Terangkan Konsep Ruang Dalam Sejarah

Fatih.co.id

Terangkan Konsep Ruang Dalam Sejarah
Terangkan Konsep Ruang Dalam Sejarah

Terangkan konsep ruang dalam sejarah

Daftar Isi

1. Terangkan konsep ruang dalam sejarah

Ruang (Spasial), merupakan tempat terjadinya berbagai peristiwa alam maupun peristiwa sosial dan peristiwa sejarah dalam proses perjalanan waktu. Konsep ruang bersama dengan konsep waktu membangun suatu peristiwa sejarah yang kita ketahui sampai sekarang. Berikut penjabaran konsep ruang dalam mempelajari sejarah secara umum:
Ruang merupakan tampat terjadinya berbagai peristiwa-peristiwa dalam perjalanan waktu.
Penelaahan suatu peristiwa berdasarkan dimensi waktunya tidak dapat terlepaskan dari ruang waktu terjadinya peristiwa tersebut.
Jika waktu menitikberatkan pada aspek kapan peristiwa itu terjadi, maka konsep ruang menitikberatkan pada aspek tempat, di mana peristiwa itu terjadi.

Semoga membantu 🙂

2. terangkan secara umum penjabaran konsep ruang dalam mempelajari sejarah

tentu kita membutuhkan ruang, ruang dsini maksudnya ialah tempat, dimana terjadinya peristiwa2 tsb

3. Terangkan secara umum mengenai konsep ruang dalam mempelajari sejarah

konsep ruang adalah konsep yang palaing melekat dg waktu
.r
uang merupakan tempat terjadi berbagai peristiwa dlm perjalanan waktu
penelaahan suatu peristiwa tidak terlepas dari ruang waktu.jika waktu menitikberatkan pada aspek kapan peristiwa itu terjadi,maka konsep ruang menitikberatkan pada aspek tempat dimana peristiwa itu terjadi.

4. terangkan secara umum penjabaran konsep ruang dalam mempelajari sejarah!

Konsep ruang dalam mempelajari sejarah adalah lokasi atau tempat terjadinya suatu peristiwa sejarah. Contoh konsep ruang dalam peristiwa sejarah yaitu Perang 5 Hari di Semarang pada bulan Oktober 1945. Semarang menjadi ruang atau tempat terjadinya peristiwa sejarah.

Pembahasan :

Dalam sejarah, dikenal ada unsur konsep ruang (dimensi spasial) dan konsep waktu (dimensi temporal). Konsep waktu berhubungan dengan lokasi pada peristiwa dan kejadian pada saat sejarah terjadi. Sedangkan dimensi temporal adalah kapan (waktu) suatu peristiwa dan kejadian berlangsung. Konsep ruang atau dimensi spasial dalam mempelajari sejarah memiliki pengertian umum, yaitu: Ruang adalah tempat terjadinya peristiwa sejarah dan Fokus pada di mana peristiwa itu terjadi. Contoh lain yaitu Peristiwa Tiga Daerah yang terjadi di Brebes, Tegal dan Pemalang yang terjadi akibat tidak puasnya masyarakat pada pejabat bekas pemerintahan kolonial Belanda dan Jepang. Brebes, Tegal, dan Pemalang menunjukkan tempat terjadinya peristiwa sejarah. Manusia dalam kehidupannya merupakan pelaku sejarah yang akan selalu berkaitan dengan ruang dan waktu. Beberapa keterikatan manusia dengan konsep ruang dan waktu yakni:

Aktivitas manusia yang lampau maupun yang sedang terjadi selalu memiliki tempat dan waktu kejadian. Perjalanan hidup manusia sama dengan perjalanan waktu itu sendiri yang diiringi di tempat dan di mana manusia beraktivitas. Keterkaitan ruang dan waktu di dalam sejarah merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan antara manusia, tempat, dan waktu perisitiwa itu sendiri.

Konsep ruang artinya lokasi (tempat) terjadinya peristiwa dan kejadian sejarah. Secara umum arti konsep dimensi spasial dalam mengungkap (mempelajari) sejarah merupakan sebagai berikut:

Ruang adalah tempat berbagai macam kejadian dan peristiwa berlangsung dalam perjalanan waktu. Penelaahan peristiwa atau kejadian berdasarkan dimensi waktu yang tidak bisa terlepas dari ruang dan waktu keberlangsungannya.

Konsep waktu bertumpu pada kapan peristiwa atau kejadian tersebut terjadi di waktu lampau.  Sedangkan konsep ruang berfokus pada di mana peristiwa atau kejadian sejarah tersebut pernah terjadi sebelumnya.

Pelajari lebih lanjut :Materi tentang konsep ruang https://brainly.co.id/tugas/12650704Materi tentang Sifat sinkronik, diakronik,kronologi dan periode sejarah  brainly.co.id/tugas/16605336Materi tentang Cara berpikir sinkronik menitikberatkan pengkajian pada  brainly.co.id/tugas/19320079

Detail Jawaban

Kelas : SMP

Mapel : Sejarah

Bab : –

Kode : –

#AyoBelajar

#SPJ5

5. Terangkan konsep waktu dalam sejarah​

Jawaban:

Selain manusia dan ruang waktu merupakan unsur penting di dalam setiap peristiwa sejarah. Waktu menjadi unsur dan konsep penting dalam sejarah karena… .

A. waktu menjadi penentu utama perjalanan hidup manusia

B. waktu nmenentukan bekerjanya akal budi dan kesadaran

C. manusia membutuhkan waktu untuk menciptakan sejarah

D. hanya manusia yang memiliki unsur dan konsep waktu

E. peristiwa sejarah dalam kehidupan manusia berlangsung secara kontinuitas

Pembahasan:

konsep waktuWaktu (dimensi temporal) memiliki dua makna, yaitu makna denotati dan konotatif. Makna waktu secara denotatif merupakan satu-kesatuan, Yaitu detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, abad, dan seterusnya. Pada umumnya, berikut konsep waktu dalam memelajari sejarah.

Masa lampau itu sendiri merupakan sebuah masa yang sudah terlewati. Tetapi, masa lampau bukan merupakan suatu masa yang final, terhenti, dan tertutup. Masa lampau itu bersifat terbuka dan berkesinambungan. Sehingga, dalam sejarah, masa lampau manusia bukan demi masa lampau itu sendiri dan dilupakan begitu saja, sebab sejarah itu berkesinambungan apa yang terjadi dimasa lampau dapat dijadikan gambaran bagi kita untuk bertindak dimasa sekarang dan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Sejarah dapat digunakan sebagai modal bertindak di masa kini dan menjadi acuan untuk perencanaan masa yang akan datang.

6. Terangkan konsep waktu dalam sejarah

Waktu (time) merupakan salah satu konsep dasar sejarah selain ruang (space), kegiatan manusia (human activity). Perubahan (change) dan kesinambungan (continuity). Ia merupakan unsur penting dari sejarah yaitu kejadian masa lalu.

7. Ruang merupakan tempat terjadinya berbagai peristiwa alam, peristiwa sosial, dan peristiwasejarah dalam proses perjalanan waktu. Ruang tidak bisa dipisahkan dari tempat, area, kawasan,dan keberadaan. Terangkan konsep ruang dalam sejarah!​

Konsep ruang dalam sejarah adalah tempat kejadian dimana sejarah tersebut terjadi. Waktu akan berhubungan dengan konsep ruang dalam sejarah yang akan menimbulkan sebab akibat.

Pembahasan :

Sejarah adalah adanya hubungan sebuha peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Konsep ruang, adalah dalam sebuah proses sejarah yang begitu panjang maka terdapat tempat kejadian berupa peristiwa itu terjadi.

Konsep waktu, yakni sebuah satu kesatuan yang terjadi dalam tahun, bulan, hari, jam, menit dna detik.

Keterkaitan waktu dalam sejarah :Perkembangan, pada masyarakat perkembangan ini terjadi karena pengaruh luar yang mengharuskan mereka bertahan hidup.Kesinambungan, hal ini terjadi karena waktu mempunyai hubungan dari waktu ke waktu lainnya dan terus terjadi.Pengulangan, peristiwa yang telah terjadi di masa lalu akan terjadi kembali dimasa depan.Perubahan, dimana jika dalam sejarah terjadi sebuah pergeseran pola masyarakat akan menimbukkan perubahan.Pelajari lebih lanjut

Pelajari tentang faktor – faktor pendukung sejarah brainly.co.id/tugas/8901748

Pelajari tentang sejarah sebagai peristiwa brainly.co.id/tugas/12213976

——————————-

Detil Jawaban

Kelas : 10 SMA

Mapel : Sejarah

Bab : Cara berfikir Sejarah

Kode kategori : 10.3.1

Kata kunci:Ruang, Waktu, Sejarah

8. Terangkan konsep waktu dalam sejarah​

Penjelasan:

Pada zaman neonoikum (kuartier) kehidupan manusia dimulai. waktu:3.000.000 tahun yang lalu, ruang: alam bebas

9. 1 Terangkan mengenai ungkapan bahwa Sejarah dapet memecahkanPersoalan pada masa kini!2 Apakah manusia dan sejarah dapat dapat di pisahkan kan?3 Apakah yang dimaksud dan konsep dikronis?4 Terangkan mengenai Sejarah yangselalu melihat segalaa sesuatu dari sudut waktu5 jelaskan konsep waktu dalam sejarah dengan bahasakalian Sandiri6 jepaskan arti kronologisperistiwa sejarah7 terangkan Sacara umum penjabaran konsep ruang dalam mempelajari sejarah8.Jelaskan arti si
nkronisdalam peristiwa sejarah 9.uraikan keterkaitan konsep ruang dan waktu dalam mempelajari sejarah10 sebutkan faktor intern keterlanjutan dalam sejarah​

Jawaban:

benar dengan adanya sejarah kita jadi tidak tau apa yang terjadi di masa lalu

10. terangkan arti konsep diakronik dalam sejarah!​

Sesuatu yang melintas melalui atau melampaui batas waktu merupakan pengertian dari diakronis. Sehingga diakronis artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang. Kronologi dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekonstruksi kembali peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat.

11. Terangkan konsep waktu dalam sejarah

konsep  waktu ( dimensi temporal)
penajabaran : masa lampau merupakan masa yang sudah terlewati tapi bukan masa yang final,terhenti dan tertutup,bersifat terbuka dan berkesinambungan,sejarah dapat digunakan sebagai modal bertindak dimasa kini dan acuan dmasa yang akan datang
dimensi konsep waktu : yang lalu(the past),sekarang(the present)yang akan datang(the future)
Waktu (time) merupakan salah satu konsep dasar sejarah selain ruang (space), kegiatan manusia (human activity). Perubahan (change) dan kesinambungan (continuity). Ia merupakan unsur penting dari sejarah yaitu kejadian masa lalu

12. terangkan konsep waktu dalam sejarah​

Jawaban:

waktu dalam sejarah dapat berupa sejarah tersebut

13. terangkan konsep berpikir kausalitas dalam sejarah?

kausalitas berarti hubungan sebab akibat,berpikir secara kausalitas dapat diartikan bahwa sejarah terjadi pasti karena suatu sebab tertentu dam menimbulkan suatu akibat tertentu.

Maaf kalau kurang tepat gan

14. terangkan mengenai konsep ruang!

konsep ruang adalah konsep sejarah Yang membahaa tentang letak terjadinya suatu sejarahRuang dalam peristiwa sejarah berperan sebagai tempat yang berfungsi untuk menggambarkan dengan jelas pada peristiwa sejarah.

15. Terangkan hubungan sejarah dengan konsep waktu

Terdapat tiga konsep dimensi waktu dalam sejarah: a) Masa lalu itu sendiri sebagai sebuah masa yang sudah lewat, akan tetapi bukan merupakan hal yang final. b) Masa lalu bersifat terbuka dan berkesinambungan, apa yang terjadi di masa lalu dapat dijadikan gambaran bagi manusia masa kini untuk bertindak c) Sejarah dapat digunakan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Keterkaitan waktu dengan peristiwa sejarah meliputi 4 hal: perkembangan sejarah, kesinambungan sejarah, pengulangan sejarah, dan perubahan sejarah.

16. terangkan konsep waktu dalam sejarah

Yang dipelajari oleh sejarah bukan hanya perkembangannya saja tetapi juga kesinambungan, pengulangan, dan perubahan dari peristiwa-peristiwa masa lalu umat manusia tersebut. Jadi waktu dalam sejarah terjadi 4 hal :
1. Perkembangan
Perkembangan masyarakat terjadi bila berturut-turut masyarakat bergerak dari suatu bentuk ke bentuk yang lain. Biasanya masyarakat akan berkembang dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks.
2. Kesinambungan
Kesinambungan terjadi apabila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama.
3. Pengulangan
Pengulangan terjadi bila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi di masa selanjutnya.
4. Perubahan
Perubahan terjadi bila masyarakat mengalami pergeseran sama dengan perkembangan, akan tetapi asumsi ialah adanya perkembangan besar-besaran dan dalam waktu yang relatif singkat. Dan biasanya perubahan ini terjadi akibat pengaruh dari luar.

17. Terangkan tentang ruang lingkup sejarah

1. sejarah sebagai peristiwa (history as event)
2. sejarah sebagai kisah (history as narrative)
3. sejarah sebagai ilmu (history of science)
4. sejarah sebagai seni (history as art)

18. Terangkan hubungan sejarah dengan konsep waktu

karena sejarah selalu berhubungan dengan waktu,sejarah yg dulu tidak akn terulang kembali di masa yg akan datang tapi menjadi pelajaran di masa yg akan datang

19. terangkan hubungan sejarah dengan konsep waktu

dlm sejarah konsep waktu sangat penting untuk mengetahui berbagai peristiwa yg terjadi pada masa lalu dan perkembangannya hingga saat ini.

20. Terangkan konsep waktu dalam sejarah

waktu di dalam sejarah merupakan jam, hari, tanggal, maupun tahun terjadinya peristiwa sejarah tersebut. .

Video Terkait

Bagikan: