Tentukan Kalimat Utama Pada Teks 1 Dan 2 Diatas

Fatih.co.id

Tentukan Kalimat Utama Pada Teks 1 Dan 2 Diatas
Tentukan Kalimat Utama Pada Teks 1 Dan 2 Diatas

tentukan kalimat utama pada teks 1 dan teks 2 di atas!

Daftar Isi

1. tentukan kalimat utama pada teks 1 dan teks 2 di atas!

gak lengkap ceritanya

2. tentukan kalimat utama pada teks 1 dan teks 2 di atas!

teks 2: mesuem merupaka tempat penting dalam upaya pelestrian sejarab

3. Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 diatas

Mana gambarnya Saya tidak bisa menjawab maafgambar nya mna ya nggk ada?

4. tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas

1.Indonesia dengan hutan bakau paling luas di dunia.
2.Hutan bakau disebut hutan mangrove.
Maaf kalo salah 1.Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia.
2.Hutan bakau disebut juga dengan hutan mangrove

5. 1.apa yang dimaksud dengan teks non fiksi? 2.jelaskan yang dimaksud gagasan utama? 3. tentukan kalimat utama pada paragraf diatas! 4.tentukan gagasan utama pada paragraf di atas!tolong dijawab thx​​

Jawaban:

1. teks nonfiksi adalah karangan yang dibuat atas dasar fakta atau hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari, Dengan kata lain nonfiksi merupakan karya yang bersifat faktual atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Semua hal yang terkandug dalam buku nonfiksi adalah nyata dalam kehidupan.

2. Gagasan utama atau gagasan pokok adalah ide dasar atau sebuah inti pembahasan yang tertulis di dalam paragraf.

3.hak dan kewajiban warga Negara  Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang

4. untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga Negara  Republik Indonesia  dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia

6. 1. Tentukan kalimat utama dalam setiap paragraf pada teks musim kemarau di atas berilah tanda garis bawah pada kalimat utama tersebut! 2. Tulislah gagasan utama dari kalimat utama tersebut!

Jawaban:

1Indonesia memiliki posisi geografis yg trategis.

2Sebagai alat penampung air adalah sungai

7. Tentukan kalimat utama ada teks 1 dan 2 di atas

Jawaban:

teksnya manaaaaaaaaaaaa

8. Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan teks 2 di atas tentang kunang-kunang

Mana teks 1 dan 2 nya???

9. A) Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 diatas! B)Tentukan gagasan pokok tiap paragraf? Mohon bantuannya

A).Kalimat utama terdapat pada paragraf pertama.
B).gagasan pokok terdapat pada kata depan/terakhir.
Klo jawabannya ku kurang jelas kamu komen yahhh

10. cernatilah teks hasil observasi kunang – kunang ! a.Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas ! b. Tentukan gagasan pokok tiap paragraf ?

a.paragraf 1:
Kalimat utama:Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari.
Gagasan pokok:Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya.
b.paragraf 2:
Kalimat utama:Habitat kunang-kunang di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan.
Gagasan utama:Habitat kunang-kunang di tempat-tempat lembab.

Maaf kalau salah yah….*_*

11. 1.tentukan kalimat utama dalam setiap paragraf pada teks “musim kemarau” di atas!2.tulislah gagasan dari kalimat utama tersebut3.buatlah peta pikiran berisi gagasan pokok dari teks “musim kemarau” tersebut​

Jawaban:1. paragraf 1=Indonesia memiliki posisi geografis yg strategis dan terletaj di daerah tropis serta dilalui garis khatulistiwa

paragraf 2=pada saat musim kemarau sedang berlangsung, seluruh wilayah Indonesia merasakan perubahan ditandai dengan berkurangnya curah hujan harian hingga lebih dari 50%

paragraf 3=jika kondisi kemarau berlangsung lama dan tanpa ada upaya penanganan akan menyebabkan kekeringan

2.indonesia memiliki posisi geografis yang strategis dan terletak di daerah tropis serta di lalui gari khatulistiwa

3.Peta pikiran dari teks musim kemarau tersebut adalah sebagai berikut.

1.Indonesia terletak di daerah tropis.

2.Letak Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki dua musim.

3.Bencana kekeringan dapat dikurangi jika masyarakat bijak menggunakan air.

4.Perubahan terjadi saat musim kemarau

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas terima kasih

12. tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas!

Teks nya mana??

Nnt aku jawab…

13. tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas!​

teks 1.
kalimat utama
kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari

Maaf teks duanya tidak dijawab karena tidak ada teks duanya

14. 1.tentukan kalimat utama dalam setiap paragraf pada teks “musim kemarau” di atas!2.tulislah gagasan dari kalimat utama tersebut3.buatlah peta pikiran berisi gagasan pokok dari teks “musim kemarau” tersebut!​

Jawaban:

1. paragraf 1=Indonesia memiliki posisi geografis yg strategis dan terletaj di daerah tropis serta dilalui garis khatulistiwa

paragraf 2=pada saat musim kemarau sedang berlangsung, seluruh wilayah Indonesia merasakan perubahan ditandai dengan berkurangnya curah hujan harian hingga lebih dari 50%

paragraf 3=jika kondisi kemarau berlangsung lama dan tanpa ada upaya penanganan akan menyebabkan kekeringan

Penjelasan:

cuma itu yg ku tau , untuk no 2-3 aku gak tau

15. tentukanlah kalimat utama pada teks 1 dan 2 diatas dan berilah gagasanya

Kalimat utama yang pertama ada di paragraf 1
yang ke 2 ada di paragraf 2

16. Setelah membaca teks di atas, coba tentukan kalimat utama setiap par aragraf di atas 1 Paragraf 2 Paragraf 3 Paragraf​

Jawaban:

teks ny mn,biar d jwb

teks ny g ad macemana mau d
jwb

3 paragraf

Penjelasan:

tidak tau jawabannya baik saya behapal

17. 1.apa yang dimaksud dengan teks non fiksi? 2.jelaskan yang dimaksud gagasan utama? 3. tentukan kalimat utama pada paragraf diatas! 4.tentukan gagasan utama pada paragraf di atas!tolong dijawab thx​

Jawaban:

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), non-fiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. Karya non-fiksi adalah semua tentang fakta dan kejadian nyata.

2. Gagasan utama atau gagasan pokok adalah inti atau pokok dari sebuah pembahasan. Gagasan utama biasanya berupa kalimat dalam paragraf. Dengan kata lain, gagasan utama merupakan kalimat yang menjadi dasar dari sebuah penjelas atau pengembang dalam sebuah paragraf.

Penjelasan:

maaf no. 3 dan 4 tidak saya jawab, itu karena saya takut salah dalam memberikan jawaban

Jawaban:

Penjelasan:

1.karangan yang dibuat secara nyata atau yang terjadi

2.gagasan yang berada paling atas yang memimpin sebuah kalimat

3.untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara indonesia dalam pasal-pasal undang-undang Dasar negara Republik Indonesia

4.untuk mencapai tujuan nasional.

18. Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 diatas tentang kunang-kunang

kalimatnya di mana? kok gaada?soalnya kurang jelas(?)

19. 1.jelaskan struktur teks eksplanasi diatas ( menyebutkan paragraf )!!!2.tentukan kalimat utama dan gagasan pokok pada masing masing paragraf.!!!

1). Pernyataan umum: paragraf pertama
Deretan penjelasan:paragraf 2-6
Interpretasi :paragraf terakhir

2). Paragraf 1: (ada pada kalimat pertama)
Paragraf 2 : (ada pada kalimat pertama)

Paragraf 3 :(ada pada kalimat terakhir)

Paragraf 4-7 :(ada pada kalimat pertama)

Maaf ya kalo salah..hehe

20. Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas

Jawaban:

tidak ada

Penjelasan:

tidak ada teksnya

Jawaban:

ngk ad teks ny oi. gimana jwb nya

Video Terkait

Bagikan: