Tujuan Negara Indonesia Yang Berkaitan Dengan Kemajuan Pendidikan Adalah

Fatih.co.id

Tujuan Negara Indonesia Yang Berkaitan Dengan Kemajuan Pendidikan Adalah
Tujuan Negara Indonesia Yang Berkaitan Dengan Kemajuan Pendidikan Adalah

Tujuan negara indonesia yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan adalah

Daftar Isi

1. Tujuan negara indonesia yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan adalah

Jawaban:

mencerdaskan kehidupan bangsa

Penjelasan:

Dalam sebuah literatur dijelaskan bahwa pendidikan merupakan salah satu tuntutan fundamental yang diamanatkan oleh konstitusi 1945. Hal ini berkaitan dengan salah satu tujuan negara Indonesia, sebagaimana termaktub dalam UUD 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

2. Tujuan negara indonesia yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan adalah…

mencerdaskan kehidupan bangsa

3. tujuan negara Indonesia yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan adalah​

Jawaban:

Mencerdaskan kehidupan bangsa

Penjelasan:

Karena dengan mencerdaskan kehidupan bangsa dapat membuat Indonesia menjadi negara yang maju, berkembang, dan dapat bersaing di dunia internasional.

Jawaban:

mencerdaskan kehidupan bangsa

seperti ditulis di uud 1945 pada alinea ke 4

4. MENDATAR2.Tujuan Kerjasama ASEAN adalah meningkatkankemajuan4Yang diperjuangkan ASEAN terkait dengan hakhak wanita5 Wadah kerjasama ASEAN bidang pendidikanFktor Penghambat Kerjasama ASEAN8. Sumber Daya Manusia ASEAN rata-rata terbilang9Kawasan Perdagangan bebas ASEAN12. Membawa kembali Koruptor atau pelakumkriminalitas ke dalam negeri, adalah atas dasarperjanjian13. Ras yang mendominasi negara Maaysia Indonesiadan Brunai Darussalam14. Kantor Sekretariat ASEAN berpusat di15. Bentuk kerjasama ekonomi ASEAN yang palingnyata adalah16. Kegiatan olahraga internasional yang melibatkanseluruh anggota ASEAN​

Jawaban:

2. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan untuk memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.

4.

Dalam rangka meningkatkan perlindungan dan pemajuan hak-hak wanita dan anak di ASEAN, pada tanggal 26-27 Maret 2017 para Wakil masing-masing negara anggota ASEAN untuk hak perepuan dan anak telah melaksanakan Pertemuan ke-16 ASEAN Commission on The Promotion and Protection of the Rights of Women and Children (ACWC) di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Pertemuan membahas tindak lanjut pertemuan sebelumnya di Phuket, Thailand, serta reviu status implementasi proyek di bawah rencana kerja ACWC (ACWC Work Plan 2016-2020).

5.

1. Faktor pendorong kerja sama ASEAN

Ada dua faktor pendorong terbentuknya kerja sama antarnegara-negara ASEAN, yaitu berdasarkan kesamaan atau perbedaan potensi alam yang dimiliki oleh suatu negara.

Kesamaan dan perbedaan sumber daya alam

Kesamaan sumber daya alam antara beberapa negara dapat mendorong terbentuknya kerja sama. Perbedaan sumber daya pangan di setiap negara ASEAN menghasilkan kerja sama.

Contoh, Indonesia mengekspor hasil pertanian ke Singapura. Indonesia juga mengimpor beras dari Myanmar dan Thailand untuk memenuhi kebutuhannya.

Kesamaan dan perbedaan wilayah (kondisi geografis)

Karena kesamaan letak geografis, beberapa negara di suatu kawasan umumnya mengadakan kerja sama untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara. Contoh, negara-negara yang terletak di Asia Tenggara membentuk kerja sama melalui organisasi ASEAN.

2. Faktor penghambat kerja sama ASEAN

Ada empat faktor penghambat kerja sama di kawasan ASEAN, yaitu:

Perbedaan ideologi

Faktanya, saat ini hampir tidak ada negara ASEAN yang menutup diri dari kerja sama antarnegara ASEAN. Tetapi ada perbedaan ideologi di antara negara-negara anggota ASEAN.

Konflik dan peperangan

Kondisi konflik dan peperangan yang terjadi di dalam negeri maupun antara negara dapat mengganggu stabilitas suatu negara sehingga akan menghambat kerja sama antarnegara-negara ASEAN.

Kebijakan protektif

Suatu negara yang menerapkan kebijakan protektif bertujuan melindungi kepentingan dalam negeri dan meningkatkan daya saing. Misal, suatu negara tidak menerima impor hasil pertanian karena memengaruhi kondisi pendapatan hasil pertanian dalam negerinya.

Dampak kebijakan protektif ini juga dapat memengaruhi hubungan antarnegara sehingga menghambat kerja sama yang harmonis.

Perbedaan kepentingan tiap-tiap negara

Kerja sama dibutuhkan bagi perkembangan dan masa depan negara di dunia. Tetapi dalam kerja sama antarnegara tiap-tiap negara memiliki kepentingan yang berbeda. Perbedaan ini dapat menjadi salah satu penghambat kerja sama yang harmonis.

5. Contoh Teks Ceramah Untuk memahami isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks ceramah, simaklah teks ceramah Pembina Upacara pada upacara Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, berikut ini. Selamat pagi, salam sejahtera buat kita semua. Yang terhormat Kepala SMK Maju Mulya, Bapak Supriyadi. M.M. Yang saya hormati Bapak Ibu guru, karyawan, staf di SMK Maju Mulya serta teman-teman yang berbahagia. Pertama sekali, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayahnya, kita dapat berkumpul di tempat ini tanpa halangan apa pun. Saudara-saudara, pada kesempatan ini mari kita merefleksikan makna Hari Pendidikan Nasional yang kita peringati hari ini, 2 Mei. Dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional, kita diharapkan lebih bersemangat dan bangkit untuk memajukan serta mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa dan negara. Pendidikan merupakan tolok ukur kemajuan sebuah sebuah bangsa. Tidak ada bangsa yang maju tanpa maju juga pendidikannya. Melalui pendidikan, orang dibekali ilmu dan dan akhlak yang baik, penguasaan atas ilmu pengetahuan dan kepribadian yang mulia niscaya akan melahirkan pribadi-pribadi yang maju dan sejahtera. Semakin banyak pribadi yang berilmu dan berakhlak baik, semakin besar kemungkinan majunya suatu bangsa. Saudara sekalian,marilah kita mengingat kembali tentang bagaimana lahirnya Hari Pendidikan Nasional. Kihajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan kebangsaan Indonesia yang dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889, memprakarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman Siswa. Beliau terkenal dengan filfafatnya “Ing ngarso sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”, yang artinya “di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, dari belakang memberi dorongan. Saudara-saudara yang saya hormati, pada masa itu beliau telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan bangsa Indonesia melalui bidang pendidikan. Untuk menghagai jasanya dan untuk menyadarkan kita tentang pentingnya pendidikan, bangsa Indonesia menetapkan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional. Sebagai generasi penerus bangsa, kita harusnya sadar tentang pendidik
an. Tujuan utama pendidikan adalah untuk mencerdaskan bangsa. Apabila kita amati dengan saksama, pendidikan merupakan masalah yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian khusus. Hari pendidikan Nasional semestinya diperingati tidak hanya sebagai upaya mengenang Ki Hajar Dewantara semata, tetapi juga untuk mendukung kemajuan bangsa, yang dimulai dari pendidikan. Dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional, mari kita tingkatkan kepedulian tentang pendidikan. Pada kesempatan ini, tidak lupa kita berdoa semoga Bapak Pendidikan Nasional kita, Ki Hajar Dewantara diterima amal ibadahnya oleh Tuhan Yang Maha Esa. Semoga kita bisa memaknai hari pendidikan nasional ini dengan menyadari pendidikan sebagai pintu gerbang menuju kemajuan, serta sebagai wahana untuk meningkatkan martabat manusia – utamanya manusia Indonesia. Singkatnya, menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang maju dalam segala bidang. Sekian sambutan dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Atas perhatian Saudara, saya mengucapkan terima kasih. Berdasarkan contoh teks ceramah di atas, kamu dapat mengetahui bahwa struktur teks ceramah secara umum meliputi: Bagian Penjelasan Pendahuluan – Salam pembuka – Ucapan terima kasih – Pengenalan topik Isi – Materi yang dibahas – Pendapat pembicara – Alur pembicaraan (runtut) – Referensi dari pendapat yang disampaikan Penutup – Simpulan – Ungkapan penutup – Salam Tugas : a. Carilah satu contoh teks ceramah yang berkaitan dengan pendidikan karakter. b. Analisis berdasarkan struktur, dan bahasa. Yang perlu diperhatikan adalah kalian menuliskan/menjelaskan sesuai dengan yang dimintakan.

A. Kihajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan kebangsaan Indonesia yang dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889,

memprakarsai berdirinya lembaga pendidikan Taman Siswa. Beliau terkenal dengan filfafatnya “Ing ngarso sung

tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”, yang artinya “di depan memberi teladan, di tengah memberi

bimbingan, dari belakang memberi dorongan.

.

6. Bangsa ini tidak mengingkari kenyataan berada di peringkat bawah dalam hal pendidikan. Justru kondisi riil itu harus menjadi cambuk untuk mengejar ketertinggalan hingga peringkat naik. Kenaikan peringkat berarti juga meningkatkan kualitas pendidikan Tanah Air.Belakangan muncul polemik manakala survei Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan posisi Indonesia di urutan 64 dari 72 negara yang disurvei. Penilaian dilakukan terhadap performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun di seluruh dunia dalam matematika, ilmu pengetahuan dan membaca. Tujuannya untuk menguji dan membandingkan prestasi anak-anak demi peningkatan metode pendidikan dan hasilnya di setiap negara.Tahun lalu, Central Connecticut State University di Amerika Serikat melakukan penelitian tentang “Most Literate Nations in the World” dan menempatkan Indonesia pada posisi 60 dari 61 negara dari sisi kemampuan membaca dan menulis. Indonesia hanya lebih baik dari Botswana, negara di Afrika.Dari sudut pandang akademisi, pemeringkatan ini seharusnya dilihat dari sisi positif. Pertama, pemeringkatan ini bukan berita palsu atau hoax. PISA adalah sebuah program penilaian pelajar internasional yakni penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan tiga tahunan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD). Sungguh naif bila pemeringkatan seperti itu dianggap tidak kredibel hanya gara-gara peringkat kita rendah.Kedua, pelajari secara mendalam metode pemeringkatan yang digunakan sebelum mengomentari hasil pemeringkatan. Penilaian bahwa sampel tidak sahih atau hasil pemeringkatan tidak adil haruslah berdasarkan kajian, bukan karena perkiraan. Hasil kajiannya pun harus susah dikonfirmasikan kepada lembaga pemeringkatan. Bila perlu Kemdikbud sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap pendidikan dan dasar dan menengah Tanah Air proaktif mempertanyakan keakuratan atau sejauh mana pemeringkatan itu merepresentasikan kondisi yang sebenarnya.Benarkah untuk Indonesia menggunakan sampel dari daerah yang kualitas pendidikannya masih rendah sedangkan sampel negara lain diambil dari kota-kota yang sudah maju? Bahkan bila terbukti metode yang dipakai OECD tidak valid dan kemungkinan ada muatan politis maka pemerintah dapat melayangkan nota protes. Bagaimanapun peringkat rendah yang disiarkan ke seluruh duia adalah hal memalukan.Ketiga, adalah sikap kesatria bila mau mengakui kelemahan atau kekurangan untuk melangkah maju ke depan. Pemeringkatan wajah pendidikan tersebut sebaiknya dilihat dari sisi sebagai sebuah informasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas di mana pun kita diposisikan. Bila masih berada di level bawah atau tengah maka kita harus bekerja keras menuju ke yang lebih baik. Bila sudah ada di rangking atas, maka tugas kita adalah mempertahankannya.Dengan demikian setiap pejabat termasuk menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) perlu bijak memberikan pernyataan. Tak ada salahnya mencurigai kesahihan data daan metode asal ada bukti dan klarifikasi. Demikian juga pernyataan Mendikbud Muhadjir Effendi yang menyebut skor Indonesia rendah karena kemungkinan sampel yang diambil dari NTT. Lepas dri benar tidaknya kenyataan mengenai metode yang digunakan PISA, sangat bisa dipahami jika menteri menyebut NTT.Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), indeks pembangunan manusia (IPM) untuk NTT, yang antara lain salah satu indikatornya terkait pendidikan, berada di urutan ke-32 dari total 34 provinsi atau hanya bisa mengungguli Provinsi Papua dan Papua Barat. Dengan angka 63,13, IPM NTT terpaut cukup jauh di bawah angka rata-rata nasional 70,18.Kini lebih penting daripada memperdebatkan hasil pemeringkatan adalah upaya pemerataan pendidikan, serta peningkatan mutu pendidikan.Tolong cariin stuktur teks editorialnya Makasi

Paragraf 1 = tesis
karena terdapat pendapat editor secara umum mengenai peringkat pendidikan di negara ini yg harus ditingkatkan dan harus diiringi oleh kualitas

Paragraf 2-8= argumentasi
dalam paragraf ini terdapat fakta2, salah satunya survei yg dilakukan oleh PISA.

Paragraf 9= penegasan ulang
terdapat kesimpulan penulis yakni usaha pemerataan dan peningkatan lebih penting daripada peringkat.

Semoga membantu

7. Perhatikan Kualitas Pendidikan di Tanah Air Minggu-minggu ini orangtua mungkin disibukkan dengan berbagai urusan yang berkaitan dengan kelanjutan pendidikan. Sebagian bisa saja susah ketika menghadapi kenyataan biaya pendidikan ternyata tinggi, bisa juga ada yang terkejut karena anaknya tidak lolos akibat nilai ujian nasional tidka memenuhi standar. Hal terakhihr inilah yang barangkali cukup banyak dijumpai di masyarakat. Penerimaan siswa yang semata-mata didasarkan atas nilai ujian nasional, banyak yang disesalkan sekarang. Kontroversi tentang ujian nasional itu sudah berlangsung sejak lama dan dipandang tidak fair untuk merekrut anak didik baru. Tetapi inilah yang terjadi di Indoneisa sekarang. Mungkin saja beberapa tempat pelaksanaan dari ujian nasional tersebut berlangsung fair dan tertib. Akan tetapi di beberapa tempat lain berlangsung tidak sesuai dengan rencana. Bebrapa rumor pernah mengatakan bahwa kunci jawaban telah bocor dan tersebar di masyarakat. Rumor yang mengatakan beberapa guru sengaja membuatkan jawaban kepada siswa, bukan saja agar siswanya mampu mendapatkan nilai tinggi, tetapi demi mendongkrak reputasi lembaganya. Cara-cara seperti ini tentu saja tidak fair dan tidak adil. Kalau misalnya hal terakhir ini terjadi, sangat mungkin anak yang suka bolos, berandalan, dan tidak pintar bisa lolos dengan nilai tin
ggi. Penerimaan siswa baru yang di dasarkan semata-mata atas nilai ujian nasional, sangat tidak mencerminkan keadilan. Sungguh kasihan anak-anak yang berprestasi dan belajar sungguh-sungguh bertahun-tahun ditumbangkan oleh mereka yang kebetulan mendapatkan kuncu jawaban pada saat ujian nasional berlangsung sekitar 3 hari. Catatan ini sengaja kita ulangi lagi, semata-mata demi tercapainya rasa keadilan dalam pendidikan mumpung minggu ini para orangtua dipusingkan oleh kegiatan yang berkaitan dengan urusan sekolah. Kita sering berbicara soal ketertingalan dengan negara lain di segala bidang. Satu muara jawaban dari persoalan itu adalah kualitas penyelenggaraan pendidikan kita. Penyelenggaraan pendidikan secara formal di Indonesia memang terletak pada sekolah atau lembaga pendidikan tertinggi. Termasuk juga kursus-kursus yang ada. Tetapi kita tetap mengakui bahwa penyelenggaraan pendidikan itu juga lingkungan dan keluarga. Karena berbagai pekerjaan dan karier di Indonesia ditentukan dengan cara-cara formal seperti menunjukkan ijazah, sertifikat, nilai raport, dan sejenisnya, maka mau tidak mau kita mengingatkan lembaga formal ini untuk memperbaiki diri. Paling dasar sekali pada masalah pendidikan adalah kejujuran dan kemudian kreativitas yang mengembangkan kemampuan nalar peserta didik. Hanya dengan kejujuran dan pengembangan nalar itulah kita akan mampu membentuk manusia yang unggul dan mandiri dna mmapu bersaing dengan pihak manapun dalam kehidupan ini. Mereka juga akan mampu menjadi filter di sengaja bidang demi kemajuan negara. Tetapi apabila kemudian pendidikan kita dihiasi dengan ketidakjujuran, bahkan dari jenjang pendidikan paling rendah, sungguh hasilnya akan merugikan di masa depan. Pemerintah haruslah tau dan memahami fenomena ini. Terhadap pelaksanaan ujian nasional, pemerintih harus langsung turun tangan ke bawah, bertanya ke masyarakat, kepada orangtua siswa, juga ke siswa. Tanyakan bagaimana ketegasan psikologis siswa ketika harus mengikutio ujian nasional, bertanyalah kepada orangtua tentang efektivitas ujian tersebut, untuk selanjutnya ambillah langkah yang tegas ketika misalnya ditemukan ketidaadilan dalam pelaksanaan ini. Kita semua ingin agar negara ini menjadi maju, mampu bersaing di era globalisasi dalam bidang pendidikan. Dengan demikian, tidak ada cara yang lebih baik kecuali memperikan perhatian terhadap masalah pendidikan kita di tanah air. SOAL : 1. Apa masalah yang disorot penulis redaksi dalam tajuk rencana tersebut? 2. Ditujukan kepada siapakah isi tajuk rencana tersebut? 3. Bagaimana pendapat (opini) penulis tajuk rencana tersebut berkenaan dengan masalah yang diulasnya? 4. Tentukan fakta – fakta dalam tajuk rencana tersebut! 5. Kemukakan tanggapan pribadi anda mengenai isi tajuk rencana tersebut!

1. Kualitas pendidikan di tanah air

2. Ditujukan pada Bangsa Indonesia

3. Pendidikan di Indonesia sekarang semakin buruk. Mulai dari ujian nasional yang gurunya sengaja membuatkan kunci jawaban untuk anak didiknya hingga teknologi indonesia yang ketinggalan jaman

4. – Indonesia sudah banyak ketinggalan jaman
– Guru yang curang terhadap ujian nasional yaitu guru yang membuatkan kunci jawaban untuk anak didiknya

5. Sekarang, Indonesia sudah ketinggalan jaman, negara lain bisa membuat teknologi dari yang biasa hingga sangat canggih.
Tidak hanya itu, anak Indonesia juga terkadang suka menggampangkan dalam hal ujian nasional. Mereka berpikir bahwa ‘kunci jawaban’ dari gurunya itu bisa diandalkan dan bisa digunakan dalam pengerjaan soal-soal ujian nasional. Yang menjadi korbannya adalah anak-anak yang pintar, yang sudah bersungguh sungguh dalam mengerjakan soal ujian. Sangat disayangkan Indonesia jaman sekarang.
Indonesia jaman sekarang sudah berbeda dengan Indonesia jaman dulu.1. Kulitas pendidikan di tanah air
2.masyarakat,orang tua siswa,dan siswa
3.lebih baik kunci jawaban tidak di beri tau ke siswa,karena kasihan yang sudah belajar dengan tekun
4.memberi tau kunci jawaban
Suka membolos dan
5.lebih baik kunci jawabannya di simpan saja

Maaf jika jawabannya salah

8. Jelaskan argumentasi dan masalah dari teks eksposisi berikut! Beberapa waktu yang lalu, sistem pendidikan di negara Indonesia telah berubah secara signifikan. Perubahan ini berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang lama, kurikulum 2016, diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016 ini. Kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah dengan standar internasional, seperti yang telah dipaparkan oleh Kementrian pendidikan dan budaya. Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu syaratnya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 berfokus kepada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar pada pendekatan ilmiah. Kurikulum 2013 juga berfokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa lewat pengamatan, percobaan, dan penciptaan sebuah karya. Tidak hanya itu, wakil kementrian pendidikan dan budaya, Musliar Kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih berfokus pada praktik dari hafalan, karena selama ini para siswa banya dibebani pada hafalan dan tidak efektif meningkatkan kreativitas mereka. Meutia Hatta sebagai anggota dewan pertimbangan presiden mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa. Kurikulum 2013 menuntut agar para siswa aktif saat proses pembelajaran, sehingga diharapkan agar dapat membentuk generasi yang berkualitas. Tetapi masih banyak masyarakat yang menolak diterapkannya kurikulum 2013 ini. Mereka berpikir perubahan kurikulum agak mendadak dan sedikit memaksakan. Ada juga masyarakat yang anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang berfokus pada tujuan pembelajaran karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda. Meskipun kurikulum ini membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi sederhana, tetapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki oleh para siswa menjadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, tetapi dipisah yang dapat membingungkan para siswa. Pendidikan karakter juga diharapkan dapat membekali para siswa mengenai masa depan mereka. Siswa harus mempuyai rasa toleransi ke sesama dan mempunyai ketrampilan serta potensi yang dapat dibanggakan untuk menjadi penerus bangsa dalam menghadapi kemajuan jaman.

Jawaban:

Masalah:

Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013.

Argumen:

kurikulum 2013 kurang berfokus pada tujuan pembelajaran karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

9. Beberapa waktu yang lalu, sistem pendidikan di negara Indonesia telah berubah secara signifikan. Perubahan ini berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang lama, kurikulum 2016, diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016 ini. Kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah dengan standar internasional, seperti yang telah dipaparkan oleh Kementrian pendidikan dan budaya. Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu syaratnya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 berfokus kepada pembangunan sikap, karakte
r, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar pada pendekatan ilmiah. Kurikulum 2013 juga berfokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa lewat pengamatan, percobaan, dan penciptaan sebuah karya. Tidak hanya itu, wakil kementrian pendidikan dan budaya, Musliar Kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih berfokus pada praktik dari hafalan, karena selama ini para siswa banya dibebani pada hafalan dan tidak efektif meningkatkan kreativitas mereka. Meutia Hatta sebagai anggota dewan pertimbangan presiden mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa. Kurikulum 2013 menuntut agar para siswa aktif saat proses pembelajaran, sehingga diharapkan agar dapat membentuk generasi yang berkualitas. Tetapi masih banyak masyarakat yang menolak diterapkannya kurikulum 2013 ini. Mereka berpikir perubahan kurikulum agak mendadak dan sedikit memaksakan. Ada juga masyarakat yang anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang berfokus pada tujuan pembelajaran karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda. Meskipun kurikulum ini membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi sederhana, tetapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki oleh para siswa menjadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, tetapi dipisah yang dapat membingungkan para siswa. Pendidikan karakter juga diharapkan dapat membekali para siswa mengenai masa depan mereka. Siswa harus mempuyai rasa toleransi ke sesama dan mempunyai ketrampilan serta potensi yang dapat dibanggakan untuk menjadi penerus bangsa dalam menghadapi kemajuan jaman tunjukkanlah bagian yg meliputi tesis,rangkaian argumen,serta pengegasan ulang pada teks eksposisi diatas!

Jawaban:

Tesis: sistem pendidikan di negara indonesia telah berubah secara signifikan dimana kurikulum yang lama,kurikulum 2016 diganti dengan kurikulum 2013,Namun kebanyakan sekolah masih banyak yang belum menggunakan kurikulum 2016 ini karena diutamakan hanya untuk sekolah yang akreditasi A

Rangkaian argumen:kurikulum 2013 menuntut siswa aktif dalam proses pembelajaran tetapi masih banyak masyarakat yang menolak di terapkan kurikulum 2013.ada juga masyarakat yang berfikir bahwa kurikulum 2013 kurang berfokus pada tujuan pembelajaran karena menganggap memiliki substansi yang berbeda

Rangkaian argumen: meskipun kurikulum ini membuat ada pelajaran yang akan di ajarkan sangat sederhana tetapi tingkat pemahaman dan pengetahuan siswa menjadi berkurang karena materi tidak di pelajari secara lengkap tetapi di pisah yang dapat membingungkan para siswa.

Penjelasan:

Maaf kalau salah

semoga bermanfaat

10. Beberapa waktu yang lalu, sistem pendidikan dinegara Indonesia telah berubah secara signifikan. Perubahan ini berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang lama, kurikulum 2016, diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016 ini.Kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah dengan standar internasional, seperti yang telah dipaparkan oleh Kementrian pendidikan dan budaya.Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu syaratnya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 berfokus kepada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar pada pendekatan ilmiah.Kurikulum 2013 juga berfokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa lewat pengamatan, percobaan, dan penciptaan sebuah karya.Tidak hanya itu, wakil kementrian pendidikan dan budaya, Musliar Kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih berfokus pada praktik dari hafalan, karena selama ini para siswa banyak dibebani pada hafalan dan tidak efektif meningkatkan kreativitas mereka.Meutia Hatta sebagai anggota dewan pertimbangan presiden mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.Kurikulum 2013 menuntut agar para siswa aktif saat proses pembelajaran, sehingga diharapkan agar dapat membentuk generasi yang berkualitas. Tetapi masih banyak tujuan pembelajaran karena menggabungkan dua mata pelajamasyarakat yang menolak diterapkannya kurikulum 2013 ini. Mereka berpikir perubahan kurikulum agak mendadak dan sedikit memaksakan.Ada juga masyarakat yang anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang berfokus pada tujuan pembelajaran karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.Meskipun kurikulum ini membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi sederhana, tetapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki oleh para siswa menjadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, tetapi dipisah yang dapat membingungkan para siswa.Pendidikan karakter juga diharapkan dapat membekali para siswa mengenai masa depan mereka. Siswa harus mempuyai rasa toleransi sesama dan mempunyai ketrampilan serta potensi yang dapat dibanggakan untuk menjadi penerus bangsa dalam menghadapi kemajuan jaman.2. Temukan tiga kaidah kebahasaan yang ditunjukkan oleh kalimat-kalimat di dalam teks tersebut!​​

Jawaban:

1.bbrp thn yg lalu sistem pendidikan dinegara indonesia tlh berubah secara signifikan

2.terdapat bbrp syarat dlm pelaksanaan kurikulum 2013

3.pendidikan karakter diharapkan dpt bsa membekali siswa mengenai masa depan mereka

Penjelasan:

maaf y klo slh dek

11. 1. upaya mengatasi lahan kritis bekas kawasan hutan adalah? a. penghijauan b. tumpangsari c. reboisasi d. tebang pilih 2. dampak pendapatan perkapita penduduk rendah terhadap pembangunan adalah? a. negara menjadi statis b. negara menjadi maju c. negara menjadi dinamis d. negara menjadi berkembang 3. upaya mengatasi permasalahan rendahnya tingkat pendidikan di indonesia adalah? a. memberikan gratis seluruh perlengkapan belajar b. membangun SD dan SMP di setiap kelurahan c. melaksanakan program wajib belajar 12 tahun d. membangun perpustakaan di setiap kelurahan 4. tujuan penjelajahan samudera yang berkaitan dengan mencari kekayaan dikenal dengan istilah? a. Glory b. Gold c. Gospel d. Global 5. strategi bangsa portugis untuk menjadi pedagang tunggal di indonesia dikenal dengan istilah? a. monopoli b. ekstirpasi c. liberalisme d. monopsoni

1. c
2.c
3.a
4.a
5.a
#maaf_jika_salah1.c
2.b
3.c
4.b
5.a
maaf kalau salah

12. Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan salah satu cita-cita bangsa yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alenia ke-4. Sudah 74 tahun Indonesia merdeka. Lalu apakah pendidikan di Indonesia sudah merdeka? Nyatanya dalam 20 tahun terakhir pendidikan di Indonesia masih stagnan. Padahal berbagai kebijakan pendidikan dibuat oleh pemerintah demi majunya pendidikan di Indonesia. Siapa yang bertanggung jawab atas mandeg-nya pendidikan di Indonesia saat ini?Anda perlu tahu bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-72 dari 77 negara yang disurvei oleh PISA (Programme for International Student Assessment), itulah kedudukan Indonesia di mata dunia terkait pendidikan. Dapat kita simpulkan bahwa pendidikan di Indonesia perlu ada perubahan, baik dari sistem maupun sumber d
aya manusia (SDM). Tujuan penulis pada kutipan tersebut adalah…. *a. Mengingatkan pemerintah akan pentingnya perubahan sistem pendidikan.b. Memperlihatkan kepada pemerintah dan masyarakat tentang posisi Indonesia di mata dunia terkait pendidikanc. Mengingatkan kepada pemerintah dan masyarakat bahwa pendidikan yang baik akan berhasil jika didukung oleh semua aspek termasuk SDMd. Menyadarkan masyarakat bahwa merekalah yang bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan sistem pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah​

Jawaban:

C. Mengingatkan kepada pemerintah dan masyarakat bahwa pendidikan yang baik akan berhasil jika didukung oleh semua aspek termasuk SDM

13. tujuan negara indonesia yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan adalahA)Melindungi segenap bangsa indonesiaB)Memajukan kesehjahteraan umumC)Mencerdaskan kehidupan bangsaD)Ikut melaksanakan ketertiban dunia​

Jawaban:

C mencerdaskan kehidupan bangsa

Karena dengan mencerdaskan kehidupan bangsa dapat membuat Indonesia menjadi negara yang maju, berkembang,dan dapat bersaing di dunia internasional.

Dalam hal ini Tujuan Indonesia bagian C menunjukkan keterkaitan nya kepada kemajuan pendidikan

semoga bermanfaat

#sejutapohon

14. 28. Penduduk di negara yang mengalami konflik akan mengungsi ke negara lain. Mobilitas penduduk memengaruhi dinamika penduduk di negara tujuan. Dampak yang timbul karena perubahan dinamika penduduk adalah….a. Bantuan yang diterima semakin banyakb. Kondisi keamanan negara terancamc. Interaksi sosial menjadi terganggud. Kebutuhan hidup terus meningkat29. ASEAN merupakan organisasi yang terbentuk dikawasan Asia Tenggara. Salah satu tujuan pembentukan ASEAN adalah….a. meningkatkan stabilitas dan keamanan agar terjamin b. meredakan pengaruh perang dingin yang sedang berlangsung c. mempersatukan ideologi di negara-negara di kawasan Asia Tenggarad. memperkuat ketahanan militer untuk membendung intervensi asing30. Pembentukan MEA menimbulkan keuntungan dan kerugian pelaku usaha Asia Tenggara.Agar memperoleh keuntungan dari pemberlakuan MEA, upaya tepat yang dilakukan pelaku usaha di Indonesia adalah….a. Melakukan diversifikasi produkb. Meningkatkan daya saing produkc. Menentukan harga jual produkd. memproduksi barang dalam jumlah besar31. Salah satu bentuk kerja sama antarnegara ASEAN dibidang politik adalah….a. membangun pupuk urea di Malaysiab. pemberantasan terorismec. melaksanakan festival seni ASEANd. membentuk Pusat informasi pariwisata32. Pembentukan ASEAN serta keberadaan ASEAN bagi Indonesia merupakan langkah maju dalam rangka menata kembali pelaksanaan…a. hubungan diplomatik c. GBHNb. hubungan kerja sama d. politik luar negeri bebas aktif33. Komite pangan, pertanian, dan kehutanan ASEAN (COFAF) berkedudukan di…a. Malaysia c. Thailandb. Filipina d. Indonesia34. Proyek bersama ASEAN yang dibangun di Singapura adalah….a. mesin diesel c. tembagab. super fosfat d. abu soda35.Kerja sama ASEAN pusat penelitian dan latihan ilmu pertanian (SEARCA) didirikan di Negara….a. Malaysia c. Thailandb. Filipina d. Indonesia36. Kerja sama ASEAN di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang di dirikan di Negara Singapura adalah…a. Biologi Tropika (BIOTROP)b. Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (RESCAM)c. Bahasa Inggris (RECL)d. Pengobatan Daerah Tropika37. Peranan organisasi ASEAN dalam memeihara stabilitas regional adalah…a. pembangunan proyek-proyek industri ASEAN b. ikut menangani masalah Kamboja c. membentuk dana devisa negarad. menyelenggarakan preferensi perdagangan38. Berdasarkan tujuan yang tercantum dalam Deklarasi Bangkok, ASEAN bukan merupakan…a. kerja sama regional negara-negara Asia Tenggarab. organisasi Asia Tenggara dibidang ekonomi dan sosialc. fakta militer antarnegara dikawasan Asia Tenggarad. organisasi regional yang terbuka untuk kerja sama dengan badan internasional39. Salah satu bentuk Kerjasama negara-negara ASEAN di bidang Pendidikan adalah…a. ASEAN Council Teachers Convention b. ASEAN Tourism Agreementc. Defence Ministers Meetingd. ASEAN Commission on the Promotion and Protection of the Rights of Women and Children40. Kerja sama antarnegara juga mencakup bidang pendidikan. Namun demikian, Kerjasama dibidang Pendidikan masih menghadapi banyak hambatan, salah satunya berkaitan dengan…. a. buku pelajaranb. sistem pendidikanc. rentang penjenjangan sekolahd. visi misi Pendidikan setiap negaratolong bantuannya ​

Jawaban:

no 40….. jawabannya adalah c

15. Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan salah satu cita-cita bangsa yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alenia ke-4. Sudah 74 tahun Indonesia merdeka. Lalu apakah pendidikan di Indonesia sudah merdeka? Nyatanya dalam 20 tahun terakhir pendidikan di Indonesia masih stagnan. Padahal berbagai kebijakan pendidikan dibuat oleh pemerintah demi majunya pendidikan di Indonesia. Siapa yang bertanggung jawab atas mandeg-nya pendidikan di Indonesia saat ini?Anda perlu tahu bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-72 dari 77 negara yang disurvei oleh PISA (Programme for International Student Assessment), itulah kedudukan Indonesia di mata dunia terkait pendidikan. Dapat kita simpulkan bahwa pendidikan di Indonesia perlu ada perubahan, baik dari sistem maupun sumber daya manusia (SDM). Tujuan penulis pada kutipan tersebut adalah…. *a. Mengingatkan pemerintah akan pentingnya perubahan sistem pendidikan.b. Memperlihatkan kepada pemerintah dan masyarakat tentang posisi Indonesia di mata dunia terkait pendidikanc. Mengingatkan kepada pemerintah dan masyarakat bahwa pendidikan yang baik akan berhasil jika didukung oleh semua aspek termasuk SDMd. Menyadarkan masyarakat bahwa merekalah yang bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan sistem pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah​

Jawaban:

B

Penjelasan:

maaf kalo salah

16. Tuliskan agumentasi dan masalah teks eksposisi berikut Beberapa waktu yang lalu, sistem pendidikan di negara Indonesia telah berubah secara signifikan. Perubahan ini berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang lama, kurikulum 2016, diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016 ini. Kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah dengan standar internasional, seperti yang telah dipaparkan oleh Kementrian pendidikan dan budaya. Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu syaratnya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 berfokus kepada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar pada pendekatan ilmiah. Kurikulum 2013 juga berfokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa lewat pengamatan, percobaan, dan penciptaan sebuah karya. Tidak hanya itu, wakil kementrian pendidikan dan budaya, Musliar Kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih berfokus pada praktik dari hafalan, karena selama ini para siswa banya dibeba
ni pada hafalan dan tidak efektif meningkatkan kreativitas mereka. Meutia Hatta sebagai anggota dewan pertimbangan presiden mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa. Kurikulum 2013 menuntut agar para siswa aktif saat proses pembelajaran, sehingga diharapkan agar dapat membentuk generasi yang berkualitas. Tetapi masih banyak masyarakat yang menolak diterapkannya kurikulum 2013 ini. Mereka berpikir perubahan kurikulum agak mendadak dan sedikit memaksakan. Ada juga masyarakat yang anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang berfokus pada tujuan pembelajaran karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda. Meskipun kurikulum ini membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi sederhana, tetapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki oleh para siswa menjadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, tetapi dipisah yang dapat membingungkan para siswa. Pendidikan karakter juga diharapkan dapat membekali para siswa mengenai masa depan mereka. Siswa harus mempuyai rasa toleransi ke sesama dan mempunyai ketrampilan serta potensi yang dapat dibanggakan untuk menjadi penerus bangsa dalam menghadapi kemajuan jaman.

Jawaban:

Permasalahan dari teks eksposisi ini adalah tingkatnya pemahaman dan pengetahan yang dimiliki oleh para siswa menjadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, tetapi dipisah yang dapat membingungkan para siswa.

Penjelasan:

Terdapat di paragraf 8 yaitu :

Meskipun kurikulum ini membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi sederhana, tetapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki oleh para siswa menjadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, tetapi dipisah yang dapat membingungkan para siswa.

Mohon maaf apabila ada yang salah

17. 15. Setiap produk hukum dan setiap tindakan atau kebijakan pemerintah haruslahberlandaskan dan bersumber pada peraturan yang lebih tinggi. UUD Negara RI Tahun1945 menjadi alat untuk mengecek apakah aturan hukum yang lebih rendah sesuaiatau tidak dengan norma hukum yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan UUD NegaraRI Tahun 1945 berfungsi sebagai….A. pengatur bagaimana kekuasaan negara disusun, dibagi dan dilaksanakanB. pengawas pemerintah dalam menjalankan pemerintahannyaC. alat kontrol terhadap aturan hukum yang lebih rendalıD. penentu hak dan kewajiban negara dan warga negaramaingelIS:ba10. l’eraturan perundang-undangan yang berlaku memiliki hierarki atau tingkatan.Peraturan yang satu memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan dengan peraturanyang lain. Berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2011, peraturan perundang-undanganyang kedudukannya dibawah UUD Negara RI Tahun 1945 ialah….A. Ketetapan MPRB. Undang-UndangC. Peraturan PresidenD. Peraturan Pemerintah17. Kebangkitan nasional adalah masa bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuandan nasionalisme serta kesadaran memperjuangkan kemerdekaan. Munculnya rasa dansemangat tersebut, antara lain dipengaruhi oleh….A. adanya semangat pemuda untuk menuju bangsa yang maju, mandiri terlepas dariketergantungan dengan bangsa lainB. usulan Van Deventer agar Belanda menerapkan politik etis untuk kemajuan bangsadan masyarakat IndonesiaC. reaksi terhadap perlawanan bangsa dalam menghadapi kolonialisme yang bersifatkedaerahanD. keinginan para pemimpin untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa besar, majudan modern18. Dr.Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi yang bertujuan memajukanpendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan organisasi”Budi Utomo”. Organisasi pertama pada zaman pergerakan nasional.Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa tersebut dan dapat diterapkan untukmembangkitkan semangat generasi muda saat ini adalah….A. meyakinkan kepada generasi muda bahwa mereka adalah penerus dan pejuangbangsaB. menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas dantanggung jawabC.berinterkasi dengan siapapun dengan menghilangkan perbedaan dan karkteristikkedaerahanD. menyelenggarakan kegiatan terkait dengan kepemudaan di seluruh wilayahIndonesia secara rutin​

Jawaban:

15.A

10.C

17.A

18.A

Penjelasan:

maaf klw salah

18. . Bacalah dengan saksama teks deskripsi berikut untuk mengerjakan soal nomor 21 dan 22!Pandemi Covid-19 memaksa sejumlah negara membuat kebijakan termasuk Indonesia. Penerapanphysical distancing ( menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. KementerianPendidikan dan Kebudayaan juga merespon hal tersebut dengan kebijakan belajar di rumah melaluipembelajaran daring. Sampai 1 April 2020, UNESCO mencatat setidaknya 1,5 milyar anak usia sekolahterdampak Covid-19 di 188 negara termasuk negara kita.Indonesia menghadapi tantangan nyata yang harus segera dicari solusinya; (1) perbedaan kemajuanteknologi antara sekolah kota yang besar dan sekolah daerah, ( 2 ) keterbatasan kompetensi guru dalampemanfaatan aplikasi,(3) keterbatasan sumber daya untuk pemanfaatan teknologi pendidikan, seperti internet dankuota, (9) relasi guru-murid-orang tua dalam pembelajaran daring belum integral.Tujuan teks deskripsi tersebut adalah…a. kebijakan Indonesia terkait pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya pendidikanb. kendala tentang penangan Covid-19 yang harus dicari solusinya oleh pemerintah.c. Sebanyak 1,5 milyar anak usia sekolah terdampak Covid-19 di 188 negara termasuk Indonesia.d. tantangan yang harus dihadapi siswa karena pembelajaran daring tidak mudah.​

Jawaban:

A. Kebijakan Indonesia terkait pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya pendidikan

19. tolong bantu jawab1.pemanfaatan iptek di bidang pendidikan sangat erat kaitannya dengan tujuan NKRI sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD NRI tahun 1945 adalah2. globlisasi dan iptek memiliki hubungan yang saling ….3. penggunaan media sosial tidak boleh untuk menjelek-jelekkan suku lain karena dapat memicu disintegrasi sosial Hal ini tidak sesuai dengan sila ke……. Pancasila 4.penghilangan batas-batas suatu negara dalam memperoleh informasi disebut5. Tuhan Yang Maha Esa telah menganugerahkan kepada manusia objek kajian lain iptek objek tersebut adalah 6. penemuan sepeda motor mobil bus kereta api kapal laut dan pesawat terbang merupakan bentuk kemajuan teknologi dalam bidang 7. perkembangan Iptek Membantu perkembangan HAM di Indonesia salah satunya nilai kebebasan berpendapat Hal ini diatur dalam pasal……uud nri tahun 194510.tujuan utama perkembangan Iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih ​

Ikut turut serta dalam peran untuk untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.Sangat erat kaitannya, karena IPTEK merupakan salah satu alasan terjadinya globalisasi.Sila ke-3 Pancasila.Globalisasi.Semua hal yang berkaitan dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi.Bidang transportasiPasal 28 E ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945Mudah, baik, maju, dan lebih beradab dalam kehidupan sosial.

Pembahasan

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan ilmu terapan yang diciptakan manusia dengan tujuan mengembangkan ilmu pengetahuan lainnya yang saling berkaitan. Dalam hal ini, IPTEK merupakan gabunga
n dari ilmu, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Sebagai contoh: Gabungan antara ilmu kesehatan dan teknologi yang membuat sebuah aplikasi untuk mempertemukan pasien dengan dokter tanpa harus bertemu secara tatap muka.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang IPTEK, pada: https://brainly.co.id/tugas/23625808

#BelajarBersamaBrainly

20. tujuan negara indonesia yg berkaitan dengan kemajuan pendidikan adalah

untik mencerdaskan anak bangsa dan memajukan negara dakam budang iptek

Video Terkait

Bagikan: