Transportasi Apoplas Pada Tumbuhan Adalah Transportasi Air

Fatih.co.id

Transportasi Apoplas Pada Tumbuhan Adalah Transportasi Air
Transportasi Apoplas Pada Tumbuhan Adalah Transportasi Air

transportasi apoplas pada tumbuhan adalah transportasi air ?

1. transportasi apoplas pada tumbuhan adalah transportasi air ?

Apoplas adalah pergerakan/transportasi air dan garam mineral ygĀ melalui ruang antarsel.

2. Transportasi apoplas pada tumbuhan adalah transportasi air?

yang melalui ruang-ruang antar sel

3. Transportasi apoplas pada tumbuhan adalah transportasi …

Tumbuhan untuk berkembang biak memerlukan beberapa nutrisi salah satunya adalah air. Transportasi air dalam tumbuhan dilakukan dengan metode difusi. Transportasi ini disebut dengan transportasi apoplas.

Pembahasan :

Transportasi apoplas adalah suatu metode transportasi yang dilakukan oleh tumbuhan. Transportasi ini mengirimkan air ke dalam tumbuhan. Proses transportasi ini dilakukan dengan cara difusi. Dalam metode ini jalur difusi apoplas atau jalur transportasi air akan berlangsung pada ruang-ruang antar dinding sel yang berjalan menuju ke silinder pusat. Prosesnya berawal dari akar tumbuhan sebagai media yang menyerap air dari dalam tanah kemudian dialirkan ke seluruh bagian tumbuhan. Proses difusi air secara apoplas ini dapat berlangsung pada seluruh bagian tumbuhan. Akan tetapi terdapat sistem ini tidak mampu melewati lignin atau zat kayu.

Pelajari selengkapnya pada :

Pelajari selengkapnya mengenai
fungsi lintasan di sepanjang apoplas pada akar, pada:

brainly.co.id/tugas/1827694

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

4. Perbedaan antara transportasi simplas dan apoplas

perbedaan : -transportasi/ lintasan apoplasĀ : menyusupnya air tanah secara bebas atau transpor pasif melalui semua bagian tak hidup dari tumbuhan (dinding sel dan ruang antar sel)
Ā sedangkanĀ 
-transportasi/ lintasan simplasĀ : bergeraknya air dan garam mineral melalui bagian hidup dari sel tumbuhan (sitoplasma dan vakoula).

5. Jelaskan sistem transportasi air jalur simplas dan apoplas

Jalur Simplas >> air masuk sitoplasma & vakuola dari satu sel ke sel lain shg air bisa ke xylem, sampai silinder pusat. Air menembus sitoplasma sel karena ikut noktah. >> << Jalur Apoplas >> air masuk ke jaringan tumbuhan lewat ruang antarsel sampai ke korteks. Air dr jalur ini tdk sampai ke xylem karena terhalang dr endodermis yg mampu melakukan pita kaspari.

6. jelaskan pengertian dari:a. Simplasb. Apoplasc. Transportasi intravasikulard. Transportasi ekstravasikular

a. Simplas adalah kontinum sitoplasma yang berhubungan oleh plasmodesmata pada tumbuhan dan berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke xilem
b. Apoplas adalah suatu kontinum tak hidup yang terbentuk melalui jalur ekstraseluler yang disediakan oleh matriks kontinu dinding sel dan berfungsi untuk mengangkut air dari akar kexilem.
c. Pengangkutan intravaskuler adalah pengangkutan air dan zat terlarut yang terjadi dalam berkas pembuluh xilem dan floem secara vertikal.
d. Dalam proses pengangkutan, tumbuhan dapat menyerap air dari tanah ke dalam tubuh melewati satu sel ke sel lain secara horizontal. Proses demikian dinamakan pengangkutan ekstravaskuler.

maaf kalo salahā˜ŗ

7. Apa perbedaan proses transportasi apoplas dan simplas? Jelaskan!

kalau apoplas berlangsung pada sel-sel yg mati. misalnya dinding sel dan ruang antar sel..
Ā kalau simplas berlangsung pda sel-sel yang hidup. misalnya vakuola dan sitoplasma.

8. pada transportasi apoplas air berdifusi melalui

Penjelasan:

melalui jalur ekstraseluler

9. pada transportasi apoplas air berdifusi melalui

Pengangkutan ekstravaskuler

—-> pengangkutan ini melalui dua cara yaitu apoplas dan simplas.

~> Apoplas adalah pengangkutan air dan zat terlarut MELALUI bagian yg tidk hidup dari sel seperti dinding sel dan ruang antar sel, dengan cara difusi dan transpor pasif.

~> Simplas adalah pengangkutan air dan zat terlarut MELALUI bagian hidup suatu sel ke sel lainnya mlewti sitoplasma dan vakuola , melalui transpor aktif dan osmosis melewati sitoplasma

Semoga membantuu šŸ™‚

10. bagian bagian akar berikut dapat dilalui oleh air pada transportasi apoplas,kcuali…..

kecuali karbon dan oksigen

11. jelaskan perbedaan antara transportasi simplas dan apoplas?

transportasi simplas melalui sitoplasma. sedangkan transportasi apoplas melalui ruang antar sel.
semoga membantu šŸ™‚

12. apa itu transportasi apoplas

apoplas adalah suatu kontinum tak hidup yang terbentuk melalui jalur ektraseluler yang disediakan oleh matriks kontinu dinding sel dan berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke xilem.

13. transportasi apoplas melalui

Melalui celah antar selPada tahap pengangkutan apoplas, air masuk dengan cara difusi melalui dinding-dinding sel tumbuhan dan bagian bagian tak hidup tumbuhan lainnya. Nah, air tidak dapat masuk secara langsung ke pembuluh kayu karena terdapat endodermis yang memiliki lignin yang tebal atau disebut pita kaspari.Ā 

14. transportasi apoplas melalui….

Apoplas adalah suatu kontinum tak hidup yang terbentuk melalui jalur ekstraseluler yang disediakan oleh matriks kontinu dinding sel dan berfungsi mengangkut air dari akar ke pembuluh xilemapoplas adalah suatu kontinum tak hidup yg terbentuk melalui jalur extraseluler yg disediakan oleh matrik kontinu dinding sel dan berfungsi menganut air dari akar ke xilem

15. jelaskan persamaan dan perbedaan transportasi simplas dengan apoplas

Persamaannya adalah sama merupakan sistem pengangkutan air dan mineral dari dalam tanah di luar berkas pembuluh. Dimana dalam perjalanan menuju silinder pusat, air akan bergerak secara bebas di antara ruang antar sel. Perbedaannya adalah pada transportasi apoplas, pengangkutan sepanjang jalur ekstraseluler yang terdiri atas bagian tak hidup dari akar tumbuhan, yaitu dinding sel dan ruang antar sel. Dan air masuk dengan cara osmosis serta tidak dapat terus mencapai xilem karena terhalang oleh lapisan endodermis. Namun ada celah kaspari yang bisa dilalui air sehingga pengangkutan air secara apoplas pada bagian korteks dan stele menjadi terpisah. Sedangkan pada transportasi simplas setelah masuk kedalam sel epidermis bulu akar, air dan mineral yang terlarut bergerak masuk kedalam sel. Air masuk sitoplasma dan vakuola, kemudian bergerak dari satu sel ke sel yang lain melalui plasmodesmata. Hal ini pun menyebabkan air dapat mencapai bagian Xylem yang ada bagian silinder pusat.Transportasi apoplas adalah menyusupnya air tanah secara difusi bebas atau transpor pasif melalui semua bagian tidak hidup dari tumbuhan, misalnya dinding sel dan ruang-ruang antarsel. Transportasi apoplas tidak dapat terjadi saat melewati endodermis sebab dalam sel-sel endodermis terdapat pita kaspari yang menghalangi air masuk ke dalam xilem. Pita kaspari ini terbentuk dari zat suberin (gabus) dan lignin. Oleh karena itu,apoplas dapat terjadi di semua bagian kecuali endodermis. Air yang menuju endodermis ditranspor secara simplas melalui sel peresap.
Transportasi simplas yaitu bergeraknya air tanah dan zat terlarut melalui bagian hidup dari sel tumbuhan. Pada sistem simplas ini perpindahan terjadi secara osmosis dan transpor aktif melalui plasmodesmata. Transportasi simplas dimulai dari sel-sel rambut akar ke sel-sel parenkim korteks yang berlapis-lapis, sel-sel endodermis, sel-sel perisikel, dan akhirnya ke berkas pembuluh kayu atau xilem.Pengangkutan mineral melalui transpor aktif. Mineral mampu masuk ke dalam akar karena melawan gradien konsentrasi, yaitu dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah berkonsentrasi tinggi.Perbedaan :
1. transportasi simplas berlangsung secara difusi, sedangkan transportasi apoplas berlagsung secara osmosisĀ 
2. transportasi simplas memerlukan energi peraktif, sedangkan transportasin apoplas memerlukan energi pengaktifĀ 
3. simplas merupakan pengangkutan secara vertikal, sedangkan apoplas adalah pengangkutan secara horizontal
4. simplas adalah pengangkutan melalui pembuluh angkut, sedangkan apoplas adalah pengangkutan di luar pembuluh angkut
Persamaan :
1.Ā Sama-sama berfungsiĀ dalam transpor di dalam jarigan dan organ
2. Sama-sama termasuk kedalam pengangkutan Ekstraselul
erĀ , dimanaĀ air akan masuk melalui sel epidermis akar kemudian bergerak di antara sel-sel korteks. Air harus melewati sitoplasma sel-sel endodermis untuk memasuki silinder pusat (stele). Setelah sampai di stele, air akan bergerak bebas di antara sel-sel.

16. transportasi apoplas melalui

melalui jalur ekstraseluler

17. 1. apa yang dimaksud dengan pengangkutan ekstravaskuler dan intravaskuler?2. apa yang dimaksud dengan transportasi apoplas dan transportasi simplas?3. sebutkan dan jelaskan teori tentang pengangkutan air dan mineral dari bawah atau akar sampai ke atas atau daun tumbuhan oleh xilem? ā€‹

Jawaban:

1.intravaskular yaitu pengankutan yang dilakukan melewati pembuluh sedangkan ekstravaskular tidak melewati pembuluh.

2.singkatnya, apoplas berguna untuk mengangkut air dari akar ke xilem. simplas adalah transportasi air dengan cara osmosis.

3.Ada 4 teori yaitu:

1) Teori Tekanan Akar, menyatakan bahwa air dan garam mineral terangkut ke atas karena adanya tekanan akar. Tekanan akar ini terjadi dikarenakan perbedaan konsentrasi air di dalam air tanah dengan cairan pada saluran xylem. Konsentrasi air di dalam air tanah lebih tinggi sehingga dapat melakukan osmosis ke dalam sel yang menimbulkan tekanan turgor.

2) Teori Vital, didasari kenyataan bahwa xylem yang dilewati merupakan pipa kapiler yang berhubungan dan merupakan tempat lewatnya air tanah menuju daun dengan menentang gaya gravitasi. Menurut teori vital, perjalanan air dari akar menuju daun dapat terlaksana karena adanya sel-sel hidup, seperti sel-sel parenkima dan jari-jari empulur disekitar xylem.

3) Teori Dixon-Joly, menyatakan bahwa naiknya air ke atas disebabkan tarikan dari atas, yaitu daun yang melakukan transpirasi (penguapan). Transpirasi di daun mengakibatkan konsentrasi molekul air di daun berkurang. Kekurangan ini akan segera diisi oleh molekul air dibawahnya. Dengan demikian terjadi gerakan molekul air dan akar ke daun.

4) Teori kapilaritas batang. Air dapat diangkut dari akar ke seluruh tubuh tumbuhan karena adanya daya kapilaritas batang. Daya kapilaritas batang adalah kemampuan xilem yang memiliki diameter sangat kecil (kapiler) untuk menaikkan permukaan air lebih tinggi dibanding dengan di luar pembuluh.

Penjelasan:

yang nomor 3 ditulis sampai titik aja, kalo mau ditulis semuanya juga boleh kok ^_^

18. transportasi apoplas pada tumbuhan adalah transportasi jwb ya kaka kaka šŸ™‚

Apoplas adalah suatu kontinum tak hidup yang terbentuk melalui jalur ekstraseluler yang disediakan oleh matriks kontinu dinding sel dan berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke xilem

Jadikan Jawaban Paling Cerdas dong

19. Jelaskan sistem transportasi air jalur simplas dan apoplas

simplas adalah proses pengangkutan melalui plasmodesmata atau junction atau lewan sitoplasma sel sedangkan apoplas adalah proses pengangkatan melalui ruang antar membran

20. jelaskan yang dimaksud transportasi apoplas ?

transportasi/ lintasan apoplas : menyusupnya air tanah secara bebas atau transpor pasif melalui semua bagian tak hidup dari tumbuhan (dinding sel dan ruang antar sel)Ā lintasan air melalui dinding sel dari rambut akar ke xilem

Video Terkait

Bagikan: