Teks Persuasif Memiliki Beberapa Jenis Sebagai Berikut Kecuali

Fatih.co.id

Teks Persuasif Memiliki Beberapa Jenis Sebagai Berikut Kecuali
Teks Persuasif Memiliki Beberapa Jenis Sebagai Berikut Kecuali

teks pidato persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut kecuali​

Daftar Isi

1. teks pidato persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut kecuali​

Jawaban:

perintah untuk tidak mengikuti karna tujuan dari pidato persuasif adalah untuk mengajak dan memepengaruhi.

2. Teks pidato persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali… *

Jawaban:

1. Teks pidato persuasif memiliki ciri-ciri

sebagai berikut, kecuall …

a menunjukkan fakta-fakta dan data

untuk menguatkan argumentasi

b. berusaha menjelaskan dan menarik

kepercayaan pembaca

c. berusaha menghindari konflik

d. Isinya bersifat aagitatif

jawabannya c.berusaha menghindari konflik/

•perintah
untuk tidak mengikuti karna tujuan dari pidato persuasif adalah untuk mengajak dan memepengaruhi.

3. berikut ini yang teks persuasif , kecuali​

Jawaban:

Teks nya mana ??

Penjelasan:

Teks persuasif/persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak,menyuruh, atau membujuk pembacanya untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Pesan:

semoga bermanfaat jangan lupa di like atau di follow

Jawaban:

Teks Eksposisi

Teks Narasi

Teks Deskripsi

Dan lain lain

Terima kasih

Maaf kalo salah

4. Sebuah teks persuasif tentunya memiliki struktur untuk membangun sebuah teks yang utuh. Berikut yang bukan merupakan struktur teks persuasif adalah….​

Jawaban:

Struktur Teks Persuasif

1. Pengenalanisu berupa pengantar atau awalan pada teks yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.

2. Rangkaianargumen berupa pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut.

3. Pernyataanajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks.

5. Berikut ini yang tidak termasuk dalam jenis-jenis teks pidato persuasif adalah

Jawaban:

Teks pidato merupakan teks yeng memuat gagasan dan pikiran tentang suatu hal yang akan disampaikan di depan khalayak umum. Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk meyakinkan atau memengaruhi audiensi dan mengajak mereka agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan pidato yang disampaikan.

Berikut ini adalah jenis-jenis pidato persuasif.

1. Pidato Pemerintahan

Pidato ini memuat informasi resmi yang menyangkut kebijakan pemerintah. Bentuknya berupa pengumuman, penjelasan, imbauan, dan pesan pemerintah.

2. Pidato Sambutan

Pidato ini memuat sambutan biasa yang disampaikan oleh orang-orang tertentu karena jabatan atau kedudukannya.

3. Pidato Instansi

Pidato ini bersifat memberi penerangan, penjelasan, dan pendidikan. Pidato ini disampaikan melalui berbagai media massa.

4. Pidato Ceramah

Pidato ini bertujuan untuk menjelaskan sesuatu di hadapan pendengar. Masalah yang disampaikan dalam pidato ceramah bersifat umum.

Dengan demikian, yang tidak termasuk dalam jenis-jenis teks pidato persuasif adalah “mendongeng”.

Semoga membantu 🙂

Penjelasan:

maaf kalo salah

6. kalimat persuasif memiliki ciri ciri sebagai berikut,kecuali​

Jawaban:

A. bersifat memperjelas

Ciri- ciri Kalimat persuasif

– Sifatnya mengajak (ajakan)

– menggunakan tanda seru diakhir kalimat

– Sering menggunakan kata persuasif(ayo,marilah,dll)

7. memiliki striktu tertentula miktur teks persuasif kecualiargumentnajan​

Jawaban:

Argument

Penjelasan:

Soalnya kurang jelas

8. Berikut kata-kata persuasif yang terdapat dalam teks eksposisi,kecuali

Jawaban:

soalnya mana yaaa????

9. 14. teks persuasif memiliki beberapa jenis sebagai berikut, kecuali… a. persuasi politik c. persuasi propaganda b. persuasi pendidikan d. persuasi narasi

14. teks persuasif memiliki beberapa jenis sebagai berikut, kecuali d. persuasi narasi

Pembahasan

Teks persuasi adalah teks yang berisi ajakan atau bujukan kepada pembaca agar melakukan atau mengikuti apa yang ditulis dalam teks tersebut. kata persuasi berasal dari bahasa Inggris persuade yang berarti mengajak,membujuk, atau ,menyuruh. teks persuasi adalah sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak menyuruh atau membujuk seseorang untuk melakukan teks persuasi yang dimaksudkan tadi atau yang diperintahkan tadi.

teks persuasi dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu teks persuasi iklan atau advertensi , pendidikan, propaganda, politik.

Dalam teks Persuasi banyak ditemukan kata-kata yang bersifat mengajak seperti ayo,mari,dan lakukanlah. Teks persuasi banyak ditemukan dalam iklan, imbauan,atau propaganda di media massa

Simak pembahasan lebih lanjut :

https://brainly.co.id/tugas/13107883

Detail JawabanKelas:VIIIMapel :Bahasa IndonesiaBab-7 Teks PersuasiKode Mapel:1

Kata Kunci : pengertian teks persuasi.

#AyoBelajar

10. Berikut ini ciri kebahasaan teks persuasif adalah ……kecuali

PERTANYAAN LENGKAP

Berikut adalah ciri kebahasan teks persuasi, kecuali…

A. menggunakan kata kerja mental.

B. menggunakan kata penghubung argumentatif.

C. menggunakan kata penghubung urutan.

D. menggunakan kata-kata perujukan.

PEMBAHASAN

Berikut adalah ciri kebahasaan teks persuasi, kecuali menggunakan kata penghubung urutan (C).

➥ Penjelasan: Dalam sebuah teks persuasi tidak perlu atau tidak diwajibkan untuk menggunakan kata penghubung urutan karena tidak memiliki kaitan penting dengan teks persuasi. Melainkan sebuah kata penghubung urutan biasanya ditemukan pada teks prosedur. Sehingga jawaban yang tepat adalah D.

11. terhadapkepada pembaca.Teks persuasif memiliki beberapa jenisebagai berikut, kecuali…a. persuasi politikb. persuasi Pendidikanc. persuasi propagandad. persuasi narasi​

Jawaban:

d. persuasi narasi​

Penjelasan:

1. Persuasi politik

Sesuai dengan namanya, persuasi politik dipakai dalam bidang politik oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang politik dan kenegaraan. Para ahli politik dan kenegaraan sering menggunakan pesuasi jenis ini untuk keperluan politik dan negaranya. Kita akan bisa memahami persuasi politik lebih baik lagi, bila kutipan berikut ini kita kaji dengan teliti. Naskah persuasi politik berikut ini berkombinasi dengan eksposisi.

2. Persuasi pendidikan

Persuasi pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Seorang guru, mi
salnya, bisa menggunakan persuasi ini untuk mempengaruhi anak supaya mereka giat berlajar, senang membaca dan lain-lain. Seorang motivator atau inovator pendidikan bisa memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menampilkan konsep-konsep baru pendidikan untuk bisa dilaksanakan oleh pelaksana pendidikan. Kutipan artikel berita ini dapat dijadikan bahan menelaah karangan persuasi pendidikan.

3. Persuasi advertensi

Persuasi iklan dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatu barang atau bentuk jasa tertentu. Lewat persuasi iklan ini diharapkan pembaca atau pendengar menjadi kenal, senang, ingin memiliki, berusaha untuk memiliki barang atau memakai jasa yang ditawarkan. Karena itu,advertensi diberi predikat jalur komunikasi antara pabrik dan penyalur, pemilik barang dan publik sebagai konsumen. Iklan itu beraneka ragam, ada yang sangat pendek, ada pula yang panjang.

Persuasi iklan yang baik adalah persuasi yang mampu dan berhasil merangsang konsumen membeli barang yang ditawarkan. Sebaliknya, persuasi iklan itu tergolong sebagai persuasi yang kurang baik apabila tidak berhasil merangsang konsumen untuk membeli barang yang diiklankan.

4. Persuasi propaganda

Objek yang disampaikan dalam persuasi propaganda adalah informasi. Tentunya tujuan persuasi tidak hanya berhenti pada penyebaran informasi saja. Lebih dari itu, dengan informasi diharapkan pembaca atau pendengar mau dan sadar untuk berbuat sesuatu.

Persuasi propaganda sering dipakai dalam kegiatan kampanye. Isi kampanye biasanya berupa informasi dan ajaka. Tujuan akhir dari kampanye adalah agar pembaca atau pendengar menuruti isi ajakan kampanye tersebut. Pembuatan informasi tentang seseorang yang mengidap penyakit jantung yang disertai dengan ajakan pengumpulan dana untuk pengobatannya, atau selebaran yang berisi informasi tentang situasi tertentu yang disertai ajakan berbuat sesuatu adalah contoh persuasi propaganda. Perhatikan kutipan karangan persuasi propaganda dibawah ini.

12. berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan teks pidato persuasif kecuali

Tempo, artikulasi,dinamika dll

13. Teks persuasif memiliki beberapa jenis sebagai berikut, kecuali… * A. persuasi politik B. persuasi pendidikan C. persuasi propaganda D. persuasi narasi​

Jawaban:

Teks persuasif memiliki beberapa jenis sebagai berikut, kecuali…. d.persuasifnarasi

Penjelasan:

Tekspersuasi adalah sebuah paragraf yang berisi pernyataan untuk mendorong atau mengajak seseorang untuk mengikuti keinginan penulis. Tektpersuasif memiliki beberapa jenis.

Berikut beberapa jenis tekspersuasif:

1.Persuasif Propagandamerupakan teks yang isinya berusaha menggiring pembaca atau pendengar terhadap opini tertentu.

2.Persuasif Politikmerupakan teks yang isinya berusaha untuk mengajak pembaca/pendengar untuk memilih partai atau calon pemimpin dalam kegiatan kampanye politik.

3.Persuasif Advertensimerupakan teks yang berusaha untuk membujuk pembaca/penonton untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

4.Persuasif Pendidikanialah jenis teks persuasif yang berusaha agar pembacanya mengikuti atau mau mempelajari dan bersikap sesuai pendidikan yang sedang diberikan.

14. Berikut ini yang merupakan komponen teks persuasif kecuali​

Jawaban:

Yang tidak termasuk ke dalam komponen teks persuasif adalah Kritik karena teks persuasif tidak memberikan kritik terhadap isu atau permasalahan yang dibahas melainkan memberikan ajakan, argumen, dan pendapat yang dilandasi dengan fakta.

Pembahasan:

Teks persuasif adalah teks bersifat persuasi atau mengajak. Jelasnya, teks persuasi adalah teks yang berisikan ajakan, dorongan, dan himbauan kepada para pembaca untuk mengikuti apa yang disampaikan oleh penulis. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persuasi bermakna sebagai suatu ajakan yang ditujukan untuk seseorang dengan memberi alasan-alasan atau prospek yang tujuannya adalah meyakinkan.

Struktur teks persuasif

Pengenalan isu, merupakan bagian yang memberikan penjelasan dan gambaran umum mengenai isu yang akan dibahas agar pembaca mendapatkan pemahaman terhadap isu tersebut.Rangkaian argumen, merupakan bagian yang berisi rangkaian argumen dan pendapat yang didukung oleh fakta dan alasan yang logis untuk memperkuat dorongan kepada pembaca.Pernyataan ajakan, merupakan bagian yang berisi kalimat ajakan, himbauan, dan dorongan agar pembaca mengikuti pesan yang disampaikan oleh penulis.Penegasan ulang, merupakan bagian yang menegaskan ulang seluruh pernyataan yang sudah disampaikan dan biasanya ditulis dalam simpulan.

Pelajari lebih lanjut:

https://brainly.co.id/tugas/22165547

Pesan Dariku:

Semoga membantu
Jangan lupa bintang 5 dan love nya yahhh

15. 1.Stuktur teks persuasif 2.jenis jenis teks persuasif

alinea pembuka(lead)

batang tubuh

alinea penutup (ending)

2.persuasif propaganda,politik ,pendidikan,advertensi

maaf kalau salahNomor 1 dibawah ini

a. Pengenalan isu, yakni berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu.

B. Rangkaian argumen, yakni berupa sejumlah pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dimukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat agumen-argumennya itu.

C. Pernyataan ajakan, yakni sebagai inti dari teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pembaca/pendengarnya untuk melakukan sesuatu.Pernyataan itu mungkin disampaikan secara tersurat ataupun tersirat.Adapun kehadiran argumen berfungsi untuk mengarahkan dan memperkuat ajakan-ajakan itu.

D. Penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, yang biasanya ditandai oleh ungkapan-ungkapan sepert demikinanlah, dengan demikian,oleh karena itulah .

Nomor 2 di bawah ini

Jenis – Jenis

Paragraf persuasif dapat digolongkan dalam beberapa jenis, di antaranya adalah :

1. Persuasi politik

Persuasi politik dipakai dalam bidang politik oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang politik dan kenegaraan.

2. Persuasi pendidikan

Persuasi pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan.

3. Persuasi advertensi

Persuasi iklan dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatu barang atau bentuk jasa tertentu.

4. Persuasi propaganda

Persuasi propaganda sering dipakai dalam kegiatan kampanye. Isi kampanye biasanya berupa informasi dan ajakan. Tujuan akhir dari kampanye adalah agar pembaca atau pendengar menuruti isi ajakan kampanye tersebut.

#Semogamembantu
#Semogabenar
#tutormath45
#LearnWithBrainly

16. Kalimat persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut kecuali?

Jawaban:

Kalimat persuasif bersifat ajakan.

Karena hamper sama dengan kalimat perintah, kalimat persuasi

menggunakan tanda seru.

Kalimat persuasi biasa digunakan dalam bahasa-bahasa iklan, slogan, himbauan dan lain-lain.

Kalimat persuasi sering menggunakan kata-kata persuasif, diantaranya ialah ayo, marilah, dan lain-lain.

Salah maap 🙁

17. jenis jenis persuasif kecuali​

Jawaban:

batang ,daun akar bunga

Penjelasan:

karena itu

18. Berikut ciri-ciri teks pidato persuasif, kecuali

Jawaban:

Ciri ciri pidato persuasif:

1. Berisi gagasan, pikiran, pandangan, arahan dan pesan orator tentang suatu topik atau permasalahan.

2. Bersifat mendorong/mengajak.

3. Tujuan mempengaruhi, mengajak, atau membujuk audiens.

4. Cara penyampaian nya sesuai dengan kebutuhan.

19. banyak topik yang bisa di bahas dalam teks persuasif seperti berikut, kecuali​

Jawaban:

d. indahan pantai Parangtritis

Jawaban:

D.keindahan pantai parangenteritis

20. Berikut tujuan dari teks pidato persuasif,kecuali

Pidato yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau keterangan tertentu kepada pendengar. bersifat memberitahukan atau mengabarkan dan reaksi yang diinginkan adalah adanya pengertian dan pemahaman pendengar atas suatu informasi.

SEMOGA MEMBANTU

Video Terkait

Bagikan: