Tujuan Akhir Dari Perdagangan Internasional Adalah

Fatih.co.id

Tujuan Akhir Dari Perdagangan Internasional Adalah
Tujuan Akhir Dari Perdagangan Internasional Adalah

tujuan akhir dari perdagangan internasional adalah​

Daftar Isi

1. tujuan akhir dari perdagangan internasional adalah​

untuk memdapatkan devisa negara/sejenisnya

maaf kalo salah itu yang saya tau

Jawaban:

Menaikkan Devisa Negara

Dengan adanya perbedaan yang dimiliki oleh negara satu dengan negara lain maka sebagai negara yang mengekspor barang ke negara lain, tujuannya adalah untuk menaikkan devisa negara. Apabila kita dapat menaikkan devisa negara maka imbas darinya adalah.

a. Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi ialah kenaikan produk nasional bruto pendapatan dalam suatu Negara. Produk Nasional Bruto (GDP) biasanya dihasilkan oleh faktor-faktor produksi milik warga Negara baik yang tinggal di dalam negeri maupun di luar negeri, warga Negara tidak termasuk didalamnya walaupun dia tinggal dalam negeri tersebut.

b. Memengaruhi stabilitas harga barang yang di ekspor

Stabilitas harga di sini adalah mempertahankan harga yang dilakukan oleh pemerintah ketika laju inflasi mulai tinggi. Inflasi adalah peningkatan persediaan uang sehingga menyebabkan kenaikan harga. Maka dalam hal ini pemerintah bertuga
s untuk tetap menstabilkan harga ditengah inflasi yang sedang naik dengan adanya ekspor yang dilakukan oleh negara itu sendiri.

c. Eksistensi tenaga kerja

Eksistensi tenaga kerja sangat diperlukan adanya tenaga kerja karena mereka adalah pelaku yang melancarkan segala tindakan yang saling berkesinambungan. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi, maka perusahaan pengekspor akan kebanjiran pesanan produk, sehingga tenaga kerja yang ada tidak mampu untuk mengerjakan semuanya sehingga dibutuhkanlah perekrutan tenaga kerja yang baru untuk menyelesaikan pesananan ekspor yang sangat banyak. Hal ini sangat menguntungkan satu sama lain.

Memenuhi Kebutuhan yang Ada di Negara Lain

Dengan adanya perbedaan yang dimiliki oleh negara satu dengan negara lain, maka sebagai negara yang mengimpor barang dari negara lain, tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan yang ada di negara lain, namun tidak di produksi di negara sendiri.

Memperoleh Keuntungan Internal & Eksternal

Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya kegiatan perdagangan adalah untuk mencari keuntungan. Keuntungan yang dicari bukan saja keuntungan internal melainkan juga keuntungan eksternal. Keuntungan internal adalah keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri misalnya keuntungan melalui banyaknya pesanan dari luar negeri yang dapat meningkatkan ekspor perusahaan. Keuntungan yang didapat perusahaan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan alat-alat produksi maupun untuk penambahan fasilitas yang dibutuhkan dalam perusahaan dalam memenuhi kebutuhan produksi. Keuntungan yang selanjutnya yaitu keuntungan eksternal, dalam hal ini keuntungan eksternal yaitu keuntungan spesialisasi. Keuntungan spesialisasi yaitu keuntungan akibat fungsi dalam mempertinggi keefisienan penggunaan faktor-faktor produksi.

Memperluas Pasar

Dalam proses produksi, terkadang perusahaan tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka menghindari terjadinya kelebihan produksi. Mengapa hal itu dihindari? Karena jika produksi yang dihasilkan berlebihan mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Maka dari itu perdagangan Internasional bertujuan agar perusahaan dan para pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal tanpa khawatir kelebihan akan produksi karena kelebihan produk tersebut dapat dijual keluar negeri. Hal ini juga menyebabkan terbukanya berbagai pasar yang dapat menampung barang produksi tersebut.

Penjelasan:

Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan Internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product). Meskipun perdagangan Internasional telah terjadi selama ribuan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan

2. tujuan akhir dari perdagangan internasional

untuk mempromosikan hasil kekayaan dari suatu negara
3G (Gold,Glory,Gospel)
yaitu tujuan untuk mencari kekayaan ,mencari kejayaan dan menyebarkan agama nasrani

3. Tujuan akhir dari perdagangan internasional adalah

Jawaban:

Untuk Mendapatkan laba atau keuntungan

Penjelasan:

Berdasarkan pengertian Perdagangan Internasional, yaitu Proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba.

4. Kepulauan Maluku merupakan tujuan terakhir dalam perdagangan internasional yang dimulai dari Teluk Persia. Kepulauan Maluku menjadi tujuan terakhir dalam kegiatan perdagangan tersebut karena. . . .a. Kepulauan Maluku merupakan penghasil rempah-rempahb. Kepulauan Maluku menjadi pusat penyebaran Islam di Indonesia timurc. Pedagang di Kepulauan Maluku ramah terhadap pedagang asingd. Kepulauan Maluku dilalui jalur sutra dalam perdagangan internasionale. kondisi perairan di Kepulauan Maluku lebih stabil daripada daerah lain​

Jawaban:

a. Kepulauan Maluku merupakan penghasil rempah-rempah

Penjelasan:

Karena Maluku di juluki Spicy Island hasil rempahnya yaitu pala dan cengkeh. Cengkeh di Maluku ini sangat berharga dan mahal dan paling populer di Benua Eropa, bahkan melebihi harga emas kala itu. Sedangkan Pala merupakan rempah rempah yang bernilai tinggi, buah serta bijinya menjadi suatu komoditi perdagangan yang penting untuk Romawi.

semoga membantu^_^

5. 47. Salah satu kebijakan Rames di Indonesia adalah mengundang ahli pengetahuan dari luar negeriKegiatan mengundang ahli dari luar negeri adalah kebijakan di bidang…a hukumc. sosial budayab. ekonomid. ilmu pengetahuan48. Upaya Ratlles menerapkan sistem pajak tanah mengalami kegagalan. Penyebab kegagalan sistempajak tanah yang digulirkan oleh Ramles adalah….a. sulit menentukan besarnya pajak karena luasnya berbedab. sistem uang sudah dikenal oleh masyarakat desao tidak bisa menentukan luas sempitnya tanahd para pegawainya banyak yang korupsi49. Para pedagang Belanda membentuk kongsi dagang yang bernama VOC pada tahun 1602. Di bawahini yang bukan merupakan tujuan VOC di Indonesia adalah….a. melaksanakan monopoli perdagangan rempah-rempahb. menguasai kerajaan-kerajaan di Indonesiac. menguasai pelabuhan-pelabuhan pentingd. membangun pabrik senjata di Indonesia50. Pada tahun 1808, H.W Daendels menerima kekuasaan dari Gubernur Jenderal Weise Daendelsdibebani tugas mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris, karena….a. Inggris telah menguasai Sumatera, Ambon, dan Bandab. Inggris akan menyerang Pulau Jawa dan Kalimantanc. Belanda ingin menguasai Pulau Jawa dan Sumaterad. Belanda takut menghadapi tentara Inggris51. Memasuki akhir abad ke-18, kejayaan VOC mulai merosot. Di bawah ini yang bukan merupakanpenyebab kemerosotan VOC adalah….a. Revolusi Perancis menyebabkan Belanda menyerah kepada Perancisb. sulitnya melakukan pengawasan terhadap daerah kekuasaan VOCc. Amerika telah mengalahkan Belanda dalam perdagangand. banyak pegawai VOC yang melakukan korupsi52. Douwes Dekker mengajukan program balas budi kepada bangsa Indonesia. Di bawah ini yang bukanmerupakan program balas budi kepada bangsa Indonesia, yaitu ….a, irigasib. edukasic. asimilasid. transmigrasi53. Tanggal 20 Mei 1908, Soetomo beserta kawan-kawannya mendirikan Budi Utomo Tanggal berdiriBudi Utomo diperingati sebagai….a. Hari Pahlawanc. Hari Pendidikan Nasionalb. Hari Batik Nasionald. Hari Kebangkitan Nasional54. Sumpah Pemuda telah membawa kesadaran dalam diri setiap orang akan pentingnya persatuan dankesatuan dalam sebuah bangsa. Sumpah pemuda dapat menyatukan berbagai sifat kedaerahanmenjadi sifat…a. nasionalb. regionalc. bilaterald. internasional​

47. d. ilmu pengetahuan

48. a. sulit menentukan besarnya pajak karena luasnya berbeda

49. d. membangun pabrik senjata di Indonesia

50. a. inggris telah menguasai Sumatera, Ambon, dan Banda

51. d. kali ga tau

52.c kali ga tau

53. d hari kebangkitan

54. a. nasional

6. 1) masyarakat nomaden adalah.. A. Masyarakat Pengumpul makanan B.masyarakat yang mencari makanan C.masyarakat yang menetap D.masyarakat yang berpindah tempat 5). Rangkaian pegunungan sirkum mediterania masuk ke wilayah indonesia melalui… A.pulau Halmahera B.pulau sumatera C.pulau sulawesi D.kepulauan sangihe 6).paham geografi tang beranggapan bahwa kondisi fisik sangat menentukan kehidupan manusia adalah… A.fisis determinis B.chorology C.posibilis D.logografi 7).Berikut ini yang termasuk kedalam komponen lingkungan fisik (abiotik environmentai)adalah.. A.Tumbuhan,hewan dan jasad renik B.Batuan,iklim dan tumbuhan C.Hewan, jasad renik dsn tanah D.Tanah,batuan dan iklim 8).untuk dapat melihat kategori negara maju dapat diketahui dari… A.banyaknya pengangguran B.keberhasilan pembangunan C.tingkat pendidikan rendah D.kelebihan penduduk 9).jepang merupakan salah satu Negara maju dalam bidang industri. Untuk memenuhi kebutuhan barang tambang bagi kegiatan industri barupa batu bara,jepang mengimpor dari negara… A.Indonesia,Malaysia dan Thailand B.Iran,kuwait dan arab saudi C.Amerika serikat rusia australia D.Iran,Indonesia dan Thailand 10).triple alliance yang dibentuk pada akhir abad ke-19 beranggotakan… A.jerman,austria-hongaria dan italia B.jerman,rusia,dan inggris C.jerman,turki dan romania D.jerman,prancis dan inggris 11).Badan kerjasama internasional yang tugas dan tujuannya menyelenggarakan dan mengawasi pelaksanaan perdagangan bebas dunia, yaitu… A.Internasional labour organiza tion (ILO) B.World trade organization C.asia pacific Economic cooperation (APEC) D.international monetary fund(IMF). 12).konferensi asia-afrika berhasil merumuskan sebuah piagam yang dinamakan…. A.Bandung Heritage B.Bandung Message C.Dasasila Bandung D.Saptasila Bandung 13).devisa yang diperoleh suatu negara dari hasil ekspor barang adalah… A.Cadangan devisa B.Devisa perdagangan C.Devisa kredit D.devisa umun 14).pajak kendaraan bermotor,pajak reklame,dan pajak tontonan termasuk jenis pajak…. A.luar negeri B.dalam negeri C.daerah D.pusat tolong yaa besok dikumpulkan

1.D
5.B
6.B
7.A
8.B
9.D
10.D
11.D
12.C
13.B
14.B

7. Tolong dirangkum sesingkat singkatnyaa. GATT (General Agreement on Tariffs and Trade)GATT (General Agreement on Tariffs and Trade)merupakan perjanjian perdagangan internasionalyang disepakati pada tahun 1948 di Jenewa, Swiss.Tujuan pokoknya adalah untuk menciptakanperdagangan internasional yang bebas, membantumenciptakan pertumbuhan ekonomi danpembangunanKesepakatan dalam GATT mulai berlaku sejaktanggal 1 Januari 1948 yang memuat beberapaprinsip, sebagai berikut.1) Trade without DiscriminationPrinsip utama GATT adalah MostFavourite Nation Close (MFNC) yang berartibahwa perdagangan internasional harusdidasarkan pada prinsip nondiskriminasi.2) Protection through Tariff’sNegara yang ingin melindungi industridalam negerinya dapat memberikanperlindungan melalui tarif dan tidak melaluiperdagangan nontarif.3) Prinsip Tronparansi/KeterbukaanPerlakuan dan kebijakan perdaganganyang dilaksanakan suatu negara harustransparan, jelas, dan terbuka. Dengan katalain kebijakan perdagangan harus diketahuimitra dagangnya.4) The Stable Basics for TradeGATT berusaha untuk menciptakanstabilitas perdagangan, sehingga dibuatperaturan tentang pengikatan tarif (tarifsbendings) melalui perundingan antara negaraanggotaBerbagai masalah dalam perdagangandiselesaikan melalui perundingan multilateral yangdisebut “Putaran Perdagangan (Trade Round)”. GATTtelah melakukan beberapa perundingan di antaranyaperundingan yang dilakukan di Geneva, Switzerland(1947) Annency France 1948). Torguay, Switzerland(1950), Geneva Switzerland (1956), Dillon Round,Geneva (1960-1961), Tokyo Round, Geneva (1973-1979) dan terakhir diadakan di Uruguay RoundMarrakech (1986-1994). Pada putaran terakhir inidisahkan persetujuan pembentukan organisasiperdagangan yang disebut World Trade Organisation(WTO) (Fatmawati. 2008: 116).​

kl no 4. perundingan sampai fatmawati 2008:116).

8. 1). salah satu peran aktif Indonesia di tingkat ASEAN adalah ….a. menteri luar negeri indonesia pernah menjabat sebagai ketua sidsng ke 26 Majelis Umum PBB pada tahun 1971b. turut berpartisipai dalam pembangunan dan implementasi norma-norma perlindungan HAMc. penggagas ASEAN Framework for regional comprehensive economic partnership (RCEP)d. terpilihnaya menjadi anggota Dewan Penasihat Pusat Penanggulangan Terorisme PBBe. menjabat sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB2). informasi yang jujur dan dilandasi keadilan merupakan hal penting dalam hubungan internasional sehingga setiap negara dapat mengetahui hak dan kewajiban dalam menjalin hubungan internasional. hal tersebut sesuai dengan dengan asas ….a. kebangsaanb. keterbukaanc. kepentingan umumd. equal rightse. pacta sunt servanda3). seorang perwakilan diplomatik yang dikirim oleh suatu negara kepada menteri luar negeri negara penerima adalah …..a. dutab. duta besarc. kuasa usahad. menteri luar negerie. menteri dalam negeri5). Keseluruhan kaidah dan asas yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas antar negara dengan negara merupakan pengertian hukum internasional menurut ….a. Wirjono Prodjodikorob. J.L Brierlyc. Mochtar Kusumaatmadjad. Ivan A. Shearere. J.G. Strake6). setiap negara memiliki kedudukan yang sama dalam ikatan hukum internasional. oleh karena itu, setiap negara harus saling menjaga dan menghormati satu dengan yang lainnya. hal ini sesuai dengan asas …a. teritorialb. kebangsaanc. pacta sunt servandad. equal rightse. keterbukaan7). suatu perselisihan langsung dihentikan oleh pihak ketiga yang memberikan keputusan dan diterima serta ditaati oleh kedua belah pihak. kejadian seperti ini terlihat setiap hari dan berulangkali dimana saja dalam masyarakat, bersifat spontan dan informal. proses semacam ini disebut ….a. mediasib. inquiryc. negosiasid. arbitrasee. konsolidasi8). kerjasama indonesia dengan east asia summit antara lain dalam ….a. perdagangan dan politikb. pemberantasan ilegal, unreported dan unregulated fishingc. riset dan teknologi pertahanand. peningkatan volume perdaganagane. keamanaan dan penentuan batas wilayah9). Negara Indonesia sebagai negara hukum memiliki kekuasaan penuh dalam menerapkan peraturan hukum bagi warga negaranya dimanapun warga negara Indonesia berada. hal tersebut berkaitan dengan asas hukum internasional yang ditetapkan, yaitu asas …a. hukumb. teritotialc. kebangsaand. keterbukaane. kepentingan umum10). pelanggaran berat atas hukum kemanusiaan internasional, seperti genosida, kejahatan kemanusiaan, dan kejahatan perang diakhiri atau diputuskan dengan adanya ….a. Mahkamah Kejahatan Internationalb. pengadilan Internasional untuk Hukum Lautc. Pengadilan Internasional HAMd. Mahkamah Konstitusi Internasionale. Mahkamah Internasional11). Perseriktan Bangsa-Bangsa bertujuan ….a. menyelamatkan beberapa negara dari bencana perangb. mewujudkan kesehjateraan negara tertentuc. mewujudkan perdamaian dunia yang abadid. menyelamatkan negara berkembang dari bahaya kemiskinane. menyelamatkan generasi mendatang dari bahaya kelaparan12). perhatikan hal-hal berikut. 1)penandatangan 2)ratifikasi 3)perundingan 4) persetujuan parlemen 5) pengesahan. urutan tahapan perjanjian internasional menurut Mochtar Kusumaatmadja adalah ….a. 1), 4), 5)b. 2), 3), 5)c. 3), 1), 2)d. 3), 1), 5)e. 3), 4), 1)13). suatu persetujuan yang lebih khusus dan membutuhkan ratifikasi adalah ….a. charterb. pertukaran notac. paktad. deklarasie. piagam14). berikut ini yang bukan negara kerj
asama bilateral indonesia adalah ….a. indiab. italiac. jepangd. vietname. taiwan​

1. Salah satu peran aktif Indonesia di tingkat ASEAN adalah turut berpartisipasi dalam pembangunan dan implementasi norma-norma perlindungan HAM (B).

2. Informasi yang jujur dan dilandasi keadilan dalam menjalin hubungan internasional sesuai dengan asas keterbukaan (B).

3. Perwakilan diplomatik yang dikirim oleh suatu negara ke negara penerima disebut dengan duta besar (B).

5. Keseluruhan kaidah dan asas yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas antar negara merupakan pengertian dari hukum internasional menurut Mochtar Kusumaatmadja (C).

6. Setiap negara memiliki kedudukan yang sama dalam ikatan hukum sehingga harus saling menjaga dan menghormati sesuai dengan asas equal rights (D).

7. Proses perselisihan yang diberhentikan secara langsung oleh pihak ketiga dan bersifat spontan serta informal disebut dengan abitrasi (D).

8. Kerja sama Indonesia dengan East Asia Summit antara lain terdapat dalam pemberantasan penangkapan ikan yang ilegal dan tidak diatur (illegal, unreported, and unregulated fishing) (B).

9. Negara Indonesia memiliki kekuasaan penuh dalam menerapkan peraturan hukum bagi warga negaranya berkaitan dengan asas kebangsaan (C).

10. Pelanggaran berat HAM internasional diputuskan dengan adanya Mahkamah Pidana Internasional.

11. Perserikatan Bangsa-bangsa bertujuan untuk mewujudkan perdamaian dunia yang abadi (C).

12. Urutan tahapan perjanjian internasional menurut Mochtar Kusumaatmadja adalah 3), 1), 5) (D).

13. Suatu persetujuan khusus yang membutuhkan ratifikasi disebut dengan pakta (C).

14. Dari kelima pilihan yang tersedia, negara yang tidak melakukan kerja sama bilateral dengan Indonesia adalah Taiwan (E).

Pembahasan

HAM Internasional adalah sebuah kesepakatan internasional yang membahas tentang hak asasi manusia, di mana negara pelanggarnya dapat diberi sanksi dari negara-negara lain berdasarkan oleh kesepakatan bersama.

Terdapat empat pelanggaran HAM yang dapat menjadi perhatian Internasional, antara lain:

Genosida, yaitu penghancuran sebagian atau keseluruhan negara, etnis, ras, agama, dan kelompok-kelompok semacamnya.Kejahatan terhadap manusia, yaitu kejahatan sistematis yang mengakibatkan penderitaan yang seharusnya dapat dihindari, seperti pembunuhan, perbudakan, dan pelecehan seksual.Kejahatan perang, yaitu pelanggaran hukum perang di mana suatu pihak memperlakukan pihak lawannya secara tidak berperi kemanusiaan.Kejahatan agresi, yaitu perbuatan yang mengakibatkan terganggunya kedamaian negara serta melanggar Piagam PBB.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang asas-asas hukum internasional https://brainly.co.id/tugas/9703623Materi tentang isi piagam PBB https://brainly.co.id/tugas/588051Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: PPKn

Bab: 1

Kode: 12.9.1

#AyoBelajar

9. 35 : akhir abad ke-18 VOC Resmi dibubarkan karena mengalami kebangkrutan penyebab bangkrutnya VOC Akibar… A : Kurang Modal B : Kalah Kliring C : Kalah Persaingan DAGANG Korupsi 36 : Tujuan Pembangunan Jalan Anyer Penarukan oleh deandels adalah A : memperlancar Komunikasi Antar Daerah yang dikuasai belanda sepanjang pulau jawa dan sebagai benteng pertahanan di pantai utara B : melindungi kota serta penghuninya dari serangan musuh terutama rang-orang pribumi C : Pulau jawa sebagai pusat daerah pelabuhan internasional dan tempat bertemunyapara saudagar dari eropa timur dan tengah D : pembangunan kota untuk tempat bermukimnya orang-orang eropa

Jawaban:VOCdi bubarkan karena adanya korupsi dan manajemen yang kurang baik

Penjelasan:35.korupsi

36.a

Jawaban:

35:A.kalah persaingan DAGANG korupsi

36:A.memperlancar komunikasi antar daerahyang dilusai belanda sepanjang pulaujawa dan sebagi benteng pertahanan dipantai utara

10. ELC.a.C.43. Isi perjanjian Zaragoza bagi Spanyol naa Spanyol mengakhiri kekuasaannya di Malukub. Portugis menyerahkan Maluku kepada Spanyolc. dimulainya kekuasaan Spanyol di Malukud Spanyol tetap tinggal di Maluku44. EIC adalah suatu kongsi dagang milik Inggris yang didirikan diIndiab. IndonesiaBelandad. Inggris45. VOC adalah suatu kongsi dagang milik Belanda yang didirikan 1602 di MalukuGubernur Jendral pertama VOC adalahJ. P. Coenb. Pieter BothCornelis de Houtmand. Van Den Berg46. Strategi Belanda untuk menangkap Pangeran Diponegoro adalaha. menawan pengikut Pangeran Diponegorob. politik memberikan uangmembombardir pertahanan Pangeran Diponegorod. mengajak Pangeran Diponegoro berunding di Magelang47. Makna Plakat Pendek bagi Aceh adalahBelanda diakui kekuasaannya di Acehb. Belanda mengakui kemenangan AcehC. Aceh bebas dari ancaman Belandad. masalah Aceh-Belanda harus dibawa ke Mahkamah Internasional48. Raja yang memberlakukan hak Tawan Karang di Bali berasal dari kerajaanKarangasemb. KlungkungTabanand. BulelengC.a.a.C.a.49. Salah satu isi Politik Etis adalah didirikannya sekolah di Indonesia. Salah satunyaadalah STOVIA. Sekolah ini bertujuan untuk ….mendidik perempuan muda di Indonesia menjadi perawatb. mendidik calon dokter pribumic. menciptakan tenaga terampild. membuka peluang pemuda terjun ke dunia politik50. Poenale Sanctie adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh Belanda untuka.memberi sanksi kepada kuli yang tertangkapb. menebang kelebihan tanamanC.membakar kelebihan tanamand. mengawasi Tanam Paksa211Evaluasi Akhir​

Jawaban:

43. A [ Spanyol mengakhiri kekuasaannya di maluku ]

44. A [ Hindia ]

45. B [ Pieter both ]

46. D [ Mengajak pengeran diponogoro berunding ]

47. A [ Belanda diakui kekusaannya di aceh ]

48. B [ Kerjaan klungkung ]

49. B [ mendidik calon dokter pribumi ]

50. A [ memberi sanksi kepada kuli yang tertangkap ]

=====================================================

SEMOGA MEMBANTU:)

#JadikanJawabanTercerdas

#FollowMe

#BelajarBersamaBrainly {BBB}

11. Tujuan akhir dari perdagangan internasional adalah a. negara memiliki pengaruh yang dominan di dunia b. rakyat makmur dan sejahtera c. saling dapat memengaruhi kebijakan politik d. mampu mengendalikan perekonomian negara lain

A.negara memiliki pengaruh yang dominan di dunia

12. 1. Faktor faktor yg mendorong orang orang eropa mengadakan penjelajahan pada akhir abad ke 16 diantaranya adalah… a. Ingin menjalin hubungan kerjasama yg menguntungkan dgn negara negara timur b. Mencari da
erah utk tempat pemasaran hasil industri c. Tdk ingin kalah dlm mencari daerah jajahan sesama negara negara eropa d. Utk menyebar ajaran dan kebudayaan islam 2. Tujuan daendels membangun jalan sepanjang lbh kurang 1000 km dari anyer banten- panarukan (jawa timur) adlah… a. Mempercepat proses penjajahan terhadap bangsa indonesia b. Mempersempit ruang gerak perlawanan bangsa indonesia c. Utk pertahanan di dlm menghadapi pasukan inggris d. Utk lalu lantas hsil bumi yg d bwh ke batavia e. Utk memenuhi segala kebutuhan perang bangsa belanda 3. Periode thn 1870- 1900 di indonesia sering disebut sebagai zaman liberal. Penyebutan zaman liberal pada periode tersebut maksudnya adalah… a. Rakyat diperbolehkan membuka perkebunan perkebunan b. Usaha di indonesia hnya utk orang orang belanda c. Rakyat indonesia bebas memeluk agama yg di anutnya d. Rakyat indonesia bebas menanm tanaman yg laku dlm perdagangan internasional e. Indonesia terbuka bagi modal swasta barat 4. Berikut yg bukan faktor pencetus mobilitas penduduk abad ke 19-20 yaitu… a. Diberlakukannya sistem ekonomi kapitalis melalui UU agraria 1870 b. Pembangunan pendidikan c. Pembangunan jaringan jalan raya dan jaln kereta api d. Diberlakukannya sistem ekonomi komunis e. Berkembanya kota kota pedalaman sebagi pusat perdagangan

1 . c
2. c
3. d
4 a atau e?1.c
2.c
3.d
4.a
menurutku sih itu

13. 1.Pedagang yang membeli barang dari luar negeri disebut…2.Pak Hambali adalah seorang pengusaha yang menjual batik ke luar negari,Pak Hambali disebut…3. Jenis komoditas ekspor perkebunan Indonesia yaitu…4.Negara Asean sebagai bandar perdagangan internasional adalah…5. Negara anggota Asean penghasil kelapa sawit dan karet terbesar di dunia adalah …6. badan penelitian padi ( Internasional Rice Research Institut ) didirikan di negara ..7. SEA GAMES merupakan kerjasama Asean di bidang…8.Tujuan perjanjian ZOPFAN adalah…9.Contoh kerjasama Asean di bidang ekonomi adalah…10. Contoh peran Indonesia di ASIA TENGGARA adalah11.perjanjian ekstradisi adalah contoh kerjasama Asean dalam bidang ..12.Manfaat kerjasama Asean dalam bidang ekonomi adalah…13. Negara yang terakhir bergabung dalam anggota Asean adalah..14.upaya yang harus dilakukan agar produk Indonesia tidak kalah dengan produk impor adalah..15.Manfaat melakukan kegiatan ekspor bagi sustu negara adalah…16.Timah adalah salah satu komoditi ekspor Indonesia .Timah adalah hasil..17.Asean dibentuk dengan ditanda tanganinya …18.Perwakilan Singapura yang menandatangani terbentuknya ASEAN adalah19.Hubungan bilateral artinya …20. Yang dimaksud dengan deportasi adalah…Tolong Ya ​

Jawaban:

importir

exportir

sawit

imgapura

Jawaban:

1. impor

2.eksporter

3. perkebunan

4. Singapora

5. Indonesia dan Thailand

6. Filipina

7. sosial dan budaya

8.meningkatkan kemakmuran serta kualitas negara ASEAN

9. proyek vaksin di Singapura

10. meningkatkan peran demokrasi

11. politik

12. meningkatkan pertumbuhan ekonomi

13. Kamboja

14. mencintai produk Indonesia

15. menambah devisa negara

16. tambang

17. deklarasi Bangkok

18.Sinnathamby Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura)

19.sejak dahulu kala istiadat dan ekonomi di sela 2 Negara.

20. deportasi Salah satu penindaklanjutan oleh Keimigrasian terhadap seorang warga negara asing .

Penjelasan:

MOHON BERI JAWABAN TERBAIK.

terimakasih

14. 20. Singosari pernah mencoba menahlukan kerajaan Melayu di Jambi, yang terkenal dengan expedisi Pamalayu 12 dengan tujuan … . A. Mengadakan perkawinan politik B. Membendung pengaruh Kublai Khan C. Menguasai Jalur perdagangan di tanah Melayu D. Melakukan peperangan dengan kerajaan Melayu E. Menjalin hubungan Internasional dengan kerajaan lain 21. Dalam usaha menguasai wilayah Sunda, Gajahmada melakukan usaha perkawinan politik untuk Hayamwuruk dengan meminang putri sunda yang bernama Dyah Pitaloka yang berakhir dengan peristiwa … . A. Badander B. Ganter C. Bubat D. Pralaya E. Paregreg #bantuu jawabb yaaaa pliss​

Jawaban:

20. B. Membendung pengaruh Kublai Khan

21. C. Bubat

Penjelasan:

20. Menurut analisis para sejarawan, latar belakang pengiriman Ekspedisi Pamalayu adalah untuk membendung serbuan bangsa Mongol. Saat itu kekuasaan Kubilai Khan raja Mongol (atau Dinasti Yuan) sedang mengancam wilayah Asia Tenggara.

21. Hayam wuruk dan dyah pitaloka gagal menikah, karena gajah mada terlalu berambisi dalam menguasai wilayah sunda. oleh karena itu terjadilah perang bubat, perang antara kerajaan majapahit dan pajajaran yang menyebabkan banyak yang meninggal dari pihak keluarga Dyah pitaloka (kerajaan pajajaran). Dyah pitaloka pun bunuh diri dan hayam wuruk pun kecewa dengan gajah mada. Dan inipun menjadi awal mula munculnya mitos bahwa orang sunda tidak boleh menikah dengan orang jawa

semoga membantu <3

Jawaban:

20. B

21. C

Penjelasan:

20. Ekspedisi Pamalayu dilaksanakan atas mandat Raja Kertanegara dari kerajaan Singasari untuk membendung pengaruh ekspansionis dari Tiongkok, yaitu tepatnya Dinasti Yuan yang dipimpin oleh Kubilai Khan

21. Kerjaaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang berdiri di Nusantara sejak tahun 1293 M hingga tahun 1500 M. Pada masa pemerintahan Tribhuwana Tunggadewi, terjadi pemberontakan di Sadeng dan Keta yang keduanya berada di wilayah Besuki, Jawa Timur. Pemberontakan ini dapat diatasi oleh Gajah Mada. Atas jasanya ini, ia diangkat sebagai Mahapatih Hamengkubumi Majapahit. Pada saat pengangkatannya tahun 1336 M, Gajah Mada mengucapkan sumpah terkenalnya, yang disebut Sumpah Palapa yang berisi “Gajah Mada pantang bersenang-senang sebelum dapat menyatukan Nusantara”. Kawasan yang di maksud sebagai Nusantara adalah pulau-pulau yang meliputi Malaka, Sumatra, Jawa, Madura , Bali, Kalimantan, Sunda Kecil dan Maluku.

Politik penyatuan Nusantara oleh Gajah Mada berakhir pada 1357 M disebabkan oleh meletusnya Perang Bubat. Perang Bubat merupakan perang antara Kerajaan Pajajaran dan Kerajaan Majapahit. Perang ini dilatarbelakangi ketika Hayam Wuruk yang merupakan raja pengganti Tribhuwana Tunggadewi berniat meminang putri Raja Pajajaran Sri Baduga Maharaja bernama Dyah Pitaloka Citraresmi atau Citra Rashmi (1340-1357) pada tahun 1357. Pihak Pajajaran menganggap lamaran ini sebagai perjanjian persekutuan. Pada awalnya, rombongan raja Pajajaran beserta keluarga dan pengawalnya bertolak ke Majapahit untuk mengantarkan sang putri. Sri Baduga memerintahkan pasukannya berkemah di lapangan Bubat untuk menunggu Hayam Wuruk menjemput putrinya. Namun, Gajah Mada melihat hal ini sebagai peluang untuk memaksa Kerajaan Sunda takluk. Ia melarang Hayam Wuruk menjemput dan menginginkan Sri Baduga sendirilah yang datang sebagai tanda takluk. Sri Baduga murka dan menolak mentah-mentah. Perang pun tidak terelakkan, Meski dengan gagah berani memberikan perlawanan, Sri Baduga dan seluruh anggota pasukannya terbunuh. Dyah Pitaloka melakukan bela pati atau bunuh diri untuk membela kehormatan kerajaannya.

Semoga Membantu, Maaf Kalo Salah

15. 1.kerjasama ekonomi internasional termasuk kerjasama yang banyak dibangun antar negara di dunia tujuan umum diadakan kerjasama ekonomi internasional adalaha. memudahkan distribusi pemasaran hasil produksi negara-negara yang menjalin kerjasama b. meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi negara-negara yang menjalin kerjasama c. mengurangi angka pengangguran negara-negara yang menjalin kerjasama d. meningkatkan kesejahteraan masyarakat negara-negara yang menjalin kerjasama 2. perubahan sosial adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam masyarakat .sifat dari perubahan sosial yang berlangsung di dalam kehidupan masyarakat adalah a. selalu berjalan alami tanpa perencanaanB .hanya terjadi pada masyarakat yang dinamis C. tidak terjadi pada masyarakat yang statisD. berjalan terus atau tidak akan pernah berhenti 3. AFTA adalah bentuk kerjasama perdagangan dan ekonomi wilayah AseanSalah satu tujuan dibentuknya AFTA adalah a. Meningkatkan kerjasama di bidang pariwisataB .menciptakan pasar regional bagi penduduk ASEANC .menanggulangi masalah kriminal duniaD .menjalin hubungan persaudaraan antar negara anggota 4. sejarah mencatat bahwa bangsa Indonesia sudah mengalami beberapa periode pemerintahan. setelah kemerdekaan periode 1950 sampai 1959 dalam sejarah Indonesia dikenal dengan sistem demokrasi A. parlementer B. terpimpin C. Pancasila D. presidensil 5. era Orde Baru berakhir pada 21 mei tahun 1998 dan kemudian berganti era reformasi . latar belakang munculnya gerakan informasi adalah A. untuk kemajuan bangsa Indonesia B. ketidakadilan dan penyelewengan dalam pelaksanaan pemerintah pada masa orde baru C. semakin bertambahnya orang berpendidikan di Indonesia D. semangat kebangsaan rakyat Indonesia yang tinggi dan cinta pada para pahlawan pejuang kemerdekaan ​

1. Kerjasama ekonomi internasional termasuk kerjasama yang banyak dibangun antar negara di dunia tujuan umum diadakan kerjasama ekonomi internasional adalah

(A) memudahkan distribusi pemasaran hasil produksi negara-negara yang menjalin kerjasama

2. perubahan sosial adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam masyarakat .sifat dari perubahan sosial yang berlangsung di dalam kehidupan masyarakat adalah

(A) selalu berjalan alami tanpa perencanaan

3. AFTA adalah bentuk kerjasama perdagangan dan ekonomi wilayah Asean Salah satu tujuan dibentuknya AFTA adalah

(B). menciptakan pasar regional bagi penduduk ASEAN

4. Sejarah mencatat bahwa bangsa Indonesia sudah mengalami beberapa periode pemerintahan. setelah kemerdekaan periode 1950 sampai 1959 dalam sejarah Indonesia dikenal dengan sistem demokrasi

(A). parlementer

5. era Orde Baru berakhir pada 21 mei tahun 1998 dan kemudian berganti era reformasi . latar belakang munculnya gerakan informasi adalah

(B). ketidakadilan dan penyelewengan dalam pelaksanaan pemerintah pada masa orde baru

Pembahasan:

Apa yang dimaksud dengan kerjasama ekonomi internasional?

Sesuai dengan namanya, kerjasama ekonomi internasional adalah hubungan antar negara dalam bidang ekonomi. Kerjasama ini dilandasi oleh kepentingan untuk meningkatkan struktur kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan  kegiatan ekonomi nasional.

Kerjasama ini berbeda dengan perdagangan internasional. Ruang lingkup kerja sama ini melampaui perdagangan internasional dan membantu mencapai tujuan-tujuan berikut:

Pertama-tama, kerjasama ini akan membantu memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri. Lagi pula, tidak semua kebutuhan sosial dipenuhi oleh negara. Seperti Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, kita masih perlu mengimpor beberapa bahan pokok.

Selain itu, kerjasama ekonomi  dilakukan untuk memperluas pasar  produksi barang dan jasa. Nah, itu masih terkait dengan pemenuhan kebutuhan barang dan jasa. Misalnya, Korea Selatan membutuhkan batu bara untuk menghasilkan listrik. Sementara itu, hasil penambangan batu bara di negaranya belum mencukupi.  Indonesia yang saat ini memiliki banyak hasil tambang batu bara, dapat memenuhi kebutuhan batu bara Korea Selatan.

Tuntutan dari kerjasama ini mendorong negara-negara yang bersangkutan untuk meningkatkan produktivitas  produksi. Ini membutuhkan banyak sumber daya manusia. Akibatnya, ada lebih banyak kesempatan kerja untuk mencapai tujuan produksi berikutnya.

Kerjasama ini juga dilakukan untuk meningkatkan devisa negara. Apa itu forex negara? Forex adalah metode pembayaran untuk transaksi impor dan ekspor. Forex sangat penting bagi keberlangsungan perekonomian suatu negara. Dimulai dengan pembayaran barang yang diimpor ke negara itu dan diakhiri dengan pembayaran utang ke negara lain.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang gerakan reformasi pada https://brainly.co.id/tugas/9397013

#BelajarBersamaBrainly

16. 1) masyarakat nomaden adalah.. A. Masyarakat Pengumpul makanan B.masyarakat yang mencari makanan C.masyarakat yang menetap D.masyarakat yang berpindah tempat 5). Rangkaian pegunungan sirkum mediterania masuk ke wilayah indonesia melalui… A.pulau Halmahera B.pulau sumatera C.pulau sulawesi D.kepulauan sangihe 6).paham geografi tang beranggapan bahwa kondisi fisik sangat menentukan kehidupan manusia adalah… A.fisis determinis B.chorology C.posibilis D.logografi 7).Berikut ini yang termasuk kedalam komponen lingkungan fisik (abiotik environmentai)adalah.. A.Tumbuhan,hewan dan jasad renik B.Batuan,iklim dan tumbuhan C.Hewan, jasad renik dsn tanah D.Tanah,batuan dan iklim 8).untuk dapat melihat kategori negara maju dapat diketahui dari… A.banyaknya pengangguran B.keberhasilan pembangunan C.tingkat pendidikan rendah D.kelebihan penduduk 9).jepang merupakan salah satu Negara maju dalam bidang industri. Untuk memenuhi kebutuhan barang tambang bagi kegiatan industri barupa batu bara,jepang mengimpor dari negara… A.Indonesia,Malaysia dan Thailand B.Iran,kuwait dan arab saudi C.Amerika serikat rusia australia D.Iran,Indonesia dan Thailand 10).triple alliance yang dibentuk pada akhir abad ke-19 beranggotakan… A.jerman,austria-hongaria dan italia B.jerman,rusia,dan inggris C.jerman,turki dan romania D.jerman,prancis dan inggris 11).Badan kerjasama internasional yang tugas dan tujuannya menyelenggarakan dan mengawasi pelaksanaan perdagangan bebas dunia, yaitu… A.Internasional labour organiza tion (ILO) B.World trade organization C.asia pacific Economic cooperation (APEC) D.international monetary fund(IMF). 12).konferensi asia-afrika berhasil merumuskan sebuah piagam yang dinamakan…. A.Bandung Heritage B.Bandung Message C.Dasasila Bandung D.Saptasila Bandung 13).devisa yang diperoleh suatu negara dari hasil ekspor barang adalah… A.Cadangan devisa B.Devisa perdagangan C.Devisa kredit D.devisa umun 14).pajak kendaraan bermotor,pajak reklame,dan pajak tontonan termasuk jenis pajak…. A.luar negeri B.dalam negeri C.daerah D.pusat tolong yaa besok dikumpulkan

1.D(cara hidup nomaden berpindah pindah tidak bersifat menetap)

8.B

#CumabisajawabNo.1-8
#semoga membantu*_*Jawab :
1) D. Masyarakat yang berpindah tempat
5) A. Pulau Halmahera
6) B. Chorology
7) A.Tumbuhan, hewan, dan jasad renik
8) B.Keberhasilan Pembangunan
9) A.Indonesia, Malaysia, dan Thailand
10)(nggak tau)
11) C. Asia Pacifik Economic Cooperation (APEC)
12) (nggak tau)
13) D. Devisa Umum
14) C.Daera
h

Dijamin 80% benar.

17. 1. Kerja sama ASEAN merupakan kerja samaregional di kawasan Asia Tenggara. Kesimpulandari keterangan tersebut adalah …a. anggota ASEAN adalah negara-negara yangterletak di kawasan Asia Tenggarab. bentuk nyata kerja sama ASEAN adalahkerja sama di bidang perdaganganfaktor utama dibentuknya ASEAN adalahadanya persamaan antara negara-negara dikawasan Asia Tenggaratujuan dibentuknya ASEAN adalah me-ningkatkan perekonomian negara-negara dikawasan Asia Tenggara2. Salah satu bentuk kerja sama ASEAN adalahkerja sama di bidang ekonomi. Tujuan negara-negara anggota ASEAN melakukan kerja samadi bidang ekonomi adalah ..mengatasi krisis ekonomi duniab. menguasai perekonomian negara lainc. mendorong pertumbuhan ekonomi negarad. meningkatkan harga komoditas dalam negeri3. Perhatikan wacana berikut!ekonomipendidikanc. pertahanand. sosial budaya5. Salah satu bentuk kerja sama antarnegara dalambidang pendidikan yang memungkinkan terjadinyaproses transfer teknologi adalaha. program beasiswab. pertukaran pelajarc. pemberantasan buta hurufd. pembangunan sekolah internasional6. Negara-negara di kawasan ASEAN melakukankerja sama di bidang politik dan keamanan. Tujuankerja sama negara-negara anggota ASEAN dibidang politik dan keamanan adalaha. meningkatkan ideologi antarnegara anggoraASEANb. mengembangkan pakta pertahanan militer dikawasan ASEANc. menggalang kekuatan militer negara-negaraanggota ASEANd. menciptakan stabilitas kawasan negara.negara anggota ASEAN7. ASEAN Charler yang ditandatangani pada KITke-13 ASEAN di Singapura dapat digunakansebagai dasar menyelesaikan masalah …a. krisis ekonomi di negara-negara AsiaTenggarab. konflik perbatasan negara Indonesia danMalaysiac. kerja sama Singapura dan Malaysia dalambidang pendidikand. kemunduran penguasaan teknologi di negara-negara Asia Tenggara8. Penyanderaan anak buah kapal Indonesia terjadidi perairan selatan Filipina oleh kelompok tertentuPeristiwa tersebut memicu ketegangan antarakedua negara. Upaya tepat untuk mengatasketegangan tersebut adalah ..a. memutuskan hubungan diplomatikb. mencari peradilan dari negara lainc. melakukan perundingan secara damaid. membawa kasus ke ranah internasionalIndonesa mengekspor lima unitpesawat NC212 ke Filipina dan Viemamhingga akhir bulan Oktober 2018. Tiga unitpesawat dikirim ke Vietnam. Sementaraitu, dua sisanya dikirim ke Filipina.Faktor pendorong kerja sama selanjutnya padawacana tersebut adalah ..a. persamaan kondisi alamb. perbedaan penguasaan iptekc. perbedaan sumber daya alamd. persamaan budaya masyarakat​

Jawaban:

no.1 = a

no.2 = c

no.5 = d

no.6 = d

sisanya agak gak jelas tulisannya

18. 1. suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang dan perbedaan dapat terlihat dari suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya dan ekonomi dan lainnya adalah …. * kebudayaan keberagaman adat istiadat sosial budaya 2. Keberagaman agama dipengaruhi oleh geografis Indonesia yang terletak dijalur perdagangan Internasional. Selain melakukan kegiatan perdagangan, mereka juga menyebarkan ajaran agama dan kepercayaan yang mereka anut. yang menyebarkan agama Budha pada saat itu adalah …. * Bangsa Eropa Pedagang China Pedagang Gujarat Bangsa India 3. Keberagaman Ras merupakan klasifikasi yang digunakan untuk mengategorikan manusia melalui ciri fenotipe (ciri fisik) dan asal usul geografis. Ras yang tersebar di wilayah Papua, NTT dan Maluku adalah …. * Ras Malanesoid Ras Asiatic Malanesoid Ras Malayan Mongoloid Ras Asiatic Mongolid 4. Sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian ini mempergunakan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tarian di Aceh ini didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Keberagaman tarian tersebut bernama …. * Tari Serimpi Tari Soya-Soya Tari Sekapur Tari Saman 5. Kebiasaan turun-temurun yang dilakukan berulang- ulang yang telah menjadi tradisi atau ciri khas dari suatu daerah atau seperangkat nilai atau norma, kaidah dan keyakinan sosial yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat desa dan atau satuan masyarakat disebut …. * Keharmonisan Seni Budaya Adat Istiadat Keberagaman 6. Sebuah upacara pemakaman secara adat yang mewajibkan keluarga almarhum membuat sebuah pesta sebagi tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi adalah …. * Dugderan Tabuik Rambu Solo Sisingaan 7. Tujuan dilaksanakannya prosesi adat istiadat ini adalah untuk mempersiapkan anak agar mampu melewati setiap fase kehidupan. Di mulai dengan tuntunan dari kedua orang tuanya hingga ia mulai berdiri sendiri dan memiliki kehidupan mandiri. Bagi leluhur, upacara ini adalah wujud penghormatan pada bumi yang menjadi tempat berdirinya si kecil dengan diiringi lantunan doa. Harapannya agar anak selalu diberikan berkah dan pertolongan selama menjalani kehidupan. Adat istiadat itu adalah …. * Sekaten Tedak Siten Lompat Batu Nganggung

Jawaban:

1. B.Keberagaman.

2. B. Pedagang China.

3. A.Ras Melanesoid.

4. D. Tari Saman.

5. C.Adat Istiadat.

6. C.Rambu Solo.

7. B.Tedak Siten.

Jawaban:

1. B. Keberagaman.

2. B. Pedagang China.

3. A. Ras Melanesoid.

4. D. Tari Saman.

5. C. Adat Istiadat.

6. C. Rambu Solo.

7. B. Tedak Siten.

Penjelasan:

Semoga membantu

19. Jepang merupakan negara mitra dagang utama dalam perdagangan bagi Indonesia dan Indonesia yang merupakan target pasar yang paling potensial bagi produk Jepang. Kedua negara melakukan kerjasama karena saling memiliki kepentingan bersama untuk mencapai suatu tujuan dan keuntungan dibidang perdagangan. Salah satu negara yang melakukan kerjasama ekonomi dengan Jepang adalah Indonesia. Bukan karena Indonesia tunduk pada Jepang, tetapi karena kedua negara ini sebenarnya saling membutuhkan, dilihat dari sumber daya alam Indonesia tentu dapat dimanfaatkan dan dijual ke Jepang, sementara Jepang memiliki tekonologi untuk mengolahnya, serta memiliki kekuatan finansial yang kuat sehingga dapat melakukan investasi di Indonesia. Dengan ini tentu Jepang dan Indonesia dapat menjadi rekanan yang sangat potensial untuk kepentingan negara masing — masing. Kondisi ekonomi Indonesia dan Jepang ini dapat dikatakan saling ketergantungan. Meskipun pada masalalu Indonesia memiliki kenangan buruk dijajah Jepang, tetapi kini Indonesia menjadi negara yang sejajar dengan Jepang di dunia Internasional, sehingga dalam hal ekonomi Indonesia membutuhkan produk — produk dari Jepang, dan juga sebaliknya Jepang juga membutuhkan kekayaan alam yang dapat di manfaatkan Jepang.Hubungan antara kedua negara sudah dimulai sejak tanggal 20 Januari 1958 ditandai dengan Perjanjian Perdamaian negara
Jepang dan negara Indonesia. Sehingga dengan adanya perjanjian ini maka terbukalah peluang — peluang kerjasama antara Indonesia dan Jepang. Komitmen yang dimiliki atas hubungan bilateral ini tentunya adalah kerjasama, kemajuan Negara dan kesejahteraan masyarakat dunia. Kerjasama antara Indonesia dan Jepang meliputi kerjasama di bidang ekonomi, politik dan sosial budaya. Di bidang politik Indonesia dan jepang telah melakukan perjanjian yakni kesepakatan Indonesia dan jepang Jepang yang meliputi beberapa hal, pertama, “Treaty of Amity and Commerce” yang diratifikasi pada tanggal 1 Juli 1961 di Tokyo. Kedua, “Perjanjian Hubungan Udara” yang diratifikasi pada tanggal 23 Januari 1962 di Tokyo juga. Ketiga, “Kerjasama di bidang iptek” yang diratifikasi pada tanggal 12 Januari 1981 hanya tempatnya sekarang di Jakarta. Dan yang Keempat, “Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda” yang diratifikasi pada tanggal 3 Maret 1982 di Tokyo jepang. Jepang dikenal tidak hanya sebagai salah satu mitra dagang utama Indonesia, namun juga sebagai salah satu negara terbesar dalam hal penanaman modal di Indonesia. Jepang memandang Indonesia sebagai pasar yang signifikan dan luas dengan prospek cerah bagi pertumbuhan di masa depan. [2] PEMBAHASAN2.1. Dinamika hubungan ekonomi Indonesia dan JepangDinamika hubungan ekonomi Indonesia dan Jepang dimulai pada tahun 1940, dimana terjadinya kerugian dan duka yang diakibatkan penjajahan perang Jepang terhadap Indonesia. Namun setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, kualitas sumber daya manusia masih sangat terbatas karena situasi Perang Dunia II berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sejarah tidak menghalangi terjadinya sejumlah kerjasama yang saling menguntungkan dalam berbagai bidang diantara kedua negara.Di awal abad 21 pasca awal kemerdekaan Indonesia, bangkitnya Indonesia dari krisis moneter yang terjadi sejak tahun 1997, namun hal tersebut tidak mengakhiri hubungan antara ekonomi Indonesia dan Jepang. Dalam kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi, adanya kegiatan ekspor dan impor antara kedua negara. Nilai perdagangan pada ekspor Indonesia meningkat dari tahun 2006 sebesar US$ 27 milyar, tahun 2007 sebesar US$ 30 milyar dan tahun 2008 sebesar US$ 32,8 milyar, berdasarkan hal tersebut pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami surplus dengan melakukan kerjasama dengan Jepang​

Jawaban:

maksudnya ini di baca atau di jawab

karena saya nya kurang menger

20. 1.Sidang BPUPKI yang kedua yakni tanggal 14 Juli 1945 menghasilkan hal – hal berikut kecuali ….. * A.Dasar negara RI b.Pembukaan Undang – Undang Dasar c.Pernyataan Indonesia Merdeka d.datang Tubuh UUD 2.Tewasnya pemimpin pasukan Inggris di Surabaya memicu serangan besar- besaran , pasukan Inggris terhadap kota Surabaya, nama pemimpin pasukan Inggris yang tewas itu adalah …. * A.Brigjen Van Pool b.Brigjen. A.W.S. Mallaby c.Brigjen Schermernorn d.Brigjen T.E.D.Kelly 3.Kegiatan yang berkaitan dengan kreasi desain pakaian , desain alas kaki , desain aksesoris dan mode lainnya disebut ….. * A.Software b.Fesyen ( Fashion ) c.Periklanan d.Arsitektur 4.Tahun 2013 Impor daging sapi diputuskan oleh pemerintah RI sebanyak 80.000 ton , maka impor daging sapi selama satu tahun tidak boleh melebihi batas tersebut .Data diatas merupakan contoh hambatan perdagangan yang disebut … * A.kuota b.proteksi c.Pertentangan Politik d.Dumping 5.Puputan Margarana mmerupakan wujud semangat rakyat Bali dalam menegakkan kedaulatan RI sekaligus sebagai wujud ketidaksetujuannya atas pembentukan …. * A.Negara Pasundan b.Negara Sumatera Timur c.Republik Maluku Selatan d.Negara Indonesia Timur 6.Pertempuran 5 hari di Semarang diawali oleh …. * A.Pemindahan tawanan Jepang dari Cepiring ke Bulu namun ditengah jalan mereka melarikan diri dan memberontak b.Perobekan Bendera Merah Putih Biru c.Rakyat Semarang tidak bersedia menyerahkan senjata rampasan kepada Jepang d.Sekutu memerintahkan agar rakyat meninggalakan kota Semarang 7.Faktor yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api adalah …. * A.Belanda menuntut agar pasukan TRI meninggalkan Bandung b.Kedatangan pasukan sekutu yang diboncengi NICA di Bandung. c.Belanda membumi hanguskan kota Bandung d.Pasukan Belanda melucuti senjata penduduk Bandung 8.Puputan Margarana adalah pertempuran antara Indonesia dan Belanda yang terjadi di Bali tanggal 20 November 1945 , arti “Puputan Margarana ” adalah …. * A.Pengepungan rangkap dari dua sisi b.Hancurkan sampai titik darah terakhir c.Perang Habis –Habisan d.Daerah Kekuasaan kami 9.Tempat usaha negara maju untuk membantu negara berkembang dan mengurangi dan mengatasi sengketa ekonomi perdagangan merupakan tujuan dari …. * A.EEC / MEE b.MEA c.WTO d.APEC 10.Organisasi Internasional yang mengatur perdagangan bebas dunia adalah …. * A.WTO b.EEC/MEE c.MEA d.APEC 11.Di bawah ini perubahan yang terdapat pada naskah hasil ketikan Sayuti Melik kecuali * A.Penulisan Tanggal yang tertera ” Djakarta 17 Agoestoes 1945 menjadi 17 – 08 -1945 b.kata ” wakil – wakil bangsa Indonesia ” diganti menjadi “Atas nama bangsa Indonesia ” c.kata ” tempoh” diganti menjadi “tempo” d.Penulisan tanggal yang tertera “Djakarta , 17 – 8-05″ menjadi ” Djalarta hari 17 boelan 8 tahoen “05” 12.yang merupakan contoh faktor pendorong perdagangan Internasional karena perbedaan sumber data alam adalah …. * A.perusahaan perusahaan asing banyak berdiri di Indonesia , kebanyakan karyawanpelaksana / operatornya adalah orang Indonesia b.Jepang dapat memproduksi barang barang otomotif dan elektronik dalam jumlah banyak dan bermutu ,sedangkan kita belum mampu c.Arab Saudi menghasilkan minak bumi dan kurma , tapi tidak menghasilkan kayu dansayur sayuran, sebaliknya Indonesia menghasilkan kayu dan sayur sayuran tapi tidak menghasilkan kurma d.Seni ukir dan batik dari Indonesia , seni keramik dan pengobatan dari china menjadi daya tarik bagi negara lain *Kakak Tolong bantu secepatnya*!

Jawaban:

c………

.

……..

.

Penjelasan:

Video Terkait

Bagikan: