Transportasi Laut Memegang Peranan Penting Dalam Perdagangan Di Asean Sebab

Fatih.co.id

Transportasi Laut Memegang Peranan Penting Dalam Perdagangan Di Asean Sebab
Transportasi Laut Memegang Peranan Penting Dalam Perdagangan Di Asean Sebab

Transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di asean sebab … .

Daftar Isi

1. Transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di asean sebab … .

Jawaban:

Harganya yang terjangkau, cepat, dan nyaman.

Maaf Kalo Salah

2. Transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di asean sebab

jawaban:

karena dapat mengantarkan barang ekspor dan impor ke berbagai pulau melalui kapal yang menyeberangi antar pulau

penjelasan: jadikan jawaban tercerdas

3. transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di asean sebab …

Jawaban:

Penghubung berbagai kegiatan perekonomian dan pembangunan antarpulau undefined.

Penjelasan:

Transportasi laut memiliki peran yang strategis dalam mendukung pembangunan nasional di segala bidang, termasuk untuk mempersatukan Indonesia yang penuh dengan keberagaman, baik keberagaman agama, suku, budaya, ras maupun bahasa. Selain itu transportasi laut juga menjadi infrastruktur penting dalam rangka menggerakkan roda perekonomian Indonesia, khususnya di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Sehingga, transportasi laut sangat penting dalam menggerakan roda ekonomi terutama dalam hal penghubung berbagai kegiatan perekonomian dan pembangunan antarpulau.

Jawaban:

Karena ASEAN dikelilingi oleh lautan. Sehingga transportasi laut jadi lebih efektif dibanding darat dan udara.Mengantarkan benda perdagangan negara asing lewat transportasi laut yang guna memberikan barang kepada konsumen dengan cepat dan tepat waktu ( bermanfaat bagi impor dan ekspor)

Penjelasan:

Kita semua tau jika transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di ASEAN. Transportasi laut banyak digunakan untuk berbagai hal salah satunya pengiriman barang. Sebenarnya untuk jenis pengiriman barang ada banyak jenis transportasi yang bisa digunakan tapi banyak orang lebih memilih pengiriman barang lewat laut. Banyak orang memilih jenis cargo ini lantaran kelebihan-kelebihan yang dimilikinya salah satunya karena biaya pengiriman lewat laut jauh lebih murah. Tidak hanya itu, kapasitas barang yang diangkut juga tinggi. Semua itu jadi alasan mengapa banyak orang menggunakan jasa ini.

Banyak pelaku bisnis memilih transportasi laut untuk mengirim barang karena transportasi ini sangat membantu dalam urusan import barang. Angkutan laut juga membantu para importir ataupun juga pebisnis retail. Selain itu, masih banyak keuntungan lainnya yang akan didapatkan jika pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman melalui laut.

4. mengapa pedagang islam memegang peranan penting dalam penyebaran islam diindonesia

karna agama islam memang masuk ke indonesia melalui pedagang arab, yang pada akhirnya berkembang pesat di indonesia, lalu di lanjutkan dengan wali songo dsbkarena dia yang membawa islam ke indonesia dan membuat agama islam bnyk dianut d indonesia

5. mengapa kerajaan majahapit memegang peranan penting dalam perdagangan

karena pada saat itu, kerajaan majapahit merupakan penguasa nusantara, semua wilayah di nusantara berada dibawah kekuasaan kerajaan majapahit.

6. mengapa para pedagang islam memegang peranan penting dalam menyebarkan islam

Karena pada saat itu pedagang sering bepergian ke tempat lain, sehingga mau tidak mau terjadi pertukaran budaya dan faham agama islam di daerah tersebut

7. Penyebab transportasi laut memegang penting peedagangan

Transportasi laut penting memegang perdagangan

karena mengantarkan barang perdagangan kepada daerah lain lebih cepat

8. transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di asean sebab ..a. penjaga stabilitas keamanan negara dari tindakan penyeludupan b. laut memiliki andil yang besar dalam perekonomian c. penghubung berbagai kegiatan perekonomian dalam pembangunan antar negarad. ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan PILIH SALAH SATU …​

Jadi, transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di asean sebab (C). Penghubung berbagai kegiatan perekonomian dalam pembangunan antar negara.

Pendahuluan

Hai ! Kali ini saya akan membantu Anda untuk membahas materi ASEAN. ASEAN (Assosiation of Southeast Asian Nations) yaitu organisasi berbentuk asosiasi yang menghimpun negara-negara di Asia Tenggara. Berbicara tentang Asia Tenggara, Asia Tenggara sebagian besar masuk ke dalam iklim tropis (kecuali wilayah Negara Myanmar bagian utara). Selain itu, dari bentuk negara-negara anggotanya, hampir semua wilayah dihubungkan dengan jalur laut (kecuali Laos yang tidak mempunyai laut, namun dilalui oleh sungai yang sangat panjang).

PembahasanMengapa Transportasi Laut ?

Berdasar pada sesi pendahuluan, kita dapat menekankan bahwa wilayah antar negara ASEAN dihubungkan melalui jalur laut. Hal inilah yang menjadi faktor utama bagi negara-negara ASEAN untuk melakukan perdagangan regional dan pengiriman barang melalui transportasi laut. Transportasi udara kurang efisien, dimana jarak penghubung antar negara anggota ASEAN yang tidak terlalu jauh, namun biaya operasional yang mahal. Sedangkan jika menggunakan transportasi darat akan membutuhkan kendaraan yang banyak serta selang waktu yang lebih lama.

Laut sebagai Penghubung Seluruh Dunia

Tidak hanya negara-negara ASEAN, perdagangan internasional pun, hinggasaat ini masih menggunakan transportasi laut sebagai alat transportasi utama pengiriman barang ekspor-impor. Dua keunggulan utama pengiriman barang dengan transportasi laut sebagai berikut :

Banyaknya kapal-kapal yang dapat mengangkut benda dalam jumlah besar dan banyak. Hal ini menyebabkan pengirim tidak berulang kali (bolak-balik) untuk mengambil barang yang akan dikirimkan.Pengiriman melalui kapal relatif lama, hal ini memungkinkan untuk para pekerja memiliki waktu untuk bongkar muatan barang yang telah datang sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi, transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di asean sebab (C). Penghubung berbagai kegiatan perekonomian dalam pembangunan antar negara.

Pelajari Lebih Lanjut Mengidentifikasi iklim dari masing-masing negara ASEAN https://brainly.co.id/tugas/114716463 contoh kerjasama ASEAN di bidang ekonomi https://brainly.co.id/tugas/54806424 ciri negara ASEAN berdasarkan bentuk secara geografis https://brainly.co.id/tugas/24416357Detail Jawaban

Kelas : 9

Mata Pelajaran : IPS

Materi : Bab 9 – Asia Tenggara

Kode Kategorisasi : 9.10.9

Kata Kunci: Negara ASEAN; pengaruh kondisi wilayah terhadap transportasi perdagangan; keunggulan transportasi laut.

#SolusiBrainlyCommunity

9. Transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan sebab ..​

transportasi laut memegang pernanan penting perdangan disebabkan oleh sarana transportasi kapal merupakan sarana yang cepat dan efisien dalam kegiatan ekspor dan impor perdagangan.

sarana transportasi kapal merupakan sarana yg capat dan efisien

dlm kegiatan impor dan ekspor

hope it helps sorry if it’s wrong

10. Mengapa fitoplankton memegang peranan penting dalam ekosistem laut

karena dengan kelompok ini dengan adanya kandungan kllorofil mampu melakukan fitosintesis

11. Mengapa transportasi memegang peranan penting di berbagai kegiatan ekonomi?

Karena jika tidak ada transportasi, manusia tidak bisa mengekspor dan
meng impor barang, lalu manusia juga susah melakukan kegiatan perdagangan, maka transportasi memegang peranan pentingkarena segla bentuk kegiatan ekonomi yang terjadi di indonesia tidak pernah terlepas dari suatu kegiatan trans portasi sebgai contoh mau kesekolah pasti naik angkot atau kerata mau pulang kampung naik kereta api atau peaswat dan masih banyak contoh lagi

12. tranportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan di ASEAN sebab

letak perdagangan di asean sangat strategis
maaf kalau salah

13. transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan diasean sebab​

Jawaban:

Karena ASEAN dikelilingi oleh lautan. Sehingga transportasi laut jadi lebih efektif dibanding darat dan udara.

Jawaban:Karena mengantarkan benda perdagangan negara asing lewat transportasi laut yang guna memberikan barang kepada konsumen dengan cepat dan tepat waktu ( bermanfaat bagi impor dan ekspor )

moga bermanfaat 😉

14. Mengapa dalam kegiatan distribusi faktor transportasi memegang peranan yang paling penting

karena mempunyai peran
1.menyalurkan barang dari produsen ke konsumen
2.memperlancar arus penyaluran barang dan jasa kepada konsumen

15. Transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan sebab

Karena mengantarkan benda perdagangan negara asing lewat transportasi laut yang guna memberikan barang kepada konsumen dengan cepat dan tepat waktu ( bermanfaat bagi impor dan ekspor )

#maafkalosalah
moga bermanfaat ;)transportasi laut memegang pernanan penting perdangan disebabkan oleh sarana transportasi kapal merupakan sarana yang cepat dan efisien dalam kegiatan ekspor dan impor perdagangan.
semoga membantu 😀

16. Mengapa transportasi memegang peranan penting di berbagai kegiatan ekonomi?

karena dengan adanya transportasi maka kita dapat melakukan perjalanan dg lebih cepat dan mudahsebab transfortasi merupakan akses penghubung dalam menjalankan roda perekonomian, dan dengan adanya transfirtasi maka dapat membuka isolasi suatu daerah sehingga ekonominya dapat berkembang

17. Kondisi tersebut membuat transportasi laut memegang peranan penting dalam kegiatan perdagangan sebab ?

Jawaban:

Karena memudahkan kita dalam perjalanAn yang jaraknya di tempuh debgan transfortasi laut

18. Transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan, sebab… * A.setiap daerah atau negara memiliki laut B.laut memiliki andil yang besar dalam perekonomian C.penjaga stabilitas keamanan negara dari tingakan penyelundupan D.penghubung berbagai kegiatan perekonomian dan pembangunan

Jawaban:jawabannya adalah:B.laut memiliki andil yang besar dalam    

                perekonomian

Penjelasan:moga dapat membantu:)

19. Mengapa perdagangan internasional memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan​

Jawaban:

Dengan adanya perdagangan internasional akan memudahkan setiap negara untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak diproduksi oleh negara tersebut. Hal ini bisa terjadi dikarenakan di setiap negara pasti memiliki kekayaan sumber dayanya masing-masing.

MAAF KALAU SALAH

TERIMAKASIH

20. mengapa dalam kegiatan distribusi,faktor transportasi memegang peranan yang paling penting?

karena tentunya di era modern ini kita dapat memesan benda/barang dari luar kota atau bahkan luar negri, jika tanpa adanya transportasi barang tersebuat akan sampai dlm waktu lama.juga jika tidak ada transportasi barang mudah busuk seperti sayuran dan buah-buahan akan rusak sebelum dijual belikan.

Video Terkait

Bagikan: