Teori Interaksi Simbolik Menurut George Herbert Mead

Fatih.co.id

Teori Interaksi Simbolik Menurut George Herbert Mead
Teori Interaksi Simbolik Menurut George Herbert Mead

Jelaskan teori pembentik diri diri menurut george herbert mead

Daftar Isi

1. Jelaskan teori pembentik diri diri menurut george herbert mead

tahap persiapan (preparatory stage) = sejak manusia dilahirkan,saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya,termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri.

2. tahap meniru (play stage)= semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran peran yang dilakukan oleh orang dewasa,dan mulai terbentuknya kesadaran tentang nama diri dan siapa nama orang lain.

3. tahap siap (game stage)= peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran.

4. tahap penerimaan norma kolektif (generalized stage)= seseorang telah dianggap dewasa dia sudah mampu menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas.

2. Jelaskan teori pembentukan kepribadian menurut george herbert mead

Jawaban:

Teori pembentukan kepribadian menurut George Herbert Mead terdiri dari 4 tahapan. Tahapan – Tahapan pembentukan kepribadian adalah :

Preparatory Stage (Tahap Persiapan). Merupakan tahap pertama
dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini seorang individu mulai memperhatikan perilaku orang – orang di sekitarnya. Tahap ini berlangsung sejak individu tersebut dilahirkan.Play Stage (Tahap Peniruan). Merupakan tahap kedua dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini seorang individu meniru perilaku orang – orang di sekitarnya. Tahap ini berlangsung pada jenjang usia anak – anak.Game Stage (Tahap Siap Bertindak). Merupakan tahap ketiga dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini proses peniruan mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang dilakukan secara sadar. Generalized Other Stage (Tahap Penerimaan Norma Kolektif). Merupakan tahap terakhir dari proses pembentukan kepribadian. Tahap ini terjadi pada usia dewasa, dimana seorang individu menyadai akan peran nya di masyarakat, serta menjalankan aturan atau norma yang berlaku.

Penjelasan:

Sosialisasi merupakan proses belajar kehidupan bermasyarakat. Sosialisasi berlangsung sejak seorang individu dilahirkan. Sosialisasi memiliki beberapa agen, yaitu :

KeluargaTeman sebayaTeman sekolahMedia massa.

Pelajari lebih lanjut tentang materi 4 agen sosialisasi, pada https://brainly.co.id/tugas/22673088

#BelajarBersamaBrainly

Teori pembentuk kepribadian menurut George Herbert Mead adalah sebagai berikut:

Tahap Persiapan (Preparatory Stage). Tahap yang dialami seseorang sejak dilahirkan, dimana mulai mempersiapkan diri untuk mengenal dunia luar termasuk mendapatkan pemahaman tentang diri. Tahap Meniru (Play Stage). Tahap dimana seorang anak semakin sempurna menirukan apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Seorang anak tersebut mulai memahami dan menyadari apa yang dilakukan dirinya sendiri maupun orang-orang di sekitarnya. Tahap siap bertindak (Game Stage). Tahap dimana berkurangnya menirukan orang lain dan digantikan dengan peran yang dilakukan sendiri dengan penuh kesadaran. Tahap penerimaan norma kolektif (Generalized stage). Tahap dimana seorang anak sudah mulai tumbuh dewasa dan telah mampu mengenal dan memahami aturan, norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat bertenggang rasa dengan masyarakat luas.

Pembahasan  

Sosialisasi merupakan proses sosial yang terjadi pada seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap nilai, norma, tingkah laku serta adat istiadat yang berlaku agar dapat berperan dalam kelompoknya.

Tujuan sosialisasi di masyarakat sebagai berikut:

Supaya setiap individu mengetahui nilai dan norma yang ada pada masyarakat Supaya individu dan mawas diri Agar setiap individu memahami lingkungan sosial dan budaya Supaya individu dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi Melatih keterampilan dan pengetahuan individu dalam kelangsungan hidup bermasyarakat Supaya dalam individu tertanam nilai dan kepercayaan yang ada di masyarakat

Jenis-jenis sosialisasi sebagai berikut:

Sosialisasi primerSosialisasi sekunder

Media-media sosialisasi di masyarakat sebagai berikut:

Keluarga Teman Sekolah Media Massa Pelajari lebih lanjut  Materi tentang sosialisasi https://brainly.co.id/tugas/25494867 Materi tentang bentuk, tipe dan pola sosialisasi https://brainly.co.id/tugas/4346028

——————————————————  

Detail jawaban  

Kelas: XI SMA  

Mapel: Sosiologi  

Bab: Bab 5 – Sosialisasi dan Pembentuk Kepribadian

Kode: 10.20.5

Kata kunci: Pembentuk kepribadian, sosialisasi, jenis sosialisasi, bentuk sosialisasi

AJ.  

3. sebutkan dan jelaskan teori George Herbert Mead​

George Herbert Mead memiliki pemikiran yang mempunyai sumbangan besar terhadap ilmu social dalam perspektif teori yang dikenal dengan interaksionisme simbolik, yang menyatakan bahwa komunikasi manusia berlangsung melalui pertukaran symbol serta pemaknaan symbol – symbol tersebut.

Mead menempatkan arti penting komunikasi dalam konsep tentang perilaku manusia, serta mengembangkan konsep interaksi simbolik bertolak pada pemikiran Simmel yang melihat persoalan pokok sosiologi adalah masalah sosial.

#BackToSchool2019

4. tuliskan faktor pembentukan identitas individu dan teori pembentukan diri menurut george herbert mead​

Jawaban:

Teori pembentukan kepribadian menurut George Herbert Mead terdiri dari 4 tahapan. Tahapan – Tahapan pembentukan kepribadian adalah :

1. Preparatory Stage (Tahap Persiapan). Merupakan tahap pertama dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini seorang individu mulai memperhatikan perilaku orang – orang di sekitarnya. Tahap ini berlangsung sejak individu tersebut dilahirkan.

2 Play Stage (Tahap Peniruan). Merupakan tahap kedua dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini seorang individu meniru perilaku orang – orang di sekitarnya. Tahap ini berlangsung pada jenjang usia anak – anak.

3. Game Stage (Tahap Siap Bertindak). Merupakan tahap ketiga dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini proses peniruan mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang dilakukan secara sadar.

4. Generalized Other Stage (Tahap Penerimaan Norma Kolektif). Merupakan tahap terakhir dari proses pembentukan kepribadian. Tahap ini terjadi pada usia dewasa, dimana seorang individu menyadai akan peran nya di masyarakat, serta menjalankan aturan atau norma yang berlaku.

Penjelasan:

Sosialisasi merupakan proses belajar kehidupan bermasyarakat. Sosialisasi berlangsung sejak seorang individu dilahirkan. Sosialisasi memiliki beberapa agen, yaitu :

– Keluarga

– teman sebaya

– Teman sekolah

– Media  massa

Penjelasan:

Maaf jika salah ya….

semoga dapat membantu …

jadikan jb tercerdas ya..tq

5. tindakan sosial menurut george herbert mead

Jawaban:

tindakan sosial menuru

6. jelaskan yang di maksud dengan paly stage dalam sosialisasi menurut George Herbert Mead!

Tahap Meniru (Play Stage)

     Dalam tahap meniru ini, seorang anak mulai melihat peran yang dijalankan oleh orang tuanya dan kemudian, ia meniru peran tersebut tetapi ia belum mengetahui maksud dan tujuannya. Mengapa ia meniru peran tersebut. Sebagai contoh seorang anak laki-laki meniru peran yang dijalankan oleh Bapaknya yaitu menyetir mobil.

7. Jelaskan tahapan generalized stage dalam sosialisasi menurut george herbert mead !

Jawaban:

Tahapan generalized stage merupakan tahap terakhir dalam tahapan sosialisasi  menurut George Herbert Mead. Tahap ini disebut juga dengan Tahapan Penerimaan Norma Kolektif. Tahap Generalized Stage terjadi ketika seorang individu telah dewasa, mampu menempatkan dirinya dalam masayar
akat, telah memiliki kemampuan bekerjasama degan baik, memahami tata aturan dan norma – norma yang berlaku dalam masayarakat.

Penjelasan:

Sosialisasi merupakan proses belajar kehidupan masyarakat. George Herbert Mead mengemukakan tahapan – tahapan dalam sosialisasi. Tahapan – tahapan tersebut yaitu :

Preparatory Stage (Tahap Persiapan)Play Stage (Tahap Meniru)Game Stage (Tahap Siap bertindak)Generalized Stage (Tahap Penerimaan Norma Kolektif).

Pelajari lebih lanjut tentang materi agen sosialisasi, pada https://brainly.co.id/tugas/22673088

#BelajarBersamaBrainly

8. Pengertian sosiologi menurut george herbert mead

Jawaban:

Pengertian sosiologi menurut George Herbert Mead ada 4 yaitu:

Impuls: Tahap pertama ini adalah dorongan hati atau impuls yang meliputi stimulasi atau rangsangan spontan yang berhubungan dengan alar indera, dan reaksi aktor terhadap rangsangan, kebutuhan untuk melakukan sesuatu terhadap rangsangan itu.Persepsi: Tahap kedua ini adalah persepsi (perception). Aktor menyelidikan dan beraksi terhadap rangsangan yang berhubungan dengan impuls.Manipulasi: Tahap ketiga ini adalah manipulasi (manipulation). Segera setelah impuls menyatakan dirinya sendiri dan objek telah dipahami, langkah selanjutnya adalah memanipulasi objek atau mengambil tindakan berkenaan dengan objek itu.Konsumsi: Berdasarkan pertimbangan ini, aktor mungkin memutuskan untuk memakan atau tidaknya. Inilah tindakan keempat yaitu tahap pelaksanaan atau konsumsi, atau mengambil tindakan yang memuaskan dorongan hati yang sebenarnya.

Semoga bermanfaat!

9. jelaskan dan sertakan dengan contonya teori pembentukan kepribadian menurut george herbert mead? ​

Penjelasan:

a). Tahapan Persiapan (Preparatory Stage)

Tahapan ini ditandai dengan lahirnya individu di dunia. Pada tahap ini individu berusaha untuk memahami dirinya sendiri dengan cara meniru apapun yang ditangkap oleh panca inderanya. Walaupun belum dapat meniru secara sempurna, anak berusaha untuk memahami apapun yang diterima dalam proses sosialisasi. Inti dari tahapan ini yakni: Anak meniru tetapi belum sempurna. Contoh: Anak mulai belajar berbicara seperti “mam” yang artinya makan atau memanggil “embu” artinya ibu.

b). Tahap Meniru (Play Stage)

Pada tahap ini anak meniru lebih sempurna dibandingkan tahapan preparatory stage. Anak sudah mulai mengenali lingkungan keluarga dan masyarakat. Pada tahap ini anak meniru dengan sempurna namun belum mengetahui tujuan dari apa yang dilakukan. Namun anak mulai menyadari bahwa lingkungan menuntut dirinya untuk memahami nilai dan norma. Contoh: Ketika ayah menendang meja, maka anak juga meniru menendang meja. Ia masih belum memahami apakah yang ditiru bernilai baik atau buruk.

c). Tahap Siap Bertindak (Game Stage)

Pada tahap ini anak mulai berinteraksi dengan teman sebayanya melalui permainan-permainan yang dilakukan. Anak juga mulai memahami tujuan dari yang dilakukan. Anak sudah mulai memahami norma yang berlaku di luar lingkungan keluarganya. Contoh: Rani bermain dokter-dokteran atau Reno berperan sebagai polisi saat bermain dengan temannya.

d). Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Stage)

Pada tahap ini anak sudah mencapai pendewasaan. Anak memahami apa yang menjadi tanggung jawabnya dalam masyarakat. Bahkan individu yang tidak mampu menjalankan perannya dengan sempurna, maka ia akan merasa bersalah. Contoh: Yuri membantu ibunya berjualan koran setelah pulang sekolah, dengan tujuan untuk membantu menambah penghasilan keluarga.

Jawaban:

George Herbert Mead merupakan tokoh sosiologi yang memperkenalkan Role Theory (Teori Peran). Menurut teori tersebut, manusia mengalami beberapa tahapan sosialisasi yang dilakukan melalui peran-peran yang harus dijalankan. Adapun beberapa tahapan sosialisasi yang harus dijalankan manusia yakni sebagai berikut!

Tahapan Persiapan (Preparatory Stage)Tahap Meniru (Play Stage)Tahap Siap Bertindak (Game Stage)Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Stage)

Penjelasan:

Semoga membantu~

jadikanjawabansebagaiterbaik><

10. Jelaskan yang dimaksud dengan tahapan persiapan menurut George Herbert mead​

Jawaban:

Tahap persiapan—tahap yang dilalui seorang anak yang baru saja dilahirkan di dunia. Pada tahap ini, ia akan mengenal cara bersosialisasi pada lingkungan di sekitarnya. Tahap meniru—tahap yang dilalui seorang anak yang sudah memasuki masa-masa bermain

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU YA KAK TERIMAKASIH

Tahap-tahap sosialisasi menurut George Herbert Mead adalah:

1. Tahap persiapan (Preparatory Stage)

Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan, saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri. Pada tahap ini juga anak-anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna

2. Tahap meniru  (Play Stage)

Tahap ini ditandai dengan secara bertahap anak semakin sempurna dalam menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa. Dalam diri anak mulai terbentuk kesadaran tentang nama sendiri dan nama orang tuanya, kakaknya, dan teman di lingkungan sekitarnya.

3. Tahap siap bertindak  (Game Stage)

Proses peniruan yang dilakukan pada tahap kedua sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. Kemampuannya menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat sehingga memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama dan melakukan proses sosialisasi.

4. Tahap penerimaan norma kolektif (Generalized Stage/Generalized other)

Pada tahap ini, seseorang sudah menjadi warga masyarakat dalam arti sepenuhnya serta sudfah memahami tata aturan dan normanorma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Penjelasan:

Maaf kalau salah, Semoga membantu:)

11. 4 tahap pembentukan. Kepribadian menurut george herbert mead

Jawaban:

tahap persiapan (preparatory stage),tahap meniru (play stage),tahap siap bertindak (game stage),tahap penerimaan norma kolektif (generalizing stage)

12. perkembangan diri manusia menurut George Herbert Mead​

Jawaban:

Dalam teorinya yang diuraikan dalam buku Mind, Self, and Society (1972), Mead menguraikan tahap pengembangan diri manusia. Manusia yang baru lahir belum mempunyai diri. Diri manusia berkembang secara berta
hap melalui interaksi dengan anggota masyarakat lain. Menurut Mead pengembangan diri manusia berlangsung melalui tahap-tahap sebagai berikut :

Tahap persiapan (Preparatory Stage)

Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan, saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya. Pada tahap ini juga anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna. Dalam tahap ini, individu sebagai calon anggota masyarakat dipersiapkan dengan dibekali nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pedoman bergaul dalam masyarakat oleh lingkungan yang terdekat, yaitu keluarga. Lingkungan yang memengaruhi termasuk individu yang berperan dalam tahapan ini relatif sangat terbatas, sehingga proses penerimaan nilai dan norma juga masih dalam tataran yang paling sederhana.

Tahap Meniru (Play Stage)

Tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa. Pada tahap ini mulai terbentuk kesadaran tentang nama diri dan siapa nama orang tuanya, kakaknya, dan sebagainya. Anak mulai menyadari tentang apa yang dilakukan oleh seorang ibu dan apa yang diharapkan seorang ibu dari dirinya. Dengan kata lain, kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain juga mulai terbentuk pada tahap ini. Kesadaran bahwa dunia sosial manusia berisikan orang-orang yang jumlahnya banyak telah juga mulai terbentuk.

Tahap Siap Bertindak (Game Stage)

Peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. Kemampuannya menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat, sehingga memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama. Pada tahap ini individu mulai berhubungan dengan teman teman sebaya di luar rumah. Peraturan-peraturan yang berlaku di luar keluarganya secara bertahap mulai dipahami. Bersamaan dengan itu, anak mulai menyadari bahwa ada norma tertentu yang berlaku di luar keluarganya.

Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalizing Stage)

Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas. Dengan kata lain, dia dapat bertenggang rasa tidak hanya dengan orang-orang yang berinteraksi dengannya, tetapi jugadengan masyarakat secara luas. Manusia dewasa menyadari pentingnya peraturan, kemampuan bekerja sama, bahkan dengan orang lain yang tidak dikenalnya. Manusia dengan perkembangan diri pada tahap ini telah menjadi warga masyarakat dalam arti sepenuhnya. Dalam tahap ini, individu dinilai sudah mencapai tahap kematangan untuk siap terjundalam kehidupan masyarakat.

Penjelasan:

maaf kalo salah

13. Tahap tahap perkembangan diri manusia menurut george herbert mead adalah sebagai berikut

Jawaban:

George herbet head membagi perkembangan diri manusia dikelompokkan menjadi beberapa bagian yakni:

Tahap Persiapan (Preparatory Stage)

Tahap Meniru (Play Stage)

Tahap Siap Bertindak (Game Stage)

Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalizing Stage)

PEMBAHASAN

1. Tahap persiapan (Preparatory Stage)

Tahap persiapan adalah tahapan pertama yang dialami sejak manusia dilahirkan, dan pada saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya. Di dalam tahapan ini seorang anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna. Mereka dibentuk sebagai sebagai calon anggota masyarakat yang dipersiapkan dengan dibekali nilai dan norma yang menjadi pedoman bergaul dalam masyarakat oleh lingkungan yang terdekat, yaitu keluarga.

Lingkungan yang memengaruhi termasuk individu yang berperan dalam tahapan ini relatif sangat terbatas, sehingga proses penerimaan nilai dan norma juga masih dalam tataran yang paling sederhana.

2. Tahap Meniru (Play Stage)

Tahap meniru ini ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa. Pada tahap ini mulai terbentuk kesadaran tentang nama diri dan siapa nama orang tuanya, kakaknya, dan sebagainya.

Anak mulai menyadari tentang apa yang dilakukan oleh seorang ibu atau ayah dan apa yang diharapkan seorang ibu dan ayahnya dari dirinya. Dengan kata lain, kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain juga mulai terbentuk pada tahap ini. Kesadaran bahwa dunia sosial manusia berisikan orang-orang yang jumlahnya banyak telah juga mulai terbentuk.

3. Tahap Siap Bertindak (Game Stage)

Pada tahap ini seseorang mampu menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat, dan memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama. di dalam tahap siap bertindak, individu mulai berhubungan dengan teman teman sebaya di luar rumah.

Peraturan-peraturan yang berlaku di luar keluarganya secara bertahap mulai dipahami. Bersamaan dengan itu, anak mulai menyadari bahwa ada norma tertentu yang berlaku di luar keluarganya.

4. Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalizing Stage)

Pada tahap penerimaan norma kolektif, seseorang dianggap telah dewasa. Dia dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas. Dengan kata lain, dia dapat bertenggang rasa tidak hanya dengan orang-orang yang berinteraksi dengannya, tetapi juga dengan masyarakat secara luas.

Manusia dewasa menyadari pentingnya peraturan, kemampuan bekerja sama, bahkan dengan orang lain yang tidak dikenalnya. Manusia dengan perkembangan diri pada tahap ini telah menjadi warga masyarakat dalam arti sepenuhnya. Dalam tahap ini, individu dinilai sudah mencapai tahap kematangan untuk siap terjundalam kehidupan masyarakat.

MaafKalauSalah.

14. faktor pembentukan identitas individu menurut george herbert mead​

Jawaban:

Teori pembentukan kepribadian menurut George Herbert Mead terdiri dari 4 tahapan. Tahapan – Tahapan pembentukan kepribadian adalah :

1. Preparatory Stage (Tahap Persiapan). Merupakan tahap pertama dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini seorang individu mulai memperhatikan perilaku orang – orang di sekitarnya. Tahap ini berlangsung sejak individu tersebut dilahirkan.

2. Play Stage (Tahap Peniruan). Merupakan tahap kedua dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini seorang individu meniru perilaku orang – orang di sekitarnya. Tahap ini berlangsung pada jenjang usia anak – anak.

3. Game Stage (Tahap Siap Bertindak). Merupakan tahap ketiga dalam proses pembentukan kepribadian. Pada tahap ini proses peniruan mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang dilakukan secara sadar.

4. Generalized Other Stage (Tahap Penerimaan Norma Kolektif). Merupakan tahap terakhir dari proses pembentukan kepribadian. Tahap ini terjadi pada usia dewasa, dimana seorang individu menyadai akan peran nya di masyarakat, serta menjalankan aturan atau norma yang berlaku.

Penjelasan:

maaf jika salah ya…

semoga dapat membantu …

jadikan jb terbaik ya… mohon bantuannya utk 1 kali lagi …tq

15. Jelaskan yang dimaksud dengan play stage dalam sosialisasi menurut George Herbert mead!

tahap yang ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang di lakukan oleh orang dewasa.
contoh:seorang anak kecil selal
u meniru apa yang di kerjakan orang sekitarnya dan menerima apa yang sudah dilihatnya

16. bagaimana tahapan perkembangan identitas individu menurut George Herbert Mead

teori george herbert mead dalam buku mind,self and society 1972,mead menguraikan tahap pengembangan diri manusia,manusia yang belum lahir baru mempunyai diri,diri manusia berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan anggota masyarakat lainnya,menurut mead proses pengembangan diri manusia melalui tahap tahap berikut;tahap persiapan,pada tahap ini anak melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna.Tahap meniru;pada tahap ini,mulai terbentuk kesadaran tentang nama diri dan siapa nama orang tuanya,kakaknya dan orang tuanya.

17. jelaskan tahap generalized stage dalam sosialisasi menurut george herbert Mead

tahap manusia/seseorang disebut sebagai manusia dewasa atau dianggap dewasa

18. Deskripsikan tahapan tahapan pembentukan kepribadian menurut George Herbert mead

proses sosialisasi menurut george herbert mead:
1. tahap persiapan (preparatory stage)= sejak manusia dilahirkan,saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya,termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri.
2. tahap meniru (play stage)= semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran peran yang dilakukan oleh orang dewasa,dan mulai terbentuknya kesadaran tentang nama diri dan siapa nama orang lain.
3. tahap siap (game stage)= peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran.
4. tahap penerimaan norma kolektif (generalized stage)= seseorang telah dianggap dewasa dia sudah mampu menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas.

19. jelaskan tahap-tahap proses sosialisasi menurut george herbert mead

(tahap persiapan) merupakan tahap awal dalam sosialisasi yang dilakukan oleh manusia
(tahap meniru) anak mulai mampu meniru secara sempurna.
(tahap siap bertindak) peniruan yang dilakukan seseorang mulai berkurang digantikan oleh peranan yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran.
(tahap penerimaan norma kolektif) manusia/seseorang di sebut sebagai manusia dewasa

20. sebutkan tahap-tahap sosialisasi menurut George Herbert Mead!

Tahap-tahap sosialisasi menurut George Herbert Mead adalah:

Tahap persiapanTahap meniruTahap siap bertindakTahap penerimaan norma kolektif

[tex]\\[/tex]

PEMBAHASAN

George Herbert Mead merupakan seorang tokoh filsafat sosiologis dan psikologis yang berasal dari Amerika Serikat. George terkenal sebagai seorang tokoh dengan aliran pragmatis (sosiologi Chicago). Ia berpendapat bahwa sosialisasi yang dilalui seorang manusia dapat dibedakan menjadi 4 tahap, yaitu:

Tahap persiapan—tahap yang dilalui seorang anak yang baru saja dilahirkan di dunia. Pada tahap ini, ia akan mengenal cara bersosialisasi pada lingkungan di sekitarnya.Tahap meniru—tahap yang dilalui seorang anak yang sudah memasuki masa-masa bermain. Pada tahap ini, ia akan mencoba meniru segala hal yang dilakukan orang-orang di sekitarnya.Tahap siap bertindak—tahap yang dilalui seseorang ketika ia sudah mengenal secara keseluruhan interaksi sosial dari orang-orang di sekitarnya. Pada tahap ini, ia siap bertindak sebagai salah satu pelaku dalam interaksi sosial dalam cakupan yang lebih luas.Tahap penerimaan norma kolektif—tahap ini dilalui seseorang yang sudah dewasa atau matang pemikirannya. Pada tahap ini, ia telah belajar menempatkan dirinya dan mengetahui aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

[tex]\\[/tex]

PELAJARI LEBIH LANJUT

Contoh sosialisasi primer, sekunder, represif, dan partisipatoris:

brainly.co.id/tugas/21716081

Hubungan antara nilai, norma, sosialisasi, dan pembentukan kepribadian individu:

brainly.co.id/tugas/21927856

[tex]\\[/tex]

DETAIL JAWABAN

Mapel: Sosiologi

Kelas: 10

Materi: Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

Kode Kategorisasi: 10.20.5

#TingkatkanPrestasimu

Video Terkait

Bagikan: