ondel-ondel dan dipakai seperti bando.

4. Musik Pengiring

Jika menilik sejarahnya, pertunjukan Ondel-ondel sebenarnya tidak memiliki musik pengiring secara khusus. Hanya suara kendang Pencak Silat yang dijadikan untuk mengiringi pertunjukan Ondel-ondel di masa lampau.

Seiring berjalannya waktu, pertunjukan Ondel-ondel kemudian mulai dipadukan dengan berbagai jenis musik, khususnya yang dihasilkan dari alat musik tiup.

Dominasi alat musik tiup ini kemudian dilengkapi dengan alat musik tabuh seperti kromong, kenong, serta gendang yang dijadikan sebagai ritme.

Adapun jenis lagu yang sekarang ini kerap digunakan untuk mengiringi Ondel-ondel adalah seperti Kicir Kuning, Lenggang Kangkung, dan Kicir-kicir.

Selain itu, jenis musik orkes Tanjidor dan Gamang Kromong hingga rebana pun bisa digunakan untuk mengiringi pertunjukan Ondel-ondel.

sekian terima gaji

3. Bagaimana ciri khas tari ondel ondel?

Besar, tinggi, dihias, dibuat pakai bambu dllciri nya besar tinggi dipakai jika dipakai dan digunakan ciri khasnya tangan yang tidak bergerak dan dimainkan dengan cara digoyangkan kekiri dan kekanan

4. Ciri khas yang menjadi keunikan tari ondel-ondel?

Jawaban:

Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Tampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Tampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar 2,5 meter dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang ada di beberapa daerah lain.

5. Tarian daerah jaipongan , ondel ondel dan cokek berasal dari

Jakarta mungkin
maaf kalu salahJakarta atau yang lebih dikenal ada di daerah kampung betawi

6. Tari Ondel-ondel merupakan contoh tarian yang berasal dari daerah …​

Jawaban:

dki jakarta

semoga membantu

Jawaban:

Tari Ondel-ondel Betawi merupakan tarian yang berasal dari provinsi DKI Jakarta.

7. tari ondel-ondel ber asal dari daerah​

Tari ondel-ondel berasal dari daerah

Dari Daerah Jakarta.

Maaf Jika Salah

Semoga Bermanfaat

Jawaban:

Tari Ondel-ondel Betawi merupakan tarian yang berasal dari provinsi DKI Jakarta.

Penjelasan:

moga membantu 😀

8. Apakah Lagu Tari Ondel-Ondel Adalah Lagu Daerah?​

Jawaban:

jawabannya iya

kan dari betawi

Jawaban:

Buka klo tari ondel ondel itu tarian bukan lagu

Klo lagu ondel-ondel ada itu merupakan lagu dari khas Betawi

Penjelasan:

Maap klo salah

Jangan lupa follow me ya

9. tari ondel-ondel merupakan contoh tarian yang berasal dari daerah

Jawaban:

betawi = jakarta

Penjelasan:

maaf klo salah

Jawaban:

Tari Ondel-ondel Betawi merupakan tarian yang berasal dari provinsi DKI Jakarta.

Penjelasan:

maaf klo salah

klo benar follow me

10. Berikut yang bukan ciri khas gerak dasar tari ondel-ondel adalah

Jawaban:

Mata dibuka lebar bola mata sambil berputar putar

Penjelasan:

semoga membantu

11. 1. Mengapa tari dan lagu “Ondel-Ondel” perlu dilestarikan?2. Apa makna lagu “Ondel-ondel?”3. Bagaimana asal mula tari ondel-ondel?4. Tulislah tiga kostum utama penari perempuan pada tari ondel-ondel?5. Bagaimana gerakan penutup tari ondel-ondel?​

Jawaban:

1. karena itu budaya kita dan perlu dilestarikan

2. lagu ondel-ondel menceritakan tentang boneka khas Jakarta

3. 1

hannak

hannak

23.09.2014

B. Indonesia

Sekolah Menengah Pertama

+5 poin

Terjawab

Asal usul tari ondel – ondel ?

2

LIHAT JAWABAN

Masuk untuk menambahkan komentar

Jawabanmu

jecindaanindya12345 Ambisius

Jawabannya dari kota betawi

4.5

31 pilih

TERIMA KASIH

25

Komentar tidak puas? sampaikan!

wiwitht82 Gemar Membantu

Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Nampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar 2,
5 meter dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dariijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang ada di beberapa daerah lain.Di Pasundan dikenal dengan sebutan Badawang, di Jawa Tengahdisebut Barongan Buncis, sedangkan di Bali lebih dikenal dengan namaBarong Landung. Menurut perkiraan jenis pertunjukan itu sudah ada sejak sebelum tersebarnya agama Islam di Pulau Jawa.Semula ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Dewasa ini ondel-ondel biasanya digunakan untuk menambah semarak pesta- pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misalnya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Betapapun derasnya arus modernisasi, ondel-ondel masih bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta.

4. kain batik betawi

-.selendang

-bando Kembang kelapa

5.kedua tangan diangkat 1 dan 2 dan kepala digelengkan

12. Gerakan tari ondel-ondel memiliki banyak perkembangan atau dikreasikan. namun tetap memiliki gerakan khas tersendiri. di bawah ini gerakan tari ondel-ondel dibagian akhir adalah dengan posisi​

Jawaban:

pilihan ganda / gambarnya mana kak ?

13. 1. Tarian lagu Ondel-Ondel adalah musik tradisional khas masyarakat?2. Musik pengiring tari lagu Ondel-Ondel adalah?3. Contoh sikap ketika berlatih tarian lagu Ondel-Ondel?4. Manfaat musik dimainkan secara bersamaan menghasilkan? 5. Fungsi tarian lagu Ondel-Ondel zaman dahulu adalah?6. Boneka ondel-ondel terdiri atas?7. Memberi apresiasi artinya?8. Contoh nyata memberikan apresiasi tari lagu Ondel-Ondel dengan cara?9. Dua contoh gerakan tari lagu Ondel-Ondel ialah?10. Semua suka menyaksikan pertunjukan tari lagu Ondel-Ondel karena?​

Jawaban:

1. Dki jakarta

2. Musik yang mengiringi ondel-ondel tidak menentu, tetapi biasanya diiringi dengan irama gambang kromong.

3. Misterius dengan tubuh dan wajah yang di tutupi oleh sebuah topeng serta badan buatan.

4. Menjadi lebih merdu.

5. sebagai seni pertunjukan, memeriahkan arak-arakan pada masa yang lalu biasa pula mengadakan pertunjukan keliling.

6. Boneka ondel-ondel terdiri dari 2 bagian utama (kepala dan badan). Dibagian kepala terdapat mahkota yang berhiaskan lukisan flora dan fauna seperti burung merak, burung Hong, naga, bunga teratai, bunga delima dan semanggi.

7. Perhargaan.

8. Mempelajari tari ondel-ondel dan menjaga tari ondel-ondel dari kata kepunahan.

9. Menggerakan kepala. Menggerakan tangan sembari berputar.

10. Karena menarik.

14. Tari ondel-ondel merupakan kesenian yang berasal dari daerah ….

jawaban:

Betawi tepatnya di provinsi DKI Jakarta

penjelasan:

Ondel – ondel adalah boneka raksasa yang terbuat dari anyaman bambu yang kemudian dihiasi menggenakan pakaian dan pernak pernik asesoris yang membuatnya terlihat seperti manusia.

15. Tarian lagu ondel ondel adalah musik tradisional khas masyarakat

Jawaban:

Tarian ondel-ondel adalah musik tradisional khas masyarakat Betawi

16. 1.Mengapa tari dan lagu “ondel ondel” Perlu di lestarikan? 2.Apa makna lagu “Ondel-Ondel”? 3.Bagaimana asal mula tari ondel ondel? 4.Tulislah tiga kostum utama penari perempuan pada tari ondel ondel! 5.Bagaimana gerakan penutup tari ondel ondel

Jawaban:

1 .karna tari dan lagu “Ondel-Ondel perlu dilestarikan karna itu kebudayaan mereka

2.makna lagu ondel ondel adalah menceritakan keunikan boneka khas ini biasanya di nyanyikan pada pertunjukan seni kebudayaan daerah atau jga bisa di gunakan untuk khinatan dan pernikahan adat mereka

3.ondel ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat betawi

17. 1. lagu ondel-ondel memiliki makna “hiburan” artinya adalah2.ciri khas tarian betawi gerak dasar adalah3.cirui penari wanita dan laki pada tarian ondel-ondel adalah 4.Tari ondel-ondel dahulu di gunakan sebagai 5. apa nama celana khas penari ondel-ondel yang di pakai oleh laki lakiyok bisa yok mohon bantuan nya yok :)​

Jawaban:

1.sesuatu atau perbuatan yang dapat menghibur hati (membuat perasaan senang)

2.Ciri-ciri tari betawi mencangkup sikap gibang, selancar, rapat nindak, kewer, pakblang, goyang plastik,gonjingan.

3.Kostum utama

Penjelasan:

Busana yang dikenakan penari perempuan terdiri dari kebaya pola tiga warna, dan bawahan kain batik Betawi yang dijadikan semacam rok lebar agar tidak menghalangi gerakan. Bagian dada ditutupi toka-toka silang dada (tradisional) atau teratai/bulat (modifikasi). Tubuh bagian bawah selain kain batik juga ditambahkan penutup bagian depan (perut hingga lutut) berupa amprek/ampreng, dan andong untuk menutupi panggul. Selendang yang berfungsi sebagai aksesori sekaligus properti tari dikaitkan di pinggang. Rambut dikonde cepol dan mengenakan hiasan kepala yang modelnya bervariasi, antara lain berupa tutup kepala dengan bunga-bunga, atau bando kembang kelapa. Wajah menggunakan penutup semacam siangko dengan rumbai-rumbai. Penari laki-laki sebagaimana biasanya mengenakan pakaian khas Betawi dengan aksesoris kopiah hitam di kepala dan sarung yang digantungkan di leher.

4.Penolak Bala dan mengusir gangguan roh halus

5.Celana panjang bermotif Batik

18. Tarian Ondel -ondel berasal dari daerah?​

Jawaban:

Ondel Ondel, Khas Betawi Ondel Ondel Adalah Tradisi Yang Sering Ditemui Di Daerah Sebagi Jakarta Dan Tangerang,

[tex]\boxed{{\rm{\color{black}{ Answer By: bahrul }}}}[/tex]

HaloBrainlyLovers

19. tarian ondel ondel berasal dari. daerah​

Jawaban:

Dari daerah DKI Jakarta

20. 1. Mengapa tari dan lagu “Ondel-Ondel” perlu dilestarikan? 2. Apa makna lagu “Ondel-Ondel?” 3.
Bagaimana asal mula tari ondel-ondel? 4. Tulislah tiga kostum utama penari perempuan pada tari ondel-ondel! 5. Bagaimana gerakan penutup tari ondel-ondel?​

Jawaban:

1. Karena tari ondel-ondel merupakan ciri khas kesenian Betawi yang hampir punah, sehingga perlu dikembangkan dan dilestarikan.

2. Lagu ondel ondel menceritakan keunikan boneka khas Jakarta ini, lagu ini biasanya dinyanyikan pada pertunjukan seni kebudayaan daerah, acara khitanan atau pernikahan adat Betawi, Setiap acara pernikahan atau pada tempat-tempat wisata di daerah Jakarta, Sosok ondel ondel selalu menghiasi tempat tersebut.

3. Sebelum ondel-ondel dikenal sebagai salah satu tarian tradisional Betawi, kreasi kesenian ini melalui deretan sejarah panjang. Menurut catatan sejarah, tarian ini awal mula muncul pada abad ke-16 di Batavia. Namun pada saat itu masyarakat menyebutnya boneka raksasa, bukan ondel-ondel seperti yang kita kenal sekarang.

4. Kostum utama penari perempuan pada tari ondel ondel adalah kebaya encim, selendang bermotif flora, dan kain sarung batik betawi. Tari Ondel-ondel adalah jenis tarian yang berasal dari Betawi.

5. kedua tangan diangkat 1 dan 2 dan kepala digelengkan

maaf kalau salah 🙂 semoga membantu 🙂

Video Terkait

Bagikan: