Tradisi Ngayah Berasal Dari Daerah

Fatih.co.id

Tradisi Ngayah Berasal Dari Daerah
Tradisi Ngayah Berasal Dari Daerah

satu contoh tradisi yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan yaitu tradisi ngayah tradisi ngayah berasal dari daerah​

Daftar Isi

1. satu contoh tradisi yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan yaitu tradisi ngayah tradisi ngayah berasal dari daerah​

Satu contoh tradisi yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan yaitu tradisi ngayah tradisi ngayah berasal dari daerah​  Provinsi Bali.

Pembahasan

Ngayah dalam bahasa setempat adalah pekerjaan sukarela untuk kebaikan bersama. Tradisi ngayah merupakan tradisi gotong royong yang bertuujuan untuk  memberikan kebaikan semua masyarakat Bali yang terlibat di dalam tradisi ini.

Di dalam tradisi ngayah, masyarakat Bali tidak hanya tolong-menolong untuk kegiatan sosial, namun juga melakukan ngayah sebagai perintah agama, khususnya dalam agama Hindu.  Bila didefinsikan lebih lanjut, ngayah adalah suatu tradisi tolong-menolong, berbagi, dan melakukan bersosialisasi dengan sesama.

Di dalam sejarah tradisi ngayah berasal dari masa kuno, dimana petani adalah profesi yang paling umum pada masa itu. Mereka sembari bekerja di sawah, masyarakat mengobrol dan bercanda tawa dengan lainnya.  Ngayah selain untuk kegiatan sosial, juga dilakukan pada agama, yakni mengabdi kepada Tuhan tanpa pamrih.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang Jelaskan makna tradisi ngayah  https://brainly.co.id/tugas/27012889Materi tentang Tradisi ngayah merupakan tradisi untuk?​  https://brainly.co.id/tugas/27860587Materi tentang 4. Apa yang dimaksud tradisi ngayah ?  https://brainly.co.id/tugas/28019444======================== Detil Jawaban

Kode          : 11.3.1

Kelas          : 11 SMA

Mapel         : Sejarah

Bab             : Tradisi Indonesia

#AyoBelajar

2. Salah satu contoh tradisi yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan yaitu tradisi ngayah. Tradisi Ngayah berasal dari daerah….

Jawaban:

bali

Penjelasan:

Ngayah merupakan sebuah kewajiban sosial masyarakat Bali (Suku Bali). Menurut masyarakat Bali, dengan melakukan ngayah mereka sekaligus telah menunaikan kewajiban sosial dan agama Hindu. Ngayah biasa dilakukan dengan gotong royong di banjar (wilayah sejenis Rukun Tetangga) ataupun di tempat suci (Pura).

semoga membantu :)

3. Salah satu contoh tradisi yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan yaitu tradisi Ngayah. Tradisi Ngayah berasal dari daerah?… Bantu sekarang ya gaess!!

Jawaban:

bali

Penjelasan:

Menurut masyarakat Bali, dengan melakukan ngayah mereka sekaligus telah menunaikan kewajiban sosial dan agama Hindu.

Jawaban:

Ngayah merupakan sebuah kewajiban sosial masyarakat Bali (Suku Bali). Menurut masyarakat Bali, dengan melakukan ngayah mereka sekaligus telah menunaikan kewajiban sosial dan agama Hindu.

Penjelasan:

I hope this helps don’t forget to make the best answer yes also don’t forget to follow me

4. tradisi ngayah merupakan tradisi dari masyarakat​

Jawaban:

bali tradisi ngyah merupakan gotong royong untuk kebaikan semua masyarakat

Jawaban:

Tradisi ngayah adalah tradisi dari masyarakat bali

Penjelasan:

Ngayah sendiri berarti pekerjaan sukarela untuk kebaikan bersama

5. ngayah berasal dari daerah​

Jawaban:

bali

Penjelasan:

Tradisi ngayah sendiri merupakan tradisi gotong royong untuk kebaikan semua masyarakat Bali yang terlibat. Nah, dalam tradisi ngayah, masyarakat Bali tidak hanya sekadar tolong-menolong untuk kegiatan sosial saja. Namun, masyarakat Bali juga melakukan ngayah sebagai perintah agama.

6. salah satucontoh tradisi yg membentuk persatuan dan kesatuan dlm masyarakat indonesia yaitu ngayah yg berasal dari daerah​

Salah satu contoh tradisi yang membentuk persatuan dan kesatuan di dalam tatanan masyarakat Indonesia adalah NGAYAH. Ngayah ini adalah tradisi GOTONG ROYONG yang berasal dari daerah BALI, Indonesia. Bali sendiri dikenal pula dengan sebutan Pulau Dewata.

Baca lebih lanjut mengenai pengertian persatuan https://brainly.co.id/tugas/10117620

» Pembahasan

NGAYAH adalah tradisi masyarakat Bali yang masih terpelihara dengan baik sampai saat ini. Ngayah ini artinya adalah bekerja bersama-sama dengan hati tulus yang ikhlas tanpa mengharap imbalan apa-apa. Secara umu, Ngayah ini adalah wujud nyata gotong royong yang menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia.

Ketahui lebih lanjut tentang dinamika gotong royong https://brainly.co.id/tugas/14426955

Ngayah mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan sebab orang-orang dari beragam latar belakang, hobi, pendapat, selera dan lain sebagainya mampu bersatu dan bersama-sama bekerja secara ikhlas tanpa pamrih demi untuk mewujudkan cita-cita bersama. Konsep Ngayah ini mencerminkan semboyan bangsa Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika yang mengakui adanya keberagaman namun tetap SATU JUA adanya.

Pelajari lebih lanjut tentang pengertian gotong royong https://brainly.co.id/tugas/5023022

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detil Jawaban

Kode   : –

Kelas  : SMP

Mapel : PPKN

Bab     : Kerja Sama Dalam Berbagai Bidang

#AyoBelajar

7. tradisi ngayah merupakan tradisi untuk?​

Jawaban:

masyarakt bali

Penjelasan:

maaf kalo salah

Tradisi ngayah sendiri merupakan tradisi gotong royong untuk kebaikan semua masyarakat Bali yang terlibat. Nah, dalam tradisi ngayah, masyarakat Bali tidak hanya sekadar tolong-menolong untuk kegiatan sosial saja. … Jadi, ngayah itu dilakukan untuk tolong-menolong, berbagi, dan bersosialisasi dengan sesama.

semoga membantu ^_^

8. tradisi ngayah merupakan tradisi yang mencerminkan sikap ……​

Jawaban:

kebudayaan

Penjelasan:

tradisi merupakan bentuk sebuah kebudayaan yang kita harus lakukan dan lestarikan

maaf kalau salah

9. salah satu contoh tradisi yang membentuk persatuan dan kesatuan dalam masyarakat Indonesia yaitu ngayah yang berasal dari daerah​

Jawaban:

Pulau Dewata Bali

Penjelasan:

Ngayah ini adalah tradisi GOTONG ROYONG yang berasal dari daerah BALI, Indonesia. Bali sendiri dikenal pula dengan sebutan Pulau Dewata

Jawaban:

ngayahberasaldaridaerah:bali

Penjelasan:

Tradisi ngayah sendiri merupakan tradisi gotong royong untuk kebaikan semua masyarakat Bali yang terlibat

smoga membantu

10. 38. Bali merupakan daerah yang banyak memiliki tradisi salah satunya adalah tradisi ngayah. Tradisingayah merupakan tradisi gotong royong untuk semua masyarakat Bali yang terlibat, Dalam tradisingayah, masyarakat Bali tidak hanya sekedar tolong menolong untuk kegiatan agama saja, namundilakukan juga untuk berbagi, bersosialisasi, dan membantu sesama tanpa mengharapkan imbalan.Dapat disimpulkan tadisi ngayah sesuai dengan penerapan nilai – nilai Pancasila yaitu sila….A. Sila kesatu, karena tradisi ngayah dilaksanakan pada saat kegiatan keagamaan saja.B. Sila kedua, karena tradisi ngayah adalah tradisi turun temurun masyarakat Bali.C. Sila ketiga, karena tradisi ngayah memiliki makna persatuan dan kesatuan masyarakat Bali.D. Sila keempat, karena tradisi ngayah merupakan tradisi gotong royong masyarakat Bali​

Jawaban:

C. Sila ketiga

Penjelasan:

karena tradisi ngayah memiliki makna persatuan dan kesatuan masyarakat Bali, semoga membantu..

11. Salah satu contoh tradisi yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan yaitu tradisi ngayah. tradisi ngayah berasal dari daerah ….a. banyuwangi c. balib. yogyakarta d. banten​

Jawaban:

C. bali

karena tradisi ngayah hanya ada di bali yaitu kegiatan yang di lakukan bersama sama

Semoga membantu

Semangat belajar….

12. tradisi ngayah artinya

Ngayah adalah kewajiban sosial masyarakat Bali sebagai penerapan ajaran karma marga yang dilaksanakan secara gotong royong dengan hati yang tulus ikhlas baik di banjar maupun di tempat suci. Kata ngayah secara harafiah dapat diartikan melakukan  pekerjaan tanpa mendapat upah (kamus Bali-Indonesia,1990).

13. Jelaskan manfaat tradisi ngayah!Jelaskan menfaat tradisi ngayah!plis di bantu;(​

Jawaban:

manfaat dari tradisi ngayah adalah pekerjaan mudah selesai, terjadi nya kerjasama.

Penjelasan:

Ngayah merupakan salah satu tradisi yg berasal dari Bali. Ngayah merupakan bentuk kerjasama yg bersangkutan dengan acara adat. Yaitu seperti ngayah di pura

smoga bermanfaat

Jawaban:

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak sekali keindahan alam yang luar biasa.

Nah, selain keindahan alam, masyarakat Bali juga sangat menjunjung kebudayaannya.

Tradisi dan adat istiadat masih dilestarikan sampai sekarang.

Salah satunya adalah tradisi gotong royong yang disebut dengan ngayah

14. salah satu contoh tradisi yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan yaitu tradisi ngayah berasal dari daerah​

Jawaban:

masyarakat bali(suku bali)

Penjelasan:

maaf kalau salah

semoga membantu

follow bagi yg mau

Jawaban:

Bali

Penjelasan:

Menurut masyarakat Bali, dengan melakukan ngayah mereka sekaligus telah menunaikan kewajiban sosial dan agama Hindu.

15. 4.Jelaskan makna tradisi Ngayah! 5.Jelaskan manfaat tradisi Ngayah!*mohon dibantu*​

Jawaban:

Sangat Lah Bermanfaat karena Itu memiliki Tradisinya masing masing

16. 3. Salah satu contoh tradisi yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan adalahtradisi Ngayah yang berasal dari daerah ….tolong plis​

Jawaban:

Bali

Penjelasan:

Ngayah merupakan sebuah kewajiban sosial masyarakat Bali (Suku Bali). Menurut masyarakat Bali, dengan melakukan ngayah mereka sekaligus telah menunaikan kewajiban sosial dan agama Hindu. Ngayah biasa dilakukan dengan gotong royong di banjar (wilayah sejenis Rukun Tetangga) ataupun di tempat suci (Pura).

Tolong jadikan jawaban saya yang terbaik:)

17. tradisi ngayah berasal dari provinsi?​

Jawaban:

Ngayah, Tradisi Gotong Royong di Bali yang Bisa Kita Tiru. Bobo.i

Penjelasan:

Jawaban:

Bali sayyy, itu dari balii

18. Salah satu contoh tradisi yang membentuk persatuan dan kesatuan dalam masyarakat indonesia yaitu ngayah yang berasal dari daerah

bali (suku bali)

Penjelasan:

maaf kalau salah

19. tradisi ngayah merupakan satu contoh tradisi yang bukan persatuan dan kesatuan tradisional berasal dari daerah​

berasal dari daerah provinsi bali

20. salah satu tradisi yang ada di Bali yang masih dilestarikan adalah tradisi ngayah, Apa yang kamu ketahui tentang tradisi ngayah tersebut?Tolong di bantu ya kak!!!​

Tradisi Ngayah di Bali

Ngayah adalah bekerja secara sukarela tanpa imbalan material baik perorangan maupun sekelompok orang, untuk menyukseskan suatu kegiatan. Biasa ngayah untuk kegiatan adat atau upacara keagamaan.

Ngayah dilakukan secara bergotong royong agar pekerjaan di pura atau di banjar cepat selesai. Kalau istilah kekiniannya Ngayah identik dengan sukarelawan, dalam tradisi Hindu Bali.

Video Terkait

Bagikan: