Tergolong Apakah Naskah Teks Reportase

Fatih.co.id

Tergolong Apakah Naskah Teks Reportase
Tergolong Apakah Naskah Teks Reportase

Tergolong apakah naskah teks reportase

1. Tergolong apakah naskah teks reportase

Naskah reportase tergolong teks nonfiksi karena dibuat berdasarkan peristiwa atau fakta yang terjadi. Naskah reportase berisikan pemberitaan mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang sedang disajikan secara lengkap.

Pembahasan

Naskah reportase merupakan naskah yang berisi laporan mengenai keadaan suatu kejadian atau peristiwa. Naskah reportase ditulis berbentuk pointers, dimana hanya berisi hal-hal penting saja serta hal yang masih ada kaitan dengan apa yang dilaporkan. Naskah reportase biasanya digunakan oleh seorang reporter ketika akan melaporkan sebuah berita.

Berikut langkah-langkah dalam menyusun naskah reportase, yaitu:

Menentukan terlebih dahulu kejadian atau peristiwa yang akan dilaporkan.Mengumpulkan bahan dan informasi berupa data dan fakta.Menuliskan poin-poin penting yang akan dilaporkan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian teks berita brainly.co.id/tugas/13043034Materi tentang contoh teks berita singkat brainly.co.id/tugas/4326450Materi tentang ciri-ciri teks berita brainly.co.id/tugas/11460042

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Bahasa Indonesia

BAB: 1

Kode: 8.1.1

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

2. mengapa naskah reportase digolongkan sebagai naskah non fiksi?​

tergolong dalam teks non fiksi

3. naskah reportase sering disebut juga dengan naskah…??

Jawaban:

laporan hasil pengamatan

Penjelasan:< /p>

semoga membantu 🙂

4. apa nama lain dari naskah reportase?..Makasih Buat Yang Jawab​

tergolong dalam teks nonfikasi

terimakasih

5. jelaskan langkah-langkah naskah reportase?​

Langkah-langkah membuat naskah repostase yaitu perencanaan informasi yang akan disajikan, mengumpulkan bahan berita berupa fakta dan data, menulis naskah berita, serta penyuntingan bahan dan isi berita. Repostase berasal dari bahasa Inggris yaitu Reportage berarti proses pemberitaan. Teknik reportase yaitu observasi, wawancara dan riset data.

Penjelasan

Reportase adalah laporan mengenai keadaan suatu tempat atau kejadian. Reportase dibuat berdasarkan laporan dari seorang reporter. Seorang reporter harus memiliki sifar jujur dan objektif dalam menyampaikan sebuah berita.

Pelajari lebih lanjut materi tentang contoh reportase brainly.co.id/tugas/21506337

#BelajarBersamaBrainly

6. 4. Buatlah tiga pertanyaan berdasarkan teks tersebut!Jawab: ………5. Bagaimana langkah-langkah menyusun naskah reportase?Jawab: ………..​

Jawaban:

1.dimana lokasi wisata leuwi Tonjong ?

2.pengunjung sering menyebut wisata leuwi tonjong sebagai ? . grand canyon mini

3.deskripsikan wisata leuwi tonjong yang diceritakan penulis ?

Jawaban:

4.a.Dimanakah lokasi wisata leuwi tonjong?b.apa penghargaan kawasan wisata leuwi tonjong tersebut?c.Bagaimna pesan yg disampaikan teks tersebut?5.-menulis dengan yg tepat -kata tersebut harus disampaikan yg baku-Menyusun paragraf berita tersebut-Dll.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat

7. bagaimana langkah langkah menyusun naskah reportase​

Jawaban:

>> Perencanaan informasi yang akan disajikan, >> mengumpulkan bahan berita berupa fakta dan data, >> menulis naskah berita, >> penyuntingan bahan dan isi berita.

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

#perencanaan informasi yang akan di sajikan

#mengumpulkan bahan berita berupa fakta dan data

#menulis naskah berita

#penyutingan bahan dan isi cerita

8. naskah reportase tentang gerak revolusi bumi dan dampaknya​

Jawaban:

Bumi disamping berotasi pada porosnya, Bumi pun melakukan gerak revolusi mengeliling Matahari. Gerak Revolusi Bumi adalah peristiwa bergeraknya sebuah benda mengelilingi titik pusat gerak benda tertentu akibat adanya grafitasi.Bumi disamping berotasi pada porosnya, Bumi pun melakukan gerak revolusi mengeliling Matahari. Gerak Revolusi Bumi adalah peristiwa bergeraknya sebuah benda mengelilingi titik pusat gerak benda tertentu akibat adanya grafitasi. Pergerakan Bumi beredar mengeliling Matahari lintasannya tidak berbentuk lingkaran, melainkan agak lonjong. Copernicus adalah orang yang pertama mengemukakan, bahwa Bumi berputar pada porosnya sekali putara dalam sehari dan Bumi bergerak mengelilingi Matahari sekali dalam setahun.

Penjelasan

Akibat-Revolusi-Bumi

Pengertian Revolusi Bumi

Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, selain perputaran bumi pada porosnya atau disebut rotasi bumi.

Kala revolusi bumi dalam satu kali mengelilingi matahari adalah 365¼ hari. Bumi berevolusi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23,50 terhadap matahari, sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan sumbu rotasi.

9. 4. Buatlah tiga pertanyaan berdasarkan teks tersebut!Jawab: ……5. Bagaimana langkah-langkah menyusun naskah reportase?Jawab: ……​

mana teks nya co gmn mau di buatin pertanyaaan teks nya ga ada

10. Naskah Reportase Penetapan kalender Masehi

Jawaban:

mana pertanyaan nya…….?

11. Contoh Naskah Reportase Tentang Revolusi Bumi Dan Dampaknya

Galaksi Bima Sakti memiliki sistem tata surya dimana salah satu planet yang mendiaminya adalah Bumi. Dimana bumi merupakan planet ketiga dari Matahari yang terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam sistem tata surya. Bumi sering disebut dengan Dunia atau Planet Biru. Setiap pergerakan bumi mengakibatkan terjadinya peristiwa alam di bumi. Berdasarkan gerak yang dilakukan nya, bumi terbagi menjadi dua, yaitu:

1. Rotasi bumi

Merupakan proses perputaran bumi pada porosnya yang berlangsung selama 23 jam 56 menit 4,09 detik atau jika dibulatkan menjadi 24 jam. Proses rotasi bumi dapat dibuktikan dengan percobaan benda yang jatuh dari atas menara serta proses atmosfer yang menyelimuti bumi. Terdapat beberapa dampak dari rotasi bumi yang dapat kita rasakan, yaitu:

Adanya pergantian siang dan malam, yaitu ketika bagian bumi yang mendapat paparan sinar matahari akan mengalami siang dan bagian bumi yang tidak mendapat paparan sinar matahari akan mengalami malam.

Terjadinya gerak semu harian matahari, yaitu ketika benda-benda langit seolah bergerak mengelilingi bumi, seperti matahari yang terbit pada pagi hari dan tenggelam pada sore hari.

Terjadi perbedaan waktu di tempat yang berbeda, yaitu karena adanya garis bujur yang membagi bumi menjadi belahan bumi barat dan belahan bumi timur.

Terjadi perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi, yaitu adanya pemampatan dibagian kutub sehingga gravitasi bumi dibagian kutub lebih besar daripada gravitasi bumi dibagian khatulistiwa.

Terjadi pembelokan arah angin, yaitu karena adanya gaya semu yang diakibatkan oleh perputaran rotasi bumi sehingga pergerakan angin seakan-akan berbelok ke kanan dari belahan bumi utara dan berbelok ke ke kiri dari belahan bumi selatan (gaya corriolis).

Terjadi pembelokkan arus laut, yaitu sama dengan pembelokan arah angin akibat dari gaya corriolis, dimana.arus laut di belahan bumi utara berputar searah jarum jam, dan sebaliknya di belahan bumi selatan bergerak berlawanan jarum jam.

2. Revolusi bumi

Merupakan proses perputaran bumi yang mengelilingi matahari yang berlangsung selama 365 hari 9 menit 10 detik. Proses revolusi bumi dapat dibuktikan dengan adanya paralaks bintang serta aberasi cahaya bintang. Terdapat beberapa dampak dari revolusi bumi yang dapat kita rasakan, yaitu:

Terjadinya gerak semu tahunan matahari, yaitu ketika posisi matahari bergeser ke arah belahan bumi bagian utara pada tanggal 22 Desember – 21 Juni dan bergeser ke arah belahan bumi bagian selatan pada tanggal 21 Juni – 22 Desember.

Terjadi perubahan lama panjang siang dan malam, yaitu adanya perbedaan lama waktu siang dan malam pada wilayah-wilayah di bumi karena pengaruh dari gerak semu tahunan matahari.

Terjadi pergantian musim, yaitu dipengaruhi oleh posisi lintang suatu wilayah dan intensitas penyinaran matahari.

Terlihat rasi bintang yang berbeda dari bu
lan ke bulan, dimana rasi bintang yang seolah-olah bergerak dan berpindah posisinya.

Peristiwa adanya Gerhana, yaitu ketika posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus.

12. contoh naskah reportase

Jawaban:

• Contoh naskah reportase

Fakta-fakta revolusi gerak bumi.

Fakta 1 : Bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu satu tahun.

Fakta 2 : Akibat revolusi bumi terjadi gerak semu tahunan matahari.

Fakta 3 : Akibat revolusi bumi terjadi perbedaan lama waktu siang dan malam.

Fakta 4 : Akibat revolusi bumi terjadi perbedaan musim.

Fakta 5 : Akibat revolusi bumi terjadi perubahan rasi bintang.

• Berikut contoh reportase secara singkat.

Pemirsa selamat berjumpa lagi dengan saya Pranot Noto. Saya disini akan menyampaikan informasi tentang “Revolusi Bumi dan Dampaknya”

Pemirsa, sebagai warga negara Indonesia, kita hanya bisa merasakan dua musim saja, yaitu musim hujan dan kemarau. Mengapa kita hanya mengalami dua musim saja? Jawabannya adalah revolusi Bumi. Ingin tahu pembahasan selengkapnya tentang revolusi Bumi beserta akibatnya? Simak laporannya berikut ini!

Berdasarkan informasi yang saya dapat revolusi Bumi adalah perputaran Bumi mengelilingi Matahari. Lamanya Bumi berevolusi adalah satu tahun, lintasan yang dilalui Bumi selama berevolusi disebut sebagai orbit. Lantas, seperti apa sajakah peristiwa revolusi Bumi?

Akibat yang pertama adalah gerak semu tahunan Matahari. Gerak semu tahunan Matahari adalah fenomena dimana matahari seolah-olah bergerak, sehingga posisinya terhadap Bumi selalu berubah. Matahari mengalami pergeseran posisi ke belahan Bumi bagian utara, tepatnya pada tanggal 22 Desember – 21 Juni dan pergeseran dari belahan Bumi utara ke selatan pada tanggal 21 Juni – 21 Desember.

Akibat yang kedua adalah perbedaan lamanya waktu siang dan malam. Beberapa negara di Eropa mengalami waktu siang lebih lama daripada malam, sementara di Indonesia memiliki durasi siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam.

Akibat yang ketiga adalah terjadinya perbedaan musim. Mengapa musim di belahan bumi utara dan selatan berbeda? Musim di bumi dipengaruhi oleh posisi bumi yang miring terhadap sumbunya. Bumi berputar atau berotasi pada sumbunya. Hal itu tentu akan mengakibatkan sejumlah negara mengalami perbedaan musim.

Akibat yang keempat adalah terbentuknya rasi bintang yang berbeda-beda. Perbedaan rasi bintang disebabkan oleh perbedaan posisi pengamatan saat di Bumi. Seperti kita ketahui bahwa Bumi senantiasa berevolusi. Itu artinya, posisi Bumi terhadap susunan bintang-bintang juga akan berubah.

Sekian laporan yang saya sampaikan. Pranot Noto dan juru kamera Tukimin, melaporkan langsung.

Penjelasan:

>>Semoga membantu>>

maaf kalo salah

jadikan jawaban terbaik ya

•Terimakasih• :):):)

13. tuliskan langkah langkah menyusun naskah reportase​

Jawaban:

1.menentukan topik atau permasalahan

2.mengumpulkan bahan

3.mengembangkan naskah cerita

4.menyunting penggunaan ejaan dan bahasa

maaf kalau salah

14. Bagaimana langkah-langkah menyusun naskah reportase

Jawaban:

Langkah-langkah membuat naskah repostase yaitu perencanaan informasi yang akan disajikan, mengumpulkan bahan berita berupa fakta dan data, menulis naskah berita, serta penyuntingan bahan dan isi berita. Repostase berasal dari bahasa Inggris yaitu Reportage berarti proses pemberitaan. Teknik reportase yaitu observasi, wawancara dan riset data.

penjelasan:

Reportase adalah laporan mengenai keadaan suatu tempat atau kejadian. Reportase dibuat berdasarkan laporan dari seorang reporter. Seorang reporter harus memiliki sifar jujur dan objektif dalam menyampaikan sebuah berita.

Pelajari lebih lanjut materi tentang contoh reportase

15. contoh naskah reportase

Jawaban:

Contoh Naskah Reportase

Yah terima kasih Gita distudio. Pemirsa berjumpa lagi dengan saya Risalatul Khoirotunisa. Saya disini akan menyampaikan berita tentang “ Terbakarnya Bus Akas”

Pemisa saat ini saya sedang berada tepat di area terminal Genteng, Banyuwangi. Di sini terlihat sebuah bus transjakarta yang terbakar hangus, sesaat akan memasuki area terminal tersebut. Di kabarkan kejadian terjadi pada hari ini tanggal 30 September 2014 pukul 06.00 wib saat semua orang meluai aktifitas dipagi hari. Dalam insiden ini terdapat 3 korban jiwa yang meninggal dunia dan 50 orang lainnya luka-luka ringan. Pengemudi bus transjakarta mengalami shock berat.

Bus tersebut terbakar karena adanya konsleting pada bagian mesinnya. Dari beberapa saksi mata yang melihat langsung kejadian itu mengemukakan bahwa api mulai muncul pada bagian belakang bus. pada saat itu, sebelum kobaran api meluas pengemudi dan penumpang sudah mengetahui adanya kejadian seperti ini. Dan langsung berhamburan keluar bus.namun ada beberapa orang yang sesak nafas didalam bus, sebelum sempat dilarikan dirumah sakit sudah meninngal ditempat . dan kini orang yang luka-luka dirawat dirumah sakit terdekat. Sekian laporan yang saya sampaikan Risalatul Khoirotunisa dan juru kamera Taufik, melaporkan Langsung dari Jakarta. Kembali Kestudio

Penjelasan:

Pengertian reportase

Menurut Heni Suryani dalam buku Cara Praktis Reporter Pemula Memburu Berita (2020), reportase adalah proses pelaporan sebuah berita atau kegiatan peliputan berita, serta pengumpulan fakta mengenai unsur berita dari berbagai sumber atau narasumber, yang kemudian disusun dan disajikan ke publik.

16. Contoh Naskah Reportase Tentang Revolusi Bumi Dan Dampaknya

Penjelasan:

Jadiin jwbn tercerdas yaa

17. naskah reportase tentang gerak revolusi bumi dan dampaknya

Jawaban:

1gerak revolusi bumi adalah 12bulan atau setara 360 hari. dampak dari hal tersebut adalah gerak semua harian matahari

18. Naskah Reportase Tentang Perbedaan Siang Dan Malam

Jawaban:

Terjadinyasiangdanmalam

salahsatuakibatdarirotasibumiadalahterjadinyasiangdanmal
am
. bagianbumiyangmenerimasinar, disebutmalam,siangdanmalambergantidisetiaptempat,sepertihalnyapergantianwaktudanjam.letakmatahariyangseolah-olahberubahinimenyebabkanadanyapagi,siang,sore,danmalam.demikianjugadenganpanassinarmatahariyangkitarasakanpadapagi,siang,dansoreberbeda-beda.Halinibukankarenajumlahsinarmatahariyangsampaikebumiberubah-ubah,sehinggaluaspermukaanyangterkenasinarmatahariberbeda-bedapula.padapagidansoreharisinarmataharidatangnyamiring,sehinggadaerahyangterkenasinarmataharicukupluas.olehkarenaitupadapagidansoreharimatahariterasahangat.Padasianghari,sinarmataharidatangnyategaklurussehinggadaerahyangterkenasinarmataharipadasianghariterasalebihpanas.

NOTE:semogamembantuyaaa

jadikanjawabantercerdasyaaa

19. bagaimana langkah langkah menyusun naskah reportase​

Langkah – langkah menyusun naskah reportase yaitu adalah …

>> Perencanaan informasi yang akan disajikan,

>> mengumpulkan bahan berita berupa fakta dan data,

>> menulis naskah berita,

>> penyuntingan bahan dan isi berita.

20. Contoh naskah reportase tentang banjir

Banjir di Kabupaten Bandung, ribuan orang mengungsi

Sungai Citarum yang meluap di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menyebabkan banjir sehingga lebih dari 3.000 jiwa mengungsi, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Meluapnya Sungai Citarum tidak lepas dari hujan deras yang berlangsung sejak Selasa (08/03) hingga Minggu dini hari (13/03). Akibatnya, menurut BNPB, sebanyak 15 daerah di Kabupaten Bandung terendam banjir, di antaranya Kecamatan Rancaekek, Baleendah, dan Dayeuhkolot.

Tinggi banjir berkisar antara 80 hingga 300 centimeter. Adapun daerah di sekitar bantaran Sungai Citarum dan cekungan, tinggi banjir mencapai tiga meter.

Berdasarkan data sementara hasil kaji cepat BPBD Kabupaten Bandung, sebanyak 5.900 kepala keluarga yang terdiri dari 24.000 jiwa terdampak banjir dan lebih dari 3.000 jiwa mengungsi.

Banjir telah menyebabkan dua orang meninggal dunia dan tiga orang hilang. Korban meninggal dunia mencakup bocah perempuan berusia 13 tahun di Kecamatan Dayeuhkolot akibat tersengat listrik saat banjir dan seorang ibu berusia 40 tahun di Kecamatan Pameungpeuk akibat terseret arus. Tiga korban hilang meliputi suami dan kedua anak sang ibu yang meninggal dunia.

“BPBD Kabupaten Bandung, BPBD Provinsi Jawa Barat, TNI, Polri, Basarnas, PMI, dan sejumlah relawan masih melakukan evakuasi dan penyelamatan korban. Pengungsi ditempatkan di beberapa lokasi seperti di kantor pemerintah dan masjid-masjid,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Menurut Sutopo, daerah di sekitar hulu Sungai Citarum yang meliputi Majalaya, Ciparay, Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, adalah daerah rawan banjir. Kondisi topografinya merupakan cekungan seperti mangkok.

“Namun wilayah ini telah berkembang menjadi permukiman dan kawasan industri yang padat penduduknya. Sungainya juga mengalami sedimentasi dan penyempitan sehingga mudah meluap. Ini diperparah dengan rusaknya daerah aliran sungai di bagian
hulu sehingga banjir tahunan selalu berulang,” ujarnya.

Prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan wilayah Jawa Barat akan mengalami curah hujan yang tergolong tinggi pada Maret, yakni berkisar antara 300-500 milimeter. Bahkan, di beberapa kabupaten, curah hujan masuk kategori sangat tinggi lantaran melampaui 500 mm.

Video Terkait

Bagikan: