Traktor Adalah Bentuk Teknologi Di Sektor

Fatih.co.id

Traktor Adalah Bentuk Teknologi Di Sektor
Traktor Adalah Bentuk Teknologi Di Sektor

Traktor adalah bentuk teknologi di sektor

Daftar Isi

1. Traktor adalah bentuk teknologi di sektor

Pertanian/Perkebunandi bidang pertanian

2. traktor adalah bentuk teknologi dalam sektor​

Jawaban:

traktor adalah suatu teknologi yg ada di bagian sektor pertanian yg berfungsi untuk membajak sawah, selain menggunakan traktor dalam membajak sawah, bisa juga menggunakan kerbau.

semoga membantu^_^

Jawaban:

pertanian

Penjelasan:

karena traktor digunakan untuk membajak sawah pengganti kerbau.

3. traktor adalah bentuk teknologi di sektor??

sektor pertanian dekkk

Di sektor pertanian Semoga benar:)

4. handphone adalah bentuk teknologi di sektor​

Jawaban:

komunikasi dan informasi

Penjelasan:

maaf kalo salah

Jawaban:

komunikasi

Penjelasan:

TvT

MAAP KALO SLH Y      

                                                        >v<

5. Traktor termasuk dalam teknologi​

Jawaban:Teknologi produksi

Penjelasan:Semoga membantu

6. traktor adalah alat perkembangan teknologi di bidang?​

Jawaban:

pertanian

Penjelasan:

#SEMOGAMEMBANTU#

Perkembangan teknologi di bidang pertanian

7. Traktor adalah perkembangan teknologi di bidang?

PERTANIAN…..
SEMOGA membantu dan jangan lupa follow~~~~ brainly saya tunggu….
traktor merupakan perkembangan teknologi di bidang pertanian

8. mengapa traktor disebut teknologi ramah lingkungan sedangkan traktor mengunakan bensin / solar

karena sisa pengelurannya (asap dsb) sedikit. jadi disebut teknologi ramah lingkungan.

kan bukan berarti teknologi ramah lingkungan harus memakai energi alternatif.Karna traktor tidak menghasilkan asap

9. 1. modernisasi memiliki dampak…… dan ……..2. sebelum adanya setrika listrik, dahulu orang menggemukan setrika…..3. traktor merupakan bentuk teknologi disektor……4. lampu pijar di temukan oleh…..5. roda ditemukan oleh……​

Jawaban:

1. positif dan negatif

2. setrika uap , setrika arang

3. pertanian

4. thomas alfa edison

5. robert william thomson

Penjelasan:

oke sekian saya harap dapat membantu

10. bidang teknologi yang memanfaatkan traktor

KEMAJUAN TEKNOLOGI BAGI SEKTOR PERTANIAN

PENJELASAN :

Dengan adanya Perkembangan Dan kemajuan Teknologi, Sektor Pertanian pun dapat merasakannya juga.

Semula Para petani menggunakan Sapi atau kerbau Untuk Membajak sawah, namun kini Para petani Bisa menggunakan Traktor untuk membajak sawah.

SOAL :

bidang teknologi yang memanfaatkan traktor

JAWABAN :

Bidang/Sektor Pertanian

_________________

MAPEL : IPSMATERI : MANFAAT KEMAJUAN TEKNOLOGI

11. traktor adalah bentuk teknologi di sektor ​

Jawaban:

Pertanian/Perkebunan

semoga membantu dan jangan lupa follow

Jawaban:

pertanian.

Penjelasan:

traktor adalah suatu teknologi yg ada di bagian sektor pertanian yg berfungsi untuk membajak sawah, selain menggunakan traktor dalam membajak sawah, bisa juga menggunakan kerbau.

SEMOGAMEMBANTU.

12. traktor adalah perkembangan teknologi di bidang​

Jawaban:

industri dan pertanian

13. 1. Modernisasi memiliki dampak…..dan …2. sebelum adanya setrika listrik, dahulu org menggunakan….. 3. Traktor adalah bentuk teknologi di sektor ….4. Lampu pijar ditemukan oleh ….5. Roda ditemukan oleh….6. Penemu jam mekanik adalah ….7. Telepon membuat komunikasi menjadi lebih ….8. Traktor adalah perkembangan teknologi di bidang….9. Modernisasi dan perubahan sosial budaya adalah dua hal yang saling ….10. Waktu dan biaya lebih efisien adalah dampak … dari teknologi. ​

Jawaban:

1. Dampak positif dan Dampak negatif

2.orang zaman dahulu menggunakan listrik arang, yg berkerja dengan menggunakan arang.

3. Disektor pertanian atau perkebunan

4. Thomas Alva Edison , Joseph Wilson Swan , Hiram Maxim , Mathew Evans , Alexander Nikolayevich Lodygin , James Bowman Lindsay , Alessandro Cruto

5. Roda pertama kali di digunakan oleh bangsa Sumeria sekitar 3500 tahun sebelum Masehi

6. Peter Henlein adalah nama orang yang diketahui sebagai penemu jam tangan pertama kali di dunia. Ia lahir pada 1485 dan berasal dari Nuremberg, Jerman

7. mudah

8. pertanian

9. berbeda atau berlawanan

10. Dampak positif

#mohon maaf jika saya salah untuk menjawab nya atau salah ketik

#jadikan jawaban ini yang terbaik

Semoga bermanfaat ya

Semangat selalu ya

14. mesin traktor mesin pemintal benang dan mesin pemotong kayu merupakan bentuk perkembangan teknologi teknologi yang dimaksud adalah

modern. maaf kalau salah

15. traktor adalah contoh teknologi…………………………. dalam mengolah tanah​

Jawaban:

traktor adalah contoh teknologi Modern dalam mengolah tanah

Jawaban:

Lahan pertanian

Penjelasan:

Traktor adalah contoh teknologi Lahan pertanian dalam mengolah tanah

16. bagaimana proses pengadaan teknologi Traktor

Jawaban:

Alsintan atau alat mesin pertanian adalah sebutan untuk semua alat dan mesin yang digunakan dalam usaha bidang pertanian. Alsintan ini mutlak sangat dibutuhkan dalam pembangunan pertanian. Peningkatan teknologi tepat guna melalui alsintan ini sangat dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi pertanian.

Peran alsintan dalam pengembangan pertanian bukan sebatas proses budidaya dan pascapanen, tapi juga bagi upaya pengembangan proses hasil panen menjadi aneka produk pangan tambahan. Adanya alsintan ini menjadi pemicu transformasi teknologi kepada petani menuju pertanian yang lebih modern, efektif, dan ramah lingkungan. Teknologi mekanisasi tersebut harus mencakup dari hulu sampai hilir sehingga tidak hanya meningkatkan produksi, akan tetapi kesejahteraan petani.

Peran strategis mekanisasi pertanian melalui alsintan adalah proses menjadi lebih ce
pat. Dengan mekanisasi, kita dapat melaksanakan pengolahan lahan, panen, dan pascapanen dengan cepat. Selain itu proses akan lebih efisien karena kebutuhan ongkos akan lebih rendah dibandingkan secara tradisional atau manual, baik untuk olah lahan maupun untuk panen. Alsintan juga menekan kehilangan hasil dan meningkatkan nilai tambah, misalnya penggunaan mesin thresser (perontok) yang efektif akan dapat menurunkan kehilangan hasil. Namun, kelebihan alsintan ini juga perlu menuntut prasyarat kelengkapan dan kesiapan kelembagaan dan sumber daya manusia sebagai pelaku pembangunan itu sendiri.

Penerapan Alsintan

Penerapan alsintan diharapkan dapat memecahkan masalah kekurangan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam usahatani, baik saat secara on-farm, panen (harvesting) maupun pascapanen (off-farm), menekan ongkos produksi, menekan kehilangan hasil menuju efisiensi usahatani sehingga meningkatkan pendapatan petani. Berkenaan dengan efektivitas dan efisiensi alsintan ini, sangat perlu diperhatikan ketepatan alokasi alsintan sesuai kondisi lahan (the right machine on the right land).

Misalnya, traktor roda dua dengan motor penggerak diesel 8,5 PK akan efektif pada lahan sawah datar sampai lahan yang sedikit miring. Traktor roda dua 8,5 PK ini kurang efektif bila dialokasikan pada daerah yang berlereng agak besar karena petakan sawah relatif kecil dan sulit mobilisasi antar petakan. Pada daerah yang lahan sawahnya berlereng agak besar, akan lebih cocok dan efektif traktor roda dua motor penggerak 6,5 PK. Begitu juga selanjutnya untuk daerah yang lebih berlereng tinggi maka akan efektif traktor 5 PK atau jenis bensin yang lebih ringan.

Pemerintah sebenarnya juga sudah aktif dalam peningkatan penerapan alsintan ini. Sepanjang tahun 2012 sampai 2017, bantuan alsintan pra-panen kepada petani di seluruh Indonesia sebanyak 314.188 unit, terdiri dari traktor, cultivator, pompa air, transplanter, dan hand sprayer. Sementara untuk alat pascapanen berjumlah 41.816 unit, berupa combine harvester, dryer, power threseher, power thresher multiguna, corn sheller, corn combine harvester, dan rice miling unit. Peran pemerintah ini memang sangat dibutuhkan oleh para petani Indonesia.

Petani atau kelompok tani tentu diharapkan juga harus bisa merawat alsintan yang sudah dimiliki. Mesin yang tidak dirawat cenderung akan cepat rusak. Jika alsintan sudah memperlihatkan rusak ringan, tapi tidak dilakukan perbaikan, maka rusak ringan ini akan menjadi rusak berat. Selain itu, alsintan yang ada juga harus digunakan seoptimal mungkin, jangan sampai alsintan tidur dan tidak terpakai dan akhirnya rusak.

Berdasarkan hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa dengan pengembangan penggunaan alsintan yang sesuai dengan kebutuhan pada tingkat petani dapat memacu keberhasilan program tersebut untuk meningkatkan produksi, khususnya beras. Selain itu, secara spesifik pengembangan traktor tidak memberi dampak negatif terhadap tenaga kerja dan justru berpengaruh positif terhadap tingkat upah. Pada kasus penggunaan mesin perontok dan penggilingan padi, dapat meningkatkan kualitas beras dengan menekan kerusakan fisik atau kerusakan gabah kurang dari 1%.

Ambil Intinya Aja Ya

##Semoga Membantu

##Jadikan Jawaban Terbaik

17. traktor adalah perkembangan teknologi di bidang​

Jawaban:

traktor adalah perkembangan teknologi di bidang pertanian

18. Mesin traktor termasuk hasil teknologi?

Jawaban:

mesin kanyaknya hehehe

Penjelasan:

maafkalosalah

19. traktor menujukkan kemajuan teknologi di bidang

PERTANIAN………….traktor teknologi di bidang pertanian.

20. traktor adalah bentuk teknologi di sektor? alat transportasi yang menggunakan tenaga kuda adalah?memudahkan komunikasi jarak jauh adalah dampak positif dari?​

Jawaban:

1. Pertanian

2. Delman

3. IPTEK

NOTE

Jika ada yang salah tolong diperbaiki di dalam komentar

• Kasih jawaban tercedas(tidak wajib)

• semoga membantu!

JawabanNo 1:

pertanian

Pertanian

traktor adalah suatu teknologi yg ada di bagian sektor pertanian yg berfungsi untuk membajak sawah, selain menggunakan traktor dalam membajak sawah, bisa juga menggunakan kerbau.

Jawaban No 2:

Delman

Delman

Di Indonesia, delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Variasi alat transportasi yang menggunakan kuda antara lain adalah kereta perang, kereta kencana dan kereta kuda.

JawabanNo 3:

Perkembangan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi)

#SEMOGA MEMBANTU

Video Terkait

Bagikan: